Nasi (liwet) Goreng

Nasi (liwet) Goreng

Nasi (liwet) Goreng ini sebenarnya nasi goreng “kecelakaan”. Ya, saya sebut demikian karena emang dibuat tidak sengaja, alias pada awalnya tidak ada niat. Apaan sih?

 

Oke, gini ceritanya. Tahu Nasi Liwet kan? Kalau Urang Sunda pasti sudah tidak aneh dengan menu olahan nasi ini. Apalagi anak mudanya, kalau di perkampungan, setiap ada acara, atau fenomena yang cukup membahagiakan, biasanya “dirayakan” cukup dengan ngaliwet, alias membuat nasi liwet.

Ada lagi yang sudah identik dengan nasi liwet, yaitu barudak santri, alias anak didik di pesantren. Ya, meski menurut wikipedia nasi liwet itu nasi khas dari Solo, tapi tidak ada yang membantah juga jika barudak santri di kobongย Tatar Pasundan sejak jaman penjajahan dulu sudah tradisi makan nasi liwet dengan dimasak teramat sederhana menggunakan alat yang dinamakan kastrol.

Yang membuat beda nasi liwet dengan olahan nasi lain ialah rasanya yang gurih karena memang disertakan bumbu atau rempah pada saat memasaknya. Barudak santri banyak yang memakan nasi liwet tanpa lauk pauk karena selain rasnaya sudah gurih (enak) juga sebagai bentuk lain dari penghematan (ini mah pengalaman) secara pada umumnya anak santri yang ngobong mempunyai bekal terbatas. Tapi itu dulu ya, kalau sekarang sih sudah serba lain. Anak santri juga sudah pada gaul. Masa gak kebeli nasi berlauk empat sehat lima sempurna sih sementara pegangannya gadget dan kendaraan bermotor?

Kembali kepada Nasi (liwet) Goreng ini, yaitu tadi karena “kecelakaan” maka nasi goreng ini akhirnya dibuat. Seperti biasa paling tidak seminggu sekali kami suka membuat nasi liwet. Biasanya itu nasi langsung habis. Tapi beberapa hari lalu, entah kenapa nasi liwet masih sisa cukup banyak. Takut basi (karena gurih) maka saya simpan di kulkas.

Keesokan paginya, saat mau buat sarapan, baru inget masih ada nasi liwet cukup banyak. Kalau tidak dimakan, sayang pisan. kalau dimakan, pastinya harus diangetin. Wah, berasa malas dech. Dan tiba-tiba kepikiran buat nasi goreng berbahan nasi liwet ini. Bisa dibilang kecelakaan ini sekaligus juga uji coba, hahaha… Karena memang belum pernah sebelumnya membuat nasi goreng dari nasi liwet.

Seperti mau membuat nasi goreng pada umumnya, bahan-bahan pun tidak jauh beda. Selain nasi pastinya ada minyak untuk menggoreng, telur ayam, bumbu sesuai selera dan bahan campuran lain seperti sosis, bakso, serta sayuran. Baan campuran dibersihkan dan diiris.

 

Karena nasi liwet biasanya tidak terlalu kering, maka dipastikan saat menggoreng akan terasa lebih lengket. Pintar-pintarnya kita aja mengaduknya ya, supaya itu nasi tidak berubah jadi bubur, hehehe!

Karena nasi liwet sudah gurih, jadi tidak memerlukan lagi banyak bumbu atau penyedap rasa. Buat kami cukup tambah kerupuk udang saja, sudah nikmat tidak tertahan. Kenyangnya bisa sampai saat makan siang. Ayo boleh dicoba nasi goreng kecelakaan ini #eh Nasi (liwet) Goreng maksudnya ๐Ÿ™‚

Comments

  1. Malem-malem baca ini jadi ngileerrrr hehe.Sok inget dulu waktu kecil suka ngaliwet di sisi balong nikmat banget walau cuma pake ikan asin.

  2. Baca judulnya penasaran, katanya nasi liwet tapi kenapa digoreng?
    Oalah…ternyata nasi liwet kemaren yang digoreng ya, Teh…
    Memang kudu pinter -pinter kita ya…supaya makanan gak ada yang terbuang. ๐Ÿ™‚

  3. Wah, ini mah bukan nasi goreng kecelakaan, teh Okti, tapi nasi goreng kreatif. Aku belum pernah tuh kelintas di pikiran untuk menggoreng nasi liwet, hehe. Ntar kalo ada lebihan nasi liwet di rumah, mau aku olah jadi nasgor, ah! Thanks inspirasinya, teh Okti.

  4. Hahahaa aku pernah juga teteeh bikin nasi liwet kecelakaan, ato naskun goreng kecelakaan. Tapi rasanya tetep nikmat selagi hangat.
    Pokonya semenjak berumah tangga, jangan sampe membuang makanan, sekalipun nasi.Makanya diolah deh…

  5. bikin nasi liwet goreng begini mah peer banget yaa. Kan biasanya ga kering, kudu pinter-pinter supaya ga tambah benyek. Ga bisa dikasih kecap kali ya

  6. Wah nasi liwetnya aja udah enak apalagi digoreng dan ditambahin bumbu.. hmm makin maknyos deh. Aniwei sepertinya memang harus telaten waktu masaknya ya mba biar ga lengket..

  7. Sama ga dengan nasi uduk? Dimasak pake santen dan garam dan daun salam juga. Biar wangi

  8. hahah bisa aja teh, nasi kecelakan tetep bisa enak yaa..
    itu pinter2 chef-nya atuh lah

  9. waaah, aku jadi pingin ngintip resepnya juga mbak, walaupun bukan makanan khas aceh, tapi bisa dicoba juga ni

  10. haha iyah sama aku juga kalo ada sisa nasi pasti besoknya bikin sarapan nasi goreng.
    ngebayangin itu goreng nasi liwetnya pasti dengan sangat hati-hati yaaa ๐Ÿ˜€

  11. hmmmm..padahal ngarep kalo ini resep bikin nasi liwet…
    ternyata nasi liwet lebih yang digoreng.., tetp enak ya mba… he2

  12. nasi goreng kecelakaan bisa bikin naik berat badan. Emang ya, Teh, sebagai emak2 harus kreatif di segala bidang. Apalagi urusan dapur

  13. Wah baru denger nasi liwet goreng, bisaan nih teh okti ๐Ÿ˜€ Dulu sering bgt makan nasi liwet waktu masih tinggal di Bandung, skrg udah jarang krn susah nemunya di Bali. Jadi kangeen nih teh!

  14. Komen pas taun baruan, dan kebeneran disini lagi pada liliwetan juga hahahah. Eh emangnya nu sok ngaliwet orang perkampungan wae? Justru di kota ((kota)) dikomplek saya hampir tiap hari ngaliwet, mangkaning dijerona pake asin peda plus cengek domba sagambreeng…ieu komen naon nyak… Hahaha nya kitu welah pokonamah

  15. Suamiku suka bikin nasi liwet ala Jabar
    Tapi belum pernah digoreng lagi
    Layak dicoba.
    Ohya, kalo suamiku bikin nasi liwet, airnya setengah dari ruas jari, jadinya gak lengket.
    Makasih idenya.
    Salam kenal.

  16. Ini kecelakaan malah jadi sesuatu yg baru ya Teh. Pasti enak ini mah ๐Ÿ™‚

Speak Your Mind

*