Cara Berkunjung ke Istana Kepresidenan Cipanas Cianjur

Cara Berkunjung ke Istana Kepresidenan Cipanas Cianjur

“Wah, Fahmi masuk Istana Presiden ya? Senang banget. Seumur hidup ini saya mah belum pernah. Cuma lihat dan sering lewat saja dalam kendaraan.”

“Kok bisa anak kecil masuk Istana Presiden? Foto-foto eta emang gak dilarang? Saya saja rumah tinggal di sekitar Cipanas belum pernah berkesempatan masuk ke Istana Cipanas. Kumaha carana sih?”

Beberapa pesan dan komentar saya terima ketika Senin, 19 Februari 2018 lalu saya share foto Fahmi, putra kami di area Istana Kepresidenan Cipanas, Cianjur. Banyak yang merasa heran kok bisa masuk Istana Kepresidenan dan bertanya itu bagaimana caranya?

Hem… Ternyata tidak banyak yang tahu ya kalau Istana Presiden itu sebenarnya boleh dikunjungi oleh siapapun, baik rakyatnya yang notabene warga negara Indonesia (WNI) maupun orang asing.

Istana Kepresidenan itu boleh dikunjungi? Oleh siapapun? Iya. Iya.

Hanya… Mungkin karena ini Istana Presiden yang identik dengan bangunan tempat orang nomor satu di negara ini maka pengamanannya pasti ketat. Karena itu meski jelas Istana Presiden boleh dikunjungi oleh siapapun tapi tetap ada aturan dan caranya. Nah sepertinya aturan serta cara ini yang belum banyak diketahui secara luas, sehingga orang banyak mengira masuk Istana Presiden itu mahal, susah, dan mungkin seolah “orang kecil dilarang masuk istana”

Sejujurnya, saya saja pada awalnya sama sekali gak kepikiran bisa masuk Istana Kepresidenan. Sama seperti pemikiran cetek lainnya kalau saya juga tidak mungkin bisa masuk ke Istana orang nomor satu di republik ini. Da aku mah apa atuh… Hanya blogger kampung yang memungut remahan kaleng khong guan tapi isinya rengginang. Nyambung gak ya?

Pokoknya mustahil bagi saya (dan keluarga) bisa menginjakkan kaki di rumah kediaman atau tempat istirahat pejabat utama di negeri kita ini, kalau saja tidak ada program HACI yang digagas oleh Ibu Bupati Cianjur, Ibu Ratu Eliesye Irvan. Ya, saya, anak dan suami beserta rombongan bisa berkunjung ke Istana Kepresidenan Cipanas, Cianjur karena kebetulan kami adalah blogger, orang Cianjur dan mau dengan sepenuh hati mempromosikan aset wisata, budaya, kuliner dan sebagainya terkait Cianjur yang digandeng oleh Ibu Bupati, melalui Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten (Disparbub) Cianjur.

Bagai gayung bersambut, ketika kami menginginkan semakin dikenalnya lokasi-lokasi wisata di Cianjur, dengan tujuan yang sama Ibu Bupati juga ternyata sedang menjalankan jargon HACI, kependekan dari “Hayu Ameng ka Cianjur.” (Ayo main ke Cianjur) Yang mana maksudnya adalah mengajak setiap kalangan untuk datang dan bermain ke Cianjur.

Ibu Bupati ingin menghidupkan lagi Cianjur yang sejak diresmikannya Tol Cipularang tahun 2005 seperti kota mati. Sepi karena ditinggal oleh orang yang kemudian memilih menggunakan jalan tol dari pada harus melewati Cianjur baik dari arah Bandung mau ke Jakarta ataupun sebaliknya.

Kami diajak mengunjungi berbagai wisata unggulan Cianjur. Salah satunya ya Istana Kepresidenan Cipanas ini. Istana Presiden tertua diantara 5 Istana Presiden lainnya yang ada di Indonesia.

Kesempatan ini tidak saya sia-siakan. Kebetulan suami juga blogger kampung bagian dari acara ini. Jadilah kami membawa anak karena kalau emak sama bapaknya pergi, dia tidak ada yang menjaga.

Okeh gitu saja intronya. Sekarang fokus ke judul bahasan yuk. Cara Berkunjung ke Istana Kepresidenan Cipanas Cianjur. Ternyata siapa saja boleh kok berkunjung ke Istana Kepresidenan. Caranya sebelum mengunjungi Istana Presiden kita harus lebih dulu mendaftar untuk mengajukan kunjungan. Cara mendaftarnya bisa secara manual dengan mengirimkan surat permohonan kunjungan melalui pos, atau bisa dengan online.

 

Dalam surat permohonan yang dibuat cantumkan kapan hari dan tanggal kita mau kunjungan, alamat lengkap kita, serta nomor telepon yang bisa dihubungi. Lampirkan juga daftar peserta kunjungan rangkap 2 kalau kita akan bawa teman atau rombongan. Surat permohonan ini harus sudah diajukan minimal 3 hari kerja sebelum waktu kunjungannya.

Nah nanti calon pengunjung yang pengajuannya diterima akan diberikan surat izin masuk jika pada hari itu tidak ada acara kepresidenan.

Kapan waktunya kita bisa masuk ke Istana Presiden Cipanas?

 

 

Dan surat pengajuan ini minimal harus sudah diterima tiga hari sebelum hari kunjungan. Pemimpin rombongan bertanggung jawab atas ketertiban kunjungan.

Apa saja yang menjadi tata tertib ketika mengunjungi Istana Kepresidenan Cipanas?

Yang pasti pakaian harus sopan dan rapi. Disarankan pria berkemeja, celana panjang dan bersepatu. Bagi wanita pakaian paling pendek sebatas bawah lutut dan berlengan.

Jumlah pengunjung harus sesuai dengan pendaftar yang diajukan. Dan hadir 30 menit sebelum waktu kunjungan.

Guide akan memberitahukan dimana pengunjung boleh ambil foto dan tidak. Kecuali di seluruh area istana memang dilarang foto preweding atau untuk tujuan komersil lainnya. Dilarang membawa tas, makanan, minuman, benda tajam dan benda terlarang lainnya. Bagi yang akan melaksanakan sholat, di mesjid istana telah tersedia perlengkapannya. Lebih jelasnya kita ikuti saja petunjuk yang disampaikan petugas.

Nah kalau sudah tahu caranya mudah kan? Jadi boleh tuh dishare infonya kalau mau mengajukan surat kunjungan. Untuk info lebih jelas bisa hubungi:

Selain bisa menikmati kemegahan bangunan Gedung Induk Istana, kita juga bisa berkeliling di area seluas 26 hektare ini. Terdiri dari padang rumput, taman tanaman hias, tanaman pohon yang ditata menyerupai hutan kecil, 8 bangunan paviliun serta bangunan lainnya seperti Gedung Bentol, kolam, kantor, kolam renang, museum, masjid, perpustakaan, taman herbalia, dan pemandian air panas alami.

Waktu dua sampai tiga jam rasanya tidak cukup untuk menghirup udara segar dan menikmati panorama yang indah di Istana ini. Saya terpesona dan ingin berlama-lama menikmati suasana di Gedung Bentol yang unik dan syarat sejarah.

Betah banget deh berada di lingkungan istana ini. Letaknya yang berada di kaki Gunung Gede dengan ketinggian 1100 mdpl ditambah ada air panas alami bersuhu 43 derajat Celcius yang mengandung zat belerang dan dapat menyembuhkan berbagai penyakit, pantas kalau tempat ini dijadikan tempat istirahat sejak tahun 1742 hingga sekarang.

Biar gak penasaran kuy segera buat surat pengajuan dan berkunjunglah ke Istana Kepresidenan Cipanas Cianjur.

Bangunan Favorit Presiden Soekarno

 

Ruang kerja Presiden Soekarno. Masih ada sajadah beliau dengan posisi yang tetap dari beliau ada hingga saat ini (sajadah di atas huruf EH)

 

Kolam pemandian air panas alami

 

Souvenir Istana Kepresidenan Cipanas Cianjur

 

Lagi jalan banyak berjatuhan. Mungut deh beberapa biji. Lumayan buat properti foto ala-ala. Hahaha…

 

 

Comments

  1. keren pisan bu abi oge teu acan pernah kadinya heheh

  2. Seru banget ya jadi pengen ngajak anakku untuk main kesana.

  3. Waaaah senangnya bisa berkunjung ke Istana Kepresidenan. Catet ah infonya. Moga lain waktu bisa berkunjung juga.. Makasih infonya teh

  4. Seru ya,
    Mungkin banyak yg mengira..kalau istana itu gak boleh masuk…
    Ternyata kunjung gratis…ya, ada jualan souvernir juga..

    Asyik bis berkunjung di sana..apalagi yg tinggal lumayan jauh, bisa jadi alternatif wisata ngajak anak… ad nilai edukasi juga Khan..

  5. Wah, menarik sangat postingannya. Aku belum ke sana, noted ah. Apalagi pas ke sana tidak dipungut biaya, ya. Bisa buat sarana mengedukasi, nih.

  6. Hmmm agak ribet sih ya sebenarnya dibanding berkunjung ke wisata lain, tapi untuk pengalaman boleh dicoba juga nih, kapan lagi kan bisa merasakan kehidupan ala orang nomor satu di Indonesia hihii

  7. Memang boleh kok kunjungan ke Istana presiden 😀 tapi tetap dilarang masuk ke daerah2 yang nggak diizinkan 🙂
    senangnya 🙂

  8. Waah Teteeh senengnya bisa masuk ke istana, aku cuma lewat lewat doang, mau juga donk ke sana kalo ada kesempatan nyantai, sambil bekel khong guan isinya rengginang, aahh itu mah udah lebaran yaa..

  9. Penasaran. Kenapa ada istana presiden di Cianjur. Bagaimana sejarahnya Okti?

  10. Bagus ya tempatnya, sampai sekarang belum kesampaian berkunjung ke istana kepresidenan, semoga ada kesempatan, amin

  11. wah kesempatan langka nih bisa jalan-jalan ke sana. emang sekarang masih bisa?

  12. We o we mbak… aku tuh dari dulu pengen banget kesini. Nggak hanya kesini sih sebenernya…pokoknya istana presiden gitu. Mayan bisa narsis….hahaha

  13. wahhh, saya dan keluarga kapan yaa bisa berkunjung ke istana kepresidenan?

    *nasib warga negara yang tinggal jauh di pelosok sulawesi 🙁

  14. Saya pernah ngelewatin istana kepresidenan ini mba, pengen juga jalan jalan ke dalam nya, tapi seperti nya yang berkunjung juga harus rombongan ya mba? Ga bisa sekeluarga aja gitu hehehe

  15. Aku hanya pernah sekali ke istana presiden, itupun di Jogja waktu study tour SMA. Hehe. Kapan2 pengen deh, ke istana presiden lainnya

  16. Asik euy bawa anaknya jalan jalan, liburannn lebih dulu nieee :v

  17. Terbuka ternyata ya Teh, aku belum pernah ke sana ih
    Dek Fahmi duluan ke sana. Ajak-ajak tante dek ke sana lagi.

Speak Your Mind

*