APTB: Sedikit Solusi Mempercepat Menuju Lokasi

Sudah sering melihat bus bertuliskan APTB (Angkutan Perbatasan Terintegrasi Busway), tapi baru kali ini aku menaikinya dari Cawang UKI menuju ke Ciawi, Bogor.

Niatku selain mencoba, juga karena melihat cuaca mendung berat. Hujan sebentar lagi akan turun sementara aku ingin cepat sampai di Cianjur, sebelum meneruskan ke Sukanagara.

Selepas menghadiri acara dari sekitaran Monas aku naik busway menuju ke Harmoni lalu transit ke PGC. Di halte Cawang UKI inilah saat melihat bus warna biru bertuliskan APTB Jakarta (Tanah Abang) – Bogor (Ciawi) aku langsung naik.

Tidak harus dulu membeli tiket karena bisa bayar langsung dalam busnya saat sudah naik. Menuju Ciawi dari UKI, ternyata harus membayar Rp. 16.000. Aku tidak tahu kemahalan atau tidak, yang pasti itu sudah tarif resmi kan ya?

Saat cuaca mendung disertai rintik air menandakan hujan segera turun, pikirku naik APTB ini bisa menjadi sebuah pilihan. Dari pada harus naik lagi busway ke Rambutan, dan itu memerlukan waktu lama. Belum lagi di Pasar Rebonya entah cepat atau justru lama menunggu bus menuju ke Ciawinya dalam keadaan hujan sangat besar.

Dengan naik APTB ini dari Cawang UKI, kami para penumpang dibawa langsung lewat Tol Jagorawi menuju Ciawi tanpa harus belok dulu ke Pasar Rebo atau Terminal Kampung Rambutan.

Busnya juga cukup nyaman. Penumpang sedikit kala aku naik, sehingga bisa leluasa duduk di mana yang disukai. AC nya juga full, terasa sejuk sekali.

Saking dingin dan nyamannya, para penumpang terlelap dalam perjalanan...

Saking dingin dan nyamannya, para penumpang terlelap dalam perjalanan…

Beberapa penumpang langsung mengenakan jaket seperti yang aku lakukan. Saking dingin serta nyamannya, banyak penumpang yang menaruh tangan berlipat di dada dan terlelap tidur menikmati perjalanan.

Jika naik APTB ini memang sebuah solusi saat aku terburu-buru menuju suatu lokasi di Jakarta, bisa jadi selanjutnya aku hanya naik bus dari Cianjur sampai Ciawi saja. Selanjutnya naik APTB ke lokasi halte busway terdekat dan melanjutkan dengan busway lagi ke lokasi tujuan.

Langsung dari Ciawi dalam arti langsung Tol hingga ke (minimal) Cawang Uki. Tidak harus belok dulu ke Terminal Kampung Rambutan dan naik lagi busway menuju lokasi mewati Kramat Jati dan atau Cililitan yang terkenal macetnya itu.

Jarak tempuh dari Cawang Uki ke Ciawi dengan APTB sekitar setengah 1 jam. Se$emtara kalau ke Pasar Rebo atau Rambutan bisa nambah waktu lagi sekitar setengah jam.

Penumpangnya sedikit, leluasa duduk di mana saja

Penumpangnya sedikit, leluasa duduk di mana saja

Hanya mungkin masalahnya ada di ongkos yang sedikit lebih besar. Bila ke kampung Rambutan dulu sekitar delapan ribu dan ditambah busway 3.500 maka sekitar 11.500 ongkos yang harus dikeluarkan, tapi jika APTB dari Ciawi langsung sekitar Rp. 16.000. Selisih sekitar Rp.4500.

Tapi kalau memang perjalanannya nyaman, cepat, busnya juga memadai dan ada (tidak antri lama) sekali lagi, APTB ini bisa jadi pilihan tuk dijadikan solusi mempercepat menuju lokasi.

Semoga ada jalan lebih baik dan lebih cepat ūüôā

Beberapa foto tambahan (Semua koleksi pribadi)

IMG00327-20140319-1618

IMG00329-20140319-1619

IMG00330-20140319-1619

IMG00333-20140319-1620

IMG00334-20140319-1620

Speak Your Mind

*