Johari Zein Foundation Bantu Pembangunan Masjid di Lombok

Johari Zein Foundation Bantu Pembangunan Masjid di Lombok

Ketika sebagian besar warga negara Indonesia melaksanakan Upacara Proklamasi Kemerdekaan RI ke 73, saya dan Fahmi juga ayahnya tengah berada di Puncak Gunung Ciremai, Kuningan Jawa Barat.

Keluarga Petualang batal Mendaki Gunung Rinjani, melipir ke Gunung Ciremai

Semua merenung dalam haru. Bahagia kami khususnya pendaki yang tergabung dalam Pasukan Pendakian Merah Putih mungkin dengan cara yang beda. Kepada alam, kepada kekuasaan Sang Maha Pecinta segala rasa kami adukan.

Sempat menyesal ketika libur lebaran kami batal mengajak Fahmi, putra kami naik ke Gunung Rinjani. Namun ternyata mungkin itu rencana terindah Tuhan untuk kami. Karena tidak lama kemudian berita gempa bumi berkekuatan 7 SR di Lombok Nusa Tenggara Barat tepatnya 5 Agustus 2018 santer terdengar.

Kami bersyukur batal naik Rinjani. Kami sedih ada ratusan pendaki terjebak di Rinjani setelah gempa terjadi. Baru sedikit lega ketika Tim SAR dan TNI berhasil mengevakuasi semua para pendaki hingga bisa keluar dari lokasi bencana.

Gempa susulan terus terjadi. Korban meninggal dunia terus bertambah, ada sebanyak 312 warga yang meninggal dunia dan sekitar 270.168 jiwa yang tinggal di pengungsian. Ya Tuhan, saudara sebangsaku di NTB semoga kalian baik-baik saja.

Akibat gemba bumi Lombok sekitar 75 persen rumah hancur dan rusak. Belum sedikitnya 468 sekolah rusak, 6 jembatan rusak, 3 rumah sakit rusak, 10 puskesmas rusak, 20 unit perkantoran rusak, 50 unit mushola rusak dan 15 masjid rusak. Benar-benar menyedihkan.

 

 

Salah satu masjid yang rusak adalah Masjid Jamiul Jamaah, Dusun Karang Pangsor, Desa Pemenang Barat, Kecamatan Pemenang, dan Masjid Jabal Nur, Dusun Lading-lading Desa Tanjung, Kecamatan Tanjung, Lombok Utara.

Melihat duka yang terjadi di Lombok, siapapun pasti tergerak untuk membantu semampunya. Tidak mengenal siapa, mereka tetap saudara sebangsa setanah air kita. Begitu juga dengan Johari Zein Foundation (JZF).

Johari, Founder JZF, Entrepreneur & Pendiri GBMI

JZF, lembaga filantropi yang didirikan oleh Johari Zein, wirausahawan dan pendiri Group Global Basket Mulia Investama (GBMI) ikut terpanggil untuk membantu memulihkan kondisi pasca gempa di Lombok.

Johari Zein Foundation fokus melakukan pembangunan masjid dan Pondok Pesantren di Indonesia. Termasuk masjid dan musola yang hancur dan rusak akibat gempa bumi di Lombok.

Melalui program sosial Johari Zein Foundation didukung berbagai perusahaan segera memproses distribusi kebutuhan untuk Lombok. Johari Zein Foundation didukung Paxel.co, pelopor bisnis jasa pengiriman berbasis teknologi.

Perusahaan lain yang mendukung program sosial Johari Foundation ini adalah Alien Design Consultan (Alien DC) dimana mereka melakukan design architect juga memastikan masjid yang akan dibangun kembali mengunakan konstruksi yang tahan gempa.

Adapun Kolase.com, adalah perusahaan fundraising yang membantu para musisi Indonesia membantu Johari Zein Foundation dalam pengumpulan dana bantuan.

Johari Zein, founder Johari Zein Foundation, ucapkan terima kasih kepada perusahaan yang menjadi mitra JZF dalam program pembangunan masjid di Lombok.

Rasyid ketua Johari Zein Foundation selama 3 bulan ke depan mengajak perusahaan, entitas dan masyarakat secara luas dalam program pembangunan masjid di Lombok ini.

Dari kiri, Bryant Christanto Co Founder Paxel.co, Hardy Founder Alien Design Consultant, Rasyid Taufik Ketua Johari Zein Foundation, Raden Maulana, CEO & Co Founder Kolase.com dan Johari Zein

Semua dana yang terkumpul melalui Kolase.com untuk proyek pembangunan masjid di Lombok dialokasi melalui rekening: Bank BNI Syariah Nomer 0828 20 5000/IDR An. Yayasan Johari Zein.

Untuk mengetahui detail data dan informasi seputar kerusakan masjid, saat ini tim JZF sedang melakukan survey secara langsung di Lombok.

Dari survey tersebut akan diketahui kebutuhan apa saja yang harus disiapkan termasuk jumlah dana yang dibutuhkan untuk pembangunan kembali masjid yang sirencanakan akan selesai proses pembangunannya selama 1,5 tahun.

Bentuk lain kepedulian Johari Zein Foundation untuk masyarakat yang terkena musibah gempa bumi di Lombok

JZF didirkan di Jakarta 3 Mei 2017 oleh Johari Zein. Saat ini JZF sedang membangun masjid pertamanya di kota Batu, Malang, Jawa Timur.

Johari Zein Foundation didedikasikan sebagai lembaga filantropi yang diharapkan menjadi sebuah wasilah terwujudnya peradaban dunia yang modern. Jujur, optimis, harmonis, amanah dan inovatif adalah prinsip-prinsip dasar Johari Zein Foundation dalam menjalankan lembaga.

Pembangunan, pemberdayaan dan memakmurkan masjid dan Pondok Pesantren adalah program unggulan Johari Zein Foundation.

 

Comments

  1. Pak Johari Zen adalah CEO dari JNE yang sering menggunakan jasa ESQ untuk membina mental dan karakter karyawannya, beliau memiliki tradisi yang unik yang dilakukan olehnya dan seluruh managemen dan kepala cabangnya yaitu harus memiliki anak asuh sebanyak 40 orang dan di biayai dari dana pribadi di bantu dari zakat cabang tersebut setiap bulannya. sehingga tidak heran bisnisnya terus maju dan berkembang.

  2. wah, acara yang keren sekali ya teh 🙂
    berbagi dengan cara yang luar biasa, semoga semakin banyak perusahaan2 yg bisa berbagi dengan cara yg sama. amin

Speak Your Mind

*