Jika Aku Tim Nusantara Sehat

Jika Aku Tim Nusantara Sehat

Tim Nusantara Sehat (Mediakom)

Tim Nusantara Sehat (Mediakom)

Baru dengar istilah Tim Nusantara Sehat dari blognya Pak Anjari di anjarisme.blogspot.co.id. Searching pun segera dilakukan dan pencarian informasi mengerucut ke Nusantara Sehat di websitenya disini. Informasi lengkap termasuk pendaftaran jadi peserta ada disana sehingga saya mengerti apa dan bagaimana Tim Nusantara Sehat itu.

Saya jadi teringat kepada pasukan Indonesia Mengajar punyanya Pak Anies Baswedan. Bagaimana suka dukanya para generasi muda yang peduli akan kondisi bangsa dan negara sehingga mereka rela melepaskan kehangatan keluarga dan kenyamanan fasilitas di kota tempat semula demi bisa tinggal dan mengajar di wilayah 3T (Daerah Terdepan, Terluar dan Tertinggal).

Banyak pengorbanan untuk bisa sampai disana. Tetapi tentu saja ada pengalaman yang membanggakan yang tidak bisa dialami oleh setiap orang, pun tidak bisa dibeli dengan uang berapapun itu, yang akan menjadi pengalaman kebanggaan seumur hidup para peserta. Terlebih jika selama mereka mengajar mampu mengantarkan kesuksesan anak didik, atau keberadaannya terpatri “berada” di hati anak-anak wilayah 3T yang ditempati. Pasti ada kebahagiaan tersendiri setelahnya.

Begitu pula serupa dengan Tim Nusantara Sehat. Para tenaga medis yang terdiri dari dokter umum, dokter gigi, bidan, perawat, ahli farmasi, ahli laboratorium, tenaga kesehatan masyarakat, tenaga kesehatan lingkungan, tenaga gizi, dan tim medis lainnya menjadi satu tim untuk ditempatkan di lokasi yang telah ditentukan yaitu di Daerah Tertinggal, Perbatasan dan Kepulauan (DTPK) dan Daerah Bermasalah Kesehatan (DBK), dengan harapan permasalahan seperti kematian ibu dan bayi yang masih tinggi, gizi buruk, serta permasalahan terkait program kesehatan lainnya bisa diatasi dan mendapatkan solusi.

Tidak sembarangan bergelar dokter atau tim medis lainnya bisa jadi peserta. Karena selain ada persyaratan khusus untuk jadi peserta, juga ada serangkaian tes, dan pembekalan guna menyiapkan para Tim Nusantara Sehat supaya menjadi tim yang handal, tahan banting dan mampu menyukseskan program yang digagas oleh Kementrian Kesehatan ini.

Nusantara Sehat - Copy

Saya tertarik ikut Tim Nusantara Sehat ini meski saya bukanlah siapa-siapa. Bukan tim medis atau bergelar ilmu terkait kesehatan. Saya hanya seorang ibu rumah tangga yang kebetulan peduli terhadap kesehatan, kebersihan dan saya suka menulis/ngeblog.

Mengerti betul akan pentingnya kebersihan dan kesehatan berawal ketika saya berada di penampungan saat akan berangkat kerja ke luar negeri sebagai Tenaga Kerja Wanita (TKW). Beberapa bulan tinggal di penampungan yang kondisinya kumuh, tidak sehat, kurang sinar matahari, kurang air bersih, serta asupan makanan yang tidak cukup gizi banyak membuat calon tenaga kerja Indonesia (CTKI) gagal berangkat karena saat medikal akhir mereka unfit.

Wawasan kebersihan dan kesehatan lebih keras lagi saya terima saat saya bekerja di Singapura, Hong Kong dan Taiwan yang notabene ketiga negara itu sangat tinggi menjunjung hidup bersih serta kesehatannya. Selama dua tahun di Singapura dan dua tahun di Hong Kong saya banyak belajar tentang hidup sehat dan bersih. Pengetahuaan saya bertambah ketika kurang lebih empat tahun bekerja di Taiwan sebagai pengasuh anak dan dua tahun sebagai perawat orang tua jompo di Keelung Hospital, dan Tri Service General Hospital, Taipei Taiwan.

Nusantara Sehat

Tinggal dan berinterkasi dengan orang-orang yang sangat menjunjung tinggi akan nilai kebersihan dan hidup sehat, sedikit banyak menularkan semua itu kepada saya. Tempaan disiplin akan merawat serta menjaga kebersihan menempel kuat sehingga saat saya pulang kampung, kembali saya menerapkannya kepada keluarga serta lingkungan terdekat.

Saya tidak menyalahkan keadaan, saat ini saya berada di lingkungan yang masih jauh dari disiplin bersih. Saya pun berasal dari “Keluarga Besar” dimana kakak saya di usia belum sampai 42 tahun sudah punya anak tujuh. Speechless-nya anak kakak saya yang tertua alias keponakan saya, belum sampai usia 20 sudah punya anak 4 orang dengan jarak yang sangat rapat. Saya tidak diam karena banyak anak dengan kondisi tidak sehat bukan mendatangkan banyak rezeki melainkan membawa banyak penyakit. Simple Menjadi Generasi Berencana pun saya ulas disini.

Kondisi ini membuat semua orang menertawakan, manakala saya mencoba menerapkan hidup sehat, sementara saudara saya sendiri kondisinya “jauh dari sehat”. Ini tantangan. Saya tetap berusaha untuk tetap menyampaikan apa yang saya tahu dan bisa saya sampaikan.

Dengan mengikuti acara Tim Nusantara Sehat, pasti ilmu dan wawasan khsususnya di dunia kesehatan dan kondisi daerah yang dikunjungi akan semakin tambah. Selain share pengalaman di blog dan akun jejaring sosial, terpenting bisa mempraktekan lagi apa yang didapat selama jalan bareng dengan Tim Nusantara Sehat ini kelak kepada keluarga, orang terdekat dan masyarakat. Syukur-syukur bisa ikut mensukseskan Tim Nusantara Sehat yang menunjang program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan Kartu Indonesia Sehat (KIS). Bukankah penduduk yang sehat adalah investasi terbaik untuk masa depan bangsa yang lebih baik? Untuk mewujudkannya saya ingin melakukan hal sekecil apapun yang saya bisa, diantaranya menyampaikan informasi kesehatan seperti kesehatan ibu hamil, kesehatan ibu dan anak, sanitasi lingkungan, dan sebagainya di daerah.

Musim dingin bersama keluarga majikan. Saat bekerja merawat jompo di Taiwan

Musim dingin bersama keluarga majikan. Saat bekerja merawat jompo di Taiwan

Jika gaya hidup dan sistem kebersihan di luar negeri sudah saya alami, bagaimana dengan kondisi dan gaya hidup warga di Pulau Belakangpadang, Batam? Penasaran…

Saya belum pernah ke Batam, hanya mendengar kondisi Batam dan sekitarnya dulu tahun 2000-2002 saat saya bekerja di Singapura. Itu pun melalui siaran radio dari Batam yang bisa kami tangkap di Singapura. Terlepas bagaimana kondisi Pulau Belakangpadang saat ini, saya pastikan akan sanggup menjalaninya. Tinggal di kampung yang masih bertanah merah seperti di Cianjur Selatan saat ini juga pengalaman hidup ekstrim saat mendaki Gunung Gede, Gunung Semeru, dan Gunung Rinjani beberapa waktu lalu sedikit banyak ikut menempa saya bisa hidup dengan kondisi serba minim. Seburuk apapun kondisi tempat Tim Nusantara Sehat nanti, saya pastikan bisa kerasan. (ol)

Info seputar Tim Nusantara Sehat bisa diakses di
www.nusantarasehat.kemkes.go.id
Twitter: @Nusantara_Sehat
Facebook: Nusantara Sehat
Info syarat dan ketentuan ikut Tim Nusantara Sehat selengkapnya di Blog Pak Anjari

Comments

  1. Semoga kita berdua bisa menikmati pulau belakang padang bersama … *ngarep … hehhehehhe

  2. Seru yaa
    Aku baru tahu kalau ada tim Nusantara. Bagus juga ya visinya untuk membantu khsusu di bidang kesehatan. Sukses, mbaa

    • Okti Li says:

      Terimakasih Mbak πŸ˜‰
      iya nih, saya juga baru tahu akan Tim Nusantara Sukses ini πŸ™‚
      terimakasih sudah berkunjung πŸ™‚

  3. Semoga terpilih ya mbak.. ^^

  4. Gud lak ya Teh..semoga bisa terlaksana ke pulau Belakangpadang nya πŸ™‚

  5. Asyikkkk… semoga bisa jadi 1 tim nih nanti, aminnnnn… πŸ™‚

  6. aku yang gak punya background pendidikan medis ajaaa kepengen terjun langsung ke kampuung πŸ™‚
    apalagi teh okti yang udah ada pengalaman ngurus – ngurus orangtua jompo di negeri orang. semoga berangkat yah kita teeh . amiin.

    • Amin, semoga mendapat kesempatannya ya πŸ™‚
      dan jika berkesempatan, semoga bisa ikut berkontribusi lebih untuk masyarakat Indonesia πŸ™‚

  7. sipp…smg beruntung Okti πŸ˜€

  8. Smoga kita terpilih
    salam sehat dan sukses
    Aminn

  9. Waah berminat ikut juga teh
    Good luck ya
    Pasti jd pengalaman tak terlupakan tuh

  10. Good luck mba. Sebuah program yg sangat baik pastinya, menaruh kepeedulian kepada masyarakat di desa terpencil

  11. Terima kasih info tentang ini sangat bermanfaat.
    Tempat-tempat yang bagus di Indonesia sebenarnya banyak yang belum tereksplorasi untuk diolah menjadi tempat wisata.
    Semoga website ini terus menyajikan info yang menarik dan bermanfaat bagi pengunjung dan pembaca.

  12. tim Nusantara toop deh…
    semoga selalu diberikan kekuatan dan kesehatan dlm jln2nya πŸ™‚

Speak Your Mind

*