Mudahnya Membuat Butter

Mudahnya Membuat Butter

Pelatihan Wirausaha Baru Jawa Barat 2018 yang baru saja saya ikuti minggu lalu di Bandung tidak hanya memberikan materi tetapi juga praktik langsung didampingi para ahlinya.

Salah satu praktik yang kami lakukan adalah pembuatan butter. Oya, praktik butter ini kami dapat soalnya kami termasuk pelaku wirausaha baru di bidang makanan dan minuman. Jadi pembuatan butter yang dekat dengan bahan kue-kue, jadi salah satu materi praktik yang kami dapat. Meski sebagian pelaku wirausaha bukan bergelut di bidang kue, minuman misalnya. Namun tetap saja sama-sama ikut praktik ini. Seru dan pasti ilmunya sangat bermanfaat.

Praktik pembuatan butter dilakukan di Detuik Kafe, (Detuik singkatan dari deudeuieun tuang ieu katuangan, Bahasa Sunda yang artinya ketagihan makan makanannya) yang beralamat di Jl. Bojong Koneng Atas, Kampung Haur Manggung, Cikutra, Cibeunying Kidul, Cibeunying, Cimenyan, Bandung, Jawa Barat.

Lokasi Detuik Kafe sejuk, luas dan lengkap. Cocok untuk liburan bawa keluarga, anak atau rombongan kantor.

Didampingi ahli pembuat butter untuk pabrik kue kering sekelas Ina Cookies, Kang Dadan, para peserta pelatihan wirausaha baru yang berasal dari berbagai kota atau kabupaten di seluruh Provinsi Jawa Barat ini semua bergembira mengikuti tahap demi tahap rangkaian acara yang kocak, seru dan berkesan.

Baiklah langsung saja kita ulas lagi praktik membuat butter nya. Tapi sebelum nya, ada yang tahu apa itu butter? Apa itu margarine? Apa bedanya butter dan margarine? Hayo yang bisa, jawab di kolom komentar ya…

Membuat Butter

Bahan
1. Susu Cream misal sebanyak 100 ml
2. Susu murni secukupnya
3. Es batu (untuk praktik kecilbkeciln disukai bentuk kotak-kotak yang di freezer rumah itu lho) 4-5 butir es kotak cukuplah.
4. Garam Halus secukupnya

Praktik membuat butter di detuik kafee yang masih saudaranya Ina Cookies, Bandung

Alat
1. Gelas plastik tertutup ukuran 200 ml satu buah
2. Kain saring minimal ukuran 20 x 20 cm satu helai. Kalau tidak ada kain, saringan santan juga bisa dipakai
3. Sendok teh satu buah

Cara pembuatan
Dibagi dua tahap

Pertama
Pembuatan campuran bahan. Kita campurkan bahan susu cream dan susu murni dalam satu wadah misalnya gelas atau kalau buat banyak bisa pakai ember atau baskom. Aduk sampai susu cream dan susu cair tercampur merata.

Tutup rapat lalu kocok terus

Kedua
Pembuatan butter.

step by stepnya

1. Campuran bahan (susu cream dan susu murni) masukkan ke dalam gelas plastik tertutup.
2. Tambahkan es batu sebanyak 4-5 butir kemudian gelas plastik itu ditutup rapat.
3. Campuran bahan digoyang-goyang atau dikocok-kocok ke atas dan ke bawah selama beberapa menit sampai terbentuk gumpalan butter.

Ngocok ngocol dan seru!

Aslinya cukup lama. Pengalaman kami mengocok sambil berjoget diiringi lagu dangdut itu lebih dari 5 putaran lagu dangdut lho. Kalau satu lagu 5 menit saja, berarti sekitar minimal setengah jam buat ngocok hingga campuran menggumpal.

4. Setelah gumpalan butter terbentuk masukkan garam 2.5%-5% dan pengocokan lanjutkan lagi sampai semua garamnya larut
5. Saring gumpalan butter dengan kain saringan untuk memisahkan cairan yang ada sampai tidak mengandung air lagi.
6. Gumpalan butter yang dihasilkan dimasukkan ke dalam kantong plastik.
7. Butter yang dihasilkan dapat langsung digunakan atau disimpan dalam lemari es.

Saat itu setelah praktik, butter yang kami buat langsung dibawa pulang lho. Dan saya bawa pulang butter sekitar sesendok itu ke Cianjur!

Setengah jam lebih ngocok gelas sambil joget, akhirnya terbentuklah butter nya…

Sebenarnya penggumpalan butter yang lebih cepat bisa menggunakan mixer. Itu tadi melakukan secara manual kan biar tahu saja. Hehehe. Kalau sudah tahu prosesnya mau pakai jalan mana silakan saja.

Untuk yang mau bertanya atau konsultasi terkait pembuatan butter ini silakan hubungi langsung Kang Dadan KP di nomor 085722289619.

Sekian sebagian dari ilmu dari Pelatihan Wirausaha Baru Jawa Barat 2018 yang saya ikuti. Semoga bermanfaat. Ilmu lainnya segera menyusul saya publish ya.

Comments

  1. Save resepnya ah.. ternyata mudah yaebuat butter or margarin. Moga saya bisa buat sendiri. Makasiihh sudah share cara membuat butterx. Asyik.. Cianjur dapat butter sesendok hehee

  2. Butter sesendok dari hasil ngobrol, ngocok dan ngocol pasti jadi kebanggaan ya hahaha. Seru ini pelatihannya.

  3. Wah, ternyata bisa ya bikin butter sendiri, selama ini kalau mau bikin kue, butternya beli, makasih ya resepnya

  4. Senang ya semua dapat ngocoknya,ngobrolnya sampai jadi butter. seru kegiatannya.

  5. Pelatihan buat butter kaya gini nih yang buat penasaran, ooh jadi butter itu hasil dari penggumpalan beberspa bahan. Unik ya hehe.. pasti punya kepuasan tersendiri meski hanya bawa pulang sesendok butter.

  6. Nah, ketemu jawaban ku. Ku kira butter itu alami lamgsung jadi, ternyata ada prosesnya dulu….

  7. Asik punya resep baru nih. Jadi tahu deh cara bikin butter. Bsk mau coba deh…semoga berhasil

  8. Ternyata butter bisa dibuat sendiri juga di rumah. Aku pikir perlu pake banyak alat which is ngandelin pabrik gitu. Eh ternyata bisa juga di rumah. Gak perlu banyak alat juga.. Mau cobaa ah.. Biar ala-ala homemade gitu.. Hehe

  9. Ilmu yang bermanfaat yaa Teh Okti.

    Seru nih bisa membuat margarine sendiri tanpa harus beli lagi di minimarket terdekat. Semoga ilmunya bisa diamalkan*

  10. Wah asyik jadi tau caranya bikin butter, saya juga baru ngeh nih ternyata bikinnya lumayan juga, ngocoknya pake lama ya sampai lima kali lagu dangdutan wkwkwk

  11. mesti sepertinya mudah..saya kalau disuruh buat butter sendiri nggak yakin berhasil nih..

  12. Langsunh aku infoin ke istri nih teh. Tapi gatau deh bisa apa enggak dia. Wahaha.

  13. Waaah ternyata mudah juga ya kalau tahu caranya. Si Teteh meni rajin euy ikutan beginian. Bisalah jadi pengusaha butter di Cianjur.

  14. Ternyata butter itu ada juga yang agak padet ya teh? Soalnya selama ini taunya butter yang soft itu yg kyk di pesawat2 hehe.
    Tengkyu sudah sharing resepnya, kapan2 pengen jg bikin sendiri 😀

  15. Gak kebayang serunya goyang diiringi lagu hingga setengah jam. Kalau saya mungkin gak kuat mbak
    Ternyata bahan membuat butter terbilang mudah dicari dan murah ya mbak. Kl mau butter, ya bisa bikin sendiri

  16. Nah ini yang lagi dicari-cari sama si adik di rumah, belakangan minta dicariin resep bikin butter, akhirnya ketemu di pojokan tehokti.com. Trims

Speak Your Mind

*