Japlak, Kuliner Khas dari Cibadak

Japlak, Kuliner Khas dari Cibadak

JAPLAK

Tahu “japlak”? Sepertinya tidak banyak yang tahu. Bukan seblak lho ya… Kalau seblak, pasti sudah pada ngeh lah ya dengan cemilan favorit berasal dari Bandung itu. Ini namanya Japlak. Hayo… coba tebak makanan kaya apa?

Tahu Cibadak? Ayo, kira-kira berada dimana nih daerah Cibadak ini? Buat yang suka bepergian dengan kereta api, pasti pernah dengar stasiun kereta api Cibadak? Nah ayo coba di daerah mana tuh? Yup! Cibadak adalah salah satu nama Kecamatan di daerah Kabupaten Sukabumi, pemirsah…

Saat Sabtu kemarin kami keluarga petualang jalan ke Sukabumi, di Cibadak inilah kami bertemu cemilan yang belum pernah kami jumpai sebelumnya dimanapun. Ialah itu tadi, namanya japlak. Tepatnya di kantin SMAN 1 Cibadak, Kabupaten Sukabumi.

Saat sebelum waktu istirahat aku dan Fahmi sudah berkali-kali bolak-balik ke kantin yang letaknya strategis berada di dekat lapangan dan mesjid laki-laki. Berbagai makanan aku lihat dijual dengan bersih. Mulai bubur, nasi uduk, seblak, mie, minuman, baklor dan Japlak.

Membaca baklor dan japlak aku sempat tertegun dan mikir-mikir. Nih baklor kira-kira makanan seperti apa ya? Terus itu japlak juga apa bedanya sama seblak? Asli penasaran tingkat tinggi kalau tidak melihat, mencicipi dan merasakan kedua makanan yang masih terasa asing di telingaku itu.

Supaya tidak penasaran aku ya harus beli. Mumpung anak-anak belum berdatangan karena waktu istirahat masih ada sekitar satu jam kedepan. Maka aku pun langsung memesan satu japlak untuk dimakan disitu.

Dan tahukah seperti apa dan bagaimana kuliner yang bernama japlak itu? Taraaa…!

Japlak made in Kantin SMANDak

Japlak made in Kantin SMANDak

Inilah japlak…

Makanan serupa bakso atau bakso malang ini bahannya hampir sama terdiri dari kuah yang gurih dicampur dengan siomay kering berukuran mini, bakso atau sosis sesuai selera pembeli dan campuran irisan berwarna putih, sepertinya tahu atau kulit tahu dengan teksture yang agak sedikit kenyal. Dan mungkin itulah yang membuat japlak beda dari bakso malang atau bakso cuanki sejenisnya.

Ketika dicicipi dengan bumbu sesuai selera, aku merasa benar-benar makan bakso saja seperti biasa. Kuah panas, tingkat kepedasan yang lumayan membuat mulut panas merasakan sensasi sedap dan keringat bercucuran sebagai respon suhu badan yang meningkat. Ya, aku kepanasan, aku kepedasan oleh yang namanya japlak.

Inilah salah satu keuntungan jalan-jalan ke daerah yang belum pernah dikunjungi sebelumnya. Bisa jumpa kuliner lokal yang belum pernah dicicipi, dirasakan bahkan belum pernah mendengar namanya sekalipun! Japlak sudah menambah khasanah perkulineran di tatar Sunda, khususnya yang suka kuah dan seuhah. Japlak jadi makanan unik yang kami temukan saat berpetualang ke Cibadak.

dari kantin ini Japlak diproduksi :)

dari kantin ini Japlak diproduksi 🙂

Comments

  1. Baru tau Teh, ada makanan ini. Hi..hi. lucu namanya. Tfs.

  2. Hastira says:

    belum pernah lihat dan rasakan…

  3. wah, japlak aku baru denger, ternyata di sukabumi ada makanan ini, padahal dulu sering main ke sukabumi

  4. Baru tau nih soal Japlak. Nama makanan yang baru saya dengar. Penasaran bedanya sama bakso apa ya? Apa di bumbunya atau bagaimana?

    • Okti Li says:

      Ada bagian yang putih itu, seperti kulit tahu, saya pikir itu yang bikin beda dari bakso dan sejenisnya Mbak 🙂

  5. Aku kirain japlak itu makanan sejenis seblak, eh ternyata kayak bakso cuanki toh. Selain isinya, bedanya sama bakso cuanki apa mbak?

  6. Aku tadi penasaran sama namanya, hehehe. Ternyata makanannya unik ya. Aku belum pernah icip japlak

    • Okti Li says:

      Iya Mbak, unik dan baru
      saya aja baru tahu saat ke Cibadak itu seminggu lalu. Masih ada kuliner unik satunya lagi, Mbak… saya belum publish, namanya Baklor (bukan kolor ya) hihi…

  7. wuih yummy sekali kuliner ini.. wajib dicoba nih cita rasanya.. nyammmm…

  8. Indah Savitri Tasman says:

    Japlak karamel lebih enak lagi kak hehe.. sekedar informasi aja hehe…

    • tetehokti says:

      Wah terimakasih informasinya 🙂
      ya saya belum tahu ada japlak rasa karamel dan penasaran mau coba 🙂

      • Indah Savitri Tasman says:

        Iya kak, kl japlak karamel itu gk ada kuahnya tp tetep pedes kok hehe.
        Tapi sekarang di kantin SMAN 1 CIBADAK udh gk ada lagi japlak kak

  9. Jadi penasaran nih sama cemilan japlak …
    Cibadaknya daerah mana ya mbak

Speak Your Mind

*