Indonesia: The Power of ASIA

“The POWER of ASIA” saya rasa itu tagline yang cocok untuk Indonesia yang kaya dengan beragam budaya, sumber daya alam (SDA)dan sumber daya manusia (SDM)nya.

Indonesia sesungguhnya bukan hanya kekuatan bagi wilayah Asia saja, namun juga bagi dunia. Kekayaan alam bangsa Indonesia adalah asset yang melimpah tiada duanya dibanding bangsa lain. Seandainya kita mampu menjalankannya, mengemban amanah untuk mengolah semua SDA termasuk SDM-nya tanpa digerogoti kepentingan pribadi, politik maupun golongan (korupsi), niscaya Indonesia akan menjadi bangsa yang kuat dan tangguh.

Apalagi di wilayah ASEAN, Indonesia sebagai Negara terbesar, terkuat dan memimpin ibarat mempunyai kekuatan penuh. Penduduk ASEAN, yang menyebar diberbagai Negara sebagian imigran dari Indonesia.

Kebudayaan serta adat-istiadat, yang ada di Negara tetangga ASEAN juga banyak yang sumbernya dari kebudayaan serta adat istiadat bangsa Indonesia. Jelas, Indonesia memimpin dan punya kekuatan besar di ASEAN. Tanpa Indonesia, bangsa-bangsa lain belum tentu berkredibilitas keberadaannya.

Sudah sepantasnya THE POWER OF ASIA disandang Negara Kesatuan Republik Indonesia.

#days3

Speak Your Mind

*