Kewajiban Emak Bapak Tidak Sekadar Kasih Makan Anak…

Kewajiban Emak Bapak Tidak Sekadar Kasih Makan Anak… Nanam Karakter Baik dan Ahlakul Kharimah itu yang utama

Tidak banyak yang tahu Minggu 23 Juli ini diperingati sebagai Hari Anak Nasional. Hari dimana generasi bangsa digembar-gemborkan wajib dilindungi fisik dan jiwanya.

Tahun lalu hari anak ini justru dikotori oleh pemberitaan yang sangat mencengangkan. Masih ingat kasus vaksin palsu yang menimpa anak-anak Indonesia terkuak? Bagaimana tidak mengotori hari anak jika hingga belasan tahun generasi muda bangsa dicekoki zat-zat haram oleh pihak tidak bertanggung jawab? Alih-alih warga negara dilindungi fisik dan jiwanya, yang ada dengan kasus ini telah membuat semua pihak was-was dan ketakutan berkepanjangan.

Anak adalah titipan Yang Maha Kuasa, untuk dibesarkan, dididik dan dijadikan generasi bangsa yang unggul. Namun apa jadinya jika pihak yang harusnya melindungi justru tertipu dan dikeruk pihak yang licik.

Tugas orang tua ke anak bukan hanya kasih makan dan uang jajan. Banyak yang lebih penting dan utama seperti mendidik karakter baik dan menjadi contoh baik bagi anak.

Bagaimana anak bisa jadi orang baik kalau sehari-hari dalam keluarganya hanya melihat orangtua yang bertengkar, pasea dan kondisi rumah yang tidak nyaman. Bukankah anak tumbuh dan berkembang mengikuti lingkungan dimana selama ini dia tinggal? Sedihnya banyak orang tua yang tidak menyadari itu.

Orang tua mikirnya asal anak sudah tercukupi kebutuhan kesehariannya itu sudah cukup. Orang tua macam ini lupa kalau koruptor juga berasal dari keluarga yang mampu.

Di Hari Anak Nasional tanggal 23 Juli ini, mari melangkah bersama memasuki babak baru untuk terus menjadikan sikap dan tingkah laku kita, serta anak-anak kita menjadi lebih baik. Mulailah dengan hal-hal terkecil dan berawal dari lingkungan terdekat.

Anak sehat, bisa bertumbuh kembang dengan normal, dan tercukupi kebutuhan jiwa dan raganya menjadi harapan semua para orang tua. Yuk kita panjatkan doa serta gerakkan kepedulian terhadap sesama, bahwasanya kesehatan, kesejahteraan, kecukupan dan kebaikan jiwa serta raganya bukan hanya teruntuk anak darah daging kita, tetapi juga teruntuk seluruh anak-anak yang berada di seluruh wilayah Indonesia, dari Sabang sampai Merauke, dari utara hingga selatan.

Sudah banyak bukti jika secara psikologis anak tidak cukup dilimpah oleh kekayaan dunia semata, melainkan perlu juga kasih sayang serta perhatian. Anak berhak mendapatkan pemenuhan tidak hanya kebutuhan lahir, tetapi juga batinnya.

Saat karakter baik tertanam kuat pada jiwa-jiwa yang tangguh, insya Allah akan melahirkan keturunan yang mulia sehingga menjadi cahaya dan kebanggaan bagi kedua ayah bundanya.

Kekuatan sebuah bangsa tergantung dari para generasi mudanya. Jika generasi muda bangsa sehat jiwa dan raga nya insya Allah baik pula kondisi bangsa dan negaranya. Anak-anak adalah masa depan kita, di tangan mereka kekuatan dan pucuk kepemimpinan bangsa berada.

Di Hari Anak Nasional ini, mari kita berusaha dan berdoa, memberikan yang terbaik untuk buah hati. Sekecil mungkin demi kebaikan mereka di masa depan. Tidak cukup sekedar berharap, melainkan buktikan juga dengan langkah yang nyata

Kewajiban emak bapak tidak sekadar kasih makan tetapi juga memaksimalkan menerapkan karakter baik dan ahlakul kharimah dalam kehidupannya.

Comments

  1. iya teh terkadang ngaca juga ya,kalo pasea suka di depan anak, terus anaknya olohok ,..
    Kasian deh, moga kita menjadi orang tua yang bisa menerapkan karakter baik buat bekalnya nanti

  2. terkait akhlak, anak memang butuh teladan ya teh. makanya aku selalu berdoa semoga dikasi kesabaran dan bisa membimbing mereka dg benar

  3. Betul, pendidikan karakter anak yang baik oleh ortu penting sekali buat bekal masa depan si anak.

  4. ngomongin tentang psikologis anak, kadang memang sering terlewatkan ya teh. padahal kesehatan jiwa anak akan berdampak pada kehidupannya saat dewasa. jadi ingat kasus bunuh diri artis2 yang semuanya ada hubungannya dengan masa kecil yang suram

  5. pas banget sama resensi yg aku tulis ya teh.. bener banget, soal akhlak itu penting banget. Dan jd PR besar umat islam indonesia

  6. Setuju banget Mbak maka nya jangan heran kalau anak besarnya nakal dan susah dinasehati. Itu semua dilihat dari cara kita mendidik diwaktu kecil

  7. Dmulai dr orang tua..kita jdikan rumah layak anak buat anak2 kita

  8. Suai teh. Itulah yang sedang saya usahakan sekarang. Menjadi orang tua yang tak sekadar memberi makan. Semoga bisa belajar lebih banyak lagi dari teh okti dan mba2 kece lain yang lebih berpengalaman. Selamat hari anak nasional

  9. 23 juli ulang tahun suamiku eh…iya, aku suka kurangin anak2 nonton acara tv, soalnya anakku suka niru, baik karakter baik or jahat

  10. ilmu parenting terkadang hanya menjadi teknis saja, ilmu dilapangan tetap perlu kontrol dan menjadi orang tua adalah belajar sepanjang masa

  11. aamiin. semoga suatu saat kalo dah jadi orang tua bisa menyayangi mereka dg baik…

Speak Your Mind

*