(Mencoba) Jadi Vegetarian

(Mencoba) Jadi Vegetarian

Vegetarian

Mulai Jumat ini 29 Januari 2016 Saya membuat keputusan untuk mengonsumsi asupan makanan non hewani dan turunannya. Jadi vegetarian? Ah, tidak juga. Mungkin lebih pantas disebut mengurangi protein hewani dan turunannya. Karena saya yakin, suatu saat saya bisa melanggar keputusan ini.

Apa penyebabnya? Kegemukan karena itu ingin diet? Belajar dengan food combining yang katanya menyehatkan? atau ada alasan lain?

Dua minggu mau ke tiga ini, saya sebenarnya sakit kulit. Seperti gatal, bentol, tapi entah kenpa sebabnya. Apakah alergi? Tapi dari dulu kan tidak punya alergi. Kalau iya alergi dari mana? Berobat medis dan alternatif saya lakukan. Medis ahli kulit mengatakan sih saya kena eksim. Dengan mengoleskan salep dan minum obat yang diberikan dokter secara teratur katanya insya Allah juga sembuh.

Iya, setelah satu minggu berobat, gatal saya memang berkurang. Mungkin sebagian memang masih terasa gatal. Sebagian lagi tinggal menyisakan bekasnya yang sungguh sangat tidak elok dilihat! Sampai abis obat mungkin benar-benar akan sembuh. Tapi nanti saat obat habis, apakah gatal ini ikut terkikis? Atau tetap nempel manis?

Karenanya, saya menyepakati diri mencoba mengurangi makanan yang berasal dari mahluk hidup. Yaitu tadi, saya berusaha untuk seperti orang yang vegetarian saja. Tapi berhubung di kampung jauh beda sama di kota, maka saya harus mengambil banyak ide supaya tidak cepat bosen dan bisa mempareasikan berbagai olahan dari tumbuhan.

Kalau di kota kan malah ada restaurant khusus vegetarian. Berbagai olahan non hewan (mahluk hidup) mereka kreasikan semenarik mungkin. Sementara kita di kampung ya terpaksa harus bisa menyiasatinya sendiri. Sejauh ini saya sering makan sayuran hijau, buah-buahan dan cemilan dari sayur serta buah/kacang-kacangan. Nasi? jelas iya, tapi ada beberapa teman yang memberitahukan nasi/beras jenis apa yang baik untuk dibeli. Ada yang juga memberikan informasi untuk mengkonsumsi umbi-umbian.

Yang terbaru teman mengetag saya di jejaring sosial makanan olahan yang menggiurkan berupa sate dan olahan rendang yang berbahan jamur. Wuih, begitu banyak perhatian teman-teman. Saya ucapkan terimakasih banyak. Saya hanya mencoba jadi vegetarian, yng hanya masih bertaraf menghindari makanan olahan dari yang bernyawa serta turunannya paling tidak selama 40 hari kedepan.

Sejak hari ini sebagai hari pertama (Mencoba) jadi Vegetarian, saya coba untuk terus upload kegiatan dan asupan yang saya konsumsi. Semoga rencana ini berjalan dengan lancar dan segala cita-cita tercapai. Amin…

Speak Your Mind

*