Kreasi Agar Chil-Go: Cerdaskan Si Kecil dengan Ekperimen Murah Mendidik

Kreasi Agar Chil-Go: Cerdaskan Si Kecil dengan Ekperimen Murah Mendidik

me time

Akhir pekan menjadi waktu yang sangat berharga bagi sebagian orang tua. Karena di hari libur ini, orang tua bisa lebih memaksimalkan dalam berinteraksi dengan buah hatinya. Ada yang mengisinya dengan bermain di luar, ada yang mengunjungi keluarga jauh, dan ada juga yang di rumah saja sambil mengerjakan sesuatu secara bersama antara anak dan orang tua.

Chilgo

Akhir pekan minggu lalu, tepatnya Sabtu kebetulan hanya saya dan Fahmi berdua di rumah. Ayah Fahmi ada urusan pekerjaan dan mengharuskannya menginap. Saya tahu Fahmi yang sangat dekat dengan ayahnya merasa kehilangan. Sebentar-sebentar bertanya ayah kemana, ayah kapan pulang, dan jika ada suara kendaraan dekat, dia seperti teringat ayahnya.

“Itu ayah pulang bukan, Bu?” tanyanya seraya berlari mendekati jendela.

Senangnya saat diajak membuat agar Chil-Go!

Senangnya saat diajak membuat agar Chil-Go!

Melihat Fahmi sepertinya kehilangan sosok ayah, saya punya ide mengajak Fahmi untuk melakukan kegiatan yang bisa bersama-sama dilakukan. Selain Fahmi bisa berlatih dan berkreasi, juga saya pikir bisa sedikit mengalihkan perhatian Fahmi agar tidak teringat ayahnya terus.

Cuaca di luar sedikit kurang bersahabat. Hujan datang tidak tentu. Maka kegiatan di dalam rumah menjadi pilihan saya. Teringat Fahmi suka makan agar-agar dan minum susu cair pertumbuhan Morinaga Chil-Go! maka saya mengajak Fahmi untuk membuat Agar-agar Chil-Go!

“Mau rasa apa?” tanyaku memancing.

“Hem… stroberi aja. Bagus untuk kesehatan…” ucapnya polos.

Fahmi berlari membawa beberapa botol susu cair Morinaga Chil-Go! dan saya segera mempersiapkan seluruh bahan serta peralatannya.

Logo Kalbe

Para ibu di rumah pasti sudah tahu bagaimana cara membuat agar-agar instan yang banyak dijual di pasaran. Namun belum tentu semua ibu bisa memasak melakukannya dengan anak secara bersamaan. Ada yang bilang masak dengan anak repot, ada yang bilang masak dengan anak bahaya, ada yang memilih lebih praktis agar-agarnya dibuatkan si mbak dan anak serta orang tua terima sudah jadi tinggal makan, bahkan ada juga yang memilih beli di luar saja karena malas memasak.

Bahan dan alat membuat Agar Chil-Go!

Bahan dan alat membuat Agar Chil-Go!

Padahal, saat memasak bersama anak disitu akan ada interaksi yang sangat dekat antara anak dan orang tua. Kebersamaan ini adalah hal yang sangat berharga, yang tidak bisa dibeli atau ditukar dengan apapun. Terlebih jika anak sudah tumbuh besar, pemikiran, kebutuhan serta aktivitasnya tentu sudah akan jauh berbeda dibanding pada saat anak masih kecil. Saat-saat bersama anak inilah yang seharusnya digarisbawahi oleh para orang tua, bukan hanya fokus pada kegiatan atau objek yang dilakukan.

Fahmi anak pertama kami sangat antusias ketika diajak memasak agar-agar kesukaannya. Daya nalarnya benar-benar terlatih ketika saya mencoba bertanya kalau mau masak apa dulu yang harus dilakukan. Fahmi berteriak menjawab, katanya cuci tangan dulu. Hehe… saya hormati pilihannya yang memang ada benarnya itu. Maka setelah berlari membawa beberapa botol Morinaga Chil-Go! Fahmi saya biarkan mencuci tangannya lebih dulu. Lalu saya pun mengikutinya melakukan hal yang sama.

Memasak Agar Morinaga Chil-Go Stroberi

Pastikan anak aman jauh dari apa dan air mendidih

Pastikan anak aman jauh dari apa dan air mendidih

Bahan:

1. Satu bungkus agar instan yang variannya disukai anak
2. Gula putih
3. Air
4. Susu cair Morinaga Chil-Go!

Alat:

1. Panci masak
2. Pengaduk
3. Gelas takar
4. Cetakan agar-agar yang disukai anak

Cara Memasak:

Takar air sesuai ketentuan memasak agar-agar instan. Begitu juga gulanya sesuai takaran, jangan sampai terlalu manis atau kurang manis sehingga anak jadi tidak suka memakannya. Didihkan air dan masukkan gula. Lalu masukan serbuk agar-agar instannya. Aduk sambil tuangkan susu cair Morinaga Chil-Go! Aduk lagi dan biarkan sampai matang. Angkat dan tuang ke dalam cetakan. Agar-agar Chil-Go! siap dimakan setelah mengental dan dingin.

Morinaga Chil-Go! dilengkapi nutrisi penunjang daya tahan tubuh yaitu prebiotik inulin, zinc, kalsium, dan vitamin sangat cocok untuk anak usia 1-12 tahun supaya tumbuh kembang maksimal jadi anak cerdas multi talenta dari kolin, inositol dan zat besi serta yodium yang dikandungnya

Morinaga Chil-Go! dilengkapi nutrisi penunjang daya tahan tubuh yaitu prebiotik inulin, zinc, kalsium, dan vitamin sangat cocok untuk anak usia 1-12 tahun supaya tumbuh kembang maksimal jadi anak cerdas multi talenta dari kolin, inositol dan zat besi serta yodium yang dikandungnya

Namanya memasak bersama anak kecil, tentu saja sebagai orang dewasa, peran ibu sangat penting demi menjaga keselamatan bersama. Beri pengertian kepada anak supaya tahu, mana yang boleh dikerjakan anak, dan mana yang hanya orang dewasa yang bisa melakukannya.

Seperti Fahmi, dia memaksa mau menghidupkan nyala api. Tentu saja saya cegah, karena selain berbahaya, dia juga belum kuat sepenuhnya menyalakan kompor gas di rumah yang cukup “keras”. Pilihan lainnya supaya Fahmi tidak merasa kecewa ialah dengan membiarkannya menuangkan air dengan gelas takar, dan membersihkan alat cetak agar-agar yang dipilihnya sendiri.

Saat proses memasak, pastikan juga anak aman dari kompor dan panci yang berisi air mendidih. Untuk sementara waktu sebaiknya alat tajam seperti pisau dan alat pecah belah lainnya kita singkirkan dahulu dari tempat masak supaya tidak mengenai si anak.

Morinaga Chil-Go! susu cair pendamping selain dapat diminum praktis kapan dan dimanapun, juga bisa jadi campuran bahan membuat agar, puding dll.

Morinaga Chil-Go! susu cair pendamping selain dapat diminum praktis kapan dan dimanapun, juga bisa jadi campuran bahan membuat agar, puding dll.

Saat mengaduk agar-agar pun, karena Fahmi bersikeras ingin melakukannya maka saya siasati dengan memakai pengaduk yang bergagang panjang supaya ia tidak kepanasan. Dan niat saya mau mengambil foto pun saya urungkan. Saya menyimpan dulu kamera karena memilih mendampingi anak yang mau “melakukan adegan bahaya”.

Begitu juga saat Fahmi ingin menuangkan sendiri agar-agar yang masih mencair dan panas ke dalam cetakan yang dipilihnya. Saya tidak mengabadikannya karena memang tidak ada orang lain di rumah yang bisa dimintai bantuan. Sementara saya memilih menemani Fahmi dan menjaganya supaya ia bisa menuangkan sedikit demi sedikit agar-agar dengan sempurna.

Dari kegiatan memasak bersama anak ini, selain orangtua akan memiliki waktu yang lebih dekat dengan anak, juga dengan praktek secara langsung apa yang dijelaskan orang tua akan lebih mudah difahami oleh anak. Saat saya jelaskan agar-agar saat panas masih berupa cairan, namun ketika dingin akan mengental dan padat. Fahmi terlihat sangat tertarik.

Selama proses memasak, saya menjelaskan melalui obrolan ringan yang mudah dimengerti anak mengenai makanan sehat, makanan yang baik untuk anak-anak. Juga saat Fahmi bertanya apakah nanti agar –agar akan enak setelah dicampur dengan susu cair Morinaga Chil-Go!
Saya pun menjelaskan kalau susu cair Morinaga Chil-Go! dilengkapi prebiotik inulin adalah minuman kesehatan inovasi unggulan yang juga sangat kaya akan nutrisi dan vitamin yang sudah teruji di laboratorium Kalbe dan Morinaga. Dibawah pengawasan langsung perusahaan Morinaga asal Jepang membuat susu cair pendamping untuk membantu pertumbuhan serta perkembangan anak generasi platinum usia 1-12 tahun ini sangat cocok untuknya.

Tiga rasa Morinaga Chil-Go! yang sangat disukai anak

Tiga rasa Morinaga Chil-Go! yang sangat disukai anak

PT. Sanghiang Perkasa yang memproduksi Morinaga Chil-Go! adalah bagian dari PT. Kalbe Farma, Tbk., –perusahaan farmasi terkemuka skala nasional dan internasional. Pada awalnya perusahaan ini lebih dikenal dengan nama Kalbe Farma Health Foods Division. Sejak tahun 2007 perusahaan corporate brand identity yang barunya berganti menjadi Kalbe Nutritionals.

Jika saat praktek kami menggunakan satu varian Morinaga Chil-Go! rasa stroberi, maka belum apa-apa Fahmi sudah memesan jika besok-besok memasak lagi ia ingin rasa cokelat dan vanilla. Ya, Morinaga Chil-Go! memang tersedia dalam tiga varian rasa yang sangat digemari anak-anak. Untuk membelinya pun tidak sulit. Selain bisa dibeli di warung dan swalayan terdekat dengan harga terjangkau, ibu-ibu super sibuk pun bisa membeli secara online dari Morinaga karena kini sudah tersedia layanan pesan antar dengan minimal pembelanjaan Rp.150 ribu tanpa biaya ongkos kirim. Mudah kan?

Dengan pelayanan terbaru dari Kalbe, kita sudah bisa membeli secara online dan bebas ongkos kirim, lho!

Dengan pelayanan terbaru dari Kalbe, kita sudah bisa membeli secara online dan bebas ongkos kirim, lho!

Membuat agar-agar mungkin bukan sebuah hal istimewa, Namun jika membuatnya bersama buah hati disertai kasih sayang dan perhatian maka kesempatan itu akan terasa lebih berkualitas. Periode emas perkembangan otak si kecil yang masih berjalan sampai usia 12 tahun kita dukung supaya tumbuh kembangnya bisa maksimal dengan sinergi nutrisi tepat antara faktor kecerdasan dan pertahanan tubuh ganda supaya anak menjadi generasi platinum yang multi talenta.

Bahwa agar-agar Chil-Go! itu memang enak, buktinya Fahmi menghbiskan sendiri semua agar-agar yang dibuatnya. Saat ayahnya pulang dua hari kemudian, yang disisakan hanya cerita dan beberapa foto yang sempat saya ambilkan saja.

Fahmi sangat menikmati agar Chil-Go! buatannya sendiri!

Fahmi sangat menikmati agar Chil-Go! buatannya sendiri!

“Agar-agar Chil-Go! buat ayah nanti Fahmi bikin lagi agar-agar Chil-Go! nya sama Ibu…” katanya datar dengan mimik yang menggemaskan.

Kreasi Bunda dan anak jadi tidak bosan ;)

Kreasi Bunda dan anak jadi tidak bosan 😉

Sebelum ayahnya pulang, agarnya sudah dihabiskannya sendiri :)

Sebelum ayahnya pulang, agarnya sudah dihabiskannya sendiri 🙂

Comments

  1. asiknya fun cooking bersama anak 🙂

  2. Fahmi keren euyy… bisa bikin kue sendiri. praktis sih ya teh…
    seneng banget tuh dpt morinaga chil-go…. bisa dibikin macem2 lagi yaa..
    bagi dung buat dek Paksi hahahah

    • Kakak Paksi, mari main ke rumah… Fahmi pasti mau berbagi. Kita masak bersama ya 🙂

      Morinaga Chil-Go! memang sangat disukai anak-anak 🙂
      praktis bisa diminum kapan dan dimana saja 🙂

  3. hebat euy mbak okti kreatif 🙂
    kapan2 saya juga mau bikin, kebetulan di rumah ala2 ada punya ibu saya
    tinggal cari chil go aja di carre*our, soalnya kalo di indo*aret sama alfa*art kayaknya ga ada yang jual…

  4. asikk…jadi ager2. enakk

Speak Your Mind

*