Receh Masyarakat Berbuah Sekolah di Cibiuk

Receh Masyarakat Berbuah Sekolah di Cibiuk

Kamis 30 Maret 2017 rombongan Blogger Cianjur berkesempatan mengunjungi Sekolah Paud (Pendidikan Anak Usia Dini)/TK Anugerah di Desa Cibiuk, Kecamatan Ciranjang Kabupaten Cianjur. Yang membuat beda sekolah ini bangunan serta sarana belajar dan pembelajarannya semua tampak baru. Padahal di depan sekolah yang menghadap langsung jalan nasional Bandung-Cianjur ini tidak ada papan nama sebagai ciri. Hanya di dinding sekolah dan tembok pembatas terlihat gambar tokoh lucu ALBI. Ya, Albi si icon di Alfamart!

 

Penasaran kan? Yuk kita cari tahu…

Mbak Elisa dari pihak Alfamart menjelaskan jika donasi uang dari para pembeli berupa kembalian sebesar seratus dua ratus rupiah itu, setelah terkumpul kini menjelma menjadi sebuah sekolah TK baru dengan segala kelengkapannya. Semua terhenyak dan seolah baru sadar. Masa sih uang kembalian seratus dua ratus perak bisa jadi bangunan sekolah yang standar dan nyaman?

“Semua donasi uang receh kembalian dari para pembeli yang terkumpul di setiap toko Alfamart itu ditampung di setiap wilayah untuk selanjutnya kembali dikumpulkan di Alfamart pusat di Jakarta. Melalui yayasan yang sudah jelas rekam jejaknya dalam bidang pendidikan, Alfamart menyerahkan donasi-donasi tersbut untuk selanjutnya direalisasikan menjadi bentuk pemberdayaan, pembangunan, renovasi dan bantuan lain dalam dunia pendidikan.” Demikian penjelasan Elisa.

Wah, jadi pemahaman masyarakat di sekitar tempat saya tinggal selama ini kalau donasi di Alfamart itu untuk pembiayaan (maaf) misionaris dan lain-lain itu ternyata tidak benar alias hanya hoax saja ya. Karena pihak Alfamart sendiri tidak memegang dana yang terkumpul. Dana sumbangan dari konsumen atau masyarakat itu semua diserahkan kepada yayasan.

Elisa dari Alfamart dan Mario, Ketua Relawan TIK Cianjur

 

Dalam hal ini, Alfamart dan Alfamidi mempercayakan pengelolaan dana itu sepenuhnya bermitra kepada Yayasan Happy Heart Fund (HHF). Adapun HHF itu sendiri adalah organisasi yang bertujuan memberikan semangat dan harapan anak-anak prasejahtera dengan menyediakan sekolah yang baru dan pendidikan yang lebih baik. HHF ini didirikan sejak tahun 2005 dan sejak itu fokus pada pembangunan pendidikan dasar.

HHF Indonesia bekerja sama dengan Alfamart dan Alfamidi menyelenggarakan kegiatan yang bertujuan untuk mengumpulkan dana untuk pembangunan kembali sekolah-sekolah yang kurang layak. Adapun pembiayaan untuk renovasi TK Anugerah di Cibiuk Ciranjang Cianjur ini periode penggalangan dananya dari 1-30September 2014 dan 1-31 Agustus 2015.

Tidak hanya merenovasi sekolah, Alfamart dan Alfamidi bersama Yayasan HHF juga telah membangun rumah singgah di Tangerang sebagai tempat untuk anak-anak yang sakit kanker sebagai tempat singgah (menetap) saat berobat. Sehingga saat anak dan wali/orang tua datang berobat mereka tidak harus mencari kostan atau penginapan. Uang untuk biaya penginapan bisa disimpan sebagai tambahan untuk pengobatan yang tidak hanya sehari-dua hari itu.

Tidak mudah mendapat pembiayaan dari HHF ini karena semua melalui penyeleksian yang ketat, survey yang memakan waktu serta penilaian-penilaian lainnya dari tim Alfamart/Alfamidi dan HHF hingga sekolah bersangkutan dinyatakan layak untuk mendapat bantuan. Untuk TK Anugerah sendiri mulai dari masa penerimaan pengajuan sampai penilaian layak tidaknya mendapat bantuan memerlukan waktu selama kurang lebih 6 bulan.

Perbaikan ini mencakup seluruh bagian sekolah. Mulai bangunan, penataan halaman, arena permainan, alat peraga, peralatan dan kelengkapan kegiatan belajar dan mengajar sampai fasilitas kamar mandi dan wastafel anak-anak.

 

Kini TK Anugerah yang berdiri sejak tahun 2000 sebagai satu-satunya TK di Kabupaten Cianjur yang mendapat bantuan perbaikan dari Alfamart dan Alfamidi melalui Yayasan HHF sudah menjelma menjadi sekolah dengan gedung baru dengan segala perlengkapannya. Sebelumnya, para guru menceritakan jika kondisi sekolah sangat memprihatinkan, dan sarana serta prasarana sudah tidak layak.

Pada saat teman-teman Blogger Cianjur berkunjung ke sekolah ini, para blogger tidak hanya melihat bangunan baru atau alat-alat peraga dan perlengkapan sekolah yang baru tapi juga berinteraksi langsung dengan para siswa dan tenaga pendidik termasuk Ketua Yayasan dan tokoh masyarakat setempat.

Sebagai hiburan dan sarana edukasi bagi anak-anak, Alfamart menghadirkan pendongeng dengan alat peraga wayang golek, wayang khas dari Tatar Sunda yang dapat dilihat dan dipegang langsung oleh anak-anak. Berbagai tokoh wayang seperti Cepot, Dewala dan lainnya menjadi “idola” saat dongeng berlangsung. Tapi ada juga sebagian anak yang ketakutan melihat wayang. Mungkin bagi anak usia TK mereka belum faham betul dengan karakter wayang, beda dengan tokoh kartun atau tokoh animasi yang sering dilihat di televisi.

Mendekati sesi akhir acara anak-anak sangat gembira ketika mendapat bingkisan berupa tas, alat makan, dan makanan sehat dari Alfamart. Keseruan ala anak-anak pun tidak bisa dihindari manakala balon-balon dengan warna yang sangat menggoda dibagikan. Berebut warna balon kesukaan menjadikan suasana makin ramai. Seru pisan!

 

Pihak sekolah yang diwakili Pak Lukman sebagai Kepala Sekolah TK Anugerah mengucapkan terimakasih atas bantuan dari Alfamart, Alfamidi dan Yayasan HHF serta kedatangan teman-teman Blogger Cianjur. Beberapa perwakilan siswa TK Anugerah dipanggil ke depan untuk mengucapkan terimakasih. Melihat sorot mata mereka yang berbinar gembira menyatakan dengan tegas jika bantuan ini benar-benar telah sampai dan diterima oleh mereka yang membutuhkan.

Saya dan suami yang baru tahu tentang bagaimana proses uang sumbangan masyarakat (konsumen) melalui Alfamart menjelma menjadi bangunan sekolah dan keperluan lainnya jadi merasa tertatang menyisihkan uang kembalian untuk didonasikan. Seratus dua ratus rupiah mungkin tidak lagi kita pedulikan tapi jika dikumpulkan dan disalurkan sebagai dana bantuan bagi yang membutuhkan ternyata sangat bermanfaat dan berdaya.

Before dan After TK Anugerah bersama Pak Lukman, menjabat  sebagai Kepala Sekolah

Comments

  1. Waah jadi bagus! 🙂 Senang deh kalau ada lembaga donor yang peduli pendidikan!

    • tetehokti says:

      Ini bukan lembaga mbak… Tapi justru masyarakat yang menyisihkan uang kembali an saat berbelanja di Alfamart atau Alfamidi.
      Tanpa mbak sadari mungkin mbak juga salah satunya ketika belanja di Alfamart dan kasir minta persetujuan apakah kembaliannya mau didonaiskan?

  2. Wah bisa dicontoh ama Bobe ni

    • tetehokti says:

      Iya siapa tahu ada brand yang mau ada acara di Bengkulu dan BoBe bisa ikut di publikasi 🙂

  3. Keikhlasan masyarakat akhirnya bermanfaat bagi yang membutuhkan ya.
    Dari receh berbuah sekolah, salut!

  4. Semoga kedepannya makin banyak sekolah yang direnovasi ya teh, Aamiin. Baca ini saga jadi inget kasus yang orang meminta alfamart transparant mengenai data hasil sumbangan tea, hehehe.

    • tetehokti says:

      Iya awalnya banyak yang ragu dan bertanya. Itu donasi uang nya kemana dan buat apa. Kini sudah terbukti dan ada “kronologis” aliran dananya 🙂

  5. Uang receh Kita bermanfaat buat orang lain

  6. Aku lihat poster program ini di depan Alfamart. Uang recehan itu disalurkan ke banyak tempat dan ada pertanggungjawabannya. Baru ngeh juga sih karena letak poster kurang eye catching

    • tetehokti says:

      Nah letak poster yang kurang pas terus informasi kepada khalayak yang harus ditingkatkan ini bisa jadi masukan buat Alfamart dan Alfamidi ya. Terimakasih masukan nya 🙂

  7. Harusnya emang gitu teh, uang receh harus jelas kemana perginya, biar gak ada kesalahpahaman.

    • tetehokti says:

      Semoga kerjasama blogger cianjur dan Alfamart ini bisa memperjelas apa yang selama ini dianggap keruh ya 🙂

  8. terharu banget ya mbak….dari receh2 jadi sekolah…sangat inspiratif

    • tetehokti says:

      Semoga yang sudah ikhlas menyisihkan uang kembaliannya buat donasi mendapat balasan lebih dari Nya. Amin

  9. Jadi ga watir lagi ya mba klo recehannya ditampung Alfa, karena alokasinya jelas..

  10. Alhamdulillah kalau apa yang kita sisihkan benar-benar disumbangkan ke tempat yang tepat. Semangat jadinya belanja di Alfa , makasih infonya mbak 🙂

  11. Senang ya mengetahui donasi dari masyarakat bisa disalurkan dgn tepat guna seperti ini ya teh. Pertanggungjawabannya jelas dan bikin kita jadi senang berbelanja .

    • tetehokti says:

      Iya Mbak. kalau sudah jelas gitu kan kita juga tidak ragu dan malah semangat menyisihkan uang belanja untuk donasi

  12. Aku sering kembalian buat donasi teh, artinya aku turut bantu membangun ya. ahahahaha aih … berasa kaya 😀

    • tetehokti says:

      Alhamdulillah… Amin!
      iya Nyi yang penting ikhlas ya. Kalau sudah jelas donasi kita disalurkan kemana semoga makin semangat terus berdonasinya ya 🙂

  13. Alhamdulillah , semoga postingan ini bisa menepis suudzon byk orang ya teh …
    walo receh tapi lama2 menjelma jadi sesuatu yang bermanfaat bagi masyarakat dan Insyaallah berkah

    • tetehokti says:

      Iya Mama Keizha. Informasi ini semoga bermanfaat, membuka pola pikir masyarakat yang sebelumnya ragu dan negatif 🙂

  14. Sharusny d stiap cab alfamart ada lap scara tranparant y teh jd gk buat org2 menduga duga

  15. Oalaaah… iya ih sempet rame kan receh jangan dikasih, katanya buat agama tertentu, bahkan yang terhits kemaren buat dana kampanye.

    Jadi fix hoax ya teh. bismillah jd ga ragu lagi klo mau ngikhlasin recehnya

    • tetehokti says:

      Nah di tempat saya juga gitu awalnya Bunda. Setelah ini moga kita paham ya. Kalau perlu cari stiker di dekat kasir buat maastikan periode saat kita berdonasi itu.

      Syukur2 kasir menjelaskan juga 🙂
      semoga bermanfaat…

  16. Bagus ya programnya

  17. Ada tidak peluang untuk daerah lain mengajukan bantuan untuk renovasi gedung tk dan bagaimana persyaratannya kalau ada terimakasih

    • tetehokti says:

      Ada Mbak. silahkan hubungi langsung akun twitter @sahabatalfamart untuk keterangan dan persyaratan lebih lengkap ya 🙂

  18. Pantesan kok aku lebih sreg belanja ke alfamidi. Masya Allah, donasi recehan jd sekolahan itu sesuatu banget!!! Salut.
    Jadi pengen ke alfa nih.
    TFS teh Okti.

Speak Your Mind

*