Rekening Ponsel: Transfer Tanpa Rekening dan Tarik Tunai Tanpa ATM!

Mau transfer uang gratis antar nomor hape tanpa rekening bank? Mau tarik tunai dengan ponsel di ATM Niaga tanpa kartu ATM? #DPTalk punya solusinya!

Semua foto dok. pribadi

Semua foto dok. pribadi

Dunia benar-benar sudah dalam genggaman. Semakin mudah saja bertransaksi saat ini. Tidak perlu keluar rumah untuk datang ke Bank transaksi sudah bisa kita lakukan hanya dengan mengendalikannya dari hp pribadi. Konsep layanan dari CIMB Niaga adalah kemudahan bagi nasabahnya. Salah satunya rekening ponsel dimana bisa transaksi di mana saja dan kapan saja tanpa dibatasi ruang dan waktu.

Inovasi CIMB Niaga

Inovasi CIMB Niaga

Adalah portal media dariperempuan.com yang diprakarsai oleh Ani Bertha beserta tiga orang rekan lainnya sejak 12 September 2012 ini yang mengadakan acara #DPTalk dengan tema “Transaksi Praktis Dalam 1 Gadget”. Mengupas tuntas tentang rekening ponsel yang masih asing di telinga kita. Penasaran bukan?

P1210243

Bertempat di Gedung Graha Niaga Jalan Jendral Sudirman, dipandu oleh Eddy si Matahari Timoer, acara talkshow #DPTalk yang memperkenalkan produk e-money tanpa kartu dari CIMB Niaga dengan nama Rekening Ponsel ini menampilkan pembicara Egard Dewo (@egarddewo), Dana (@brandal14) dan Frenavit Putra.

Para nara sumber dan moderator (Searah jarum jam) Agard, Frenavit, Matahari Timoer (moderator) dan Dana

Para nara sumber dan moderator (Searah jarum jam) Agard, Frenavit, Matahari Timoer (moderator) dan Dana

Pembicara pertama ialah Egard dari Bank Niaga yang memaparkan tentang Rekening Ponsel, si produk inovatif pertama di Indonesia. Adanya motivasi dari gerakan mendukung program National Financial Inclusion Bank Indonesia, yakni meratanya akses layanan perbankan kepada masyarakat Indonesia di seluruh pelosok tanah air, yang melahirkan gebrakan baru dari CIMB Niaga dengan menjadikan nomor hape sebagai nomor rekening tanpa perlu menjadi nasabah.

Mengapa nomor hape? Karena pengguna ponsel masyarakat di Indonesia melebihi jumlah penduduk Indonesia itu sendiri. Artinya, mengakses fasilitas perbankan dengan memanfaatkan nomor hape merupakan strategi yang cukup efektif karena dapat dijangkau oleh banyak orang.

Hanya bermodalkan hape pribadi dengan nomor bebas dari provider manapun, asal bisa digunakan untuk ber-SMS maka kita sudah bisa mengakses rekening ponsel ini tanpa biaya transfer. Pulsa hanya terpotong untuk biaya SMS saja. Simple dan sangat ekonomis.

Rekening ponsel seperti electronic money saja, bentuknya tabungan padahal sebenarnya bukan tabungan. Nomor hape si nasabah itu yang akan menjadi nomor rekening bank. Tanpa rekening bank (cukup nomor hape saja) kita sudah bisa memiliki nomor rekening.

Suasana talkshow www.dariperempuan.com

Suasana talkshow www.dariperempuan.com

Cara membuat rekeningnya pun cukup mudah. Bila sudah menjadi nasabah Bank Niaga maka tinggal mengaktifkan sistem Go Mobilenya saja (download dan install di hape). Lalu lanjutkan petunjuk transaksi. Jika bukan nasabah Bank Niaga, tinggal datang ke kantor cabang terdekat dan daftarkanlah no hape kepada petugas. Menyetor uang sebagai saldo rekening pribadi dan selanjutnya ikuti petunjuk dari petugas. Perlu diperhatikan pada setiap transaksi kita akan dikirim sms berisi konfirmasi serta nomor PIN yang berbeda-beda setiap kali transaksi. Jadi aka nada dua kali permintaan PIN setiap kita akan bertransaksi menggunakan rekening ponsel.

Pemaparan Frenavit dari Internet Sehat

Pemaparan Frenavit dari Internet Sehat

Rekening ponsel bisa digunakan untuk belanja di tempat-tempat yang sudah menerima layanan transaksi CIMB Niaga, ATM Bersama serta ATM Prima. Bisa pula melakukan transfer/kirim uang dan atau pembayaran tagihan.

Kelebihan lainnya biaya yang dikenakan lebih murah jika belanja di merchant yang sudah ada kerjasama, mendapat diskon, cash back dan buy one get one bila melakukan transaksi di XX1, BLITZ, Century, Snowbay, Clarks dan Dairy Queen pada hari Jum’at, Sabtu dan Minggu.

Bicara mengenai hape, kaitannya tentu saja dengan sinyal. Bagaimana bila saat akan bertransaksi tidak ada sinyal (lokasi fakir sinyal)? Hal ini bisa disiasati dengan kupon. Saat kita berada di jangkauan sinyal lakukan transaksi dan kita akan mendapat tanda bukti (kupon) yang bisa dijadikan bukti bahwa transaksi sudah dilaksanakan.

Egard menjelaskan kalau sistem rekening ponsel ini meski termasuk baru dan pertama di Indonesia namun dijamin seratus persen aman. Dengan rekening ponsel kita tidak akan mengalami kejadian terkait masalah uang seperti kecurian atau ketinggalan dompet. Bahkan saat ponsel kita hilang, kita tidak perlu cemas dengan uang yang ada di rekening ponsel. Karena kemungkinan terbesar yang dilakukan si pencuri adalah membuang simcard dan menjual ponsel kita. Kita tinggal aktifkan saja lagi nomor hape kita dan uang masih bisa kita ambil (transaksi). Tetapi untuk lebih meyakinkan, saat ponsel kita hilang atau dicuri, segeralah melapor ke operator telepon untuk memblokir nomor ponsel kita agar si pencuri tidak dapat menggunakannya.

Peserta talkshow www.dariperempuan.com

Peserta talkshow www.dariperempuan.com

Jaminan keamanan juga dibuktikan dengan adanya SMS berisi PIN ketika kita mau melakukan penarikan di ATM. Passcode ini dikirim setelah kita memasukkan nomor pin. Setetah kita memasukkan passcode di layar ATM, barulah kita dapat membuka fitur-fitur transaksi yang disediakan.

Pembicara selanjutnya oleh Frenavit Putra dari Internet Sehat yang memaparkan tentang perkembangan trend belanja online. Menurut data statistik yang disampaikan Frenavit, hingga tahun 2013 lalu ada 4.6 juta orang saja dari 74.6 juta penduduk Indonesia pengguna internet yang melakukan transaksi belanja online. Selebihnya murni bersosialisasi dengan aktivitas chatting dan sharing informasi.

Bila melihat perkembangan jual beli online yang makin semarak, tidak menutup kemungkinan transaksi online pun akan sering dilakukan. Pengguna internet akan selalu dibuat tertarik oleh promosi produk yang ditawarkan oleh Online Shop yang menjamur.

Suasana seru dan meriah #DPTalk

Suasana seru dan meriah #DPTalk

Dari data munculnya banyak e-commerce baru di dunia maya ini, maka rekening ponsel harus bersiap-siap dibanjiri peminat. Karena orang-orang akan mencari cara pembayaran yang praktis dan mudah dijangkau. Dan cara penyimpanan uang serta layanan fasilitas perbankan seperti yang disajikan oleh Rekening Ponsel CIMB Niaga adalah solusinya.

Yang harus diperhatikan bagi para pengguna jasa online adalah selalu mengganti password setiap beberapa bulan, melengkapi komputer dengan anti virus yang tercanggih, tidak melakukan transaksi online ketika di warnet atau sedang menggunakan jaringan wifi. Satu lagi hal sepele namun bisa berakibat fatal juga yaitu saat masuk ke website tertentu. Baiknya, ketiklah sendiri alamat situs untuk memastikan segi keamanannya.

Tips Internet Sehat

Tips Internet Sehat

Di sesi terakhir #DPTalk talkshow dariperempuan.com ini masih ada Dana Nugroho selaku penikmat sosmed yang menguraikan secara singkat tentang kinerja Digital Banking Manager yang punya andil besar dalam mengantarkan CIMB Niaga pada peringkat 5 terbesar di Indonesia. Sistim Digital Lounge yang menawarkan banyak fitur dan dapat diakses secara online, memungkinkan seluruh nasabah melakukan interaksi dengan customer service via online di facebook dan twitter.

Di akhir acara menjelang makan siang dilakukan pembagian doorprize serta pengumuman lomba blog. Di sela-sela kemeriahan pembagian hadiah, Ani Berta menjelaskan tentang www.perempuan.com sebagai sarana informasi dan interaksi dalam upaya mengedukasi perempuan Indonesia melalui program talkshow dan sharing informasi via online.

Rona bahagia peserta penerima hadiah dan doorprize #DPTalk

Rona bahagia peserta penerima hadiah dan doorprize #DPTalk

Dalam perjalanan pulang sempat berpikir dan tersadar kalau Rekening Ponsel disingkat Rp itu artinya rupiah alias uang! Hehe…

Rekening ponsel= Rp = uang! :)

Rekening ponsel= Rp = uang! 🙂

Comments

  1. Mantap ya teh Rek ponsel ini praktis pisan 😀

Trackbacks

  1. […] 2. Lidya Fitrian Pemenang Merchandise dari CIMB Niaga : 1. Hastuti 2. Yunika Umar 3. Okti Li 4. Fitri Rosdiani 5. Reni 6. Novita Maria 7. Nanang Permana 8. Aira Kimberly Selamat […]

Speak Your Mind

*