Kegembiraan Pra Sekolah di Rumah Bersama Petualangan Boci

Kegembiraan Pra Sekolah di Rumah Bersama Petualangan Boci.

Meski baru 3 tahun tapi gaya Fahmi putra kami sudah seperti anak besar saja. Setiap ba’da maghrib ayahnya mengajar menulis huruf Hijaiyah kepada santri, Fahmi suka ikut-ikutan. Tapi ujungnya malah mengganggu suasana belajar dan tidak jarang malah bikin suasana kacau. Di usianya itu, Fahmi memang sangat ingin tahu akan segala hal. Setiap yang dilihat ingin dicobanya, termasuk menulis yang dikerjakan anak-anak santri di rumah.

Saya pikir Fahmi perlu bimbingan supaya pencarian dan rasa penasarannya bisa terarah dengan baik. Kebetulan mendapat informasi tentang aplikasi edukasi Petualangan Boci. Saya pun segera mencari informasi dan biar lebih akurat saya menginstal aplikasinya secara langsung.

Aplikasi Edukasi untuk Anak-anak Petualangan Boci

Aplikasi Edukasi untuk Anak-anak Petualangan Boci

Aplikasi Petualangan Boci

Boci, adalah sebuah karakter dari seekor bunglon cilik. Karakternya ini bersifat ingin tahu dan penasaran dengan hal baru yang pertama dilihatnya. Sama persis seperti Fahmi, dan usia anak-anak pada umumnya antara 2-6 tahun. Dimana pada usia ini anak lumrahnya sangat ingin tahu akan segala sesuatu dan selalu ingin mencobanya.

Tokoh Boci bersama ayah dan ibunya juga ditemani oleh kawan-kawan lainnya seperti Kato si burung kakaktua, Kucing si misterius, serta Pak Belalang dan Pak Walang Sangit tetangga keluarga Boci di desa.

Aplikasi Petualangan Boci, yang tersedia dalam dua bahasa Indonesia dan Inggris pada awalnya bernama “Botchi Petualangan” ini adalah sejenis aplikasi edukasi untuk anak usia 2-6 tahun yang dikembangkan oleh Rolling Glory (rolingglory.com).

Cukup mudah ternyata menginstal aplikasi ini karena sudah bisa kita instal dari Android maupun IOS secara gratis. Bisa juga mendownload di petualanganboci.com/apps dan website-nya Boci di www.petualanganboci.com

Boci bisa didownload gratis dari Android dan IOS. Browser Chrome dan Safari

Boci bisa didownload gratis dari Android dan IOS. Browser Chrome dan Safari

Banyak pilihan aplikasi Petualangan Boci, semuanya menarik dan Fahmi suka

Banyak pilihan aplikasi Petualangan Boci, semuanya menarik dan Fahmi suka

Emaknya menginstal dulu, baru nanti anaknya bisa belajar dan bermain

Emaknya menginstal dulu, baru nanti anaknya bisa belajar dan bermain

Cukup banyak aplikasi edukasi dari Petualangan Boci yang tersedia, diantaranya Belajar Menulis bersama Boci; Boci Play: Alfabet, Berhitung, Bermain Titik, Petak Umpet, Tebak Warna, Warna Ajaib; Petualangan Boci: Warna; dan Taman Bermain Boci: Pasar Malam.

Dari sekian banyak aplikasi itu, aplikasi Tebak Warna dan Petualangan Boci: Warna, yang bisa dibilang sudah dikuasai Fahmi. Karena merasa sudah hafal warna dan bisa menebaknya Fahmi bisa dengan cepat mengerjakan semua permainan edukatif ini tanpa bantuan saya sebagai orang tua yang mendampinginya. Saya hanya mengajarkannya satu dua kali, selanjutnya Fahmi bisa memilih bentuk pembelajaran dan bermain sendiri. Tahu-tahu sudah teriak-teriak sambil berjingkrak-jingkrak di atas kasur, tandanya ia berhasil menyelesaikan permainan.

“Horeee…! Ibu, Ami berhasil…!”

Bermain dan belajar seputar warna

Bermain dan belajar seputar warna

Senangnya saat buah hati bisa menyelesaikan tantangan petualangannya ;)

Senangnya saat buah hati bisa menyelesaikan tantangan petualangannya 😉

Fahmi baru terlihat antusias dan tertarik pada aplikasi Trace Alphabeth yang memang belum pernah dicobanya.

“Bu, ini belajar nulis seperti Aa Ilham di PAUD ya?” tanyanya ketika saya jelaskan akan abjad yang muncul.

“Asyik, Ami bisa sekolah seperti Aa Ilham ya Bu? Sekolah Ami mah di rumah saja sama Ibu…” lanjutnya senang. Mungkin sambil membayangkan jika ia bisa belajar menulis dan membuat huruf seperti Ilham, teman bermainnya yang sudah masuk PAUD.

Sekian lama saya mendampinginya, ia sedikitpun tidak nampak bosan. Trace Alphabeth memang didesain untuk mengajarkan anak menulis alphabeth dengan baik dan benar. Yang membuat anak senang dan tertarik adalah media yang dipakai dalam aplikasi itu berupa mainan kesukaan anak. Bagaimana Fahmi tidak betah dan senang jika mainan yang bisa dipilih dalam pelajaran itu adalah mainan kesukaannya seperti pesawat, kapal, dan kereta api.

Gagal dan gagal, sempat putus asa, tapi terus diberi motivasi hingga Fahmi bisa menyelesaikan petualangannya sendiri... Berhasil!

Gagal dan gagal, sempat putus asa, tapi terus diberi motivasi hingga Fahmi bisa menyelesaikan petualangannya sendiri… Berhasil!

Pesan Moral & Karakter Baik

Yang unik dan jadi “pelajaran tambahan” adalah adanya “ketentuan” kalau mainan (media) yang akan dipakai anak, itu boleh digunakan jika si anak terlebih dahulu meminta izin kepada Bapak Penjaga Stasiun.

Selain mengasah kemampuan dan kecerdasan, Petualangan Boci juga mengajarkan pendidikan karakter baik. Orang tua dan anak tidak hanya diajak untuk memahami cerita atau permainan, tetapi juga sekaligus mengajarkan pesan-pesan moral yang baik untuk anak. Ini menjadi nilai lebih dari aplikasi edukasi ini menurut saya selaku ibu (dan juga pastinya ibu-ibu manapun lainnya) yang ingin buah hatinya menjadi pribadi yang santun dan berahlak.

Aplikasi lain yang kami coba instal adalah Bermain Titik. Pada aplikasi ini Fahmi benar-benar dikuras kesabarannya untuk sabar dan telaten menempelkan jarinya supaya garis tidak terputus. Karena jika gagal menyambungkan garis, maka permainan gagal dan itu artinya Fahmi tidak akan bisa melihat karakter yang ingin dilihatnya dibalik layar.

Buat Fahmi, ini permainan yang menggemaskan. Jarinya belum stabil kesabarannya pun harus terus dilatih

Buat Fahmi, ini permainan yang menggemaskan. Jarinya belum stabil kesabarannya pun harus terus dilatih

Menebak karakter dengan menyambung garis tanpa jeda

Menebak karakter dengan menyambung garis tanpa jeda

Namanya anak, saat satu kali dua kali gagal langsung deh keluar ngambeknya. Tapi setelah saya bujuk dan jelaskan, kalau permainan ini adalah ajang untuk melatih kesabaran dan dengan itu ia akan mendapatkan apa yang ia inginkan (melihat karakter yang dipilihnya di balik layar) Fahmi mulai mengerti dan ia semangat kembali untuk bermain.

 

Saat Fahmi kembali mengulang mencoba melatih kesabarannya untuk menyambungkan garis, saya sendiri berpikir kalau aplikasi ini berhasil membuat adanya interaksi antara orang tua (pendamping) dengan anak sehingga dengan penjelasan dari orang tua anak bisa lebih memahami nilai yang terkandung dari aplikasi permainan ini. Jadi bukan terfokus pada game-nya saja.

Masih banyak aplikasi lain yang belum kami coba. Namun kami yakin semuanya pasti menarik dan mendidik. Fahmi sangat menyukai semua permainan dan pembelajarannya.

Semuanya menarik dan ingin dicoba sebagai bahan pembelajaran anak pra sekolah

Semuanya menarik dan ingin dicoba sebagai bahan pembelajaran anak pra sekolah

Jadi Kenapa Boci?

Seri buku cerita edukatif interaktif untuk anak yang dipublish lewat aplikasi gadget Android dan IOS ini mengembangkan interaksi anak dan orang tua yang saat ini sepertinya sudah mulai pudar. Dengan Boci nilai-nilai bermain bersama dan belajar bersama yang mulai hilang karena kesibukan orang tua di luar itu kembali dikuatkan dan dijalin.

Petualangan Boci mengajak anak dan orang tua untuk membaca, bermain, dan belajar bersama. Media komunikasi antara anak dan orangtua berupa storytelling menjadikan sarana supaya aktivitas ini menghibur. Selain itu diharapkan bisa jadi sarana efektif dalam menanamkan nilai-nilai moral atau karakter baik pada anak dalam kegiatan sehari-hari.

Keren! Selalau ada catatan akhir sebagai bahan evaluasi bagi orang tua.

Keren! Selalau ada catatan akhir sebagai bahan evaluasi bagi orang tua.

Comments

  1. Fahmi sudah belajar melalui BOCI
    kalau saya dl beli buku 60 hari belajar membaca hehe
    salam sehat dan semangat belajar ya Fahmi

  2. Aku udah install nih game Boci. Seru sekali. Anak2ku suka

  3. Fahmi asyik sekali belajar sambil bermain ya 😀

  4. wuih, Fahmi seseruan dengan Botchi

  5. anakku juga suka… tapi yang Boci Musik

  6. Fahmi serius banget menghubungkan titiknya 😀 Maghma juga suka main Boci yang menghubungkan titik 🙂

Speak Your Mind

*