Tips Lebaran Hiasi Rumah dengan Pigura Unik

Tips Lebaran Hiasi Rumah dengan Pigura Unik

Alhamdulillah jika tahun lalu kami merayakan Lebaran di kontrakan, maka tahun ini kami bisa merayakan Lebaran di rumah sendiri. Meski kecil dan sempit namun saya jadi bebas berkreasi.

 

Lebaran saatnya kembali kepada kesucian. Tidak hanya jiwa, raga dan keluarga tapi juga rumah sebagai tempat tinggal dan berkumpul di hari raya juga perlu perhatian. Biar rumah jadi sedikit cantik dan tampak beda dalam waktu yang tinggal beberapa minggu ini saja bisa kok kita melakukannya.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik yang sudah saya coba di rumah minimalis kami dan hasilnya cukup memuaskan. Meski memuaskan disini pastinya relatif ya, Bu-ibu…

Lebaran sebentar lagi. Baju baru sudah ada, kue-kue lezat dan menggoda juga telah siap menunggu dicicipi. Semua tampak sempurna menyambut hari raya. Tapi tunggu! Sepertinya ada yang masih kurang nih. Masa dekorasi dan posisi barang di rumahnya sejak anak pertama usia balita sampai kini remaja masih tetap gitu-gitu aja? Enggak bosan?

 

 

Nah kini saatnya sedikit berbenah untuk mendapatkan suasana rumah tampil beda dan tampak lebih indah. Bagaimana caranya?

1. Bersih rumah

Sudah pasti menjelang hari raya kita akan bersih-bersih rumah dan ini sudah jadi rutinitas yang tidak bisa dilewatkan. Mulai kain gorden sampai sarung bantal sofa yang biasa setahun sekali mendapat perhatian kini semua mendapat jatah untuk ikut dibersihkan.

Tidak hanya itu, sarang laba-laba di tempat tertutup, semut yang suka bergerombol di sudut ruangan dan bawah tangga sampai tempat sepatu sendal jangan sampai luput juga dari pembersihan.

2. Sulap dengan cat

Supaya tidak bosan dengan suasana rumah, cat beberapa ruangan (saja) dengan warna yang beda dari cat rumah sebelumnya. Pilih warna yang serasi dengan furniture atau aksesoris yang sudah ada. Dengan mengecat sebagian ruangan saja hasilnya akan memberikan suasana baru di hari raya nanti. Hemat waktu dibanding mengecat seluruh ruangan rumah, dan jadi lebih minim budget juga pastinya.

3. Atur ulang furniture

Untuk menyegarkan suasana, coba ganti dan atur ulang posisi sofa dari tempat semula ke sisi lain ruangan. Jika kondisi rumah kita sempit saat hari raya solusinya bisa dengan gaya gelar karpet seperti gaya orang lesehan. Tidak apa-apa karena saat suasana lebaran akan ada banyak tamu berkunjung justru terasa akan lebih leluasa dan nyaman.

 

4. Beri hiasan pajangan

Agar mata tidak jenuh memandang coba ganti hiasan-hiasan di dinding dengan pigura-pigura cantik dan unik yang jika dilihat dapat menimbulkan rasa takjub.

Ada banyak pilihan bingkai foto bebas yang dijual di Mataharimall.com dengan harga terjangkau. Selain memperindah ruangan, pemasangan bingkai foto juga bisa menjadi sarana informasi dan silaturahmi.

Pasang foto anggota keluarga berurutan mulai dari saat kecil sampai usia sekarang. Selain sambil bernostalgia, jika dipajang menggunakan pigura unik pilihan melihatnya pun tidak membuat mata bosan.

Bingkai fotonya unik dan lucu bikin betah melihat

Jika selama ini bingkai foto hanya terkesan klasik dan “itu-itu saja” maka di Mataharimall.com kita bisa menemukan banyak kreasi bingkai foto terbaru. Keren-keren dan lucu. Up to date banget pokoknya bikin suasana ruangan makin nyaman.

Jangan ragu untuk mengganti barang yang usang dengan model baru. Tidak harus membuangnya kalau masih sayang. Cukup dengan tukar tempat saja. Yang lama bisa kita pajang di ruangan lain sementara di ruang tamu kita tempatkan pajangan terbaru.

Selain bisa bernostalgia, pigura cantik ini dapat memperindah ruangan

5. Tambah ruangan (buat ibadah)

Jika punya rumah cukup luas, dengan beberapa ruangan misalnya, saat hari raya tidak ada salahnya pilih salah satu ruangan untuk dijadikan mushola dadakan. Tidak perlu memikirkan jangan-jangan bakal susah menata, cukup sederhana saja, setidaknya selain bersih pasti kan saja arah kiblat supaya tamu yang belum tahu tidak merasa bingung dan malu bertanya. Sediakan alat ibadah sehingga ketika ada tamu kita tinggal menunjukkan ruangan nya.

Berbagai ukuran bingkai foto cantik

____

Tuh cukup mudah bukan menyulap rumah menjadi lebih indah dan tampak beda meski tidak merenovasinya secara langsung?

Pada saatnya hari raya kita sudah siap menerima kunjungan sanak saudara dan teman-teman. Dengan tampilan rumah kita yang didekorasi ulang ini selain akan ada kesan beda juga menjadikannya tampak lebih indah dan bercahaya.

Rumah indah dan membuat betah yang datang itu tidak harus dengan kondisi serba mewah melainkan cukup yang sederhana tapi pandai dalam menata dan mendekorasinya.

Akhir kata dari kami Keluarga Petualang mengucapkan selamat lebaran. Maaf lahir dan batin 🙂

(Sumber foto edited)

Comments

  1. bagus bagus figuranya mba. Bener ya, figura bisa menambah kesan apik dan eksotik rumah. Saya suka yang desain minimalis termasuk fuguranya mba.

  2. Di rumah sendiri memang lebih enak berkreasi ya mbak..
    Semoga bisa secepatnya sy menyusul pny rumah sendiri..

  3. Saya juga suka otak atik dekorasi rumah teh, biar gak bosan.

  4. Oh idenya ada. Aja y,,, teteh mah rajin ,,,. Saya Kitu males,,, tp kerenlah noted mudah2an ada waktu dan mau ngerjain yang kyk gini,,,,

  5. pengen piara pigura juga dirumah.. tp bingung mo ditaro dimana haha secara sempit ruangannya

  6. Halo Teteh,
    Kalau untuk cat rumah dari dulu saya pengen tapi belum terwujud juga nih. Mungkin bisa ganti pigura dulu deh biar ada nuansa beda 🙂

  7. Piguranya lucu-lucu pisan, Teh. Mau juga.
    Aku mah lebaran ga pernah di rumah. Dari h-1 udah mudik ke rumah nenek di Bandung, abis itu hijrah ke rumah mertua di sisi pulau Jawa yang lain. Jadi enggak pernah ngerasain dandanin rumah dari kecil.

  8. eh yang frame bianglala lucu. Ada di mataharimall ya? meluncuuuur

  9. Bagus-bagus figuranya mbak..bikin ruangan jadi lebih hidup ya selalu mengingatkan kita pada saat itu

  10. Aku juga suka pigura2, terutama yg dipajang di diniding. Gak cuma foto tapi juga pigura yang quote2 gtu 😀

  11. yes figura nya lucu2.. ..
    eh iya… kalo mau lebaran..pada bersih2 n cat ulang rumah…

  12. yes figura nya bagus..unik
    eh iya… kalo mau lebaran..pada bersih2 n cat ulang rumah…

  13. Itu yg eye catching beneran pigoranya deh, teh. Unik tuh ferris wheel-nya. Jadi mupeng …

    Mohon maaf lahir batin jg ya.

  14. Bersih bersih rumah termasuk cat ulang adlah kbiasaan tahunan insyaallah. Berasa rmh baru. Hehe

  15. Piguranya bagus-bagus, ya, Teh. Bisa dipakai menghiasi dinding nanti menyambut hari Raya Idul Fitri.
    Mohon maaf lahir bathin juga ya, Teh..

  16. Alhamdulillah udah di rumah baru ya teh.. aku masih jadi kontraktor hehe..

    bingkainya kece2 teh. bagus juga buat ngebingkai tulisan ya. yang lg kekinian itu

  17. Ahh lucu banget piguranya, jadi pemanis di rumah ya teh, Hmm, di rumahku donk ga manis ga ada pigura, eehh ada cuma satu hahhaa

  18. Enaknya punya rumah sendiri bisa “ngotak ngatik” rumah mau diapain sesuai selera kita ya teh 🙂

Speak Your Mind

*