Tips SEO Simple

Tips SEO Simple

Obrolan tanya jawab di wag produktif no gosip beberapa hari lalu tentang seputar artikel di blog. Saya yang biasanya diam menyimak dan menyerap ilmunya tiba-tiba beranjak ingin mencatat sesuatu yang menurut saya akan berguna kelak. Karena itu saya ingin mencatatnya jika suatu saat saya lupa maka dengan mudah bisa membuka catatannya lagi. Syukur-syukur sih bisa berguna dan bermanfaat juga buat yang lain.

Tips SEO Simple ditanyakan seorang blogger dan seperti biasa mentor kami di komunitas menjawabnya dengan ramah dan baik hati tidak suka gigit sabun. Menurut senior kami itu, tips seo yang paling simple adalah pertama cukup dengan konsisten apdet blog atau menulis di blog setiap hari dan yang kedua menulis dengan minimal dua ribu kata per artikel!

Omaigat! Orang mungkin berpikir nulis sebanyak itu (minimal) apa tidak mabok? Pertanyaan lugu lainnya mungkin apakah artikel sepanjang itu emang ada yang mau baca? Bukannya membosankan?
Menulis minimal 500 kata saja masih banyak yang keteteran, apalagi yang 4 kali lipat. Hehehe!

Siasatnya, masih kata mentor kami yang semuanya cantik ini ya kalau mau menulis 2000 kata bisa dipakai jeda. Karena menulis panjang biasanya pasti memerlukan data yang valid, sumber yang kredibel, disertakan riset, foto yang menunjang dan konten yang sejalan. Itu untuk melengkapinya bisa posting seminggu sekali atau dua minggu sekali.

Kalau mampu nya menulis sekitar 500 kata, itu bisa dilakukan dua hari sekali atau bisa dilakukan setiap hari. Tujuannya supaya artikel dan blog bisa cepat keindex.

Menulis artikel 2000 kata itu ibarat blogger yang tanam investasi, nabung konten. Sesekali aja dibuatnya, atau sesuai jeda, tapi trafficnya bisa long lasting. Apalagi kalau konteksnya dibutuhkan umum tanpa mengenal batasan usia atau musim.

Artikel seperti ini biasanya berupa pengalaman traveling, tips, tulisan how to, tulisan DIY, atau kisah inspiratif.

Lah buat emak-emak macam saya ini pantas saja blog gak bisa “menghasilkan” lah wong isinya aja berupa curhat semua. Wekekekekkk! Orang mana butuh, yang nyasar kebetulan baca aja pasti merasa menyesal terlanjur membacanya. Hikz!

Namun demikian, sang mentor memberikan peredam. Jumlah pendek atau panjang tulisan demikian ini bukanlah patokan baku. Tidak semua artikel kudu 2000 kata atau kalau 500 kata kudu sering dibuat. Semua kembali kepada komitmen si empunya blog.

Asal tahu saja yang serius mau dapat penghasilan dari blog, itu mereka ada yang sehari menargetkan publish minimal 5 artikel lho! Kalau satunya misal 500 malah sehari bisa lebih dari 2000 kata, bukan? Gak percaya coba tanya blogger yang usahanya mendulang dolar dari Google.

Teman saya ada yang saking fokusnya ingin mendapatkan penghasilan dari blog melalui Google, dia sampai gak keluar siang malam. Kerjaannya mantengin blog aja. Buat artikel sebanyak-banyaknya!

Yang harus diusahakan oleh penulis (baik blogger atau bukan) adalah artikel atau konten yang dibuat bersifat bermanfaat dan longlasting (tulisan yang memang sering dicari orang). Nah kita bisa mulai untuk memaksimalkan artikel itu saja (satu-satu) yang dioptimalkan (Di-SEO-in).

Bagian akhir percakapan, sepele namun penting untuk pemula, cara ngecek banyak kata dalam artikel selain di microsoft words, atau blog berbasis wordpress, untuk yang pakai blogspot bisa dipindahkan (copy text) dan pastekan di word counter tool utk ceknya. Berikut link word counter tool.

Nah tidak terasa menulis ulang bahasan ini saja ternyata sudah menghasilkan artikel lebih dari 500 kata.

Semoga bermanfaat!

 

Comments

  1. bermanfaat banget teh.. aku baru td malam join grupnya. Alhamdulillah dpt ilmunya juga dsini

  2. Uidiii.. 2000kata.. momen langka banget bs sebanyak itu XD

  3. Waah diingatkan lagi soal ilmu di grup nih mbak.. Makasih mbak, ilmunya bermanfaat banget nih… ^^

  4. Ayo buat artikel. Berat gak sih? Ane belum pernah Coba. Coba ah

  5. oowh minimal 2000 kata yaa…aku kadang bikinnya cuman 500 kata kadang nggak nyampe 🙁

  6. Kalau di wordpress jumlah kata dalam postingannya bakal langsung terlihat 🙂
    Saya biasanya menetapkan minimal 500 kata untuk tiap postingan. Tapi umumnya sih sampai 1000an kata.

    Duh..baca postingan ini jadi kepikiran kalau bulan Oktober ini jarang banget posting di blog. Semoga gak ngaruh di trafik, DA dan lain-lain. Hihihi

  7. Ilmu SEO dimana-mana berguna ya teh..tinggalbkita aktif atau gak aja diprakteknya.

  8. Memang harus bisa yaa buat artikel yg long lasting u SEO. Cuma itu dia…sampe skr gak kepikiran mau nulis apa hahahaha

  9. Kalau nulis 2000 kata saya belum sanggup, nulis 500 kata saja butuh 3 hari buat menyelesaikannya.

  10. Nice sharing mba. Saya juga belum pernah nih nulis 2000 kata hehe. Tapi ke depannya akan saya coba, semangatt

  11. Harus dipraktekkan nih.. Makasih sharingnya Teh 🙂

  12. Ada artikel saya yang panjang (2000 kata lbh), dulu tulisan lomba tapi kalah, tapi gak saya hapus, alhamdulillah itu penyumbang PV terbanyak.
    Itulah sebabnya meski kalah lomba saya gak pernah hapus artikelnya, soalnya selalu nyumbang PV, apalagi yg pakai nama produk 😀

  13. Konten is the king memang ya

  14. 2000 kata! Mau nangis rasanya aku. Bisa di atas 500 lebih dikit aja napas kembang kempir. 5 artikel sehari? Itu juga bikin nangis euy. Hari ini sukses nulis 2 artikel (dan semoga bisa sampai 3 nanti malam) aja rasanya lelah luar biasa. Cuma karena beberapa hari lagi mau pergi ke tempat yang entah bakal sempat nulis dan ada sinyal enggaknya aja aku nabung tulisan demi ODOP yang selamat sentosa adil dan makmur. ehhh!
    Nuhun ya Teh. Artikelnya berguna. Tapi mau aku pertimbangkan dulu buat tantangan berikutnya. 2000 kata!!!

Speak Your Mind

*