Taman Kreatif Joglo: Skatepark dan Panggung Seni di Cianjur

Taman Kreatif Joglo: Skatepark dan Panggung Seni di Cianjur

Hampir setengah milyar dana yang dihabiskan pemerintah daerah Kabupaten Cianjur untuk membuat sebuah tempat yang layak bagi anak muda khususnya pecinta skate dan seni. Mencari lokasi yang strategis berada di pusat kota dipilihlah Taman Joglo, sebagai skatepark dan panggung seni pemuda dan pemudi Cianjur.

Rp485 Juta demikian dana yang sudah dipakai untuk menyulap Taman Joglo Cianjur yang sebelumnya hanya taman biasa, bahkan terkesan kumuh karena jadi penyimpanan gerobak sampah dan kendaraan lama, menjadi tempat berkreasi para pemuda dan pemudi khususnya warga Cianjur kota.

Ya anak muda Cianjur sekarang punya tempat untuk latihan dan nongkrong setiap hari atau kapan saja mereka mau. Khususnya muda-mudi yang punya hobi main skateboard, menari, menyanyi, bermain seni peran alias teater, sampai yang hanya numpang duduk dan nebeng wifi gratisan, kini dipersilakan memanfaatkan fasilitas di Skatepark dan Panggung Seni Taman Kreatif Joglo bertempat di pertigaan Jalan Pangeran Hidayatullah dan Jalan Siliwangi, depan Toserba Selamat Joglo.

Akhir pekan atau sore hari kalau cuaca tidak hujan -ketika kami sedang berada di kota Cianjur—senang bisa mengajak anak dan keponakan main ke Taman Kreatif Joglo yang dulunya adalah bekas terminal dalam kota. Untuk pengendara sepeda motor, parkiran bisa di sisi panggung seni atau halaman taman. Namun jika membawa kendaraan roda empat harus mencari sendiri tempat parkirnya.

Saat anak belajar main sepatu roda, saya bisa memantau mereka dari jauh sambil duduk menikmati suasana. Kadang terlintas kenangan masa kecil, saat dibawa mudik oleh mamah bapak dari Bandung ke Cianjur Selatan. Dulu –tahun 1987– berangkat dari terminal Kebon Kalapa Bandung dan turun di Terminal Muka lama Cianjur. Lanjut naik angkutan kota ke Terminal Joglo yang sekarang jadi taman kreatif anak muda dan salah satu Ruang Terbuka Hijau Cianjur.

Di Terminal Joglo lama ini saya pernah mengalami kecelakaan hingga bekasnya sekarang masih ada. Jajan bakso yang saat itu masih terasa wah, karena tidak semua anak punya uang jajan. Termasuk saya dan adik. Kami bisa jajan bakso di terminal itu karena kami sedang dalam perjalanan jauh saja. Sama sekali tidak menyangka jika hari ini saya bisa momong anak di tempat ini dengan kondisi yang sudah jauh berbeda.

Lamunan saya buyar ketika sekumpulan anak muda tiba dan suasana menjadi riuh. Mereka membawa skate dan sebagian langsung bermain sehingga menimbulkan suasana gaduh. Gelak tawa sesekali terdengar. Apalagi kalau ada teman mereka yang berhasil melalui rintangan skate.

Saya tersenyum menyaksikan mereka, ikut bahagia sambil membimbing anak sendiri supaya belajar main sepatu rodanya di pinggir saja. Ya secara tidak langsung tujuan Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (DPKPP) Kabupaten Cianjur dalam membangun taman ini telah berhasil. Bukankah tujuan dibangunnya Taman Joglo ini memang sebagai tempat ngumpulnya segala kreativitas anak muda Cianjur? Menampung bakat atau potensi anak muda di bidang seni, olahraga, ketangkasan dan sebagainya. Selain target pemenuhan Penataan Ruang Terbuka Hijau (RTH) publik, pastinya.

Salah satu anak muda yang duduk beristirahat setelah kelelahan bermain skateboard mengaku senang dengan adanya Taman Kreatif Joglo ini. Ia dan teman-temannya tidak lagi susah cari tempat.

“Dulu kan Teh, susah. Paling ada tempat di car free day. Tapi susah soalnya banyak orang. Sekarang disini tenang dan kapan saja bisa. Latihan makin fokus.” Jelasnya.

Mereka mengaku kagum dengan fasilitas yang disediakan pemerintah daerah Cianjur. Kontraktor CV Pancaran Rezeki Sentosa yang membangun proyek taman ini pun terbilang tepat waktu.

Dengan adanya Taman Kreatif Joglo ini semoga bisa meningkatkan pariwisata di Cianjur dan membantu ekonomi warga, karena adanya Taman Kreatif Joglo ini secara tidak langsung sudah jadi ajang promosi juga sebagai ikon. Sehingga Cianjur bisa lebih dikenal dan taman kota semakin banyak.

Sebagai warga Cianjur saya dan keluarga tentu saja merasa senang dengan adanya fasilitas ini. Hanya karena wilayah Cianjur ini luas, semoga fasilitas yang sama dibuat juga di daerah lain, khususnya di wilayah Cianjur bagian selatan. Jadi fasilitas tidak hanya menumpuk di kota, tapi juga merata ke bagian kecamatan lainnya khususnya di selatan.

Satu lagi kami sangat berharap semoga semua warga bisa sama-sama menjaga semua fasiltas yang ada. Membuang sampah pada tempatnya dan ikut menjaga kebersihan lingkungan. Karena meski fasilitas baru terus dibangun, kalau tidak dijaga bersama ya percuma.

Comments

  1. gini dah tanah jawa..
    kami yang diluar jawa dan pernah sempat hidup di jawa, meresakan timpangnya pembangunan daerah kami..
    taman2 seperti ini yang kami butuhkan.. tempat rekreasi bersama keluarga, yang hijau, asri, serta mengedukasi..

  2. Keren tempatnya…

  3. Wuihhhh tempatnya asyik banget tuh ada skate park, liat ini jadi pengen main skateboard lagi haha.

  4. semoga semakin banyak taman kreatif, atau taman hijau diberbagai kota. Pasti menyenangkan sekali, jika bisa main-main di taman saat sore hari dengan anak

  5. Seru ya mba ada taman kreatif, semoga tetap dilestarikn dan dijaga. Sayang jika rusak. Kapan2 mau dong diajak kesana

  6. Semakin maju ya teh, cianjur belum pernah ke sana tentunya dgn d bangunny taman joglo smoga akan mnjd salah satu icon kbanggan cianjur ya,

  7. Bagus sekali anak muda diberi fasilitas tempat untuk mengembangkan minat dan bakat mereka secara positif. Karena dari anak mudalah, masa depan bangsa ada di pundak mereka.. 🙂

  8. Ditempat ku juga ada taman kota yang menyediakan tempat bermain skateboard. Adadua taman di Pontianak yang ada taman skateboard dan 1 taman sepeda BMX. memang perlu nih taman yang ngebuat pemuda pemudi mengasah bakat

  9. Pas banget insya Allah lebaran haji ini kami sekeluarga mau ke Cianjur kak, kayanya bisa jadi tempat main seru nih pas kesana nantinya…

  10. Betul sekali Mbak semua warga harus turut menjaga taman yang telah dibuatkan oleh pemerintah sehingga bisa maksimal untuk pemanfaatan masyarakat terutama dalam hal kebersihannya

  11. Taman Joglo Cianjur jadi wahana bermain yang mengasyikkan, alias tempat kongkow yang nyaman banget. Kalau ada banyak yang ini kan buat suasana seger banget nih cari ide menulis.

  12. Keren banget tempat nya di cianjur. semoga aja makin maju dan ramai jadinya kalo jalan-jalan ke cianjur makin asyik

  13. aih keren sekali teh ada skatepark nya, seru banget kan bisa main skateboard hehe

  14. wah ini enak banget teh, free wifi! hahaha.. sore-sore kesana ngajak jalan-jalan anak seru kali ya.. biar gak nonton tv sama gadget aja hihihi

  15. Seru banget, bisa main skate dan nikmatin udara sore di sana. Moga makin banyak ya taman seperti ini

  16. Yoseph norman says:

    Alhdulillah setelah sekian lama menunggu dengan penuh perjuangan akhirnya aspirasi kami terwujud,. Lihatkan prestasi dulu biar tidak segan untuk meminta fasilitas untuk mendukung kegiatan tersebut, tentunya dengan perjuangan lah semua nya akan terwujud dan di dengar, terima kasih bapak bupati atas fasilitas yg terbaik ini, semoga bibit2 unggul akan terus terlahir di kota cianjur tercinta ini.. #thankfortheskatepark

Speak Your Mind

*