Tips dan Trik Vlog: FlashVlogging Kominfo Bersama Youtuber Edho Zell

Tips dan Trik Vlog: FlashVlogging Kominfo Bersama Youtuber Edho Zell

Edho Zell si youtuber yang pengikutnya lebih dari 1,8 juta dan penghasilannya dari Youtube sudah bisa membuatnya “punya segala” dengan ramahnya bagi-bagi tips dan trik ngevlog di acara Flash Vlogging yang diselenggarakan oleh Kominfo di Harris Hotel, Bandung, Jumat 23 Februari 2018.

Vlog atau video saat ini sedang buming dan banyak digandrungi warganet. Seperti mengerti kehausan para aktivis di dunia maya ini, Kominfo pun langsung menjemput bola dengan mengadakan pelatihan membuat vlog sekaligus melombakan video yang sudah dibuat peserta dengan tema Menuju Indonesia Lebih Maju langsung dengan ahlinya, Edho Zell si yutuber, Pak Handoko Data, staf ahli Tim Komunikasi Presiden (TKP) dan relawan TIK serta pegiat vlog pada umumnya.

Beruntung saya dan (seperti biasa) pasangan sekaligus buah hati bisa mengikuti acara keren ini mewakili teman-teman Relawan TIK Kab. Cianjur. Sedikit banyak saya bisa menambah ilmu dan wawasan. Terlebih bisa mendapat ilmu dan jejaring, saya juga bisa berkesempatan mendapatkan Payung Presiden RI dan jumpa dengan Pak Gun-gun Siswadi, Staf Ahli Tim Kominfo yang saya kenal sewaktu ada proyek 10ribu halaman nya BNN dengan program Indonesia Bergegas nya tahun 2014.

Berikut ini tulisan terkait Indonesia Bergegas

Bersama staf ahli Kominfo, Pak Gun gun yang alhamdulillah beliau masih mengenal saya.

Edho yang didaulat sebagai pembicara atau nara sumber juga diminta jadi juri mutlak untuk memberikan penilaian kepada video hasil praktek para peserta yang masuk di terima panitia.

Kehadiran Edho Zell tidak disia-siakan oleh peserta. Maka berbagai pertanyaan pun diajukan setiap peserta demi mendapatkan jawaban atas unek-unek yang mengganjal butuh solusi selama ini. Termasuk ngajak foto bareng dan ngevlog juga! Salut dengan Edho yang sabar melayani semua permintaan peserta.

Selama acara berlangsung, ada banyak tips dan trik yang Edho Zell bagikan untuk warganet sehingga membuat peserta flash vlogging begitu semangat dan antusias. Apa saja tips dan triknya?

Bagaimana menjadi yutuber yang baik?

Bagi Edho, sebelum buat video lebih dulu harus diketahui oleh masing-masing terkait kondisi diri pribadi. Coba bayangkan kita ini siapa? Kira-kira kelebihan kita apa? Nah itu yang harus kita pertahankan sebagai ciri khas dan branding. Tidak ketika ingin jadi youtuber, tapi dalam hal apapun.

Lalu, cari trending topik yang paling tinggi pada saat itu dan pikirkan juga bagaimana sudut pandangnya. Tema boleh sama tapi dengan keorisinilan masing-masing youtuber, maka dengan sendirinya akan menempati hati masing-masing follower. Dan terakhir jangan lupa pikirkan juga outout apa yang bisa kita raih setelah membuat video?

Kapan waktu tepat upload video?

Bagi Edho Zell tidak peduli kapan atau hari apa ia membuat video. Tapi ia lebih peduli dengan hari upload video ke akunnya. Karena menurut Edho, waktu upload bagi sasaran targetnya pada remaja jangan sampai mengecewakan, maka ia memilih untuk upload secara rutin video pada prime time atau masa-masa mendekati pukul 4 sore. Sementara kalau targetnya usia dewasa maka waktu tepat buat upload adalah sekitar pukul 7 malam sampai jam10 malam.

Tips biar video banyak dilihat?

Dalam membuat video harus diperhatikan durasi youtube. Yaitu ketentuan tidak tertulis yang dianggap Edho sangat menunjang kepada keterlihatan video kita di akun orang lain. Durasi youtube pertama yaitu lamanya video. Edho menyarankan video yang dibuat panjangnya cukup antara 3-5 menit saja.

Video sepanjang itu terbagi dalam 5 detik pertama sebagai intro yang wah, yang buming atau penarik perhatian. Lalu 15 detik sampai 30 detik kemudian video harus berisi tayangan yang menginformasikan isi video secara keseluruhan. Jadi dalam 15 detik pertama usahakan tidak boleh tidak ada yang menarik. Jika tidak jangan heran orang malas lanjut nonton karena sudah bosan duluan.

Aturan tidak tertulis lainnya dalam membuat video, bagi Edho teks itu hukumnya wajib diisi. Isi dengan kata atau keyword yang sedang dicari orang. Gunanya ialah untuk memudahkan video kita keluar di kolom pencarian. Termasuk dalam menentukan judul, sebaiknya judul video memiliki 2-3 kata yang mengandung key word.

Mendapat Payung Presiden setelah lebih dahulu menjawab beberapa pertanyaan dari narasumber

Apa yang harus diutamakan konsistensi atau kualitas?

Edho balik bertanya, tergantung kita mau jadi apa? Kalau sebagai batu loncatan maka terus tingkatkan kualitas dalam membuat video. Tapi kalau jadi youtuber dibuat sebagai mata pencaharian, maka terus saja tingkatkan totalitas, konsistensi upload video, dan itu lakukan dengan sepenuh hati secara kontinyu.

Aplikasi apa yang direkomendasikan untuk jadi youtuber?

Tidak ada alat atau software yang tidak bagus. Yang penting niat dan keinginan. Zamannya Edho belajar buat video, dia hanya pake kamera dan video bawaan laptop. Modal itu Edho terus belajar dan totalitas. Semakin canggih teknologi apa saja semakin dibuat mudah tapi semua itu tidak ada artinya kalau tidak ada kemauan untuk terus memperbaiki hasil yang telah dicapai.

Apa pesan yang ingin disampaikan kepada warganet?

Edho memberikan semacam kata bijak yang diyakininya sebagai motivasi hingga ia bisa terus eksis di youtube dan terus bertambah follower/subscriber nya:

Doa Belajar Usaha

Ya, tiga kata itu yang ingin diwariskan Edho kepada vlogger atau youtuber supaya bisa terus semangat dalam berkarya menuju Indonesia lebih baik.

Udah lihat video Edho Zell?

Sambil menunggu peserta membuat dan menyerahkan video yang dibuat, Tim Komunikasi Presiden, Handoko Data, menyampaikan beberapa hal yang mungkin selama ini masyarakat Indonesia belum tahu terkait upaya pemerintah dalam memajukan daerah-daerah yang belum merasakan “kemerdekaan” setelah puluhan tahun proklamasi dibacakan di bumi nusantara ini.

Pembangunan jalan, jembatan, lapangan udara, pelabuhan, sampai akses listrik bagi desa terluar dan terisolir banyak dilakukan khususnya di daerah terbelakang. Orang banyak uang mengamuk manakala subsidi dicabut. Ya, karena mereka yang enak menikmati subsidi itu sendiri meski bukan hak nya. Sementara masyarakat yang berhak justru tidak mendapatkan sedikitpun. Seharusnya yang mengamuk mereka yang berhak ini, bukan orang mampu apalagi sejahtera seperti yang dikit-dikit suka demo di kota.

Sungai Ciliwung jadi bahasan juga. Karena ternyata masalah sungai ini tidak bisa diselesaikan oleh pemerintah daerah atau provinsi. Presiden mengambil alih untuk mencari jalan menyelesaikan masalah pencemaran ini.

Melalui videonya Pak Handoko juga memberikan gambaran bagaimana pengamanan presiden saat ini. Pak Jokowi yang suka melakukan hal di luar rencana cukup membuat paspampres dikocok-kocok dan extra waspada. Karena bahaya sesungguhnya adalah ketika pengamanan merasa sudah aman.

Usai sholat Jumat dan makan, acara dilanjut oleh materi dari Pak Gun gun Siswadi terkait Bijak Menggunakan Media Sosial. Disaat internet dan gadget jadi hal yang tidak bisa jauh dari aktivitas manusia, maka menggunakannya sebagai penunjang perbaikan dan pembangunan adakah harapan pemerintah. Kekuatan NKRI sudah banyak digoyang oleh isu yang bermula dari berita tidak bisa dipertanggungjawabkan di media sosial. Maka saatnya warganet belajar pintar. Mending mendulang uang jadi youtuber dari pada masuk penjara karena tersandung UU ITE.

Dan sebelum sesi berakhir Edho Zell mengumumkan 3 peserta pemenang lomba FlashVloging bertemakan Menuju Indonesia Lebih Maju. Ialah Roni, Ilham dan Kang Ali Mutakhir keluar sebagai pemenang 1, 2 dan 3. Selamat, video nya memang keren dan diluar perkiraan…

Pemenang FlashVlogging Kominfo

Foto bersama setelah acara

 

Comments

  1. Aku belum berani bikin konten YouTube gitu mba, selain gak pede kayanya aku blum bisa konsisten haha. Tapi, ini infonya bermanfaat banget buat yang lagi suka2nya vlogging supaya kontennya lebih menarik dan gak terkesan “musiman” ya mba hihi.

  2. Mpo udahan bikin. Yg paling laris masakan. Jadi mpo mau masak aja

  3. Sebenarnya udah lama pingin ngevlog tapi khawatir ngak konsisten ya, tipsnya edho zell bermanfaat mungkin kalau udah mantap niat ngevlog bias diterapkan ni. Thank you for sharing The 🙂

  4. Pingin juga kaya Edho Zell hobi bisa menghasilkan duit

  5. Aseek dapet ilmu baru tentang vlogging sukses terus mba

  6. Ya ada Teh Okti di sini, aku berhalangan hadir acara ini, digantiin sama Kang Ali Muakhir, lagi bentrok acara weekend kemaren, jadi bagi bagi tugas jaga gawang teeh. Pastinya seru pisan ya sharingnya dari Edho Zell, tambah ilmu ngevlog deeh..

  7. Aku baru kepengen buat vlog. Tapi niatnya untuk dokumentasi pribadi aja seh. Sama kayak blog sekarang

  8. Mungkin aku satu satu nya yang ga tau edho zell hehehe.. aku nge youtube korea an mba ^^ tapi aku penasaran juga cara upload video ke youtube bagaimana ya? Simple tapi aku gaptek hehe

  9. Teh Okti keceeee, aku ga dapet payung hiks waktu flash blogging kemarin.
    Ada lombanya ga teh pas kemarin? Di Semarang ada.

  10. Wah keren di Bandung flash vlogging. Di Palembang kemarin flashblogging jatahnya. Hihi, semoga kalo kalo dateng lagi ada flash vlogging sekalian belajar ngevlog

  11. Wah keren banget acaranya, bahas ngeVlog. Sejujurnya aku pengen banget belajar ngevlog dan tulisan ini makin mupeng, gimana siiih upload video yutub haha 😀
    Makasih mba udah nulis ini

  12. sekarang jadi youtuber susah mbk, punya 1000 pengikut duu baru bisa pasang adsense

  13. Aku sempat ingin jd yutuber. Tp ternyata aku gk sekuat dan setabah itu bikin video dan konsisten. Hahaha. Jd suka salut sm yutuber deh

  14. keren, bisa ikut acara-acara seru sama suami…

  15. Asyik banget teh belajar vlog dari edho zell. Seruuu ya

  16. Soal video masih ketinggalan nih, beberapa teman udah mulai monetize YouTube dan kirim video ke televisi. Masih mencari2 apa yg kusukai hehe TFS

  17. Senang banget kalau bisa multi-talented yaa….
    Yaa blogger, vlogger dan semuanya profesional.

  18. Asep Lukman says:

    Alhamdulillah dan bersyukur bisa ikut bareng acara flash vlogging bersama Teh Okti bareng-bareng dari Cianjur, tinggal PRnya nih, buat Vlog yang bagus informatif dan edukatif…

  19. Aih senangnya Fahmi bisa ikutan belajar. Makasih tipsnya ya Teh. Aku lagi belajar buat video juga meski ga pede wajah nongol sambil ngomong. Kadang gelagapan.

  20. Saya nggak tapi sreg ngevlog ya, tapi ilmu ini bermanfaat bngt, aku bookmark ya mak

Speak Your Mind

*