Gaya Rambut Putra Pertama

Gaya Rambut Putra Pertama

Waktu anak kita lahir, saat aqiqah dan cukur rambutnya masih ingat berapa gram berat yang didapat?

Rambut Fahmi saat lahir tampak kelimis dan berminyak. Setelah dimandikan dan kering, ternyata rambutnya yang halus itu tetap kelimis basah, seperti lengket. Jadi saat proses cukur rambut, tidak banyak hasil yang didapat. Tidak mencapai satu gram deh.

Setelah lewat masa cukur rambut beberapa bulan, seiring pertumbuhan fisiknya, saya pikir rambut Fahmi akan berubah juga. Tapi ternyata tidak. Rambutnya malah makin kelimis dan nempel. Seperti habis keramas atau keringatan gitu.

Banyak yang bilang kalau sudah dicukur habis nanti rambut bayi akan tumbuh lebih bagus. Saya dan suami pun sepakat mencukur habis rambut Fahmi. Sekaligus membuang rambut kelimis yang dibawanya dari rahim itu. Berharap setelah dicukur habis rambut kelimisnya akan berganti rambut yang kuat.

Suami pikir sekadar mencukur rambut bayi ia sendiri juga bisa. Secara rambut saya dan rambut mama mertua ia yang selalu memotongnya. Meski model rambut pendek saja tapi lumayan rapi. Dari pada ke hair salon mending uangnya buat kebutuhan lain.

Tapi ternyata kali ini suami justru gak bisa mencukur rambut anaknya sendiri. Selain masih takut karena masih bayi, juga karena kondisi rambutnya Fahmi yang selalu basah itu. Gunting jadi susah memotong rambutnya. Seakan gunting yang baru saja diasah itu menjadi tumpul.

Akhirnya kami membawa Fahmi ke spesialis cukur rambut. Mungkin dengan alat khusus milik mereka akan memudahkan mencukur rambut kelimis bayi. Tapi di sana juga mereka angkat tangan. Sudah muter sana muter sini sudah gaya sana gaya sini, tetap mereka kesusahan mencukur rambut Fahmi.

Alat cukur tidak bisa “menggigit” karena rambut si ade terlalu lembut, begitu alasan mereka.

Kami pun pulang dengan rasa heran. Tapi kami bersabar. Mungkin setelah besar dikit nanti rambutnya bisa dipotong.

Akhirnya kami memantau benar pertumbuhan rambut Fahmi. Kelimisnya mulai berkurang dan terlihat rambut cokelat nya ikal meringkel. Lucu dan bikin geli.

Baru pada usia setahun lebih, setelah rambut nya panjang dan bisa kami pegang suami memutuskan untuk memotong rambut Fahmi. Tanpa memikirkan model potongan rambutnya yang penting rambut ikal yang dibawa sejak lahir itu bisa dibuang dirapihkan.

Saya masih ingat, saat itu Hari Idul Adha. Fahmi tertidur lelap setelah semalam begadang ikut dibawa ayahnya takbir di mesjid. Nah saat tidur itulah sejumput demi sejumput rambutnya berhasil digunting oleh ayahnya. Torombol memang, tapi kami pikir itu lebih baik. Nanti bisa dirapihkan.

Sejak itu kepala Fahmi yang berrambut galing kriwil berubah jadi botak. Kami berharap dan seperti orang bilang, saat tumbuh rambut baru nanti ikalnya akan hilang.

Tapi setahun setengah kemudian, saat rambut Fahmi mulai panjang lagi, ternyata ikalnya masih ada. Hanya memang berada di ujung. Dengan gaya rambut seperti itu, Fahmi jadi tampak seperti anak perempuan!

Usia 4 tahun tiba-tiba Fahmi dengan kesadaran sendiri mau dicukur ketika melihat ayahnya potong rambut. Kami senang dong, karena dengan berambut pendek demikian akan lebih terlihat tampang cowoknya. Tak akan ada lagi yang memanggil nya Neng atau sebutan anak perempuan lainnya.

Seiring berjalannya waktu, rambut Fahmi kembali memanjang. Anehnya sejak ia minta dicukur sampai sekarang Fahmi tidak mau dicukur lagi. Karena itu kini rambut nya sudah panjang. Lagi-lagi banyak yang mengira Fahmi sebagai anak perempuan karena potongan rambutnya yang ikal jauh dari potongan model rambut pria.

Rambut Fahmi pagi ini

Fahmi masih berambut gondrong hingga kini, ia bilang mau dicukur kalau ia hendak masuk sekolah…

Comments

  1. Fahmi rambutnya bagus banget deh,style nya juga oke

  2. Ish rambutnya bagus itu mba.. anakku yg kedua dari bayi juga klimis. bedanya
    sampai sekarang tetep
    klimis heh.. itu perawatan rambutnya pakai apa mba? shampoo biasa apa pakai tambahan penumbuh rambut? hihi

  3. Duh… Sepertinya rambutnya tebal dan lembut. Malah bagus ntar klo udah dewasa. Jangan jangan berkilau kalau perawatannya tepat. Biasanya rambut cowo kasar dan kering. Beruntung sekali Fahmi hehehe

  4. Heheh, lucu kok rambut ikal gitu. Gapapa gondrong juga, kan belom sekolah. Banyak kan anak2 cowok yang gondrong. Nanti juga kalo udah sekolah, pasti mau dicukur. Anak saya juga yang cowok, tiga2nya susah dicukur. Tapi begitu masuk masa sekolah, saat diminta gurunya, udah gak susah lagi. Tinggal ini nih, si bungsu yang masih susah. Tapi nanti pas sekolah pasti bisa. Gapapalah sekarang gondrong mah,kasep da Fahmi, ya. 🙂

  5. Rambutnya Fahmi bagus kok itu Teh, dan biarkan saja dia dengan rambutnya jangan dipaksakan untuk dipotong jika anaknya belum mau. Nanti bisa berabe klo dia minta rambutnya disambung kembali *jadi ingat anak tetangga saya hahaha

  6. jadi inget pengalam anak saya dulu. dicukur habis sampai 4 kali, tapi nggak lebat-lebat juga sampai sekarang umur 3 tahun..

  7. Rambut anak2ku yang laki2 panjang sedikit keliatan gak rapihnya beda kayaknya jenis rambutnya sama anaknya Teh Okti ya… Anakku mah rada2 ikal gitu deh, jadinya panjang sedikit keliatan ngembang banget deh hehe..

  8. Dulu anak2 yang nyukur ayahnya sendiri. Awalnya jg takut2 gtu tapi lama2 bbrp kali biasa gundulin sendiri, saat anak2 masih bayi. Skrng bawa aja deh ke tukang cukur hehe. Soalnya anakku suka kalau ke salon liat kaca besar 😀

  9. Wah, rambutnya Fahmi sama dengan jenis rambutku. Rambutku juga ikal soalnya. Tapi aku enggak pernah yang sampe gondrong banget karena sekali rambutnya kelihatan udah banyak, pasti dulu udah langsung dicukur atau dibawa ke tempat cukur sama bapak. xD

  10. Jangan dibiasakan berambut panjang, karena Fahmi anak laki-laki mba, ntar terbiasa malah repot sewaktu akan sekolah dia tetap ga mau potong rambut mba

  11. Lebat ya rambutnya Fahmi. Kalau bisa sih di potong pendek rambutnya agar Fahmi gak terbiasa panjang rambutnya,

  12. Salfok sama rambut Fahmi yang lebat hehe,,btw Fahmi pakai perawatan apa nih kok bisa lebat banget ya?

  13. Jadi pengen lihat foto fahmi dari angle yg lain.. Penasaran, bnyk yg mengira anak perempuan.. Bagusnya memang dicukur ayahnya yg lebih mengenal seluk beluk karakter rambut si anak..

  14. lucu anak kecil rambutnya gondrong, bikin gemes

  15. Pertama cukur setelah lahir yang mencukur itu Ayahnya dan sampai sekarang pun kalau mencukur tidak pernah sampai bersih sampai habis karena rambut anak saya bisa digolongkan sulit sekali tumbuhnya terutama bagian depan

  16. Dulu anakku rambut juga panjang-panjang, pada salah panggil bilang anak cantik hahaha
    Mereka takut sama alat cukur jadi jarang berkunjungbk pangkas rambut

  17. Rambutnya bagus yaaa tebal.
    Okelah, nunggu masuk sekolah juga gpp hehe.
    Biar dia bs tentukan potongan yg diinginkan juga

  18. Sama kayak abhi nih, awalnya rambutnya dikit. Trus semakin tahun makin lebat sampe bolak balik di gundulin karena anaknya ogah ke salon sementara saya cuma bisa gundulin rambut. Eyehehe

  19. Novitania says:

    Lucu banget fahmi mba.. Emang anak anak suka gitu ya terutama soal rambut hihihj

  20. dulu pas saya kecil rambut nempel ke kuping aja udah merengek minta potong rambut 😀

Speak Your Mind

*