Komentar Spam Bikin Jengkel? Enaknya Diapakan…?

Komentar Spam Bikin Jengkel? Enaknya Diapakan…?

Tulisan banyak dikomentari pembaca, tentu akan jadi kebahagiaan tersendiri untuk penulisnya. Sebagai tanda, salah satunya tulisan dibaca dan dikriitisi oleh pembacanya, terlepas apakah komentarnya out of topik, atau sekedar say “tfs”, dan kalimat lain yang lebih dominan kepada kata basa-basi.

Tapi apakah jika komentar itu berasal dari pihak yang tidak penulis inginkan itu juga bermanfaat? Banyak komentar yang nyangkut di moderasi ternyata berasal dari akun yang tidak dikenali, bahkan semuanya hanya berkomentar untuk beriklan, dan sejenisnya. Hal seperti ini tentunya sangat merugikan penulis, bukan?

Puluhan sampai ratusan komentar yang tidak diinginkan tentu memerlukan waktu yang tidak sedikit untuk menghapus, atau sekedar membaca satu per satu, memastikan apakah komentar yang dikenali atau bukan. Karena tidak menutup kemungkinan ada komentar dari teman baik yang terselip diantara sekian banyaknya komentar yang antri untuk dimoderasi.

Enaknya untuk permasalahan komentar yang tidak diinginkan ini diapain ya? Dihapus semua, takutnya ada komentar yang diinginkan ikut terbuang, atau kalau dibaca satu per satu, itu sama saja dengan membuang-buang waktu? Adakah pilihan yang lebih baik? ditunggu sharing solusinya ya… Nuhun ūüôā

Speak Your Mind

*