Bentuk Tuntutan Pegawai: Buruh Demonstrasi Guru (Honorer) Peringati Ulang Tahun

Hari ini, 25 November 2015 diberitakan Tangerang kedatangan buruh dari segala penjuru yang membuat polisi kewalahan mengawal unjuk rasa besar-besaran mereka yang menolak upah minimum 2015.

Jalan Raya Serang, di kawasan Bitung, dipenuhi buruh yang menggunakan sepeda motor dan melakukan orasi di tengah jalan. Akibatnya, kemacetan panjang terjadi. Hampir seluruh jalan dikuasai buruh.

Buruh menggelar orasi dengan tuntutan menolak upah minimum Rp 2.710.000 di Kabupaten Tangerang dan Rp 2.730,000 di Kota Tangerang.

Sementara itu, hari ini juga, 25 November, diperingati sebagai Hati Guru, dimana ratusan guru yang masih berstatus honorer mengikuti upacara peringatan Hari Guru Nasional di berbagai kecamatan di Cianjur bagian selatan. Mereka berdandan rapi, tak kalah disiplin dengan anak didik yang selalu diharuskan rapi dan tepat waktu jika melaksanakan upacara bendera setiap hari senin.

Tanpa banyak tuntutan, apalagi orasi atau demonstrasi, para honorer yang sudah mengabdi sampai belasan tahun itu dengan khidmat menghormati bendera dan ikut menyanyikan beberapa lagu nasional. Padahal, gaji honorer mereka rata-rata tidak sampai satu juta rupiah. Malah kebanyakan hanya sekitar seratus lima puluh ribu sampai tiga ratus ribu rupiah per bulan.

Tentu saja ini (guru) honorer di pelosok Cianjur, bukan di perkotaan yang ego serta taraf (keinginan) hidupnya tinggi. Mungkin sebenarnya honorer di pelosok juga punya harapan dan keinginan, tapi apa boleh buat, banyak yang dipikirkan sekedar mengambil jalan untuk berdemo atau menuntut seperti para buruh di perkotaan itu.

Terbayang jika para buruh itu bergaji hanya ratusan ribu rupiah saja seperti para honorer ini. Jangankan ratusan ribu per bulan, sudah sampai di 2,7 juta saja mereka masih menuntut kurang. Alih-alih di mendapat hadiah di hari ulang tahunnya yang ke 69, para guru (honorer) ini, yang ada justru mengusap dada dan terus mengharap keadilan berpihak kepadanya…

Sampai kapan? Dan adakah yang memikirkan?

Comments

  1. sri agustina says:

    Assalamualaikum.wr.wb… Bgi anda ingin dibantu jdi PNS Hub.bpk DR.H.EDY WAHYONO SUWARNO PUTRO.SH.M.S.I. diBKN PUSAT 0813-2612-2555.krn bliau prnh bantu sy waktu sy masih honor skrg sy sdah PNS.

  2. I’ve been surfing online more than three hours today, yet I
    never found any interesting article like yours. It’s
    pretty worth enough for me. In my view, if all website owners and bloggers
    made good content as you did, the internet will be much more useful than ever before.

Speak Your Mind

*