Trafik Tinggi, Ranking Alexa Malah Membengkak. Kenapa?

Trafik Tinggi, Ranking Alexa Malah Membengkak. Kenapa?

 trafik (2)

Untuk seorang blogger kawakan, besarnya jumlah pengunjung blog dan kecilnya nilai alexa pasti sangat diperhatikan. Buat saya yang masih awam, selama ini cukup mengira kalau nilai alexa bisa turun jika trafik pengunjung blog banyak. Ternyata itu belum tentu benar!

Ya, saya berani bilang jika pemahaman tentang nilai Alexa bisa ramping kalau trafik blog tinggi, itu belum tentu benar atau belum bisa jadi jaminan, ketika menyimak pertanyaan serta bahasan mengenai “trafik tinggi tapi nilai alexa malah membengkak” di sebuah group tertutup terkait bahasan dunia blog.

Nulis dengan tema blogpost yang kekinian supaya banyak dicari dan blog jadi banyak dikunjungi orang, itu sudah jadi sebuah ide bagus memang. Dengan banyaknya pembaca yang berkunjung ke blog kita diharap bisa mendongkrak nilai Alexa semakin imut alias mini.

Benarkah: Trafik Besar = Ranking Alexa Ramping?

Tapi kenyataannya ada pengalaman blogger yang ternyata jauh berbeda. Saat menulis tema yang sedang buming, blognya memang dikunjungi pembaca sampai hampir tiga ribuan. Tapi selidik punya selidik, dengan pengunjung blog yang bejibun itu lha kok alexanya malah membengkak alias turun?

Tentu saja kita jadi penasaran kan? Kok bisa Alexa jatuh di atas lima ratus ribuan, padahal sebelum dikunjungi ribuan pengunjung itu sudah nangkring di angka empat ratus(ribu)an.

Ternyata yang mempengaruhi kurus atau gendutnya nilai alexa tidak cuma satu, tapi ada beberapa. Faktor itu diantaranya traffic, returning visitor, dan indexing post.

Teliti punya teliti, meski banyak pengunjung, tapi mereka hanya berkunjung untuk satu kali saja. Maka ketemulah istilah returning visitornya rendah, karena orang hanya baca sekali terus sudah, tidak balik lagi ke blog.

Apa itu indexing post? Menurut penjelasan guru ngeblog, indexing post adalah artikel yang terindex di google. Semakin banyak membuat artikel yang dengan mudah terlacak mesin pencarian, maka akan semakin stabil nilai alexanya.  Karena artinya traffic datang terus, kontinyu, tidak musiman seperti yang datang sekali saja itu tadi.

Nulis sesuatu tentang kekinian mungkin saja membawa pengunjung berbondong-bondong menuju ke blog kita. Tapi jika yang kita bahas dalam tulisan sudah tidak trend lagi, maka blog pun kembali sepi.

Disarankan menulislah dengan tema yang bisa dibaca sepanjang waktu.  Yang dicari orang setiap saat. Tidak lekang oleh waktu maupun usia.

Share tulisan di media sosial, sepertinya lebih baik dibanding submit  tulisan di media besar yang menjadi jembatan penyiaran. Meski tulisan yang kita submit lolos masuk media penyiaran, namun tahukah jika  visitor yang dihitung adalah visitor pertama yang masuk ke media penyiaran itu sendiri. Sementara blog kita hanya sebagai “akhiran” dan sayangnya visitor tendangan dari media penyiaran itu di blog kita sama sekali tidak dihitung alexa!

Kenapa begitu? Ya, karena submit tulisan ke situs media penyiaran bentuknya di-frame. Jadi visitor tidak langsung datang ke blog kita. Beda jika kita share di sosial media, siapa pun yang klik link yang kita beri, langsung menuju ke tulisan yang kita mau bagikan itu, kan?

Nilai alexa bagi sebagian blogger mungkin tidak jadi persoalan mau naik atau turun. Istilah rezeki tidak akan kemana, kalau memang sudah bagian kita, berapa pun alexa yang kita punya tidak jadi masalah. Job tetap di tangan.

Tulisan ini saya rasa bermanfaat untuk penambah wawasan saya saja. Makanya saya tulis ulang dan posting di blog, biar saya tidak lupa, dan bisa terus dibaca kapan saja.

Comments

  1. Ohh begitu ya mba.. Tapi aku santai aja, kurang paham betul sama alexa. Bukannya ratusan ribu sudah bagus ya dibanding angka jutaan hehehe

  2. Wahh makasih sharingnya teh. Akupun dulu termasuk yang panic person kalo alexaku ‘tiba2 menggendut’ walaupun trafficku terbilang lumayan.
    Tapi kembali lg, ngeblog gak soal melulu mikirin alexa. Yang penting aku udah berusaha share apa yg menurutku bs berguna utk org banyak. Sing penting rejeki tetep ngalir, gak banyak nyepam, hidupku nyaman juga, jadi gak stress mikirin alexa terus :))

  3. Merampingkan Alexa emang butuh usaha maksimal ya Mbak. Selain rajin update, artikelnya banyak dibaca sepanjang waktu 🙂

    • Tidak ada usaha yang sia sia. Pun tidak ada hasil jika tidak berkorban. Kembali kepada niat awal kita ngeblog aja ya Mbak Evi

      Salam dari Cianjur

  4. Wah terimakasih info dan sharingnya ya mbak

  5. Alexa itu hanya sebagai penyemangat aja kalau buatku siy teh. Kalau gendut berarti harus lebih rajin bikin postingan yang artikelnya abadi, ngga musiman. Gitu kan, teh? :D.

    • tetehokti says:

      Seperti itu maksudnya Mbak. Meski banyak yg ga tau dan gak mau tau tentang alexa. Yang penting nulis aja yang manfaat

  6. terimakasih penjelasannya Teh, sekarang jadi paham masalah per-alexa-an ini 🙂

  7. Saya mah masih pusing mikir alexa. Gimana aja deh. Yang penting dah mulai rajin nulis….

    • tetehokti says:

      Nah, itu aja Mbak. Setuju.
      Saya baru kepikiran kalo di group ada job yang syaratnya alexa dibawah satu juta. Haha… Udah saya kalah…

  8. gak ngaruh yah… walau banyak pengunjung tapi jarang udate percuma aja…

  9. oh begitu ya… pantes saja

  10. Tidak pernah mikirin alexa mbak, hehe bingung soalnya

  11. Oh gitu baru tahu thanks for sharing mbak salam kenal dari aceh

  12. Blogku pernah alexanya sekitar 500rb gitu setelah satu bulan nggak nulis membengkak ke angka 1,5 juta mbak dan sekarang susah banget rampinginnya. Kalau aku termasuk blogger yang perhatian sama DA, PA dan Alexa rank. Jadi, suka kerasa eman kalau ukuran mereka “ideal”, hehehe.

    • tetehokti says:

      Salah satu caranya supaya alexa ramping lagi selain update blog, juga rajin blogwalking, Mbak… kata pakar di group itu juga 🙂

  13. Oalah ini toh yang menyebabkan traffix tinggi tapi alexa bengkak, oke nanti dipelajari lagi postingan apa yang harus di bikin supaya long lasting hehehe

  14. Kemarin libur lebaran kerasa banget Alexa gendut kayak yang punya Teh 😀

  15. Saat ini saya sedang mengalami masalah ini. Nilai Alexa dari 2000 membengkak hingga 9000an… padahal trafik sebelumnya sangat rendah… karena memang ada sebuah artikel yang cukup booming trafik membengkak dari 500 an meningkat drastis tiba2 jadi 3000an… benar sekali analisa di atas…. trafik yang saya peroleh tsb hasil dari guest blogger di beberapa situs terkenal.. Alhamdulillah dapat pencerahan di sini. Sudah mengobati kekhawatiran saya …. Terima kasih informasinya. ( Ikhwan )

  16. wah makasi banyak sharingnya kak, jadi makin tau ama kepribadian si alexa ini

  17. Iya sih pernah sampai turun hingga 29 juta dari 5 juta… padahal pengunjung stabil… terus berusaha otak-atik dengan postingan baru. Akhirnya pelan2 bisa naik meskipun belum sampai ke tempat itu lagi 🙁

Speak Your Mind

*