Mengintip Rahasia dan Cara Tepat Merawat AC

Mengintip Rahasia dan Cara Tepat Merawat AC

Belasan tahun tinggal di luar negeri sebagai domestic helper (halah… jadi TKW aja bangga ya, hehehe!) yang memiliki empat musim membuat saya merasakan cuaca yang silih berganti begitu ekstrim. Pas musim dingin, dingiiin banget sampai kulit kering dan pecah-pecah mengeluarkan darah. Pas musim panas, alamak, pengennya nyebur di kolam dan tidak mau beranjak sebelum ubun-ubun yang bagai terbakar ini adem lebih dahulu.

ac

Kini setelah kembali ke kampung halaman, tinggal di Indonesia yang beriklim tropis tentu lain lagi ceritanya. Di sana-sini tampak perumahan semakin padat, lahan hijau terus berkurang dan polusi tidak bisa dihindari. Semua itu menyebabkan sulitnya menghirup udara bersih. Apalagi bagi warga yang tinggal di kota, sepertinya setiap orang membutuhkan keberadaan air conditioner (AC) di dalam ruangan. Iyalah, coba tengok suasana di ibu kota dan kota industri sekitarnya, tak di perumahan tak di perkantoran, sampai di kendaraan sekalipun, AC sudah jadi hal yang wajib ada. Kalau tidak, bisa jenuh tidak nyaman karena kegerahan, plus parahnya sakit karena menghirup udara yang bercampur polusi.

Malah Fahmi putra kami yang berusia hampir 4 tahun itu dia tidak bisa tidur jika tanpa AC atau kipas angin yang menyala. Gerah dan panas membuatnya tidak bisa tidur nyenyak. Bisa dibilang kalau mau membangunkan Fahmi dari tidurnya, cukup matikan saja AC atau kipas angin di ruangan. Dipastikan Fahmi akan segera bangun. Hehehe…

Pemakaian AC yang terus menerus setiap hari, membuat AC harus selalu dalam kondisi optimal. Perawatan AC pun menjadi hal yang wajib dilakukan untuk menjaga keawetan dan kebersihan AC. Eits, jangan bilang susah dulu! Merawat AC itu tidak susah, kok! Pengalaman membersihkan AC di rumah majikan saat bekerja di luar negeri itu saya rasa sangat simple dan mudah. Asal kita tahu seluk beluk rahasia si AC ini lebih dahulu. Seperti apa saja informasi rahasia AC itu?

mba-okti-1

 

Cocokkan AC dengan Ruangan

Sebelum membeli AC, pastinya kita akan menyesuaikan PK AC dengan ruangan di rumah dong ya. Umumnya kan kalau untuk AC di rumah menggunakan AC dengan kapasitas ½ sampai 2 PK. Bila kita menggunakan AC dengan PK yang terlalu besar untuk ruangan yang kecil, maka pemakaian pun menjadi lebih boros. Begitu juga dengan PK yang terlalu kecil, AC yang kita pasang kasihan sekali akan bekerja ekstra untuk mendinginkan ruangan. Jangan kaget kalau gara-gara salah memperkirakan hal ini buntutnya membuat tagihan listrik di rumah jadi melambung.

 

Semakin Dingin Tak Berarti Semakin Bagus

AC merupakan pengatur suhu ruangan, bukan pendingin ruangan. Ingat itu ya, pengatur bukan pendingin. Sepertinya ini yang masih belum banyak dimengerti para pemakai AC. Memasang AC di bawah 22 derajat akan memaksa AC untuk bekerja lebih keras daripada biasanya. Dampaknya bukan hanya boros listrik, komponen AC di dalamnya yang dipaksa bekerja ekstra bisa menyebabkan AC menjadi lebih cepat rusak. Jadi, sebaiknya memasang suhu AC di atas 22 derajat saja agar AC lebih awet.

 

Jangan Remehkan Debu

Pernah dengar peribahasa “Karena nila setetes, rusak susu sebelanga”? Nila pada peribahasa tersebut dapat disamakan dengan debu pada AC yang mencemari seluruh ruangan. Bila tidak dibersihkan, debu akan menimbulkan berbagai macam kerugian, mulai dari AC tidak dingin, umur AC menjadi tidak awet, hingga yang cukup berbahaya seperti debu yang mencemari udara yang kita hirup sehingga dapat menyebabkan gangguan pernafasan. Karena itu sangat disarankan agar memperhatikan waktu mencuci AC supaya bisa dilakukan dengan rutin.

 

Mengecak Jendela dan Pintu

Salah satu cara yang efektif supaya AC lebih awet adalah dengan memastikan kalau ruangan di selruh rumah telah tertutup rapat. Bila ruangan tertutup rapat, angin dingin tidak akan keluar sehingga ruangan akan lebih cepat dingin. Karenanya cek semua pintu apakah telah tertutup rapat? Dengan begitu ruangan yang perlu didinginkan AC tidak terlalu besar sehingga kerja AC tidak akan terlalu berat. Selain lebih hemat listrik, kita juga akan memperpanjang umur AC dengan melakukan hal tersebut.

Begitu saja sih seluk beluk rahasia terkait AC yang bisa saya share berdasarkan pengalaman dan informasi dari majikan.

mba-okti-2

 

Oya, kalau kita tidak punya waktu untuk merawat dan membersihkan AC karena kesibukan, bagi warga yang tinggal di Ibu Kota, sekarang, kita sudah bisa mendapatkan jasa service AC lho!  Khususnya warga di sekitaran Jakarta, kini sudah ada service AC Jakarta Selatan. Marketplace jasa yang terpercaya ini bernama Sejasa.com. Tidak hanya itu, di Sejasa.com kita juga bisa membandingkan harga, membaca review, dan melihat halaman profil usahanya. Dengan kemudahan yang diberikan oleh Sejasa.com, membuat kita menyervis AC di sana tidak perlu ragu lagi. (ol)

Comments

  1. AC juga perlu dirawat ya agar nggak cepat rusak.
    AC ku dulu sampe panas kayak lagi di sauna haha

    • tetehokti says:

      Sebagai barang wajib bagi warga ibu kota, memang perlu perawatan
      dan sekarang tidak ada alasan repot atau gak sempat. Sudah bisa merawat secara online langsung diuruskan 🙂

  2. Wah mantap, si teteh bis abenerin ac juga ya… salam kenal ya Teh, juga buat para pengunjung blog ini semuanya

    • tetehokti says:

      Salam kenal kembali 🙂
      Membetulkan secara mekanik sih tidak bisa, Mas…
      tapi mengetahui seluk beluk AC seperti saya tulis di atas, insya Allah bisa meminimalkan kerusakan.
      Apa yang dirawat dan dijaga pasti dong akan ada hasilnya 🙂

  3. Kalo aku justru nggak suka dingin, mbak, Malah dipilih angka yang gede biar nggak kedinginan, wkwkwk

    • tetehokti says:

      Segala hal yang berlebihan emang gak baik ya Mbak. Selain kedinginan, AC juga ternyata bisa cepat rusak dan tagihan listrik bisa-bisa membludak

  4. Udah terbiasa setiap hari dengan ac kadang juga g memperhatikan tentang kondisi ac, kalau udah rusak atau gak dingin lagi baru deh kelimpungan hehehe. .

  5. aku kalau acnya netes2 berarti butuh service xD
    patokane gitu

  6. Kemarin tetanggaku nanya kapan mau bareng2 panggil orang buat cuci AC. Wah ini bisa jadi info menarik nih

  7. Aaah aku pemakai AC banget ga di kantor ga di rumah (kalau tdr mlm aja sih ) , bedakan AC itu pengatur suhu ruangan bukan pending in ruangan ya (aku masih salah kaprah) , infonya mantep nih mba

  8. Kalau aku di rumah AC lebih jadi pajangan, Mbak. Karena emang ga tahan sama dingin. Kalau pun lagi super panas masih lebih betah kipas-kipas pake kertas brosur yang tebel
    Salam kenal ya

  9. jadi inget jaman merantau, tiap 2 minggu harus bersihin AC hahahha

  10. Kebetulan banget lagi padang AC di bali panasnya lg gila banget mba

    kalau saya rutin panggil tukang ac untuk isi freon dan cuci.

  11. Wah di Bandung mah ga perlu AC..dingin mulu..xixixi

  12. Oalahh ternyata debu jg mempengaruhii yaa..

  13. Hahaha..Fahmi spt anakku yang kecil.baru tahu aki mba,klo ruangan tbuka ac jd kerja keras. duh, nih anak2ku sering bgt ac nyala eh pintu tbuka
    Bafu tahu jg nyalahin di bawah 22 bs bikin mesin ac ga bagus,pnh nyalain 19 wkt preonnya tipis..makasih tipsnya

    • tetehokti says:

      Semoga bermanfaat informasinya ya Mbak… Salam buat anak2. Bisa diberi pengertian juga sejak dini kepada anak-anaknya

  14. Saya taunya makai doang -_- kalau ada yang enggak beres panggil tukang service juga 😀

  15. Aku termasuk yang ga bisa tidur tanpa AC, terutama pas hamil, punya anak trus lanjut deh smp sekarang,hehehe. Dan biasanya yg bersihin tukang service. Klo ac udah mulai ga dingin pokoknya tandanya kudu dijenguk tukang service lengganan aja,hahaha.

  16. Aku gk bisa beraihin sndiri smpe bnr2 bersih, di Serangvaku punya jasa service AC langganan. Kalo cleaning terjamin bersihnya. Itu di Jakarta banyak ya jasa service AC yg bisa on call gitu

  17. Gak ada ac bukan cuma serasa pengap tapi entah kenapa jadi kerasa banyak nyamuk. Oh ya anakku yg bungsu juga gak bisa ac terlalu dingin. Asmanya kambuh

  18. AC emang jadi kebutuhan wajib di kota besar ya mbak… beda dengan daerahku, kalo malem masih kedinginan dan butuh selimut biar tidur nyaman.

  19. Dulu pas d padang pake ac. Pas udah di bandung lagi udah enggak, dingin hehe

  20. waaa sama mba, Bintang juga ga bisa tidur tanpa AC. Tapi kami biasa setel AC di 28 aja. paling dingin 27. cuma buat mastikan ga gerah aja..

  21. Pemakaian AC di rumah paling umum di angka 26, tapi kalau udaranya panas, bisa sampai 18. Alasannya supaya dingin. Ternyata AC bukan alat pendingin ruangan ya…tapi alat pengatur suhu ruangan. Baru tau he he he…Makasih ya, Teh 🙂

  22. nggak kuat banget memang kalo lagi musim panas apalagi kalo AC nya nggak mempan alias udah pake AC tapi tetap panas, pengen melipir ke hotel rasanya haha

  23. Iya nih banyak salah kaprah.Anak2 klo abis kpnasan dari luar ruangan lalu masuk teus ngidupin AC 16 derajat lansung.klo.udah dingin ya dinaikkin sampe 24

  24. Terima kasih atas informasinya..

Speak Your Mind

*