Tantangan Mie Ayam Jamur Taiwan

Akhirnya Tantangan Teman Membuat Mie Ayam Jamur dari Taiwan Berhasil Aku Pecahkan!

Sekitar tiga hari lalu, teman di Taiwan upload foto kuliner mie ayam jamur. Di komentarnya mengatakan kalau di Indonesia buka usaha jualan mie ayam jamur kira-kira laku tidak? Berapa harga mie ayam rata-rata di Indonesia?

bahan yang sudah aku beli di pasar sebelum tantangan mie ayam jamur itu datang

bahan yang sudah aku beli di pasar sebelum tantangan mie ayam jamur itu datang

Komentar pun berdatangan. Setiap orang mengatakan berapa harga satu porsi mie ayam di daerah masing-masing. Mulai dari mie ayam biasa seharga Rp. 4000 sampai mie ayam spesial seharga Rp. 12..000. per porsinya.

Kenapa harga bisa berbeda? ya karena bahan-bahan yang disajikan juga beda. Belum lokasi tempat mangkal penjual mie ayam juga turut menentukan. Jelas kan mie ayam di mall harganya jauh lebih mahal dibanding mie ayam yang kita beli dari si emang yang pake gerobak di depan kios pasar. Temanku bertanya seputar mie ayam jamur di jejaring sosial sengaja, biar mempunyai masukan seandainya pulang ke tanah air nanti mau buka usaha kuliner.

jamur dipotong sebagai bahan utama mie ayam jamur

jamur dipotong sebagai bahan utama mie ayam jamur

Siang harinya aku kok jadi kepikiran kenapa gak mencoba saja membuat mie ayam jamur? Sepertinya mudah. Aku sering memperhatikan cara membuat mie ayam dan kupastikan aku bisa membuatnya. Kebetulan, saat hari pasar kemarin aku membeli mie kuning basah, sawi hijau (caisim) dan juga jamur putih.

daun bawang diiris

daun bawang diiris

Meski bahan-bahan sebagai bahan pokok mie ayam itu hanya mirip-mirip saja, bukan asli sesuai resep mie ayam jamur yang dipamerkan temanku di Taiwan, namun aku yakin hasilnya nanti tidak akan kalah sedap.

Akhirnya dengan keberanian nekat, eksperimen kuliner pun kembali digelar πŸ™‚

Bahan

Untuk membuat mie ayam jamur ala aku sendiri bahan-bahannya memang berbea dari bahan aslinya. Jika pada umumnya mie untuk mie ayam membuat mie khusus, tapi aku ambil jalan pintas, memakai mie kuning basah yang aku beli di Pasar Selasa.

jamur yang sduah ditumis siap jadi  toping mie kuning

jamur yang sduah ditumis siap jadi toping mie kuning

Bahan lainnya sawi hijau secukupnya, jamur putih yang dipotong ukuran sekitar 2 x 2 Cm, daun bawang yang dipotong sekitar 1 Cm, bumbu-bumbu yang dipakai diantaranya kunyit, bawang merah, bawang putih, ketumbar, garam, penyedap rasa, daun salam dan minyak goreng untuk menumis.

Cara Masak

Membuat campuran jamurnya, bumbu-bumbu yang sudah dicuci dan dibersihkan kemudian diulek sampai halus. Kemudian bumbu yang sudah halus ditumis sampai harum. Masukkan daun salam sebagai pewangi aroma. Setelah mendidih dan bumbu matang, masukkan potongan jamurnya. Setelah setengah matang jamur, kemudian cicipi dan rasakan apakah bumbu sudah cukup?

Masak jamur dengan api kecil, biarkan jamur matang dan bumbu meresap. Beberapa saat sebelum diangkat, masukkan irisan daun bawang yang sudah disiapkan sebelumnya. Hingga daun bawang itu layu, dan rasa sudah sesuai selera maka tumisan jamur untuk toping mie ayam siap sudah tersedia.

WP_20150805_11_07_27_Pro

Kini, untuk membuat mie ayam jamur versi aku sediri adalah diawali dengan mendidihkan air secukupnya. Mie basah yang disukai masukkan secukupnya ke dalam air mendidih. Tunggu beberapa saat hingga mie sedikit layu.

Sementara di mangkok terpisah siapkan bumbu seperti penjual mie ayam pada umumnya. Ada kecap, cuka, saus, garam dan penyedap rasa dan kalau ada memakai minyak wijen supaya mie ayamnya harum.

Taraaaa... inilah mie ayam jamur buatanku...

Taraaaa… inilah mie ayam jamur buatanku…

Beberapa saat setelah mie ayam siap dimakan, tiriskan mie nya dan simpan di mangkok yang sudah dibumbui sebelumnya. Lalu sawi hijau yang sudah dipotong pendek setelah cuci bersih kembali dimasukkan ke dalam air mendidih. Tidak perlu menunggu lama, asal tidak layu sawi hijau sudah bisa diangkat dan letakkan di atas mie kuning sebelunya,

Langkah terakhir setelah mie kuning sudah matang dan sawi hijau sudah memenuhi mangkuk, tibalah saatnya kita menyendok tumisan jamur untuk diletakan di mangkuk bagian paling atas.

WP_20150805_11_30_59_Pro

Bagi yang suka di langkah terakhir ini silahkan hiasi sesuka hati bagaimana sebaiknya sesuai dengan keinginan. Ilustrasi untuk mie ayam jamur ini memang tidak disertai saus karena aku memang tidak begitu menyukainya. Tidak pula memberikannya kepada Fahmi, putraku.

Hasilnya, mie ayam jamur made in sendiri ini meski bahan dan tampilan jauh beda dengan yang diupload teman di Taiwan, namun mie ayam jamurku sangat disukai anak dan suami. πŸ™‚

Meski sederhana dan banyak kekurangan, tapi paling tidak Fahmi tidak perlu jajan di luar :)

Meski sederhana dan banyak kekurangan, tapi paling tidak Fahmi tidak perlu jajan di luar πŸ™‚

Speak Your Mind

*