Scotch Brite Sapu Bersih Kotoran Peralatan Makan dan Masak

Scotch Brite Sapu Bersih Kotoran Peralatan Makan dan Masak

Scotch Brite

Hari ini tiga Maret bertepatan dengan hari ulang tahun Fahmi, putra pertama kami. Meski tidak dirayakan, ternyata ibu dan bibiku yang tinggal di lain kecamatan sengaja datang kemarin sore dan menginap. Mereka bilang meski tidak ada pesta atau perayaan, sebagai bentuk rasa syukur kedua neneknya itu akan membuat nasi kuning.

Di pedesaan memang belum banyak perayaan ulang tahun sebagaimana lazimnya di kota. Sebagai bentuk rasa syukur saja biasanya warga kampung cukup dengan membuat nasi kuning dengan lauk pauk sederhana ala kadarnya. Begitu juga dengan syukuran Fahmi. Neneknya bersedia membuat nasi kuning tentu saja kami bahagia dan berterimakasih. Secara aku pribadi belum bisa membuat nasi kuning apalagi dalam jumlah cukup banyak.

Picsart2016-03-3--18-00-45

Sejak kemarin sore ibu dan bibiku yang bungsu itu mulai memasak. Mendahulukan apa yang bisa dilakukan lebih dahulu seperti menggoreng kerupuk, menggoreng bumbu-bumbu dan memarut kelapa. Ya, karena kami tinggal di desa dan kebetulan di halaman punya pohon kelapa maka ibuku memilih membuat santan sendiri daripada membeli santan instan.

Dikerjakan ramai-ramai sambil bercanda tidak terasa pekerjaan satu per satu selesai. Yang tersisa hanya peralatan masak kotor, berminyak, dan panci-panci yang cemong-cemong kuning ketempelan dari warna kunyit. Biasanya kami enggan dan seling menunjuk siapa yang kebagian untuk mencuci piring. Tapi kini tidak, karena aku kebetulan punya beberapa sabut spons yang tidak menggores alat makan dan alat masak anti lengket.

Foto2

Padahal sebelumnya, baik ibuku, nenekku dan pada umumnya warga di kampung jika mencuci peralatan makan atau peralatan masak biasanya menggunakan sabut kelapa, abu sisa pembakaran dan sabun colek saja. Tidak heran kalau beberapa bagian alat makan dan alat masak akhirnya ada yang tergores, meski memang cukup bersih dan kesat.

Kini dengan semakin canggihnya teknologi banyak ditemukan berbagai alat kebersihan yang terus berinovasi, memudahkan tanpa mengurangi nilai kegunaannya alat itu sendiri. Contohnya ya sabut spons Scotch-Brite™. Mengerti jika alat makan dan alat masak itu dibuat terdiri dari berbagai jenis bahan, maka Scotch-Brite™ menyesuaikan itu semua dengan menciptakan sabut spons sesuai dengan bahan pembuat alat yang akan dicuci. Dan hadirlah sabut spons yang diperuntukkan khusus untuk mencuci tempat minum anak, khusus untuk alat makan anak, dan sabut spons khusus untuk cuci piring, gelas dan alat masak anti lengket.

Foto11

Dalam hal bentuknya pun Scotch-Brite™sangat menyesuaikan. Seperti bentuk segenggaman tangan cocok untuk dipakai mencuci gelas, piring dan alat makan anak. Sementara bentuk sabut spons yang memanjang pas dipakai untuk mencuci botol dan alat minum anak-anak.

Sementara jika dilihat dari bentuk dan kegunaan yang didisplay di kemasan, ternyata Scotch-Brite™ sudah banyak menciptakan inovasi dan keunggulan. Ini terbukti dari beberapa variasi dalam alat pembersih dan cuci yang diciptakannya. Membersihkan alat masak dengan kerak membandel menggunakan alat cuci berupa stainless. Untuk mencuci alat masak pada umumnya bisa dibedakan menjadi tiga jenis, ada sabut spons Scotch-Brite™ gantung, Scotch-Brite™ Hijau dan Scotch-Brite™ 2in1.

Foto3

Khusus alat masak anti lengket terdapat dua macam bentuk antara yang anti gores dengan bentuk yang sebelah lebih melancip dibanding bagian lainnya dan alat masak anti lengket 2in1. Spons mencuci alat makan terdiri dari yang anti gores, jaring dan 2in1. Sedang untuk mencuci alat makan anak-anak ada khusus diciptakan spons sabut anak.

Kami di rumah kebetulan punya sabut spons Scotch-Brite™ Hijau, sabut spons Scotch-Brite™ anti gores (warna oranye), sabut spons Scotch-Brite™ tempat makan anak dan sabut spons Scotch-Brite™ tempat minum.

Foto12

Picsart2016-03-3--05-48-50

Cara memakai sabut spons Scotch-Brite™ ini sangat mudah dan simple. Cukup terlebih dulu basahi spons dengan air, oleskan sabun secukupnya bilas dan remas-remas hingga berbusa, lalu pakai untuk mencuci. Gunakan sisi sabut untuk mendapatkan hasil bersih yang maksimal. Setelah selesai mencuci tinggal bilas sabut spons dan simpan di tempat yang kering untuk digunakan pada pencucian selanjutnya.

Hasilnya, kini setelah selesai memasak nasi kuning, alat makan dan alat masak yang dipakai pun kembali bersih dan kinclong. Tidak ada lagi rasa enggan untuk mencuci panci dan atau wajan berminyak karena menggunakan sabut spons Scotch-Brite™ ini pekerjaan di dapur menjadi lebih terasa ringan dan hasilnya maksimal.

Foto5

Kini saatnya syukuran ulang tahun Fahmi dimulai. Meski tidak ada perayaan yang spesial hanya makan nasi kuning bersama sanak famili dan keluarga namun semangat kekeluargaan semakin erat dan saling menguatkan.

Oya! Jika ingin mendapatkan informasi lengkap untuk tips seputar dapur dan atau Facebook Fanpages Scotch-Brite™ bisa lihat disini

Comments

  1. Peralatan masak kotor yang numpuk nggak masalah lagi ya berkat Scotch Brite.
    Aku juga pake dari dulu 🙂

  2. Selamat ulang tahun Fahmi. Semoga tercapai cita-citanya 🙂

    Jaman dulu pakai sabut kelapa, sekarang sudah ada sabut yang bisa membersihkan tanpa membuat goresan yaa.

    • Okti Li says:

      Terimakasih Mbak Lia…
      Amin, untuk doanya. Iya berkat kecanggihan teknologi hidup emak=emak semakin mudah ya 🙂

  3. asik makan nasi kuning. met ulang tahun buat fahmi.
    eh itu yg foto terakhir, kotak makanan doraemonnya kembaran sama punya dd irsyad. cuma punya dia warna ijo

  4. semua peralatan masak langsung kinclong, keren
    HBD Fahmi, jadi anak soleh dan sehat selalu
    aminn

  5. Selamat ulang tahun, Fahmi. Emaknya semakin rajin masak karena nyuci piring makin gampang pakai Scotch Brite ^_^

  6. Balik kinclong lagi ya Teh 🙂
    Selamat ulang tahun ya Fahmi, all best for you and your family!

  7. Wah, nasi kuningnya melambai-lambai, hehehe, gagal fokus nih.
    Udah nggak bingung lagi ya mba, mau masak yang tinggalkan lemak, amis, sapu bersih, siip

    • Okti Li says:

      Hihi… sayang udah habis kemarin Mbak Nasi kuningnya
      iya, sekarang cuci apapun, tanpa beban dech 🙂

  8. Nasi kuningnya masih ada ga mak?
    Jadi semakin rajin cuci piring dong ya.

    • Okti Li says:

      Hihi… kemarin juga udah abis, Teh…
      nasi kuning mah pan gak bisa tahan lama. malah gak enak kalau kelamaan 🙂

  9. Selamat ulang tahun Fahmi! Wah kebayang repotnya bersih2 setelah masak2 begitu, tp semua jadi lebih cepat dibersihkan donk ya.

    • Okti Li says:

      Repot tapi menyenangkan Mbak
      apalagi cuci piring dan alat masak jadi makin mudah dan gak merusak/menggores 🙂

  10. Selamat ulang tahun, Fahmi!

    Asyik nih, walau makan-makan jadi banyak cucian tapi tetep semangat nyucinya gara-gara pake Scotch Brite ^^ Aku pengen juga donk nasi kuningnya, kayaknya sedep banget tuhhh…

  11. Waaah senangnya semua keluarga kumpul dan masak bareng…
    Ini biasanya kalau masak nasi kuning, bekas kunyitnya di alat masak bisa ganggu yah…

    untung cucinya ada Scotch Brite yah mbak…

    kalau saya mah sukanya makan aja kalau nasi kuning, ribet bikinnya heheheh

  12. Scotch brite 3x lebih awet Aku juga pake..

  13. Happy belated birthday Fahmi.

    Seneng ya kalo liat peralatan masak jadi bersih lagi. 🙂

Speak Your Mind

*