No TV No Gadget? Its Okay. No Multiple Intelligence Play Plan? Ini Baru Oh, No Way!

No TV No Gadget? Its Okay. No Multiple Intelligence Play Plan? Ini Baru Oh, No Way!

Bahagia itu saat Fahmi tidak menanyakan kenapa televisi,ketika dua bulan lebih tidak hidup karena rusak. Gembira itu ketika smartphone yang biasa dipakai Fahmi untuk melihat animasi anak-anak dibawa ayahnya saat bekerja, dan Fahmi sedikitpun tidak bertanya. Dan yang paling saya syukuri adalah saat pertama kali memperkenalkan permainan edukatif dari Morinaga Multiple Intelligence Play Plan (MI PlayPlan) sekitar satu bulan yang lalu, sejak itu sampai sekarang Fahmi selalu menagih meminta permainan baru apa lagi yang akan dikerjakan?

“Wah, binatangnya terjebak dalam es! Gimana cara nolongnya, Bu?”

Permainan edukatif bermain es (membebaskan binatang dari es) sumber: MI Play Plan

Permainan edukatif bermain es (membebaskan binatang dari es) sumber: MI Play Plan

Ekspresi khawatir jelas tampak di wajahnya ketika plastik berisi es yang di dalamnya ada binatang mainan saya sodorkan setelah Fahmi bangun tidur siang. Beberapa jam sebelumnya kami telah bersama memasukkan air dan binatang mainan ke dalam plastik lalu menyimpannya di freezer.

Bermain es telah menstimulan Fahmi untuk lebih peduli, membantu/menolong serta belajar tenbtang fenomena air, pembekuan, proses mencair serta kesabarannya.

Bermain es telah menstimulan Fahmi untuk lebih peduli, membantu/menolong serta belajar tenbtang fenomena air, pembekuan, proses mencair serta kesabarannya.

Fahmi rupanya sudah semakin terasah rasa peduli dan semangat menolongnya. Setelah beberapa lama es mencair dan binatang mainan bisa diambilnya, pertanyaan “Abis ini kita main apa lagi, Bu?” kembali terlontar darinya. Sudah tidak sabar untuk terus bereksplorasi meski sudah kami beritahukan bahwa satu hari untuk satu permainan baru dari MI PlayPlan. Fahmi telah kecanduan oleh permainan edukatif dari MI PlatPlan!

Orang tua mana yang tidak bahagia saat maraknya tontonan anak di TV dan menjamurnya anak yang ketergantungan terhadap gadget, Fahmi justru lebih tertarik melakukan berbagai eksperimen permainan edukatif. Tidak bosan batitaku itu selalu mengulang dan mengulang akan apa yang sudah dipraktekkan sehingga Fahmi hafal berbagai hal.

Tidak hanya dengan menonton atau jadi anak yang pasif saja, melainkan sambil dipraktekkan secara langsung. Sehingga Fahmi bisa merasakan, menyentuh dan mengaplikasikan apa yang didapatnya terhadap hal lain yang bersifat baru. Senang dan takjub luar biasa bagi kami yang tinggal di kampung bisa mengenal MI PlayPlan. Sehingga begitu banyak kreasi edukatif yang bisa kami praktekkan untuk menunjang tumbuh kembang serta kecerdasan buah hati.

Logo MIPP (Multiple Intelligence Play Plan)

Multiple Intelligence Play Plan diprakarsai oleh Morinaga dalam mempersiapkan generasi platinum yang multitalenta. Tentu kita sudah tidak asing lagi dengan perusahaan besar PT. Kalbe Farma, Tbk perusahaan farmasi terkemuka skala nasional dan internasional. Pada awalnya perusahaan ini lebih dikenal dengan nama Kalbe Farma Health Foods Division. Kini perusahaan ini sejak tahun 2007 menyandang corporate brand identity yang baru yaitu Kalbe Nutritionals. Bekerjasama dengan perusahaan Morinaga Milk Industry Co. Ltd. asal Jepang semakin menekankan jika kredibilitas serta kualitas produk nutrisi makanan serta minuman kesehatannya sudah tidak diragukan lagi.

Logo Morinaga1

Persaingan global di segala bidang sudah pasti dihadapi anak-anak kita. Orang tua pun berlomba memberikan bekal yang terbaik sejak dini baik berupa pengetahuan, keterampilan dan ahlak mulia supaya anak bisa jadi generasi yang unggul. Melihat ini, dalam mendukung pengembangan potensi anak menjadi generasi platinum yang siap menghadapi masa depan dengan fisik sehat dan kecerdasan intelektual, emosi dan spiritual, Morinaga mempersembahkan MoriCare+ Prodiges yang merupakan sinergi antara nutrisi dan stimulasi.

logo-logo morinaga element

logo-logo morinaga element

Saat ini Fahmi putra kami yang berusia 2 tahun 10 bulan minum susu Morinaga Chil Kid Platinum. MoriCare+ Prodiges yang terkandung di dalamnya lebih dari sekedar nutrisi (beyond nutrition) yang memfasilitasi melakukan aktivitas stimulasi untuk mengembangkan potensinya, agar tumbuh menjadi generasi platinum yang multitalenta.

Pack shoot CHK CHS Morinaga MoriCare

Nutrisi Sebagai Perisai Pelindung Tumbuh Kembang Anak

Saking pentingnya nutrisi dalam perkembangan anak, DR. Dr. Ahmad Suryawan, SpA(K), Ketua Divisi Tumbuh Kembang Anak dan Remaja, Departemen Ilmu Kesehatan Anak, RSUD Dr. Soetomo menjelaskan bahwa nutrisi adalah perisai pelindung bagi tumbuh kembang anak. Perisai pelindung yang dimaksud tersusun dari tiga sisi yang terbingkai menjadi satu kesatuan yang saling menguatkan.

“Sisi pertama, terdiri dari stuktur dan sirkuit otak yang terbentuk dengan sehat dan kuat. Sisi kedua, terbentuk dari system kekebalan tubuh yang mampu melindungi anak dari paparan negative lingkungan sekitar. Dan, sisi ketiga terbentuk dari bangunan fisik tubuh yang mampu tumbuh sesuai dengan tahapan usia.”

Kekuatan perisai ditentukan oleh bahan dasar penyusunnya, yaitu nutrisi sejak dini yang tepat dan seimbang. Karena itulah kenapa peran nutrisi sangat penting untuk tumbuh kembang serta kecerdasan anak.

Nutrisi dan permainan edukatif membantu tumbuh kembang anak, sekaligus mengajarkan berbagai aktivitas yang sebelumnya tidak pernah dilakukan.

Nutrisi dan permainan edukatif membantu tumbuh kembang anak, sekaligus mengajarkan berbagai aktivitas yang sebelumnya tidak pernah dilakukan.

Peran Stimulasi Kenali Kecerdasan Anak Sejak Dini untuk Wujudkan Multitalentanya

Dalam memberikan dukungan stimulasi, Morinaga mengerti betul akan filosofi anak ibarat jari-jari tangan. Ada sepuluh jari tangan, tapi setiap jari sudah pasti punya karakternya sendiri, kan? Begitupun anak, setiap anak berbeda walaupun berada dalam tahap usia yang sama. Oleh sebab itu pemilihan stimulasi ataupun kegiatan tambahan di luar sekolah setiap anak pun tidak bisa disamakan.

“Morinaga percaya setiap anak lahir dengan potensinya masing-masing yang menjadikannya unik. Sejalan dengan pendidikan akademis yang harus ditempuh, pendidikan non akademis juga penting agar potensi si kecil berkembang maksimal,” ungkap Helly Oktaviana, selaku Business Unit Head Nutrition for Kids, Kalbe Nutritionals dalam newsletter Morinaga.

Mengetahui dan memahami potensi cerdas anak merupakan langkah awal dalam membesarkan dan membantunya berkembang sesuai dengan kepribadian uniknya. Karena dengan mengenali potensi buah hati sejak dini, sama dengan membantu pengembangan karakter dan rasa percaya diri si kecil, dalam menghadapi tantangan global nantinya.

Morinaga membantu setiap anak Indonesia untuk mengenali kecerdasannya demi bisa menjadi generasi platinum yang multitalenta

Morinaga membantu setiap anak Indonesia untuk mengenali kecerdasannya demi bisa menjadi generasi platinum yang multitalenta

Pengertian tentang cerdas selama ini cenderung hanya dilihat dari pencapaian hasil belajar di sekolah, sehingga makna cerdas menjadi terbatas. Akibatnya banyak anak yang terbelenggu hanya pada satu atau dua kecerdasan saja, sementara kenyataannya banyak potensi lain dari dirinya yang harusnya dikembangkan.

Jika pada awalnya, kecerdasan hanya dikonotasikan dengan nilai IQ. Kini Dr. Howard Gardner, pakar psikologi dari Universitas Harvard memperkenalkan teori kecerdasan baru Multiple Intelligence atau Kecerdasan Majemuk, yaitu pengetahuan adanya berbagai kecerdasan lain yang dimiliki anak.

Makna cerdas yang sesungguhnya adalah kemampuan seseorang untuk belajar, memahami lingkungan dan memecahkan masalah. Dan indikator kecerdasan tidak hanya dilihat dari satu aspek saja, namun mencakup banyak bidang dalam kehidupan kita sehari-hari. Kecerdasan yang mencakup banyak bidang dalam kehidupan kita sehari-hari inilah yang diistilahkan sebagai Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligence).

Berangkat dari pemahaman tersebut, MoriCare+ Prodiges melahirkan inovasi yang lebih dari sekedar nutrisi atau beyond nutrition, berupa modul digital Multiple Intelligence Play Plan atau MI PlayPlan, yang dapat kita akses dengan mudah di http://www.morinagamiplayplan.com/ demi bisa mencetak generasi platinum yang bisa mengembangkan kecerdasan majemuknya dan membuka peluang lebih luas untuk kemampuannya supaya terasah menjadi anak multitalenta.

Setelah log in di website morinagamiplayplan.com maka kita dibawa ke berbagai pertanyaan untuk mengidentifikasi kecerdasan anak lebih condong kemana. Meski tidak mutlak, Fahmi condong ke Kecerdasan Logika Matematika.

Setelah log in di website morinagamiplayplan.com maka kita dibawa ke berbagai pertanyaan untuk mengidentifikasi kecerdasan anak lebih condong kemana. Meski tidak mutlak, Fahmi condong ke Kecerdasan Logika Matematika.

Modul MI PlayPlan ini sangat mudah diakses oleh ibu rumah tangga daerah macam saya sekalipun. Disamping berguna untuk menstimulasi kecerdasan majemuk buah hati agar dapat mengembangkan seluruh potensinya secara maksimal. Setelah log in, kita dibawa untuk lebih mengenali tingkat kecerdasan anak. Di website ini juga orang tua dapat memakai jadwal bermain Morinaga sebagai alat bantu.

Cara mengetahui kecerdasan mana yang mendominasi anak sangat mudah, cukup dengan mengisi serangkaian pernyataan sambil mengamati aktivitas anak secara berkala. Tentu saja hasilnya tidak mutlak ya. Ini hanya sebagian contoh perilaku yang bisa diamati.

Rencana Belajar terbaru Fahmi dari MI PlayPlan

Rencana Belajar terbaru Fahmi dari MI PlayPlan

Rencana bermain MI PlayPlan adalah jadwal main dan aktivitas harian atau kegiatan yang dapat digunakan para orang tua untuk merencanakan, mengarahkan dan membantu menstimulasi perkembangan kecerdasan majemuk anak. Jadi biar orang tua bekerja, pantauan terhadap stimulan kecerdasan anak tetap terjaga.

Di laman morinagamiplayplan.com ada alat identifikasi (MI Identification tool), ide bermain (MI Play Ideas), bahan yang bisa dicetak (MI Printables) yang kesemuanya itu membantu memaksimalkan rencana bermain Morinaga. Pokoknya banyak banget permainan edukatif mulai dari pengenalan warna, membentuk bangun, mengasah kepedulian, kecerdasan dan permainan edukatif lainnya yang sangat penting untuk anak.

“Modul Multiple Intelligence PlayPlan atau MI PlayPlan persembahan Morinaga, diharapkan bisa membantu Bunda, dalam mengenali kecerdasan Si Kecil dan memberikan stimulasi yang tepat,” lanjut Helly Oktaviana selaku Business Unit Head Nutrition for Kids, Kalbe Nutritionals masih dalam newsletternya.

Ya, modul stimulasi untuk 8 tipe kecerdasan, yakni Kecerdasan Musikal, Kecerdasan Intrapersonal, Kecerdasan Interpersonal, Kecerdasan Naturalis, Kecerdasan Visual Spasial, Kecerdasan Linguistik, Kecerdasan Logika Matematik dan Kecerdasan Kinestetik tentu saja sangat membantu para orang tua.

Terlebih kami sebagai orang tua muda yang baru memiliki anak pertama tentu saja masih banyak hal yang belum bisa dijadikan pengalaman. Dan seumur hidup kami tidak akan lupa tentang permainan edukatif dari Morinaga MI Play Plan yang sangat membantu ini. Kalaupun ada kakek nenek serta orang lebih tua lainnya yang mengajarkan bagaimana cara mendidik/merawat anak, tapi tentu saja jaman serta metodenya sudah lain lagi. Jadinya tidak hanya anak, kami sebagai orang tua pun ikut “menikmati” permainan edukatif ini. Meski tentu saja pengalaman dan informasi dari sesepuh tidak kalah penting dan tetap kami hargai.

Dengan tiga langkah mudah ini, MI PlayPlan sudah bisa kami pelajari dan langsung mendapatkan hasilnya.

-Identifikasi.
Berfungsi mengenali jenis kecerdasan yang dominan dan yang kurang dominan, guna menentukan stimulasi spesifik yang akan dibutuhkan anak.

-Stimulasi.
Ini penting untuk bisa mendeteksi potensi talenta, dari kecerdasan yang telah teridentifikasi. Talenta bisa teridentifikasi dengan memberikan stimulasi yang spesifik, yang sesuai dengan tipe kecerdasan dan usia anak. Stimulasi yang tersedia, berupa agenda bermain dan ragam ide permainan.

-Evaluasi.
Tahap ini bermanfaat untuk mempertajam kecerdasan lainnya yang masih kurang dominan.

Dari tahapan itu akhirnya saya menemukan Fahmi condong ke kecerdasan naturalis. Tapi ketika ayahnya yang mencoba, hasilnya justru Fahmi lebih condong ke kecerdasan logika matematika. Walau begitu, seperti dikatakan sebelumnya oleh pihak Morinaga kalau hasil itu tidaklah mutlak. Mungkin persepsi dan pandangan saya dan suami terhadap Fahmi berbeda. Dan yang penting kami bisa mengetahui jenis permainan edukatif apa saja yang cocok untuk mengasahnya sehingga jadi anak multitalenta.

Sejalan dengan informasi dari Dr. Rose Mini A. Prianto, M.Psi selaku Ketua Program Studi Psikologi Terapan, Fakultas Psikologi Universitas Indonesia dan Presiden Direktur ESSA Consulting dalam newsletter Morinaga yang mengatakan dengan adanya MI PlayPlan berharap anak bisa tumbuh menjadi generasi platinum yang multitalenta. Untuk bisa unggul di satu bidang seperti musical misalnya, anak perlu memiliki dan mengasah kecerdasan lainnya, seperti kecerdasan interpersonal. Kelengkapan modul stimulant MI PlayPlan persembahan Morinaga, dikreasi guna memfasilitasi para orang tua untuk mengembangkan multitalenta si kecil secara konsisten dan optimal.

Itu sebabnya saat Fahmi seperti tidak tertarik akan permainan berbau musical, kami tetap membantunya membuat dan mengerjakan sesuai jadwal yang dibuat. Selain menambah wawasannya, di usia yang belum sampai 3 tahun kami pikir Fahmi masih banyak kesempatannya untuk terus belajar.

Dibanding membuat dan memainkan alat musik, Fahmi lebih suka bermain mobil, menghitung jumlah serta menyebut warnanya.

Dibanding membuat dan memainkan alat musik, Fahmi lebih suka bermain mobil, menghitung jumlah serta menyebut warnanya.

MI Play Plan benar-benar membantu saya dalam mengantarkan anak menjadi jiwa yang berkarakter baik. Anak menjadi tidak bergantung kepada tontonan TV dan gadget. Buktinya tanpa TV dan gadget Fahmi tidak banyak bertanya, sementara belum usai melakukan permainan edukasi MI PlayPlan Fahmi sudah bertanya lagi permainan baru apa yang akan diberikan kepadanya setelah itu? Kami orang tuanya kewalahaan. Hehehe! Sepertinya Rencana Bermain Morinaga tidak berlaku untuk Fahmi. Saat kami membuat pun, lebih banyak tidak sesuainya karena permintaan Fahmi akan permainan edukatif dari MI PlayPlan kadang satu hari tidak cukup satu atau dua kali permainan.

Ini Papan Kegiatan Fahmi. Jelas jauh beda dengan petunjuk dari MI Play Plan. Ya, kami mengikuti keinginan  Fahmi yang ingin membuat papan kegiatan yang beda. Meski belum jelas, tetapi dia selalu berusaha menceklist kegiatan yang sudah dilakukannya. Permintaan list Kegiatan pun (karton kuning) itu kemauan Fahmi

Ini Papan Kegiatan Fahmi. Jelas jauh beda dengan petunjuk dari MI Play Plan. Ya, kami mengikuti keinginan Fahmi yang ingin membuat papan kegiatan yang beda. Meski belum jelas, tetapi dia selalu berusaha menceklist kegiatan yang sudah dilakukannya. Permintaan list Kegiatan pun (karton kuning) itu kemauan Fahmi

Keseruan setiap hari kami rasakan ketika bermain sambil belajar seperti arahan MI PlayPlan di website. Gimana tidak seru, jika bulatan telur kami ganti dengan cangkir. Batang ice cream kami ganti dengan lidi yang kami cabut dari sapu. Garam dan pewarna kami ganti dengan pasir. Tas kertas kami ganti dengan kardus bekas susu cair Chil-Go! dan kaleng bekas kami ganti dengan box bubur yang dicuci bersih. Hihi… Meski banyak property yang tidak kami punya sebagaimana arahan di morinagamiplayplan.com dan kami menggantinya dengan alat serta bahan seadanya di rumah, namun keceriaan serta pembelajarannya tetap sampai.

Celengan Sapi sumber MI PlayPlan

Celengan Sapi sumber MI PlayPlan


Tara!! ini Celengan Sapi buatan kami ;)

Tara!! ini Celengan Sapi buatan kami 😉

Fahmi semakin banyak tahu, banyak mencoba dan keinginannya untuk terus bereksperimen selalu diterapkan dimana saja, kapan saja. Ia tetap akan berceloteh seolah menjadi saya –yang sedang memberikan stimulant dan evaluasi kepadanya– pada saat ia makan, mandi, dan hendak tidur sekalipun. Apa yang diajarkan meski banyak kekurangan (tidak serupa dengan di website) tetap melekat kuat dalam ingatannya.

Kami merasa sangat beruntung mengenal Chil Kid Platinum Moricare+ Prodiges yang membantu pertumbuhan jasmani Fahmi melalui nutrisinya serta mengenal MI PlayPlan yang banyak membantu menstimulan kecerdasan Fahmi menuju generasi platinum yang multitalenta di masa golden age-nya.

Tidamik hanya Fahmi, kami orang tuanya pun ikut belajar.

Tidamik hanya Fahmi, kami orang tuanya pun ikut belajar.

Harapan Helly Oktaviana supaya mendapat dukungan dalam membantu menyebarkan edukasi akan pentingnya sinergi antara nutrisi, stimulasi serta peran serta orang tua dalam mengembangkan generasi platinum yang multitalenta benar-benar sampai dan terlaksana.

Jika anak daerah saja berkesempatan mengidentifikasi kecerdasan multitalentanya tentu apalagi di kota. Saya kira tanggung jawab social Kalbe Nutritionals, untuk mewujudkan Indonesia sehat menuju kehidupan yang lebih baik sebagaimana yang diharapkan Helly Oktaviana akan lekas tercapai.

kalbe copy

Bagi ayah bunda yang belum mencoba, yuk segera rencanakan dan stimulasi kecerdasan majemuk (Multiple Intelligence) si kecil dengan Rencana Bermain MI Morinaga (Morinaga MI PlayPlan) sekarang juga… (ol)

Menggambar dan mewarnai sangat disukai Fahmi yang usianya belum sampai 3 tahun

Menggambar dan mewarnai sangat disukai Fahmi yang usianya belum sampai 3 tahun

Selain untuk Papan Kegiatan, Fahmi menggunakan gambar dan kegiatan bersama sepupunya untuk bersaing secara sehat

Selain untuk Papan Kegiatan, Fahmi menggunakan gambar dan kegiatan bersama sepupunya untuk bersaing secara sehat

Kecerdasan Interpersonal Fahmi mulai terlihat setelah beberapa hari terus kami stimulan dengan berbagai permainan dari MI PlayPlan

Kecerdasan Interpersonal Fahmi mulai terlihat setelah beberapa hari terus kami stimulan dengan berbagai permainan dari MI PlayPlan

Setelah mengenal banyak permainan warna dari MI PlayPlan, setiap bertemu saudara atau teman, Fahmi selalu menyebutkan pakai baju warna apa, celana warna apa, sampai sepatu/sendal warna apa...

Setelah mengenal banyak permainan warna dari MI PlayPlan, setiap bertemu saudara atau teman, Fahmi selalu menyebutkan pakai baju warna apa, celana warna apa, sampai sepatu/sendal warna apa…

Setelah praktek mencampur air dan pewarna, Fahmi meminta sendiri membuat susunya. Meski tumpah-tumpah, belepotan, tetapi semangat bereksperimennya sangat tinggi dan patut diapresiasi untuk usianya yang baru 2 tahun 10 bulan

Setelah praktek mencampur air dan pewarna, Fahmi meminta sendiri membuat susunya. Meski tumpah-tumpah, belepotan, tetapi semangat bereksperimennya sangat tinggi dan patut diapresiasi untuk usianya yang baru 2 tahun 10 bulan

Picsart2016-13-1--10-35-26

Pertama kalinya Fahmi bermain akting. Berkat MI Play Plan Fahmi bisa memeragakan mimik sedih, marah, lucu dan gembira :)

Pertama kalinya Fahmi bermain akting. Berkat MI Play Plan Fahmi bisa memeragakan mimik sedih, marah, lucu dan gembira 🙂

Monster Pemilah Warna, sebagai permainan favorit Fahmi. Kini jika ada yang menakut-nakutinya Fahmi dengan tegas bilang enggak takut, monsternya Fahmi yang buat kok :)

Monster Pemilah Warna, sebagai permainan favorit Fahmi. Kini jika ada yang menakut-nakutinya Fahmi dengan tegas bilang enggak takut, monsternya Fahmi yang buat kok 🙂

Terimakasih Morinaga Multiple Intelligence Play Plan telah membantu tumbuh kembang Fahmi demi menjadi generasi platinum yang multitalenta

Terimakasih Morinaga Multiple Intelligence Play Plan telah membantu tumbuh kembang Fahmi demi menjadi generasi platinum yang multitalenta

Permainan edukatif dari MI Play Plan ini yang lebih menarik hati Fahmi, daripada televisi dan atau gadget. Terimakasih Morinaga :)

Permainan edukatif dari MI Play Plan ini yang lebih menarik hati Fahmi, daripada televisi dan atau gadget. Terimakasih Morinaga 🙂

Comments

  1. Waaah, Fahmi kreatif sekali. Yang sholeh ya Mas 🙂

    • amin…
      terimakasih Mbak. Semoga anak Mba kelak dan keponakan-keponakan Mbak Aya juga jadi anak cerdas, kreatif dan soleh/solehah yaaa 🙂

  2. “Berfungsi mengenali jenis kecerdasan yang dominan dan yang kurang dominan, guna menentukan stimulasi spesifik yang akan dibutuhkan anak.”

    Setuju mbak. jadi ingat tetangga deket rumahh
    btw, gadget itu bak dua sisi pedang bagi balita
    tapi, emang sih sedari dini dikasih filter begini biar ga ketergantungan pas sudah gede nanti 🙂

Speak Your Mind

*