VISA: Kalau Bisa Dipermudah Kenapa Harus Dipersulit?

Berwisata ke Myanmar tidak cukup dengan mengandalkan paspor saja, tapi juga memerlukan visa. Baik untuk perjalanan diplomatik, maupun untuk perjalanan wisata.

Seperti kita tahu, kondisi Negara Myanmar atau Burma sejak tahun 1988 penuh dengan konflik dan kudeta. Keamanan Negara tidak stabil, bahkan terjadi gelombang demonstrasi besar menentang pemerintahan junta militer. Kekerasan dari pihak militer kepada para demonstran pun tak bias dielakkan lagi. Ribuan orang mati terbunuh.

Sebelumnya, saat tokoh utama pendiri kemerdekaan menjadi pemimpin Negara kembali diambil alih kekuasaannya oleh militer yang mayoritas terdiri dari etnis Birma. Konflik tak bias dihindari, antara yang berkuasa dan yang merasa ditindas saling melakukan perlawanan.

Meski pemilu secara transparan dan adil dilakukan, namun selalu ada saja pihak yang tidak pro. Satu pihak dengan pihak lain selalu saling ancam. Kemenangan sebuah pihak selalu dihadang oleh pihak lainnya. Terus dan terus terjadi demikan, hingga saat ini. Kekacauan kerap terjadi.

Otomatis keamanan Negara tidak stabil. Satu pihak dengan pihak lain saling mencurigai. Termasuk kedatangan orang asing meskipun hanya untuk berwisata menikmati keindahan alam Myanmar.

Karenanya visa atau izin dari pihak yang berwenang di Myanmar sangat diberlakukan. Mungkin untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan oleh mereka berkaitan dengan kondisi Negara dan keamanan nasionalnya yang selalu diwarnai kericuhan.

Perlu tidaknya visa untuk perjalanan wisata kembali lagi kepada situasi dan kondisi. Untuk Negara yang terkenal aman damai, visa masuk tidak lagi menjadi persyaratan. Kalau bisa dipermudah kenapa harus dipersulit? Bukankah hal itu juga menjadi sebuah kemudahan bagi si wisatawan yang bersangkutan? Tidak perlu repot-repot mengurus visa dan persyaratannya jika mau melancong ke suatu Negara.

Namun jika kondisi negaranya seperti Myanmar, tentu tidak ada pilihan lain. Apa yang terbaik menurut pemerintah yang berkuasa tentu akan diikuti oleh pendatang asing, termasuk mengurus perizinan supaya mendapat visa.

#days4

Speak Your Mind

*