Lakukan Hal Berikut Saat Jenuh Ngeblog

Lakukan Hal Berikut Saat Jenuh Ngeblog

jenuh-

Blogger juga manusia, punya rasa jenuh dan lelah. Hal itu wajar, asal jangan keterusan. Saat jenuh ngeblog itu datang, biasanya saya membiarkan saja perasaan jenuh itu ada. Tujuannya biar bisa lebih memaknai dan mengerti lebih dalam, dunia ngeblog itu seperti apa dan bagaimana, termasuk dengan kejenuhannya.

Kalau jenuh datang, gampang saja. Berikut yang saya lakukan:

– Niat Ngeblog

Kembali ke sana, ingat niat awal kenapa mau ngeblog, semangat itu akan muncul lagi, jika niat ngeblognya memang untuk jalan usaha, atau profesi. Kecuali kalau ngeblognya cuma untuk iseng dan hobi, tak masalah. Nilai alexa turun, itu tak jadi soal kalau ngeblog cuma buat hobi. Tapi paling tidak bakal ada rasa sayang dan kepikiran terus kalau ngeblognya sudah diniatkan untuk jalan usaha. Apa yang sudah dibangun selama ini masa mau dibiarkan jatuh begitu saja hanya gara-gara perasaan jenuh yang tidak bisa dipertanggungjawabkan?

-Cari Ide

Sebenarnya ide tidak usah dicari karena apa saja bisa jadi bahan tulisan, termasuk apa yang ada di depan mata dan sekitarannya. Namun saat jenuh muncul, lakukan refreshing guna mengupgrade jiwa dan raga. Duduk lama-lama depan layar monitor mungkin perlu hiburan dengan jalan-jalan sekedar meluruskan kaki dan punggung. Jari keriting menekan keypad mungkin perlu istirahat sejenak dengan mengelus kucing peliharaan, memetik sayuran di kebun halaman, dan atau main cipratan air di sungai belakang rumah.

Sepulangnya, buat saya pribadi hal itu bisa memunculkan ide baru bahan tulisan. Maka semangat menulis (ngeblog) itu hadir lagi. Segeralah membuat blogpostnya (paling tidak draft-nya) karena kalau tidak, bakal lupa dan ide itu bisa menguap alias hilang.

-Tidur

Ini bukan obat kejenuhan ngeblog. Tapi bagi saya kalau negblog sudah mentok, salah satu jalan ngerefreshnya ialah dengan tutup layar, lalu pejamkan mata alias tidur. Biasanya sekalian sambil menina-bobokan anak. Jadi pas anak bangun, kita juga sudah segar. Siap melakukan kegiatan rutin, termasuk ngeblog

-Musik

Dengar musik bisa jadi obat rasa jenuh, itu bagi saya. Jangan heran kalau media hiburan elektronik ini bisa diputar nonstop dari matahari terbit sampai terbit lagi. Tidak ada kolerasinya sih, tapi paling tidak musik bisa menambah semangat dan saat ngeblog itu kalau ditemani musik kantuk ini bakal menjauh. Asal jangan nyetel musik melow aja kali ya, hihi… bisa-bisa bukannya beres publish blogpost, yang ada malah ngorok berasa dinina-boboin oleh musiknya.

-Blogwalking

Menulis tidak bisa terpisahkan dengan membaca. Itu saya akui kebenarannya. Saat lelah menulis, maka gantian lakukanlah kegiatan membaca. Bisa membaca Kitab Suci, membaca buku, dan atau membaca portal berita.

Tapi kaitannya sama dunia ngeblog, biar afdol selain membaca ketiga hal yang sudah saya sebut di paragraf atas, tidak lupa juga membaca tulisan-tulisan sesama blogger di blognya. Ya, blogwalking akan menambah beberapa point buat kita. Selain pengetahuan kita akan bertambah dengan informasi dari tulisan teman-teman blogger di blognya juga akan ada efek baliknya berupa teman yang kita kunjungi blognya (kalau kita meninggalkan jejak dengan menuliskan komentar) akan berkunjung balik ke blog kita dengan mudah. Ya, meski tidak semua blogger balik mengunjungi blog kita, ikhlaskan saja. Tidak usah merasa merugi.

Blogwalking bisa nambah semangat untuk kita ngeblog lagi? Masa sih lihat blog orang yang updatenya rutin dan alexa nya makin langsing kita gak merasa tertinggal? Kecuali ya memang niat ngeblognya bukan untuk usaha itu tadi. Kalau niat ngeblognya buat usaha dan sebagai profesi, dipastikan rasa jenuh itu akan segera ditendang jauh.

Comments

  1. Saya lagi rajin bewe nih Mbak untuk membangkitkan seamangat ngeblog lagi

  2. Nonton Televisi, atau makan yang enak sambil dengerin musik buat mood booster 🙂

    • Hihi, apalagi kalau makan enaknya gratis,,, jadi tulisan endorse dech 😉 saya juga mau Mbak..
      dan pasti semangat ngeblog naik lagi 🙂

  3. Saya banyak dapet ide pas naek comuter line

  4. BW oh bw… pengen bw ke banyak blog banget tapi kadang ga sempet 🙁

  5. Aku seringnya dengerin musik…yang sedikit ngebeat gitu deh. Ato jalan-jalan keluar rumah sebentar…biar otak refresh.. 😀

  6. Aku memilih tidur. Bwahaha.

Speak Your Mind

*