Tips Blog Dilirik Brand

Tips Blog Dilirik Brand

Semalam baru saja mendapat suntikan vitamin dari mastah blogger yang sudah tidak diragukan lagi kepiawaiannya. Dari tips dan ilmunya didapat kalau mau blog dilirik brand itu harus melewati beberapa usaha –disamping faktor keberuntungan– pastinya.

Tips nya menohok banget. Secara saya sendiri ngarep terus dapat job dan dilirik brand, namun ternyata dari semua usaha dan cara yang dipaparkan sang mastah blog itu masih jauh dari upaya yang selama ini saya jalankan.

Intinya bocoran dari beliau kalau mau blog dilirik brand ialah setidaknya harus melalui tahapan berikut:

 

1. Mengurus Blog

Ibarat rumah kalau menyeramkan dan kotor orang yang mau bertamu pun pastinya mikir-mikir lagi. Beneran mau singgah? Begitu juga dengan blog.

Kalau blog berat diakses, tampilan bikin perih mata, dan misal banyak muncul sampah iklan iklan, sepenting dan semenarik apapun tulisan yang kita sampaikan pengunjung bakal mikir lagi dong… Beneran mau nunggu tulisan keluar meski kuota dan waktu kesedot?

Jaman sekarang sudah serba cepat dan efisien. Orang akan cenderung memilih blog yang mudah diakses dan ramah dengan pembaca. Jadi usahakan rawat blog kita supaya membuat pengunjung nyaman.

Caranya? Pakai template yang kekinian. Artinya rapi, bersih, dan tidak menyilaukan mata. Template bagus tidak harus beli mahal, karena banyak juga template gratisan yang cocok dan sesuai kriteria seperti bekgrond putih dan tulisan gelap.

2. Traffic Tinggi

Yaiyalah brand tidak mau ngajak kerja sama kalau blog kita tidak akan ada yang baca. Page view pasti jadi patokan buat ngukur nih blog pantas dapat job atau kagak. Semakin banyak page view semakin besar kesempatan dilirik brand. Kalau bisa diatas 10ribu per bulan!

Terus kalau buat blogger kaya saya yang pembaca nya entah cuma berapa orang ini –itu pun hasil mati-matian dari bayar utang yang blogwalking– kudu piye? Ya usaha dong!

Caranya kaya proses jalan bayi. Gak mungkin brojol langsung lari kan ya? Tapi ada proses merangkak dulu, berdiri, melangkah dan seterusnya. Gitu juga dengan ngeblog. Semua ada proses.

Tahapan yg bisa diikutin oleh blogger minim pembaca kaya saya ini ialah dengan rajin posting aja dulu. Publish tulisan di blog setiap hari! Ya itu dulu proses awalnya.

Tiap hari apdet blog nulis apaan? Apdet status aja jarang…

Tulis apa saja. Brand katanya menyukai artikel based on personality. Jadi pengalaman kita bisa kita share juga. Yang penting tidak sensitif SARA gitu deh.

3. Google Analytics 

Jaman sekarang udah pada canggih. Brand ngeliat data detail blog sudah lebih modern. Dan kebanyakan menggunakan gugel analitik ini sebagai barometer ukuran mereka.

Kenapa pakai gugel analitik? Karena datanya lebih akurat. Beda dengan analisis dashbord kita yang suka PHP in gak akurat.

Jadi untuk memudahkan, kalau beneran mau dapat penghasilan dari ngeblog segera pasang gugel analitik ini.

4. Kekuatan Sosmed

Ibarat paketan, saat ini blogger sudah satu paket dengan media sosial. Kalau ada job selain nulis di blog blogger juga sudah otomatis diminta untuk share tulisan dan informasi acara liputan melalui media sosial.

Blogger paling tidak memiliki 3 akun media sosial yang sering diminta brand seperti facebook, twitter dan instagram.

Tidak hanya punya doang, karena percuma juga kan kalau tidak ada pembacanya. Jadi usahakan semua akun medsos punya follower minimal seribu orang.

Yang belum sampai segera lah usaha nambah follower. Mau nambah follower dari saya gampang. Ikuti instagram saya @tehokti dan twitter @t2h_okti nanti bakal saya follow balik. Lumayan kan nambah follower organic yang cantik, ramah dan baik hati ini. Wekekekkk! Kabur…

Comments

  1. iya – kekuatan sosmed gakada matinya, tetapi kekuatan konten juga sangat menentukan. jadi tetap kualitas artikel di atas kuantitas sih.. (ngaca ke diri sendiri – masih belum banyak memiliki konten yang bermutu hehehe)

  2. Thanks informasi nya. Yuk bw yg rajin Biar pangkal Kaya. Kaya ilmu , Kaya Cerita Dan Kaya uang di kirim sama agency

  3. 10000 per bulan, hmm… Hmm… Mikir nulis apaan nih supaya traffic naik.

  4. waduh tulisannya memberi banyak pencerahan nih… makasi bangeett….. tapi susah kayanya ya dijalaninnya haha maklum masih anak piyik

  5. Duh PR aku ini: naikin visitor!
    Kitanya juga harus rajin BW ya biar di BW balik.
    Terima kasih sudah mau berbagi ilmu, Teh.

Speak Your Mind

*