Mimpi Blogger Cianjur

Mimpi Blogger Cianjur

 

Blogger Cianjur. Seberapa banyak blogger di Cianjur? Alhamdulillah pencarian selama setahun terakhir ini sudah ada belasan blogger yang saya temui baik secara langsung tatap muka, maupun melalui Blog (baik yang sudah top level domain maupun yang masih menggunakan blog keroyokan seperti di Kompasiana, Blogdetik, maupun blog berdomain gratis seperti blogspot dan wordpres) dan atau akun media sosial lainnya.

Berbagai kalangan hadir mewakili blogger-blogger Cianjur. Mulai ibu rumah tangga, pengusaha, mahasiswa, guru dan pegawai negara (PNS) lainnya. Dengan berbagai tujuan pula, ada yang murni menulis, berbagi ilmu dan pengalaman serta mencari penghasilan.

Melihat geliat blogger di berbagai daerah/kota lain cukup hidup, terlintas dalam benak saya ingin juga membentuk suatu wadah untuk memayungi komunitas blogger Cianjur.

Ya tidak usah muluk-muluk sih, secara dari kondisi dan situasi saja saya bisa mengukur diri. Tidak perlu komunitas wah apalagi mewah, yang penting bisa merangkul para blogger sehingga bisa silaturahmi, bersinergi, dan mudah dihubungi jika ada hal yang harus dibicarakan. Ujungnya tentu saja supaya memudahkan koordinasi jika ada even blogger khususnya di area Cianjur dan sekitarnya.

Selain itu, besar harapan saya seiring kemajuan jaman dan teknologi warga masyarakat Cianjur semakin cerdas dan melek teknologi. Semua orang dipastikan punya akun media sosial, alangkah baiknya jika penggunaan media sosial atau blog diarahkan atau mengarah kepada hal-hal positif dan bermanfaat.

Tahu sendiri kan beberapa hari terakhir nama baik Cianjur tercoreng buruk gara-gara berhasil diciduknya seorang warga Cianjur, ibu rumah tangga, mantan TKI pula, yang terbukti melalui akun media sosialnya telah menebar berita kebencian, dll sehingga meresahkan masyarakat dan berujung memecah belah persatuan kesatuan bangsa.

Ini sejujurnya menjadi kegelisahan tersendiri buat saya. Saya juga warga Cianjur, ibu rumah tangga juga, mantan TKI juga sama seperti dia. Sangat menyayangkan sekali jika kelebihannya dalam berselancar di dunia maya dijadikan alat untuk memprovokasi dan menyebar kebencian.

Bukankah lebih baik jika kuota internet dipakai untuk hal hal yang lebih positif, ya seperti jadi blogger, buzzer, bisnis, atau promosi usaha meski skala kecil-kecilan?

Semua itu memang tidak mudah dilakukan. Perlu sosialisasi, perlu pemahaman dan ilmu yang mumpuni serta komitmen yang kuat.

Meminjam istilah dari Blogger Perempuan bahwa bogging tidak hanya sekedar menulis saja karena erat kaitannya dengan teknologi. Sebagai blogger, ada banyak hal yang harus dipelajari agar blog kita menjadi bermanfaat.

Ya, ternyata menulis di blog dan media sosial juga ada ilmu serta aturannya. Jelaslah karena jika tidak tahu ilmunya bisa-bisa kesandung UU ITE seperti yang dialami Blogger Acho.

Jadi menulis atau ngeblog tidak sembarang ngeblog. Tetapi lebih kepada azas manfaat supaya tulisan yang dilahirkan menjadi lebih berguna dan bermanfaat.

Komunitas blogger inilah yang nanti saya harapkan bisa jadi jembatan untuk membawa blogger Cianjur menjadi agen-agen perubahan. Menjadi kader dan kokojo supaya bisa mengarahkan netizen Cianjur pada khususnya bisa membuat tulisan (konten) yang keren cetar dan berkualitas.

Setidaknya jika bergaul dengan sesama blogger (apalagi ngelinknya ke Blogger kawakan dan Blogger Nasional) berharap bisa dijadikan sebagai sarana untuk mengenal seluk beluk perbloggingan.

Jujur saja saya sendiri masih belum tahu apa-apa tentang blog secara bisa ngeblog saja murni dari pembelajaran otodidak dan berusaha terus memperbaiki diri sambil jalan, melalui ilmu yang saya pungut dan serap dari Blogger atau komunitas blogger yang baik hati selalu berbagi. Baik berbagi ilmu maupun berbagi job.

Saya harap melalui komunitas blogger yang nanti bisa jadi wadah bagi blogger Cianjur, saya, blogger Cianjur dan siapa saja bisa belajar lebih banyak mengenal seluk beluk tentang dunia blogging.

Seperti mengenal apa itu platform dan bagaimana cara kita bisa memanfaatkan nya dengan maksimal. Belajar tentang theme blog, serta design blog yang menarik dan ramah di mesin pencari, belajar lebih jauh apa itu SEO, (tentu saja bertahap dari dasar sampai SEO Blog profesional), termasuk belajar data analytics blog, konten blog, dan yang diincar semua orang yaitu penghasilan dari blog (ilmu monetize blog).

Melalui komunitas ini mungkin blogger Cianjur bisa share terkait semua itu. Bisa berdiskusi, menghasilkan ilmu baru dan bisa memaksimalkan blog baik dari segi konten dan juga teknis. Sehingga diharapkan tidak ditemukan lagi warga Cianjur (dan warga manapun) yang menyalahgunakan kuota internet dan berujung dengan aparat negara.

Sayangnya semua itu baru harapan dan keinginan saya. Bukannya pesimis tapi melihat sikon di Cianjur bagaimana sepertinya perlu perjuangan yang berdarah-darah untuk sampai ke sana. Ah, sudahlah…

 

#ODOP #BloggerMuslimahIndonesia

Comments

  1. Wah keren kak, ayo direalisasikan.. ^^
    Blogger Bogor sudah punya Asinan Blogger..

  2. Semangat Teh…pasti bisa diwujudkan. Ayo sebarkan kebaikan bersama-sama lewat komunitas blogger nantinya:)

  3. Ayo diwujudkan Teh. Saya juga punya mimpi agar Blogger Lombok bisa se-solid komunitas blogger di luar sana 🙂

  4. Hehe, jd inget ada tmn yg ngajak bikin komunitas blogger serang. Akunya mau aja sih asal jd anggota biasa aja, tim hore. Tp kalo diminta mempelopori, blm sanggup euy.

    Btw, smoga impianmu tercapai teh

  5. Sekarang saya juga lagi bikin komunitas Blogger Depok tapi ternyata emang bikin komunitas itu gampang2 susah ya, apalagi yg handle emak2, jdnya skrng grupnya buat networking dulu 😀

  6. Setuju… lebih baik kuota internet dan waktunya digunakan untuk berbagi hal-hal positif. Dapat pahala juga kan.

  7. Iya, menulis di blog juga mesti hati-hati ya sekarang, biar nggak kesandung kasus UU ITE 🙂
    Happy blogging!

Speak Your Mind

*