Tindakan Nyata 3 Pilar Kunci Masa Depan ASEAN

Menyatukan rakyat dari berbagai negara ASEAN? Saya rasa itu tidak mudah. Jangankan menyatukan sekian banyak warga dari berbagai negara, menyatukan warga satu kampung saja, belum tentu bisa dijalankan dengan mudah. Optimis sih harus, tapi kita juga harus bisa melihat situasi dan kondisi.

Menciptakan masa depan, itu menjadi kebebasan bagi setiap individu, termasuk warga negara anggota ASEAN. Jika setiap warga negaranya sudah mempunyai kesadaran dan pemahaman untuk bisa satu visi dan satu misi, baru hal itu bisa dengan mudah dijalankan.

Pokok perundingan pembangunan badan persatuan ASEAN yang diselenggarakan di Brunei Darussalam pada acara KTT ASEAN ke-22 April 2013 lalu yang terdiri dari tiga pilar, yaitu Persatuan Keamanan, Persatuan Ekonomi dan Persatuan Sosial dan Kebudayaan bisa menjadi landasan untuk menciptakan masa depan bersama ASEAN.

Pilar Persatuan Keamanan
Setiap anggota negara ASEAN saling bahu-membahu, bekerja sama untuk bersatu menjaga keamanan, dan stabilitas bangsa. Menjaga keamanan bersama di setiap perbatasan negara terluar. Mengenyampingkan egoisme demi bisa terciptanya kerukunan antar warga negara yang berbatasan. Alih-alih saling bersitegang memperebutkan pulau terluar di perbatasan yang menyebabkan konflik yang terus memuncak, dengan kekuatan Persatuan Keamanan, akan tercipta rasa tanggungjawab untuk keamanan bersama.

Pilar Persatuan Ekonomi
Memajukan perekonomian setiap daerah, lalu sama-sama memajukan persekonomian setiap negara anggota ASEAN bisa mengoptimalkan terciptanya persatuan ekonomi wilayah Negara Asia Tenggara yang tergabung dalam ASEAN. Saling membantu dan memajukan ekspor dan impor komoditi setiap negara, demi bisa memajukan sektor-sektor usaha yang menunjang perekonomian rakyat yang pada akhirnya akan menciptakan ketahanan perekonomian negara.

Pilar Persatuan Sosial dan Kebudayaan
Dengan persatuan dalam bidang sosial dan budaya, bisa membawa harum wilayah negara Asia Tenggara. Contohnya jika ada pameran adat istiadat atau pertunjukan aneka ragam kebudayaan dari setiap anggota negara ASEAN akan memperkaya objek tujuan wisata yang akan menjadikan wilayah ASEAN menjadi destinasi para turis mancanegara. Jika dunia sudah melirik wilayah ASEAN ini, otomatis pintu untuk mewujudkan Menciptakan Masa Depan terbuka lebar.

Menyatukan Rakyat memang tidak mudah apalagi terdiri dari berbeda-beda warga negara. Namun dengan ketiga pilar tersebut, disertai dengan usaha yang kontinyu dan kerjasama yang erat, persatuan rakyat demi mencapai masa depan akan tercapai. Yang pasti tidak hanya sebagai wacana atau hanya mimpi-mimpi, yang penting tindakan nyata yang dimulai dari hal terkecil kepada warga di setiap negara anggota ASEAN.

#days9

Speak Your Mind

*