Berburu Mobil Bekas, Pak? Kenapa Tidak?! Nih, Ibu Punya Tipsnya…

Berburu Mobil Bekas, Pak? Kenapa Tidak?! Nih, Ibu Punya Tipsnya…

20160329_101957
Sudah diangkat kerja (jadi PNS) sepertinya identik dengan bolak-balik ke kota kabupaten. Selama satu minggu pasti ada saja minimal satu hari meninggalkan kantor karena harus mengurus segala hal terkait urusan dinas Puspindik Kecamatan Pasirkuda dan keperluan lainnya ke Kantor Dinas Pendidikan di kota Kabupaten Cianjur. Sekali dua kali belum terasa lelah. Tapi setelah satu bulan, dua bulan, hingga satu tahun, badan mulai sering sakit-sakitan. Pulang pergi menggunakan kendaraan roda dua dengan kontur jalan yang tidak rata, ditambah cuaca yang tidak bisa diprediksi menyebabkan badan mudah terserang penyakit.

Begitu cerita Pak A teman sejawat suami suatu pagi saat bertandang ke rumah. Sehari sebelumnya Pak A sakit dan menitipkan dokumen melalui suami untuk disampaikan ke Kantor Dinas. Suami menyanggupi karena kebetulan suami juga ada urusan yang sama. Sekembalinya kami dari kota kabupaten, maka Pak A segera menemui suami untuk mengetahui informasi lebih detail atas urusan yang diwakilkannya itu.

“Sepertinya si dukun ini harus diupgrade jadi roda empat,” celetuk Pak A sesaat sebelum meninggalkan rumah kami. Aku dan suami tertawa. Dukun yang ia maksud adalah sepeda motor yang setia menemaninya semenjak masih kuliah hingga kini.

“Ya kalau sudah berganti mobil tidak akan terlalu menggigil seperti naik motor, kan?” lanjut Pak A. Kami hanya mengiyakan dan melepas kepergian Pak A dengan menjawab salamnya.

20160330_050424

Sepertinya apa yang diucapkan Pak A terpikirkan oleh suami. Saat hendak berangkat kerja, suami pun dengan nada rendah bergumam. “Sepertinya kita pun harus sudah mulai memikirkan beli mobil.” Katanya seolah bicara pada dirinya sendiri. “Musim hujan bawa anak kecil memang repot bolak balik ke Cianjur,” lanjutnya. Tapi saat ini jelas tidak mungkin…” ucapnya lagi menggantung. Aku tak bereaksi. Hanya melepasnya berangkat kerja dengan senyum dan salam.

Apa yang dipikirkan suami sebenarnya aku mengerti. Mobil sebagai kendaraan saat ini bukan hanya sebagai kebutuhan tersier, tetapi sudah jadi kebutuhan sekunder, bahkan bagi orang tertentu sudah masuk ke wilayah primer. Begitu juga buat kami. Meski tinggal di kampung, justru karena itu kami sangat memerlukan kendaraan karena ke tempat kami, angkutan umum masih terbatas. Apalagi malam hari, bisa dibilang tidak ada. Sementara keperluan suami sebagai pekerja yang baru diangkat, sedikit-sedikit ada urusan ke kantor dinas, sedikit-sedikit harus melegalisir dokument ke kota kabupaten dan itu tidak mudah karena jaraknya saja dua jam dengan kendaraan.

Apalagi, saat ini anak sudah semakin besar. Kemarin-kemarin mengendarai sepeda motor masih muat membawa kami bertiga. Sekarang anak sudah berumur tiga tahun dan melakukan perjalanan jauh berhimpit-himpitan cukup melelahkan. Sebentar-sebentar mampir dan istirahat demi “meluruskan” badan yang pegal, membuat perjalanan memakan waktu lebih lama dan ini cukup mengganggu.

Kata “tidak mungkin” yang diucapkan suamiku bisa aku mengerti terkait keuangan kami saat ini. Tidak mungkin bisa membeli mobil baru karena dalam jangka waktu beberapa tahun ke depan semua pendapatan suami sudah dipotong untuk membayar membangun rumah yang kami tempati. Situasi seperti ini tentu sangat membingungkan. Kebutuhan semakin mendesak sementara kondisi keungan sangat tipis bahkan hampir tidak ada.

Para pembicara dan Panitia dari Mobil123.com sebelum blogger gathering dimulai

Para pembicara dan Panitia dari Mobil123.com sebelum blogger gathering dimulai

Maka tidak kusia-siakan kesempatan ikut Blogger Gathering bersama Mobil123.com sebagai portal otomotif nomor satu di tanah air yang bertempat di Pisa Kafe Mahakam Jakarta pada Selasa, 29 Maret 2016 kemarin. Bersama blogger-blogger yang piawai menulis konten dalam hal dunia otomotif rasanya aku beruntung sekali bisa ikut acara ini. Dan apa yang menjadi permasalahan kami selama ini, dan mungkin juga permasalahan keluarga pas-pasan lainnya seperti kami ini seperti didengar Mobil123.com.

Jadi dalam talkshow yang bertema “Tips Mencari Mobil Idaman Keluarga” ini dibahas abis bagaimana tips dan trik membeli mobil supaya kita tidak kecolongan atau tertipu. Menghadirkan pembicara yang berpengalaman di bidangnya ialah Bapak Paulus S Firmanto, beliau permah menjabat sebagai direktur perusahaan otomotif di Indonesia; Pak Agus Mustofa dari National Technical Support Auto2000; dengan dimoderatori oleh Tim Mobil123.com dan talkshow dibuka oleh Pak Irwan mewakili Mobil123.com.

Yuk diinstal biar gampang beli mobil baru :)

Yuk diinstal biar gampang beli mobil baru πŸ™‚

Mobil123.com sudah bisa diinstal aplikasinya di gadget sehingga semakin mempermudah proses pencarian, jual beli serta update informasi-informasi seputar otomotif di tanah air. Yuk buruan instal πŸ™‚

Bapak Agus dan Bapak Paulus sebagai nara sumber saat blogher gathering bareng moderator dari Mobil123.com

Bapak Agus dan Bapak Paulus sebagai nara sumber saat blogher gathering bareng moderator dari Mobil123.com

Meski mobil baru datang dan pergi silih berganti, mobil bekas juga ternyata memiliki pasar dan daya tarik tersendiri, lho. Mobil bekas bisa jadi alternatif bagi mereka yang ingin beli mobil tetapi terkendala di budgetnya. Nah, ini kan masalahnya aku dan suami banget… Jadi, meski mobil bekas, jika kondisi mobil bekas berkualitas dan siap pakai ini justru bisa jadi jalan keluar untuk penghematan.

Mobil123.com portal otomotif nomor satu di tanah air

Mobil123.com portal otomotif nomor satu di tanah air

Masalahnya, bagaimana kita bisa tahu kalau mobil bekas yang kita mau beli itu kualitasnya baik? Nah, Mobil123.com lah solusinya. Karena portal otomotif nomor satu di Indonesia ini menyajikan informasi jual beli ribuan mobil baru dan bekas yang dijual dealer dan pedagang. Selain itu di Mobil123.com menawarkan kemudahan dalam melakukan pencarian kendaraan yang diinginkan hanya dengan gadget di tangan, Mobil123.com juga terus mengupdate informasi seputar otomotif terlengkap dan terpercaya.

Sebagaimana dijelaskan Pak Paulus dalam pemaparannya β€œResale Value sebagai Pertimbangan Dalam Membeli Mobil Keluarga” bahwasanya sebelum memutuskan akan membeli mobil sebaiknya mempertimbangkan dulu beberapa hal seperti jenis mobil apa yang diinginkan, bagaimana faktor daya muatnya, melihat tingkat pemakaian bahan bakar irit atau boros, harganya apakah bersaing, apakah suku cadangnya mudah didapat dan bagaimana perawatan selanjutnya. Semua itu dengan mudah pengecekannya bisa dilakukan melalui pencarian di Mobil123.com yang memberikan informasi akurat dan terkini termasuk informasi jadwal test drive.

sumber www.mobil123.com

sumber www.mobil123.com

Kondisi keuangan tentu menjadi hal yang harus diperhatikan saat akan membeli sesuatu. Cara beli secara kredit dan atau pilihan jatuh pada mobil bekas, yang penting harap benar-benar memastikan kalau perusahaan pembiayaan bermitra dengan perusahaan asuransi yang bonafid dan terpercaya. Pastikan juga kendaraan yang dipilih itu berasuransi.

Setelah yakin terhadap mobil pilihan maka menjadi kewajiban untuk melakukan test drive supaya diketahui langsung pada mobil itu fitur mana saja yang masih berfungsi dan mana saja yang tidak. Dengan mencobanya langsung bisa dirasakan bagaimana kenyamanan saat mengendarainya dalam berbagai kontur jalan.

Sumber www.mobil123.com

Sumber www.mobil123.com

Satu langkah tepat sebagaimana dikisahkan oleh Pak Agus Mustofa dari National Technical Support Auto2000 yang membahas mengenai “Tips Memilih Mobil Keluarga Yang Tepat”, beliau meyakinkan jika pilihan jatuh pada mobil bekas maka yang jadi acuannya adalah lihat service history atau Riwayat Perawatan mobil yang dipilih itu.

Sekarang riwayat perawatan dan perbaikan kendaraan secara detail sudah bisa direkap di Auto2000. Jadi kalau mau beli mobil bekas, bisa dicek dulu apakah kendaraan itu dulunya pernah mengalami kecelakaan, apakah pernah terlibat kriminal, bisa diketahui apa saja onderdil yang sudah mengalami pergantian, dan riwayat detail lainnya kendaraan yang dimaksud. Ini jelas menjadi sebuah terobosan baru yang sangat menguntungkan bagi calon pembeli. Karena dengan mengetahui riwayat perawatan sebuah mobil yang ditaksir maka kemungkinan untuk tertipu bisa dihilangkan. Jadi riwayat perawatan ini sangat penting dicek bagi calon pembeli mobil bekas. Jangan salah pilih.

Mobil bekas tidak masalah selama masih berkualitas dan sesuai kebutuhan

Mobil bekas tidak masalah selama masih berkualitas dan sesuai kebutuhan

Susah menjangkau Auto2000? Jika di daerah calon pembeli tidak ada Auto2000 jangan khawatir, kita bisa tetap mengecek riwayat perawatan kendaraan cukup melalui saluran telepon Auto2000 di 1500898. Mudah dan praktis kan?

Hemmm… sebuah gathering yang benar-benar mencerahkan. Beruntung bisa hadir dan terlibat interaksi tanya jawab dengan para nara sumbernya. Talkshow Mobil123.com yang dibahas benar-benar menjadi solusi untuk aku dan suami, dan mungkin juga untuk para calon pembeli mobil dengan kondisi keuangan yang terbatas lainnya. Jadi berkat informasi dari Blogger Gathering bareng Mobil123.com ini aku tidak sabar nunggu suami pulang kerja dan saat suasananya sudah oke, aku akan bilang: “Beli mobil bekas juga tak masalah, Pak… Nih ibu punya solusi serta tipsnya. Ilmu yang didapat dari blogger gathering bareng mobil123.com kemarin itu…”

Pada fokus ngetwit, biar bisa kebeli mobil baru :)

Pada fokus ngetwit, biar bisa kebeli mobil baru πŸ™‚

Talkshow "Tips Mencari Mobil Idaman Keluarga" nya sukses memberi informasi akurat buat yang butuh kendaraan tapi budget kurang...

Talkshow “Tips Mencari Mobil Idaman Keluarga” nya sukses memberi informasi akurat buat yang butuh kendaraan tapi budget kurang…

Blogger Gathering Mobil123.com  Banyak ilmu, banyak sahabat, banyak pengalaman baru yang bisa dishare lagi pada yang lain...

Blogger Gathering Mobil123.com
Banyak ilmu, banyak sahabat, banyak pengalaman baru yang bisa dishare lagi pada yang lain…

Comments

  1. Keren dan lengkap teh ulasannya. Enak ya sekarang tinggal nyari mobil yang dimau di mobil123

  2. Yuk Teh beli mobil πŸ˜€

  3. abis baca artikel ini makin siap deh yang pada mau beli mobil πŸ™‚

  4. Wah seru ya aktifisnya.
    Dlu aku juga beli di mobil 123, mba
    Sejauh ini aman terpercaya πŸ™‚

Speak Your Mind

*