Marita Berkurang, Jakarta – Cianjur PP Naik Bis KB dan DOI

Marita Berkurang, Jakarta – Cianjur PP Naik Bis KB dan DOI

Padahal sebelumnya, saya rada anti naik bus besar KB (karunia Bakti) jurusan Jakarta – Garut dan DOI (Doa Ibu) jurusan Jakarta – Tasikmalaya. Masalahnya, kedua bus tersebut lewat di Cianjur, tapi tidak pernah lewat ke terminal Pasir Hayam.

Jadi, terpaksa jika saya diturunkan di Panembong (hypermart) dan atau Ramayana, harus kembali merogoh kocek untuk naik angkot serta keluar waktu ekstra. Angkot tuh kalau masih siang. Kalau malam, ya terpaksa ngojek yang ongkosnya bisa mencapai sepuluh kali lipat naik angkot.

Karenanya, saya memilih naik bus “lokal” jurusan Cianjur – Jakarta, yaitu bus Parung Indah dan atau Marita. Selain busnya cukup banyak, ber-AC juga sudah pasti masuk terminal Pasir Hayam.

Tapi kemarin, saat akan ke Jakarta untuk ikut aksi demonstrasi mendesak para anggota DPR RI khususnya Komisi 9 untuk mengesahkan undang-undang PRT, tumben tidak terlihat bus Marita yang biasanya suka berjejer banyak di sepanjang jalan dari teminal. Kemana ya bus langganan itu?

Kalau Bus Parung Indah memang jumlahnya lebih sedikit dibanding Marita, dan memang tak pernah ngetem di sepanjang jalan keluar terminal jadi tak merasa kehilangan karena sehari-hari bus Parung Indah mah memang langsung-langsung jalan.

Akhirnya pas ada bus Karunia Bakti, saya langsung naik. Penasaran saya baru terjawab ketika si kondektur KB itu bercerita kepada temannya kalau bus-nus Marita siang hari tidak beroperasi. Malam hari baru keluar, itu pun mereka yang berani.

Apa pasal? Dugaan bus Marita kelengkapan surat-surat serta izin trayeknya bermasalah. Semua itu diketahui saat Menteri Perhubungan Pak Ignatius sehari sebelumnya mengadakan pemeriksaan ke terminal Kampung Rambutan. Benarkah? saya sendiri tidak tahu pasti kebenarannya. Dan saya berniat akan bertanya lebih lanjut ke Management Bus Marita untuk kejelasannya. Biar ada klarifikasi. Kan enak kalau beritanya berimbang 😉

Pas pulang dari Senayan JCC, karena sepanjang jalan busway macet, akhirnya APTB yang saya tumpangi jelang isya baru sampai Ciawi. Nunggu sekian lama, baik bus Marita maupun Parung Indah kok ya tidak muncul juga. Akhirnya setelah mendapat kepastian dari sopir dan kondektur kalau bus DOI mau lewat terminal Pasir Hayam, saya naik bus DOI tersebut.

Barulah saya melihat beberapa bus Marita yang jalan menuju Jakarta malam itu. Hem… besar kemungkinan kalau malam kan tidak ada pemeriksaan atau razia kali ya?

Tergugah juga jika benar bus-bus jurusan Cianjur-Jakarta ini bermasalah dengan dokumen atau malh tidak resmi beroperasi. jika ada sesuatu hal yang tidak diinginkan, apa mereka dan pemerintah akan bertanggung jawab terhadap para penumpangnya?

Sampai saya di Terminal Pasir Hayam, bus Marita yang biasanya berjubel parkir, malam itu sepi entah disimpan dimana…

Marita

Baru ada klarifikasi dari pihak Marita Trans tanggal 8 April 2015. Saya bertanya kepada operator Marita di email yang sedang aktif.

Berikut obrolan kami:

saya: Halo, selamat siang…
Marita Cianjur-Jakarta Kp. Rambutan sudah beroperasi lagi kah?
Dikirim pukul 14.49 pada hari Rabu

Marita: selamat siang juga
sudah
Dikirim pukul 14.51 pada hari Rabu

saya: oke, terimakasih infonya…

Marita: sama sama

saya: kalau boleh tahu, kenapa beberapa waktu lalu Bus Marita yang biasanya banyak itu kok tidak beroperasi ke Jakarta? Tapi kalau malam, pas saya pulang ke Cianjur, Marita banyak (ada) lagi menuju Jakarta?

Dikirim pukul 14.57 pada hari Rabu
Marita: tepatnya hari apa bu ?
mungki karena jalannya macet akhirnya terlambat datang

saya: lupa hari apa, yang jelas beberapa hari kok… setelah di Kp. Rambutan ada sidak Pak Ignatius Jonan dech tepatnya…

Dikirim pukul 14.59 pada hari Rabu
Marita: ouwgh iya waktu itu beberapa hari jalannya macet selain karena musim liburan juga karena ada operasian sehingga unit kami terlambat untuk datang

saya: itu kan biasanya di terminal pasir Hayam Marita banyak mengantri, setiap lima menit-sepuluh menit selalu berangkat. tapi saat itu tidak ada sama sekali Bus Marita. Makanya saya penasaran. Sejak itu saya milih tidak pulang dulu ke Cianjur, karena tidak ada bus, repot juga…

Dikirim pukul 15.00 pada hari Rabu
Marita: iya betul sekali
unit kami terlambat datang karena operasian dulu sehingga jadwal keberangkatan kami terganggu

saya: oh, oke kalau begitu. Trims infonya ya 🙂

Marita: sama sama
Dikirim pukul 15.02 pada hari Rabu

Speak Your Mind

*