Anugerah Sejarah

Sejarah itu Anugerah. Sudahkah Dipergunakan dengan Benar?

 

Bagaimana menjawab pertanyaan anak yang bertanya kenapa di televisi ada perang? Katanya tidak boleh memukul dan menembak orang, itu kenapa banyak yang meninggal?

Tidak setiap tontonan di layar televisi cocok untuk anak. Karena itu dampingan orang tua atau orang dewasa saat anak melihat televisi sangatlah diperlukan.

Namun bukan berarti tontonan televisi tidak boleh dilihat oleh anak karena tidak sedikit juga ilmu pengetahuan yang dapat dipelajari oleh anak bersumber dari layar televisi. Baik itu tontonan berupa film, reportase acara maupun berita.

Namun yaitu tadi, kalau tanpa pendampingan maka anak akan dengan sendirinya mencari arti atau maksud dari apa yang ditontonnya. Seperti pertanyaan putra saya itu tadi, “Kenapa di tv ada perang?” Coba, mau jawab gimana tuh saya?

Padahal perang itu bagian dari kemerdekaan bangsa kita. Perang itu sejarah dan yang menjadikan manusia semakin mengenal satu sama lain serta terus belajar dari kekurangan sebelumnya. Secara tidak langsung berita seperti di tv itu telah membuat seolah sedang menyiarkan siaran ulang terkait seputar informasi.

Film perjuangan juga sejarah. Anak generasi zaman now kudu tahu supaya rasa nasionalisme dan patriotisme nya terus bertambah dan meningkat. Masalahnya masih banyak pengambilan gambar yang tidak disensor…hasilnya, seperti anak saya yang timbul rasa penasaran dan memunculkan banyak pertanyaan. Kritis, tapi belum lah saatnya karena pertempuran dan keberingasan belumlah cocok untuk usianya.

Karenanya saat anak menonton orang tua harus mendampingi supaya bisa segera menyaring apa yang bisa dilihat anak dan mana yang tidak/belum perlu. Penjelasan orang tua atau orang dewasa terpercaya yang berkaitan dengan pertanyaan atau kekritisan anak sangat diperlukan supaya anak tidak mencari tahu sendirian.

Speak Your Mind

*