Pokland Lokasi Wisata Hutan Pinus Ngehits di Cianjur

Pokland Lokasi Wisata Hutan Pinus Ngehits di Cianjur

Lokasi Wisata Hutan Pinus Pokland berlokasi di Desa Haurwangi, Kecamatan Haurwangi, Kabupaten Cianjur. Lokasi wisata yang baru diresmikan oleh Bupati Cianjur Irvan Rivano Muchtar pada Jumat 27 Januari 2017 ini memang langsung ngehits setelah dipublikasikan oleh Perum Perhutani KPH Cianjur, sebagiamana lokasi wisata di Cianjur lainnya seperti Curug Ngebul dan Curug Citambur.

Lokasi Wisata Hutan Pinus Pokland memiliki luas sekitar 30 hektare. Apa yang bisa kita dapat di lokasi wisata ini? Selain pemandangan yang indah dan instagramable, lokasi wisata Pokland juga menawarkan beberapa fasilitas lain seperti bumi perkemahan, sarana sirkuit motocros, sepeda trail/downhill, pesta kebun, glamping, rumah pohon, tempat bermain anak, dan fasilitas lainnya termasuk spot-spot yang instagramable seperti spot “cinta” yang bisa dijadikan foto kenangan untuk kamu dan pasangan. Nah penasaran kan?

Saya beserta keluarga tidak akan “nyasar” kemari kalau saja Fahmi tidak ingin melihat jembatan Jalan Deandles lama sepulangnya dari Bandung. Melihat cuaca sangat bersahabat kami pun memilih menggunakan jalan lama yang menghubungkan Cianjur dan Kabupaten Bandung Barat tersebut. Sambil menyelam minum air. Menyusuri jalan lama sekaligus bernostalgia.

Sekitar 2 km lagi ke jalan lama habis kami lewati itulah kami menemukan lokasi wisata Pokland yang (katanya) kekinian. Terletak di sebelah kiri jalan dari arah Bandung dengan pintu masuk yang sangat besar membuat lokasi wisata hutan pinus ini mudah ditemukan.

Hutan pinus dengan latar belakang tanaman Sorgum dengan hamparan lebih dari 20 hektare tentu saja sangat menarik mata untuk diabadikan. Leyeh-leyeh dari atas hammock pasti asyik ditemani semilir angin pegunungan. Buat kamu yang tidak bawa hammock jangan kecil hati karena ada sewaan dengan harga cukup murah, Rp. 10.000 saja.

wana wisata pokland

A post shared by Jenal Cekuk Orcid (@jenal_aw) on

 

Lokasi wisata hutan pinus Pokland yang lagi hits ini pada awalnya hanyalah sebuah tempat bernama Pongpoklandak tempat pengumpulan kayu wilayah Perum Perhutani KPH Cianjur, BKPH Ciranjang Selatan, RPH Bojongpicung. Karena pusat persemaian berbagai jenis kayu untuk kebutuhan bibit kayu KPH Cianjur ini jauh jarak angkut persemaiannya, maka dipisah jadi masing-masing wilayah dan persemaian Pokland ini tidak dipergunakan. Kini seiring dengan dijadikannya sebagai lokasi wisata di Pongpoklandak yang disingkat Pokland tersedia hewan tunggangan kuda yang bisa disewa mulai Rp20.000-an.

Dengan harga tiket masuk yang cukup murah, hanya Rp.6000.saja per orang membuat orang pada betah menyaksikan pemandangan melihat keindahan Sungai Citarum yang menjadi perbatasan antara Cianjur dan Bandung Barat ini. Pemandangan yang sulit didapat di tempat lain dengan latar yang bagus untuk berselfie ria.

Kini Pokland bisa dibilang sebagai salah satu tempat wisata keluarga di Cianjur yang mengasyikan dan menjadi buruan wisatawan. Banyak keluarga yang berkunjung langsung menggelar tikar, mengeluarkan perbekalan untuk dinikmati bersama di bawah rindangnya pohon-pohon hutan pinus sambil menikmati segarnya udara.

jum'at ceria www.arocki.com #ww.pokland

A post shared by Jenal Cekuk Orcid (@jenal_aw) on

 

Meski diresmikan belum sampai setahun, tempat ini telah dilengkapi dengan sejumlah fasilitas yang ditujukan demi kenyamanan pengunjung pastinya. Awal Juli 2017 dibangun obyek wisata selfi studio foto rumah terbalik, ketika antri disediakan jejeran tempat duduk yang terbuat dari kayu oleh pengelola hingga kita dibuat nyaman saja. Tarif berselfi ria di rumah terbalik biaya masuk sebesar Rp 10.000 per orang.

Kini di Pokland sudah banyak tempat jualan makanan dan minuman ringan, mirip kafe sederhana gitu. Jam operasi menyesuaikan dengan jam buka setiap Senin hingga Minggu, mulai pukul 08.00 – 18.00 WIB.

Buat kamu yang jalan-jalan dari Bandung atau Cianjur ketika melewati perbatasan Bandung Cianjur lewat jalan lama Jembatan Citarum bolehlah kapan-kapan main kemari. Jangan lupa bawa baju hangat, lotion anti serangga, dan kamera buat foto-foto ya 🙂

kebesaran Mu ya Alloh by www.arocki.com

A post shared by Jenal Cekuk Orcid (@jenal_aw) on

 

test kreasi kang yuda

A post shared by Jenal Cekuk Orcid (@jenal_aw) on

Gazebo cianjur jago @ww.pokland

A post shared by Jenal Cekuk Orcid (@jenal_aw) on

 

#ODOP #BloggerMuslimahIndonesia

Comments

  1. Wah, bagus banget ya lokasi wisatanya, segar juga buat kemping. Buat foto apa lagi

  2. Wih spot foto kekinian. Biayanya juga murah. Jadi ingat di Magetan juga Ada tempat wisata yg dikelola perhutani, dibuat tempat selfie

  3. Aku sempat 2 kali jln2 ke hutan pinus. Pertama di sulawesi selatan dan kedua di Lembang. Suasanya hutan pinus tuh sejuk dan damai. Sukaaa

  4. Wihhh bisa diagendakan nih nanti kalau ke sukabumi..mampir ke hutan pinusnya cianjur..beda sama yg di jogja..disini pasti adeemm bgt

  5. Wuah hutan pinusnya bagus banget, cocok buat foto-foto.

  6. makasih bu heheh

  7. makasih bu heheh keren sekali napa gak bilang2 bu mau kesana

  8. Dulu daerah ku ada hutan Pinus sempat diresmikan oleh gubernur Riau pada masanya.. cuma seperti gak terawat.. dan sekarang sudah gundul dan sebagian dibuat tempat cocok Tan keluarga..

    Kalo kayak gini keren banget..tempat refreshing keluarga..

  9. Sekarang tempat2 seperti itu makin banyak dicari ya mbk. Pengelolanya jg pinter menjual tempat wisata seperti tu. Semoga selalu terjaga kebersihan dan keawetan hutan pinusnya.

  10. Duh tempatnya asik banget. Pas buat jadi tempat kumpul.keluarga dan teman nih teteh

  11. Hutan pinus nya asri banget ya mbak..tempat liburan sekaligus menyehatkan, mudah2an aja nggak banyak yg merokok pengunjungnya

  12. pinuuus… love it

  13. Cantiknya masya Allah..
    Ayo ke Bogor kak, ada hutan pinus di gunung Salak, karena jauh dan jarang dikunjungi orang kecuali kalau kemping, tempatnya sepi sekali..
    Tapi pemandangannya sama indahnya.. ^^

Speak Your Mind

*