Ini Kriteria TKI Sukses

Ini Kriteria TKI Sukses

Siapa bilang sukses itu berarti punya bisnis yang beromzet puluhan juta? Juga ternyata bukan kesuksesan yang didapat jika TKI punya tabungan banyak, namun masih bekerja di luar negeri.

Karena menurut penelitian yang dilakukan team Dompet Dhuafa seperti disampaikan oleh Direktur YPDD, Muhammad Sabeth Abilawa pada acara sambutan peresmian Kongres Buruh Migran Indonesia 2015 di Ngebel, Ponorogo bahwasanya TKI uang sukses itu adalah TKI uang yang tidak mengulang lagi berangkat ke luar negeri untuk bekerja.

Ya, ternyata prasangka kita selama ini salah ya… Kita sering beranggapan kalau sukses itu identik dengan kaya, banyak memiliki tabungan, dan hal hal wah lainnya. Padahal semua itu belum masuk kategori definisi sukses jika yang bersangkutan masih kembali bekerja ke luar negeri.

Kehidupan TKI yang terkait erat dengan perekonomian sangat rentan dan belum bisa dicarikan jalan keluarnya. Pemerintah yang banyak mengeluarkan program serta wacana pada kenyataannya belum bisa menyentuh secara tepat sasaran. Masalah pekerjaan jadi hal yang utama. Berangkat ke luar negeri menjadi TKI bukanlah sebuah akhir tujuan. Menjadi TKI hendaklah dijadikan jembatan untuk bisa mendapatkan modal, ilmu dan kesempatan untuk terus mengembangkan diri sehingga tercipta sebuah kekuatan.

TKI yang bisa mengembangkan dirinya dengan cara bisa berusaha sendiri, alih-alih bisa membuka lapangan usaha untuk orang lain dialah TKI yang sebenar-benarnya telah mencapai kesuksesan.

Speak Your Mind

*