Nyamannya Workshop Fotographi Bersama Darwis Triadi

Siapa tidak kenal kepada fotografer kondang tanah air Darwis Triadi? Seniman foto yang super ramah dan hangat bernama lengkap Andreas Darwis Triadi kelahiran kota Solo, Jawa Tengah, 15 Oktober 1954 ini sekaligus pemilik sekolah fotografi DARWIS TRIADI yang beralamat di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

P1260284

Dulu, kayanya hanya mimpi bisa belajar fotografi kepada Darwis Triadi, seorang seorang ahli fotografer glamor dan fashion senior Indonesia yang sekolah fotografinya kini telah mempunyai beberapa cabang di berbagai kota besar. Jika ada keinginan kuat pun, kayanya sangat berat di ongkosnya, hehe!

P1260277

Tapi semua itu akhirnya tidak hanya sebatas impian. Bersama suami sekaligus, bulan Desember 2014, di Menara Allah saya bisa belajar dan berguru banyak mengenai dunia fotografi, teknik, dan pengetahuan umum tentang kamera kepadanya secara langsung.

P1260293

Masih terus terngiang ucapan Darwis Triadi, bahwa dalam dunia fotografi, tiga komponen penting yang sangat menentukan gambar adalah: cahaya, kecepatan dan ISO. Kalau kita sudah mengetahui dan faham benar akan tiga hal tersebut, yakin persoalan memotret tidak akan menjumpai kendala.

Menurut Darwis Triadi yang menyukai warung soto Mas Simen ini katanya dalam dunia foto itu jangan hanya terpaku pada teks dan atau teory. Karena berdasarkan dari apa yang dijalaninya, termasuk saat ia belajar di Jerman, justru kebanyakan belajar dari praktek dan banyaknya latihan. Maka saat pertemuan kali itu pun, Darwis Triadi yang super ramah ini memberikan ilmu sepenuhnya disertai praktek, praktek dan praktek. Apapun kameranya, menurut Darwis itu bukan sebuah kendala, toh foto masih bisa jalan. Kalau hasil tidak sesuai harapan, mudah tinggal hapus saja.

P1260305

Darwis Triadi yang sudah mengembangkan minat fotografinya sejak tahun 1979 ini tidak pelit akan ilmu. Dari sekitar 50 orang peserta workshop saat itu, apa pun yang ditanyakan, selalu dijawabnya dengan santai, menyenangkan dan memang mudah dimengerti setelah diperagakan atau dipraktekkan bersama kamera si penanya. Ilmu desain pun turut dipelajari untuk memperkaya kemampuan artistik.

P1260327

Susah diceritakan bagaimana cara Darwis Triadi membagi ilmu-ilmu yang ditansfernya kepada peserta workshop, karena yang saya rasa pun hanya mengerti dan (berusaha) bisa saat harus mempraktekkan sendiri. Sekali lagi kuncinya tetap tiga hal seperti yang disampaikan di awal workshop, yaitu cahaya, kecepatan dan ISO.

Satu hal sebagai penyemangat dari Darwis Triadi untukku dan suami saat itu, katanya: Untuk fotografer pemula, apapun kameranya itu bukanlah masalah. Teruslah mengambil foto dan dengan sendirinya nanti momen bagus akan didapat.

P1260324

P1260355

P1260376

P1260395

P1260411

P1260419

P1260420

P1260421

P1260422

Comments

  1. waaah asiknya belajar fotografi sm ahlinya mak okti, aku blm punya kamera yg mumpuni nih,mngandalkan kmera tab yg kurang pncahayaan apalagi klo d dlm ruangan

    • Itu bukan sebuah masalah Mak Rahmi 😉
      itu buktinya Pak Tri Sapta yang sama sekali tidak punya kamera juga bisa belajar banyak dan jadi tukang foto 😉

      ayo semangat 😉

      (Harga Tab kan lebih mahal dari kamera poket saya, hihi)

  2. Kalau saja gak ada halangan saat itu, saya akan ikutan Teh 🙂
    Beruntung banget ih dan kapan lagi ya bisa ikutan workshop keren ini ?
    Oh ya ISO itu apa Teh?

    • Semoga kedepannya masih ada kesempatan ya 😉
      Kita pesan lagi aja ke admin group, kalau ada even seperti ini kita diinfokan khusus, hihi…

      ISO itu Teteh katanya tingkat sensitifitas atau kemampuan sensor pada kamera terhadap cahaya.
      Dasar fungsi ISO pada fotografi. Semakin besar nilai ketinggian ISO kamera maka semakin sensitif dan besar cahaya yang didapatkan.

      saat workshop oleh pak Darwis kebanyakan praktek dan ditunjukkan, jadi saya gak bisa banyak jelasin lagi dalam tulisan Teteh, maaf 🙂

  3. Pekerjaanku tiap hari memfoto anak-anak di sekolah dan kegiatan guru. Setiap aku ditanya pekerjaanku, orang pasti berkomentar… menyenangkan. Ya benar tepatnya sangat menyenangkan. Tiap hari aku belajar memfoto. Belajar dari kesalahan. Secara pribadi aku belum memiliki kamera. Belum pernah ikut workshop. Ilmu aku dapat dari membaca, bertanya, mendengar, melihat. Senangnya ikut workshop Darwis

    • Senang sekali bisa share di sini, Pak 😉 salam kenal…
      Sepertinya saya juga harus banyak belajar dari Anda 😉

  4. Wah nggak ngajak-ngajak, padahal pengen ikut juga.

    • Hehe… saya pikir Bapak sudah tahu infonya. Ini di Group FB kita saya dapat infonya, Pak. sepulang dari Hello Kitty Dufan Ancol itu, Pak 🙂

Speak Your Mind

*