Jasa Bandotan Si Rumput Liar di Pekarangan

Jasa Bandotan Si Rumput Liar di Pekarangan

1459189038685

Namanya juga anak. Saat dibilang jangan berlari-lari di halaman yang tanahnya kering berbatu eh, belum kering ini bibir bicara Fahmi sudah meraung kesakitan. Anak saya terjatuh!

Luka di lututnya akibat bergesekan dengan kerikil membuat kulitnya lecet. Itu yang membuat Fahmi tak jua berhenti dari isak tangisnya.

Tunas daun bawang di halaman.

Tunas daun bawang di halaman.

“Sakit Bu… ini sakit…”ย 

Saya gendong Fahmi ke pinggir sawah. Melewati petak-petak tanaman bawang daun yang sedang disemai, saya bela-belain berjingkrak-jingkrak. Saya menggendong Fahmi yang masih kesakitan ke sudut pekarangan karena sekilas melihat rumput babadotan/tanaman bandotan (Ageratum conyzoides L) di sana.

Babadotan alias Bandotan. Rumput liar yang tumbuh di sela-sela rumpun padi ini berkhasiat mempercepat menyembuhkan luka.

Babadotan alias Bandotan. Rumput liar yang tumbuh di sela-sela rumpun padi ini berkhasiat mempercepat menyembuhkan luka.

Memetik beberapa tangkai bandotan yang tampak sehat lalu segera ke belakang melipir. Setelah mencucui luka di lutut Fahmi saya cuci beberapa lembar daun bandotan yang dipetik barusan. Melumatkannya dengan cara menggilas pelan di telapak tangan. Dan setelah air dari bilasan daun bandotan keluar segera bilasan daun bandotan itu saya tempelkan di luka Fahmi.

Sempat menjerit kecil mungkin Fahmi kaget dan merasa agak perih. Tapi tak lama biasa aja. Malah ingin mencoba menggesek-gesek daun bandotan seperti yang saya lakukan. Dasar anak, setelah daun bandotan di tangannya cukup lunak ditempelkannya di lutut kaki satunya.

“Bu pan Ami teh ngobatin yang sakit…” celotehnya.ย 

“Tuh, Bu… ini udah sembuh. Pake obat gak sakit da. Ami mah berani…” lanjutnya.

Saya diam saja menahan tawa. Lha yang ditempelinya itu lututnya memang gak kenapa-napa kok. Tapi sekaligus senang karena Fahmi sudah melupakan luka di lutut satunya lagi. Secara syariatnya berkat khasiat daun bandotan itu tadi.

Di halaman depan rumah ada pohon saga yang merambat, pohon mahkota dewa, serta tanaman bumbu dapur lainnya.

Di halaman depan rumah ada pohon saga yang merambat, pohon mahkota dewa, serta tanaman bumbu dapur lainnya.

Begitulah kebiasaan di kampung. Bandotan sejenis rumput liar ini bagi sebagian orang adalah hama yang harus dibasmi. Tapi tidak bagi kami. Sejak kecil saya diajarkan kakek nenek dan orang tua kalau kena luka kecil di badan karena jatuh atau kena pisau saat masak tidak perlu cemas dan khawatir. Cukup ambil bandotan, cuci dan lumatkan dengan cara digesek di telapak tangan. Lalu tempelkanlah daun bandotan yang telah mengeluarkan air/getahnya di atas luka yang mau diobati.

Beres. Hasilnya meski tak langsung sembuh seperti dalam sulap, tapi paling tidak bisa meredakan nyeri yang terasa. Luka cepat kering dan tak menimbulkan infeksi asal dibersihkan lebih dahulu. Itu sebabnya bandotan sejenis rumput liar ini tetap kami biarkan tumbuh diantara padi dan atau tumbuhan lainnya yang bermanfaat di halaman. Tidak kami berantas tuntas.

Serai di halaman. Selain sebagai bumbu juga bisa diracik jadi minuman berkhasiat.

Serai di halaman. Selain sebagai bumbu juga bisa diracik jadi minuman berkhasiat.

Andai tahu lebih banyak akan khasiat dan kegunaan tumbuhan lainnya dipastikan bakal lebih banyak tumbuhan yang dibiarkan hidup di pekarangan ini. Saat ini yang ada di sekitar halaman kami selain bandotan adalah ada daun saga yang berkhasiat mengobati panas dalam, kumis kucing, pohon mahkota dewa, kencur, dan tanaman lain yang lebih condong ke bumbu dapur selain masuk ke golongn apotik hidup.ย 

Tidak hanya kami yang merasakan khasiat dari berbagai tanaman ini, tetapi banyak juga tetangga sekitar yang sengaja datang untuk meminta tanaman apotik hidup dan atau bumbu dapur yang kebetulan di kami ada. Senang saja bisa memberi manfaat kepada yang lain. Apalagi banyak tetangga yang meminta bibit dari sebagian tanaman itu untuk dikembangbiakkan lagi di rumahnya. Selain melestarikan kebudayaan pengobatan tradisional secara turun temurun juga bisa memperkaya khazanah pengobatan tradisional di Indonesia.

Serasa punya harta karun saat minggu kemarin harga cabe melambung tinggi dan tanaman cabe di halaman kami justru siap dipanen.

Serasa punya harta karun saat minggu kemarin harga cabe melambung tinggi dan tanaman cabe di halaman kami justru siap dipanen.

Segerombolan semut di dekat bakal buah cabe

Segerombolan semut di dekat bakal buah cabe

Bahagia itu ternyata sederhana. Bisa mengobati luka kecil anak dengan ramuan tradisional yang bahannya terdapat di sekitar adalah sebuah kebahagiaan tidak terkira. Melihat kuncup bakal buah dari tanaman yang kita pelihara ternyata menghadirkan sensasi tiada tara saat menyaksikannya. Dan memanjakan mata dengan kehijauan yang syarat manfaat itu adalah kebahagiaan yang tidak bisa dibeli dengan harga sekilo cabe di pasar saat ini. Hihihi…

Daun salam. Selain untuk bumbu masakan daun salam bisa mengobati sakit asam urat dll. Rebusan daun salam airnya diminum dengan rutin. Ibu saya merasakan langsung khasiatnya. Badan terasa lebih enteng, sakit tulang semakin berkurang.

Daun salam. Selain untuk bumbu masakan daun salam bisa mengobati sakit asam urat dll. Rebusan daun salam airnya diminum dengan rutin. Ibu saya merasakan langsung khasiatnya. Badan terasa lebih enteng, sakit tulang semakin berkurang.

Pandan di bawah Mahoni. Buah pohon mahoni ini pahit tapi baik untuk obat panas dingin, meriang dan dan sakit badan.

Pandan di bawah Mahoni. Buah pohon mahoni ini pahit tapi baik untuk obat panas dingin, meriang dan dan sakit badan.

Comments

  1. Fahmii ati-ati mainnya ya Naaakk ๐Ÿ™‚
    Memang setiap tumbuhan pny khasiat sendiri-sendiri ya Teh Okti
    salam sehat untuk keluarga amin

    • Terimakasih Pak…
      Btw kami juga ada binahong cuma karena saya lagi di kuar kota jadi ga ada stok foto.

      Btw Pak Agung udah nanam binahongnya?

  2. Badadotan ini favorit saya, Teh. Lebih ampuh dari obat luka mana pun. Dan itu, ya ampuuunnn … tanaman dan pekarangan yang membuat ngiler. Pindah aja gitu ke Cianjur biar ada sawah? Hahaha.

  3. teh Okti, bandotan cuma ada di sawah aja kah? kalo di jakarta nyari di mana dong? ๐Ÿ™

    • Enggak Mbak Zata… di perkebunan atau tegalan juga ada. Coba di sepanjang parit pinggir jalan suka ada atau kalau ada lahan kosong yang banyak rumput rumputnya biasanya suka ada.

      Bandotan ini mudah tumbuh di tempat apapun Mbak..

  4. Bendotannya kalau di kota.besar mungkin susah dicari ya

    • Coba biasa ada di lahan kosong yang banyak rumputnya. Atau di pinggir-pinggir perumahan biasanya suka masih ada lahan kosong kan ya? siapa tahu ada i sana ๐Ÿ™‚

  5. Cabainya subur banget loh, itu di pupuk apa nggak?

Speak Your Mind

*