Jangan Biarkan Tubuhmu Jadi Asam!

Jangan Biarkan Tubuhmu Jadi Asam!

 

Mangga muda masam rasanya itu baru enak, lah badan manusia asam, hiii… Mana ada yang mau dekat?

Seharian ini gogoleran saja karena perut kembali sakit melilit-lilit. Kebetulan Sabtu tidak harus setor kerjaan (lupa dengan setor tulisan ODOP, hihi…) Setelah solat merasa kuat baca-baca email, dan pesan-pesan yang masuk. Ujungnya buka media sosial dan sampai terdampar di sebuah status seorang istri yang baru saja ditinggal sang suami untuk selama-lamanya. Sakit kanker yang diderita suami menjadi penyebab meninggal di usia yang masih teramat muda. Lebih muda dari dr. Ryan Thamrin malah.

Merasa penasaran dengan kisahnya, saya jadi melipir ke tulisan-tulisan lain dan jadi penasaran baca artikel kesehatan terkait kanker, gaya hidup, sampai kebiasaan baik dan buruk manusia jaman sekarang.

Dari semua bacaan yang berhasil diingat (sumber dan penulisnya sama sekali tidak ingat) jadilah saya sedikit paham kalau ternyata ada kebiasaan yang tidak baik justru sering saya lakukan. Ups!

Kebiasaan ini ditengarai bisa menimbulkan penyakit yang paling mematikan: kanker duh gusti!

Penelitian seorang profesor di Jepang menyatakan dari seratus orang pasien pengidap penyakit kanker hasil tes darahnya dilaporkan memiliki kandungan asam.

Sejalan dengan itu, sebuah uji coba yang dilakukan di negara Amerika Serikat (lebih populer dengan istilah Teori Katase) dihasilkan kesimpulan yang menjadi ciri indikasi manusia itu sehat atau tidak ialah dilihat dari kandungan asam dalam darahnya.

Dari berbagai teori dan sumber bacaan ada beberapa rutinitas tidak baik (yang bisa membahayakan jiwa manusia) karena menyebabkan tubuh manusia menjadi asam, diantaranya:

 

BEGADANG

Padahal ini kebiasaan saya. Segera banyak-banyak istighfar. Merasa bisa bebas melakukan me time setelah anak tidur, maka begadang jadi dalih jalan keluar menyelesaikan pekerjaan (tepatnya sih internetan, hehehe). Sering kali saya baru bisa tidur saat memasuki sepertiga malam terakhir. Apalagi saat bekerja di luar negeri, saya hampir setiap malam tidur jam 3 dan bangun jam 5. Kadang tanpa tidur siang karena tuntutan pekerjaan dan kondisi majikan.

Ya Allah betapa saya telah menyia-nyiakan masa muda dan kesehatan saya. Bayangkan lebih dari 5 tahun kebiasaan itu saya lakukan setiap malam. Bagaimana tidak rapuh tubuh saya ini?

Padahal jam satu malam masih belum tidur itu akan membuat metabolisme tubuh jadi endokrin. Nah endokrin yang membakar racun dalam tubuh tersebut yang membuat tubuh jadi asam.

Saya bergidik baca keterangan orang yang suka begadang bakal lebih gampang mendapat penyakit kanker kronis dari pada mereka yang merokok atau minum minuman beralkohol. Oalah segitu beratnya nya tebusan yang harus ditukar dari sebuah kebiasaan begadang? Ini pelajaran telak buat saya, warning harus tidur sebelum jam 12! Atau kalau tidak tubuh ini akan jadi asam.

 

MAKAN (KELEWAT) MALAM 

Karena sering begadang, saya sering makan apa saja ((apa saja)) sebagai teman melek. Padahal dilihat dari segi kesehatan, lewat jam 8 malam itu seharusnya tidak mengkonsumsi apa-apa lagi.

Setelah makan malam semestinya janganmemasukan makanan lagi karena organ pencernaan tubuh kita bakal bekerja mengolah makanan saat kita tidur. Jika ini terjadi justru akan merusak tubuh dimana seharusnya beristirahat ini malah dipaksa bekerja. Lebih jauh keadaan seperti itu akan merusak badan karena tubuh jadi asam dan menghasilkan racun.

 

TIDAK SARAPAN 

Tidak makan pagi tepat waktu menyebabkan tubuh jadi asam. Karena itu pasti kan makan pagi dengan cukup gizi dan nutrisi. Supaya bisa menghasilkan tenaga dan menunjang aktivitas hingga siang hari.

 

TIDAK OLAHRAGA

Kementrian Kesehatan Indonesia melalui Gerakan Masyarakat Sehat (Germas) mensosialisasikan gaya hidup sehat diantaranya aktif berolahraga. Gerak… Gerak dan gerak di jaman yang serba instan dan serba robotics ini. Jangan sampai malas gerak dan badanmu jadi asam.

Keringat yang keluar dari tubuh, apalagi dibawah sinar matahari langsung adalah proses pembuangan zat-zat yang tidak dibutuhkan oleh tubuh. Sedikit bergerak karena apa-apa sudah serba canggih dan instan ditambah pekerjaan kantoran yang memfasilitasi semua seolah memanjakan badan kita jadi asam. Jangan sampai!

 

STRESS & BURUK SANGKA 

Pikiran kusut, ditambah suudzhon melulu membuat tubuh mudah jadi asam. Naudzubillah

Banyak kesaksian saat pikiran sang ibu galau, banyak tekanan hingga menimbulkan stress menjadi penyebab Air Susu Ibu (ASI) tidak keluar atau tidak lancar.

Penelitian lain diujicobakan kepada 2 ekor tikus. Yang satu hidup bebas, yang satu matanya ditutup dan diganggu oleh tongkat. Beberapa waktu kemudian tikus yang ditutup matanya diteliti dan ditemukan pengalaman dalam tubuhnya.
Diperiksa lebih lanjut didapati ada kanker dalam tubuh tikus itu.

Makhluk hidup dalam tekanan serta stress mudah membuat tubuhnya jadi asam serta memancing pertumbuhan sel kanker. Sudah diserukan Nabi Muhammad SAW pula bahwa kita tidak boleh berprasangka buruk terhadap hidup dan kehidupan yang kita jalani. Mungkin ini adalah salah satu dampaknya yang diperingatkan Nabi. Berbaik sangka selain menjadi amal kebaikan ternyata dapat menghindarkan kita dari sel-sel penyakit yang mematikan.

 

00oo00

Karena itu teman-teman, dan ini pelajaran untuk saya juga, setelah kita tahu ini yuk jangan biarkan kebiasaan buruk seperti uraian di atas terus kita lakukan. Segera kita ubah kebiasaan buruk ini supaya kita juga bisa  mengubah masa depan kita.

Siapapun pasti setuju selagi ada waktu dan kesempatan mari kita merubah kebiasaan buruk menjadi kebiasaan yang lebih baik. Mari kita jadi pribadi yang lebih optimis, lebih agamis, lebih bergembira, giat berolah raga, makan sehat, dan pola hidup sehat sehingga sistim kekebalan tubuh atau anti bodi kita dapat meningkat terus dan insya Allah penyakit akan menjauh. Amin.

 

#ODOP #BloggerMuslimahIndonesia

 

Comments

  1. Terima kasih sudah mengingatkan Mbak..Kalau hal lain bisa dicoba dan konsisten dilakukan. Tapi stres dan buruk sangka yang kadang masih ada dan sulit dihilangkan dari pikiran. Semoga kita bisa memperbaiki diri agar tubuh tak asam lagi 🙂

  2. wow wow wow… itu semua kebiasaan saya, terutama berburuk sangka. Karena jujur saja, sulit untuk tidak berburuk sangka terlebih di jaman media sosial seperti sekarang ini. Aduh Gustiiii…

  3. waduuuh…saya punya beberapa kebiasaan buruk yang disebutkan tadi.

    begadang insya Alloh dah berkurang. tapi olahraga dan ga makan setelah jam 20? masih belum.

    tfs mbak. semoga kita terhindar dari penyakit.

  4. Wah, jangan sampai deh Kena asam. Yuk kita hidup sehat. Kalau sayur asam , ane baru minta Dua Porsi.

  5. Ya ampun hampir semuanya pernah..harus lebih intropeksi kesehatan diri sendiri ya teh, thanks sudah mengingatkan.

  6. Wah masya Allah, terimakasih infonya kak..
    Ini penting sekali..
    Untuk poin pertama, aisyah tidak begadang sih, tapi kadang tidur kemalaman.. ^^

  7. Dulu pas sma sy juga suka begadang. Akhirnya sering sakit mbak. Alhamdulillah postingan mbak berbobot sekali. Semoga bisa berubah menjadi lbh baik. Amiin

  8. harus hati2 nih soalnya saya memiliki kebiasaan buruk kanyak diatas

  9. Aduh Teteh itu mah saya pisan. Tukang begadang, makan malam, tidak olahraga. Kalau sarapan mah masih. Dan stress juga jauh bgt. Sekarang masih happy aja. Nuhun ah udah mengingatkan.

Speak Your Mind

*