Keseruan Ulang Tahun Fahmi Berbagi Morinaga Chil-Go! Bersama Polisi dan Santri

Keseruan Ulang Tahun Fahmi Berbagi Morinaga Chil-Go! Bersama Polisi dan Santri

Picsart2016-04-3--03-47-44

Akhirnya apa yang direncanakan terlaksana juga. Pengajian Yaasinan dalam rangka syukuran ulang tahun ke-3 Muhammad Fahmi Nurul Hilmi, putra pertama kami bersama anak-anak mengaji Al Hidayah berjalan dengan khusyu dan lancar pada Kamis malam Jumat, 3 Maret 2016. Bertempat di kediaman kami di Pagelaran, Cianjur Selatan.

Sebagian besar anak-anak didik mengaji suami kebetulan bisa hadir kecuali tiga orang yang sedang bepergian bersama keluarganya. Sepupu dan paman Fahmi pun alhamdulillah bisa menyempatkan datang dan ikut mengaji. Kebahagiaan terpancar dari binar mata Fahmi. Mungkin itu pertanda ia senang. Jarang-jarang memang nenek, dan saudara-saudaranya berkumpul dan menginap bersamanya. Terlebih di hari spesial yang mulai diketahuinya ini.

Fahmi bersama nenek, sepupu, dan saudara lainnya

Fahmi bersama nenek, sepupu, dan saudara lainnya

Yang lebih bahagia tentu saja kami sebagai orangtuanya. Meski keluarga kami tidak pernah merayakan perayaan ulang tahun, apalagi dengan meriah, tapi paling tidak apa yang jadi harapan dan keinginan Fahmi dalam keceriaan ulang tahunnya bisa terlaksana. Pembagian susu cair Morinaga Chil-Go! sebagai minuman pendamping yang disukainya berjalan dengan sangat seru. Lucu dan jadi momen unik karena untuk anak-anak pengajian Al-Hidayah belum pernah mengalami perayaan sejenis ini sebelumnya.

Seperti yang sudah dikisahkan di tulisan saya sebelumnya disini, kalau bulan Februari kemarin kami memang sudah merencanakan dan mempersiapkan apa yang jadi permintaan Fahmi, yaitu jelang ulang tahunnya ia ingin berbagi apa yang dimiliki dan disukainya kepada teman-temannya baik di rumah di Cianjur, maupun di tempat kami tinggal di Pagelaran ini. Karena kami tinggal bolak-balik di dua tempat itu maka persiapan yang dilakukan pun menjadi dobel. Bersyukur saja semua ada jalannya serta dilancarkan.

Berbagi Morinaga Chil-Go! bersama anak-anak kampung sekitar tempat tinggal sekitar tiga bulan yang lalu

Berbagi Morinaga Chil-Go! bersama anak-anak kampung sekitar tempat tinggal sekitar tiga bulan yang lalu

Berbagi Nutrisi dengan Polisi

Sebelum mengadakan pengajian Yaasinan di Pagelaran pada hari ulang tahun Fahmi, hari Minggu sebelumnya saat kami berada di Cianjur (kota) telah lebih dahulu membagikan minuman susu cair Morinaga Chil-Go! kepada anak-anak PAUD/TK Al Qalam yang beralamat di Pawenang, Karangtengah. Bukan berarti Fahmi sudah masuk belajar di sekolah tersebut, melainkan karena Afi, sepupu Fahmi yang rumahnya bersebelahan dengan rumah kami yang sekolah di sekolah Al Qalam tersebut.

Sekolah PAUD/TK Al Qalam tempat Fahmi berbagi Morinaga Chil-Go! kepada "Polisi" Cilik

Sekolah PAUD/TK Al Qalam tempat Fahmi berbagi Morinaga Chil-Go! kepada “Polisi” Cilik

Beberapa kali saat ayah dan ibu Afi tidak bisa mengantar Afi ke sekolah maka kami yang kebetulan ada menggantikan mereka mengantarkannya. Saat itu pula Fahmi ikut mengantar ke sekolah dan Fahmi jadi tahu sekolah Afi yang berjarak sekitar 500 meter dari rumah. Saat mengantar itu Fahmi melihat banyak anak-anak sebayanya bermain, berlari, jajan, dan belajar dengan pakaian seragam yang berganti-ganti. Ada seragam baju muslim, seragam baju adat Sunda, dan seragam pakaian polisi.

Entah karena suka atau bagaimana, Fahmi bilang mereka yang berseragam polisi itu juga kasih susu cair Morinaga Chil-Go! Maka saya menyempatkan ngobrol dengan guru kelas Afi terkait kemauan Fahmi ini. Bu Guru menyetujui dengan senang. Beliau dan jajarannya malah berharap Fahmi bisa sekolah bersama Afi di Al Qalam. Karena murid memakai seragam polisi hanya pada hari kamis, maka hari itu kami berencana datang lagi ke sekolah PAUD/TK Al Qalam untuk membagikan susu cair pertumbuhan Morinaga Chil-Go! sekaligus memperkenalkan Fahmi akan sekolah dan kegiatannya.

Berbagi Morinaga Chil-Go! dengan para polisi cilik PAUD/TK Al Qalam

Berbagi Morinaga Chil-Go! dengan para polisi cilik PAUD/TK Al Qalam

Meski Fahmi malu-malu dan mengkerut akhirnya pembagian Morinaga Chil-Go! berjalan lancar. Sambil minum bareng saya sedikit menjelaskan kepada para polisi cilik itu kalau apa yang mereka minum itu adalah susu cair pertumbuhan Morinaga Chil-Go! sangat baik untuk kesehatan, pertumbuhan dan perkembangan kecerdasan otak anak seusia mereka. Karena Morinaga Chil-Go! sebagai susu cair pertumbuhan, minuman pendamping dari Morinaga Chilkid Platinum dan Morinaga Chilschool mengandung nutrisi yang tepat antara kecerdasan dan pertahanan tubuh. Sehingga siap mencetak para generasi platinum yang multi talenta.

Logo Kalbe dan Morinaga

Logo Kalbe dan Morinaga


Susu Cair Pertumbuhan Morinaga Chil-Go!

Susu Cair Pertumbuhan Morinaga Chil-Go!

Susu cair pertumbuhan Morinaga Chil-Go! adalah produk unggulan dari Kalbe yang bekerja sama dengan Morinaga Jepang. Morinaga Chil-Go! yang praktis berisi 140 ml dan bisa diminum kapan saja ini dilengkapi nutrisi kolin dan inositol yang berperan tinggi dalam proses daya pikir, bicara dan gerakan sadar anak. Ditambah vitamin B kompleks, zat besi serta yodium berperan penting dalam sistem syaraf dan konsentrasi anak. Pada masa usia emas anak 1 sampai 12 tahun inilah zat-zat tersebut dibutuhkan anak untuk perkembangan otaknya khususnya pada fungsi kognitif.

Berbagi itu indah, apalagi kalau yang menerima sangat suka :)

Berbagi itu indah, apalagi kalau yang menerima sangat suka ๐Ÿ™‚

Fahmi berbagi nutrisi dengan Pasukan Polisi Cilik

Fahmi berbagi nutrisi dengan Pasukan Polisi Cilik

Meski malu-malu dan mengekrut saya contohkan kalau Fahmi yang baru mau menginjak usia 3 tahun tapi sudah bisa mempunyai kelebihan lain yang tidak dimiliki oleh teman sebayanya di kampung yang kebanyakan tidak mengkonsumsi susu cair pertumbuhan. Ini bisa jadi bukti konkrit jika kecerdasan anak-anak bisa terbantu oleh nutrisi yang baik.

Dan Fahmi sejak lepas ASI memang sudah meminum susu cair pertumbuhan Morinaga Chil-Go! dengan nutrisi penunjang daya tahan tubuh ganda berupa prebiotik inulin yang membantu kesehatan saluran cerna anak, zinc membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh, kalsium untuk pembentukan tulang dan gigi serta vitamin A, C dan E yang berfungsi melindungi sel tubuh. Karenanya jelas nutrisi dan vitamin Morinaga Chil-Go! sangat dibutuhkan anak dan ini sudah teruji di laboratorium Kalbe dan Morinaga.

Yang buat susu ini siapa, ya?

Yang buat susu ini siapa, ya?

“Susu ini buatan siapa?” tanya seorang anak laki-laki. Sungguh pintar anak ini. Dia rupanya sudah bisa menerima penjelasan dari saya meski sekilas dan garis besarnya saja.

Bu Guru terlebih dahulu mengajak murid-murid lainnya bertepuk tangan memberikan aplause kepada Raihan. Saya sedikit menjelaskan kalau yang memproduksi Morinaga Chil-Go! adalah PT. Sanghiang Perkasa. Perusahaan ini adalah bagian dari PT. Kalbe Farma, Tbk., yaitu perusahaan farmasi terkemuka berskala nasional dan internasional. Dulu bernama Kalbe Farma Health Foods Division. Kini sejaktahun 2007 berganti jadi Kalbe Nutritionals dan kerjasama dengan perusahaan Morinaga Milk Industry Co. Ltd. asal Jepang.

Afi dan teman-temannya hari itu sangat menyukai minum susu cair pertumbuhan Morinaga Chil-Go! tiga varian rasa, stroberi, vanila dan cokelat habis semua dibagikan. Dan selanjutnya Bu Guru yang menjelaskan kalau anak-anak mau membeli Morinaga Chil-Go! bisa di minimarket dan toko-toko terdekat. Tidak diterangkan kalau Morinaga Chil-Go! bisa dibeli secara online. Itu mungkin akan disampaikan kepada para orang tua murid saja jika ada kesempatan, kata Bu Guru. Ya, karena Kalbe Nutritionals saat ini sudah ada layanan pesan antar dengan minimal pembelanjaan Rp.150 ribu tanpa biaya ongkos kirim. Jadi bisa hemat waktu dan hemat biaya.

Dengan pelayanan terbaru dari Kalbe, kita sudah bisa membeli secara online dan bebas ongkos kirim, lho!

Dengan pelayanan terbaru dari Kalbe, kita sudah bisa membeli secara online dan bebas ongkos kirim, lho!

Selesai berbagi minuman susu cair Morinaga Chil-Go! yang kaya nutrisi kepada para polisi (cilik) itu kami merasa salah satu hutang kami telah terbayar. Semoga Fahmi pun senang dan bisa mendapat wawasan serta pengetahuan baru dari sehari bersama Morinaga Chil-Go! di sekolah Afi, PAUD/TK Al Qalam.

Berbagi Nutrisi dengan Santri

Dan hutang kami selanjutnya yang telah terbayar adalah berbagi Morinaga Chil-Go! kepada anak-anak di pengajian Al Hidayah dan teman-teman sepermainan Fahmi di rumah Pagelaran di Cianjur Selatan yang baru saja kemarin malam kami laksanakan.

Beberapa hari sebelumnya Fahmi sudah mengadakan “Ahad Wisata” bersama anak-anak tetangga sekitar rumah. Yang dimaksud wisata di sini bukan tour atau semacam karyawisata lainnya, melainkan hanya bermain ke sawah, ke kebun dan berakhir main air di sungai yang dibendung. Ini pun lokasinya tidak jauh, berada di belakang kampung dengan jarak sekitar 300 meter saja dari kampung.

Ahad wisata bersama teman sepermainan Fahmi di kampung. Kebun dan sawah jadi wisata alam asal kita bisa mengedukasi anak-anaknya

Ahad wisata bersama teman sepermainan Fahmi di kampung. Kebun dan sawah jadi wisata alam asal kita bisa mengedukasi anak-anaknya

Menikmati Morinaga Chil-Go! di pedesaan yang masih asri. Mantap!!

Menikmati Morinaga Chil-Go! di pedesaan yang masih asri. Mantap!!

Dalam acara yang kami sebut ahad wisata itu, kami isi tidak hanya dengan bermain, tetapi juga ada membaca buku, diskusi tentang limbah dan sampah plastik di sungai, dan mematangkan pemahaman anak akan pentingnya membuang sampah pada tempatnya. Disela-sela bermain sambil belajar itu Fahmi membagikan susu cair pertumbuhan Morinaga Chil-Go! untuk diminum bareng-bareng. Tidak lupa kami membawa tempat sampah untuk membawa kembali botol-botol kosong Morinaga Chil-Go!

Memberi edukasi bahwa sampah plastik susah terurai, bisa menyumbat aliran air yang menyebabkan banjir. Istirahat, ya minum Morinaga hil-Go! :) Ayah sama Ibu Fahmi ini cuma minum pura-pura aja ya :)

Memberi edukasi bahwa sampah plastik susah terurai, bisa menyumbat aliran air yang menyebabkan banjir. Istirahat, ya minum Morinaga hil-Go! ๐Ÿ™‚ Ayah sama Ibu Fahmi ini cuma minum pura-pura aja ya ๐Ÿ™‚

Kamis pagi sebelum pengajian malamnya dilakukan, nenek Fahmi, paman dan saudara sepupu berdatangan sekedar ikut berbahagia saat Fahmi menginjak usia baru. Tidak ada acara spesial, kami hanya berjumpa untuk silaturahmi, makan nasi kuning, dan Fahmi memberikan cemilan anak-anak beserta susu cair Morinaga Chil-Go!

Persiapan untuk acara syukuran Ulang Tahun Fahmi

Persiapan untuk acara syukuran Ulang Tahun Fahmi

Hikmah terpenting dari pertemuan atau silaturahmi ini adalah Fahmi jadi tahu dan mengenal siapa-siapa saudara sepupunya, siapa paman dan bibinya serta sanak saudara lainnya. Begitu pula mereka merasa beruntung bisa jumpa Fahmi dalam usia tiga tahun dengan kondisi sehat, cerdas, dan yang lebih membuat heboh penampilan Fahmi yang rambutnya gondrong. Hihihi…

Bagi warga pedesaan tentu masih kurang lazim ada anak laki-laki berambut panjang seperti perempuan. Apalagi ini rambut Fahmi ikal, lebih mirip perempuan sekali. Tidak jarang bagi saudara jauh yang belum jumpa dan ngobrol banyak mengira Fahmi adalah anak perempuan. Mereka memanggil Fahmi dengan kata ganti untuk perempuan seperti Neng, cantik, geulis, atau Nyi. Setelah kami jelaskan, mereka terperangah dan tertawa.

Nasi kuning ini dibuat dadakan oleh Nenek Fahmi. Dengan lauk pauk alakadarnya namun tetap nikmat dinikmati bersama teman dan saudara

Nasi kuning ini dibuat dadakan oleh Nenek Fahmi. Dengan lauk pauk alakadarnya namun tetap nikmat dinikmati bersama teman dan saudara

Jelang sore hujan turun dengan derasnya dan saudara banyak yang pulang. Yang menginap hanya nenek Fahmi, paman beserta sepupunya dan adik nenek Fahmi yang paling bungsu. Magrib tiba, anak-anak mengaji berdatangan dan kami semua bersiap melaksanakan sholat magrib berjamaah dilanjut pengajian yang direncanakan.

Saat pengajian berlangsung, Fahmi malah merengek mau makan dan minta disuapin, Nih anak ada-ada saja. Terpaksa saya berada di dapur untuk menyuapinya makan sementara pengajian terus berlangsung hingga selesai dan dilanjutkan shalat isya berjamaah.

Suasana pengajian santriawan dan santriawati Pengajian Al Hidayah

Suasana pengajian santriawan dan santriawati Pengajian Al Hidayah

Setelah makan, Fahmi kembali ke ruangan dan ikut mengaminkan doa yang dipanjatkan

Setelah makan, Fahmi kembali ke ruangan dan ikut mengaminkan doa yang dipanjatkan

Sebagai kenangan-kenangan saja Fahmi juga berkesempatan meniup lilin kue ulang tahun. Tapi tidak diiringi nyanyian ataupun tepuk tangan. Ada beberapa anak tepuk tangan setelah Fahmi meniup lilin segera diberitahukan oleh ayah Fahmi kalau lebih baik tidak melakukan itu karena masih dalam suasana pengajian. Anak-anak tampak mengerti dan memahami setelah mendapat penjelasan dari gurunya langsung.

kue ulang tahun dan nasi kuning menu yang tabrakan tapi tetap endeusss alias habis disantap para santri

kue ulang tahun dan nasi kuning menu yang tabrakan tapi tetap endeusss alias habis disantap para santri

Dan… apa yang dinantikan anak-anak pun tiba sudah. Anak-anak dipersilahkan mencicipi kue alakadarnya. Minuman Morinaga Chil-Go! yang dibagikan pun jadi rebutan. Mereka tahu susu cair ini enak dan cukup sulit ditemukan di minimarket terdekat di Pagelaran kalau mau beli. Mereka memang sudah beberapa kali minum Morinaga Chil-Go! sebelumnya dari kami. Tahun lalu Fahmi pernah berbagi pula dengan mereka.

Suasana khidmat dan khusyu jadi riuh dan seru manakala disuguhkan susu cair Morinaga Chil-Go!

Suasana khidmat dan khusyu jadi riuh dan seru manakala disuguhkan susu cair Morinaga Chil-Go!

“Aku mau yang cokelat, enak!” kata Daim, teman bermain Fahmi yang sebentar lagi mau masuk sekolah dasar.

“Lebih enak yang rasa stoberi,” balas Rima, yang usianya satu tahun lebih tua dari Fahmi, sambil membetulkan letak jilbabnya yang turun.

Dan apapun rasanya, ternyata semua tetap diminum habis. Anak-anak suka minuman susu cair Morinaga Chil-Go! Tapi diam-diam saya melihat ada seorang anak yang hanya diam saja. Iki tidak meminum susunya. Saat ditanya kenapa, katanya susunya biar untuk adiknya saja karena dia yang memang sudah duduk di bangku Tsanawiyah (setingkat SMP) merasa sudah besar dan lebih dari 12 tahun.

Kami anak Indonesia, berhak sehat, cerdas dan bertalenta. Terimakasih Morinaga Chil-Go! sudah sampai ke pedesaan di Cianjur Selatan...

Kami anak Indonesia, berhak sehat, cerdas dan bertalenta. Terimakasih Morinaga Chil-Go! sudah sampai ke pedesaan di Cianjur Selatan…

Kami semua tertawa. Benar juga kata Iki, tapi bukan berarti Iki tidak boleh minum Morinaga Chil-Go! lah saya saja ibunya Fahmi jika masih ada sisa minum Fahmi sebelum tidur suka saya habiskan kok, daripada dibuang mubadzir, sayangkan? Hihi…

Kami pun memberi lagi pengganti Morinaga Chil-Go! untuk adik Iki dan Iki bisa sama-sama minum bersama anak-anak lainnya.

“Ki, gak apa-apa kita semua sama-sama minum. Hanya di hari ulang tahun Fahmi ini saja,” kata ayah Fahmi mencandainya. Semua pun tertawa.

Fahmi tampak gembira bisa memberikan makanan kecil dan minuman Chil-Go! seperti keinginan yang diutarakannya awal bulan lalu. Setiap santri yang akan pulang ia beri bingkisan mungil dan mencium tangan kakak-kakak aa tetehnya dengan santun.

Bingkisan mini dari Fahmi terdiri dari makanan ringan dan Morinaga Chil-Go! (lagi) Dengan gembira Fami memberikannya kepada teman dan saudara di hari ulang tahunnya...

Bingkisan mini dari Fahmi terdiri dari makanan ringan dan Morinaga Chil-Go! (lagi) Dengan gembira Fami memberikannya kepada teman dan saudara di hari ulang tahunnya…

Selamat Ulang Tahun ke-3 Fahmi, moga jadi anak generasi platinum yang multitalenta dan berkarakter baik. Amin...

Selamat Ulang Tahun ke-3 Fahmi, moga jadi anak generasi platinum yang multitalenta dan berkarakter baik. Amin…

Setiap santriawan dan santriawati mendapat bingkisan mini, kegembiraan jelas terpancar dari binar mata mereka

Setiap santriawan dan santriawati mendapat bingkisan mini, kegembiraan jelas terpancar dari binar mata mereka

Senang bisa minum Morinaga Chil-Go! sekaligus bawa pulang  :)

Senang bisa minum Morinaga Chil-Go! sekaligus bawa pulang ๐Ÿ™‚

Nasi kuning dan Morinaga Chil-Go!

Nasi kuning dan Morinaga Chil-Go!

Lega rasanya setelah semua kebagian dan bisa mencicipi apa yang kami bagikan. Meski tidak mahal, bukan cemilan mewah hanya jajajan anak di warung biasa saja tapi kegembiraan jelas tampak dari binar mata mereka. Setelah kakak-kakak aa dan teteh teman mengajinya pulang, tak lama Fahmi pun minta minum susu dan bilang mau tidur. Mungkin ia kelelahan setelah seharian bermain sepuasnya dengan teman dan saudara-saudara. Saya segera menemanimya tidur dan mengajak Fahmi lebih dulu berdoa. Mengajaknya belajar mensyukuri atas semua yang telah diterima dan telah dicapai. Berdoa untuknya dan untuk semua anak-anak Indonesia supaya menjadi generasi platinum yang cerdas, multitalenta dan membanggakan dengan karakter baiknya.

Bingkisan mini Fahmi

Bingkisan mini Fahmi

Terimakasih Kalbe, telah ikut mencerdaskan bangsa dengan mencetak generasi platinum

Terimakasih Kalbe, telah ikut mencerdaskan bangsa dengan mencetak generasi platinum

Comments

  1. Waaa Milad yaa, barakallah fii umriik yaa kakak Fahmi. *love love sejagat maya*

  2. pocil…polisi cilik minum susu lucu ya, kreatip

    • Okti Li says:

      Aih, pocil
      btw, makasih untuk istilahnya Mbak…
      akan saya sampaikan ke Fahmi, dia pasti merasa lucu juga…

  3. Wah Fahmi ulanh tahun ya? Selamat ya, smoga jadi anak yang sehat pintar dan sayang bunda ayahnya.

  4. Selamat ultah Fahmi, moga makin sholeh ๐Ÿ™‚

  5. Widia Abid says:

    anakku juga ultah yg ke 3 thn mba,tanggal 4 maret ๐Ÿ™‚

    • Okti Li says:

      Wah, beda satu hari ya Mbak…
      siapa namanya? salam ya, selamat ulang tahun hari ini 4 Maret buat anaknya ๐Ÿ™‚
      Moga sehat selalu, panjang umur, cerdas dan soleh/solehah ๐Ÿ™‚

  6. Selamat ultah Fahmii, lucunya pake seragam polisi ๐Ÿ™‚

    • Okti Li says:

      Terimakasih ๐Ÿ™‚ iya banyak pocil nih dan mereka senang dapat susu cair pertumbuhan Morinaga Chil-Go! ๐Ÿ™‚

  7. Selamat ulang tahun kakak Fahmi
    Nanti kalo ke Surabaya ditraktir adek Salfa es krim ya ^_^

  8. selamat ulang tahun Fahmi, semoga semakin pintar dan sehat selalu krn senang berbagi apalagi dgn chil-go yaa ๐Ÿ™‚

  9. Selamat ulang tahun Mas semoga sehat, smart, dan shalih. Amiin
    Wah meriah sekali ya acaranya pati gembira dan bahagia.
    Salam hangat dari Surabaya

  10. Terimakasih infonya. Pengen nyobain Kalbe Delivery Home. Anakku minum Morinaga Chil-Go! nya banyak banget. Cepet habis Sehari bisa 10 botol.

  11. Waaah, selamat ulang tahun Fahmiii. Serunya bisa berbagi sama morinaga chil go.. ๐Ÿ˜€

  12. Selamat ulang tahun, Fahmi. Seru acara ulang tahunnya, nih ๐Ÿ™‚

Speak Your Mind

*