Parkiran Mobil Pemadam Kebakaran Jadi Lokasi Ahad Wisata, Kenapa Tidak?

Parkiran Mobil Pemadam Kebakaran Jadi Lokasi Ahad Wisata, Kenapa Tidak?

Ahad wisata ke Kantor Pemadam Kebakaran Kabupaten Cianjur

Ahad wisata ke Kantor Pemadam Kebakaran Kabupaten Cianjur

Warnanya merah, kalau lewat mengeluarkan suara bising bikin orang melihat dan minggir. Lampu yang berkelap kelip di atas seolah menekankan kalau keadaan sedang gawat dan kejadian tidak diharapkan tengah berlangsung. Buat kita-kita orang dewasa tentu saja hal itu tidak aneh. Tapi tidak untuk anak batita, eh, sekarang balita seperti Fahmi.

Dalam benak serta imajinasinya mobil pemadam kebakaran adalah sesuatu yang wah dan menarik. Di Cianjur apalagi di bagian selatan alhamdulillah tidak banyak terjadi kebakaran sehingga belum pernah melihat mobil pemadam kebakaran lewat. Lain halnya dengan di kota, seolah kebakaran sudah menjadi musibah biasa, kerap terjadi maka mobil pemadam kebakaran lewat seolah sudah biasa. Tidak aneh kalau Fahmi mengetahui mobil pemadam kebakaran justru dari tontonannya di televisi.

20160225_121114

Kamis kemarin Fahmi nangis hebat gara-gara keinginannya melihat-lihat mainan mobil pemadam kebakaran di sebuah toko serba ada satu-satunya di Kecamatan Pagelaran kami abaikan. Tidak mau ambil resiko pendek cerita kami pun membelikan mobil mainan pemadam kebakaran yang satu set berjumlah empat buah itu. Mulailah petualangan Fahmi dimulai. Petualangan seolah dia menjadi petugas pemadam kebakaran yang beraksi membawa kendaraan dengan bunyi yang ditirukan dari mulutnya sendiri: “wiw…wiw…wiw…wiw…wiiiwww…”

anak senang orang tua tambah wawasan

anak senang orang tua tambah wawasan

Tidak kepikiran sebelumnya kalau kantor pemadam kebakaran Kabupaten Cianjur yang berada di dekat Kantor Dinas Pendidikan Cianjur selalu kami lewati baik saat akan ke Sukatarais, ataupun jika ayah Fahmi ada urusan ke Kantor Dinas Pendidikan. Padahal selalu kami lihat beberapa buah truk dan mobil bak terbuka warna merah menyala terparkir di halaman gedung yang tepat bersebelahan dengan Kuburan Cina Pasir Hayam itu.

Mengenal dekat berbagai fungsi dan kegunaan fasilitas di truk pemadam kebakaran

Mengenal dekat berbagai fungsi dan kegunaan fasilitas di truk pemadam kebakaran

Tidak jarang juga kami melihat serombongan anak-anak sekolah PAUD dan atau TK tengah menaiki mobil pemadam kebakaran. Didampingi guru dan petugas pemadam kebakaran pastilah mereka tengah mengadakan kunjungan edukatif atau karyawisata pengenalan instansi terkait pemerintah yang diharapkan bisa membangun karakter baik serta jiwa kepemimpinan dan sosial kepada anak-anak.

Baru kali ini kami menyempatkan membawa Fahmi mampir dan melihat dengan dekat seperti apa mobil pemadam kebakaran yang asli seperti sering ia lihat di televisi. Meski tidak didampingi petugas pemadam kebakaran, kami cukup memperkenalkan haal utama dan garis besarnya saja, seperti bagaimana petugas pemadam kebakaran bekerja, bagaimana air bisa diambil dan kembali dipancarkan untuk memadamkan api yang menyala hebat. Tidak susah karena pada bagian-bagian tertentu di mobil truk pemadam kebakaran itu terdapat tulisan tantang bagaimana cara mengoperasikannya, untuk apa fungsinya dan sebagainya sehingga orang dewasa cukup menerangkan dengan membaca ulang saja.

Memasuki Kantor Pemadam Kebakaran Kabupaten Cianjur tidak seseram yang dibayangkan lho! Cukup datang dan meminta izin, menjelaskan kalau kami datang mau mengajak anak mengenal lebih dekat mobil pemadam kebakaran pihak petugas yang sedang berjaga pun dengan ramah mempersilahkan.

Oya, petugas pemadam kebakaran Kabupaten Cianjur tidak hanya para bapak yang kuat dan gagah perkasa, tetapi ada juga jajaran petugas pemadam kebakarannya para wanita muda yang ehem! cantik-cantik! Sepertinya tidak menyangka kalau mereka bekerja (tertarik) sebagai petugas pemadam kebakaran. Tapi belum tahu apakah mereka ini bertugas di lapangan juga atau hanya staf di kantor saja. Melihat seragam serta kelengkapan yang dipakainya sih, sama tak jauh beda dengan pakaian seragam yang dikenakan para petugas bapak-bapak sehari-hari. Warna biru tua.

Petugas Damkar Cianjur berfoto dengan latar Kuburan Cina yang tepat berada di samping Kantor Pemadam Kebakaran. Foto Denny Ardiansyah

Petugas Damkar Cianjur berfoto dengan latar Kuburan Cina yang tepat berada di samping Kantor Pemadam Kebakaran.
Foto Denny Ardiansyah

Tapi seleksi dan tahapan menjadi petugas Damkar itu sendiri berlaku sebagaimana prosedur. Yaitu tetap mendapatkan pelatihan sampai agenda pembaretan yang didalamnya banyak melakukan aktivitas fisik, seperti aktivitas di luar ruangan berteman becek, lumpur dan skot jam! 🙂

Petugas Damkar Cianjur Foto: Denny Ardiansyah

Petugas Damkar Cianjur Foto: Denny Ardiansyah

20160226_092407

Meski tidak lama mampir ke kantor Pemadam Kebakaran Kabupaten Cianjur, tetapi sedikit banyak telah menanamkan informasi serta pengetahuan baru untuk Fahmi khususnya dan umumnya untuk kami orang tua. Dunia anak jelas beda dengan dunia orang dewasa. Untuk membentuk karakter baik serta memberikan stimulan yang positif sebagai orang tua baiknya jangan gengsi atau malu mengabulkan permintaan anak untuk mengunjungi lokasi yang secara kasat mata kita malu mendatanginya.

20160226_092533

Jadi, menjadikan Kantor Pemadam Kebakaran sebagai lokasi Ahad Wisata, kenapa tidak?

Suatu saat pasti balik lagi :)

Suatu saat pasti balik lagi 🙂

Comments

  1. hiburannya dapat, pengetahuannya juga dapat yah Mbak 🙂

  2. Hastira says:

    wah bagus juga biar anak bisa melihat sendiri dan jelas bukan hanay dari gambar dan televisi saja

  3. Liburan murah meria edukatif

  4. Kreatif ya.
    TNI juga punya museum Satria Mandala isinya alutsisa dll
    Salam hangat dari Surabaya

  5. salut untuk petugas damkar ya..apalagi yang wanita

  6. Wah sikecil happy ya. pengen juga nih ngajak io wisata ke damkar hihi
    soalnya skrg lagi aktif ngomong ini itu hihihi

  7. Anakku pernah kunjungan TK ke pemadam kebakaran, mba. Dia senang banget. Apalagi pakai adegan disemprot ama air dari selangnya langsung. Hehehee
    Di dekat rumahku juga ada sih 🙂

    • Okti Li says:

      Apa yang kita pikir gak penting ternyata buat anak sangat menarik dan ingin diketahuinya ya Mbak 🙂

Speak Your Mind

*