Yuk, Menanam Aromaterapi ini. Khasiatnya Turunkan Stres, lho!

Yuk, Menanam Aromaterapi ini. Khasiatnya Turunkan Stres, lho!

Banyak yang tiba-tiba stress manakala musim pemilu. Mendadak stress manakala hasil penerimaan seleksi masuk sekolah atau universitas diumumkan.

Obatnya ternyata tidak harus ke Rumah Sakit Jiwa atau dokter spesialis kejiwaan. Tidak juga meski ke psikiater karena cukup dengan pergi ke kebun atau halaman dan hirup wangi aromaterapi dari daun ini. Konon stress akan berkurang!

Tentunya jika di kebun atau halamannya ada menanam tumbuhan ini, ya. Kalau tidak menanamnya bagaimana bisa menghirup wangi aromaterapi nya? Hehe…

Jadi tumbuhan apa sih yang bisa jadi aromaterapi dan bisa mengurangi stress ini? Kalau bisa ditanam di halaman atau kebun, berarti kita bisa dengan mudah untuk melakukannya menanamnya juga, kan?

Dan tahukah tumbuhan apa itu? Ibu-ibu sudah tidak asing lagi pastinya. Apalagi urang Sunda yang biasa makan lalapan. Karena tumbuhan yang memiliki aromaterapi bisa menurunkan stress ini adalah daun kemangi!

Ya, daun kemangi (Ocimum sanctum L) ternyata punya khasiat bisa menurunkan stres lho. Kok bisa? Karena daun kemangi mempunyai kandungan senyawa flavonoid anti-stres yaitu zat adaptogen. Demikian hasil penelitian para mahasiswa Universitas Airlangga.

Menurut penelitian tersebut zat adaptogen bisa membantu tubuh mengendalikan stres dan keseimbangan mental.

Paling tidak begitu hasil penelitian mahasiswa jurusan Kimia Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Universitas Airlangga yang tergabung dalam tim Program Kreativitas Mahasiswa bidang Kewirausahaan (PKMK) 2018.

Selama ini masyarakat memang lebih mengenal kemangi sebagai tumbuhan yang dijadikan lalapan, bumbu, atau campuran makanan. Namun berkat penelitian sekelompok mahasiswi yang diketuai Imana Irmayanti Tri Kurnia, yang juga sekaligus sebagai ketua tim PKMK, kemangi juga dapat diolah menjadi produk spray yang memiliki khasiat sebagai alternatif menurunkan tingkat stres. Luar biasa.

Tentunya penemuan ini masih harus terus dikembangkan karena sebelumnya belum pernah ada industri obat-obatan yang menjual produk anti stress, ya kan?

Stress memang tidak pilih-pilih orang. Tingkat stres tidak hanya dialami oleh mahasiswa-mahasiswi, atau pelajar yang identik dengan “suka mikir”. Tetapi justru banyak pejabat, publik figure, pekerja kantoran, sampai ibu rumah tangga seperti saya ini begitu mudah terkena stress.

Berbagai tekanan hidup diingkari atau tidak bisa memacu munculnya gejala stress. Dan selama ini orang larinya ke obat sintesis kimia untuk mengurangi kadar rasa stresnya.

Padahal tahukah kalau lari ke berbagai macam obat itu justru berpotensi menyebabkan ketergantungan serta dapat membahayakan kesehatannya selanjutnya.

Sekarang buat buibu rumah tangga macam saya, kalau sudah tahu informasinya, bisa menjadikan kemangi sebagai rekomendasi. Selain ini asli tumbuhan khas negara kita, juga bibit kemangi bisa dengan mudah ditemukan. Kalau mau nanam tanah dalam pot pun bisa dipakai.

Sebelum bulan puasa, ibu saya membawa bibit kemangi hanya beberapa tangkai (bunga) yang sudah tua dan kering. Ibu saya menaburkanya di pot di lantai atas. Tapi ketika beberapa bulan kemudian kemangi itu tidak hanya tumbuh dalam pot itu saja, tapi juga ada tumbuh di halaman atas, di dekat saluran air dan di halaman samping rumah. Rupanya saat hujan sebagian bibit kemangi larut terbawa air ke luar pot sehingga bibit itu semakin menyebar.

Bunga Kemangi jadi bakal pembibitan kalau sudah tua, hitam dan kering

Aroma daun kemangi yang khas itu disebabkan karena mengandung sitral yang tinggi. Karena itu juga daun kemangi mengandung senyawa flavonoid yang berperan sebagai anti-stres yaitu zat adaptogen.

Para mahasiswa Unair itu mengolah kemangi dengan cara ekstraksi daun kemangi, hasilnya berupa maserasi untuk diambil ekstraknya secara murni. Selanjutnya dicampur dengan bahan lain seperti gliserin dan akuades.

Gliserin dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit dan menyembuhkan permasalahan pada kulit. Kalau akuades memiliki sifat kelembaban yang dapat menjaga kulit tetap lembab.

Setelah tercampur tinggal masukan botol dan semprotkan gitu deh ke wajah. Dua kali semprotan saja sudah cukup.

Melalui penyemprotan karena bisa saja ada orang yang gak biasa minum obat secara oral. Dengan spray ini lebih mudah, bukan?
Wangi aromaterapi nya pun bisa langsung terhirup sehingga wajah langsung terlihat lebih segar dan pikiran juga langsung rileks.

Keren ya produk yang dilahirkan anak bangsa ini. Secara tidak langsung sudah membantu memanfaatkan kekayaan alam Indonesia. Kemangi semakin bermanfaat.

Banyak yang percaya kalau daun kemangi harganya terjangkau, manfaatnya banyak, aman, efektif, dan efisien. Semoga saja bisa benar efektif dalam mengurangi (perasaan) stress.

Saya jadi kepikiran jika punya lahan tidak produktif bisa ditanami kemangi nih selain cabe rawit, karena siapa tahu kedepannya daun kemangi akan banyak diminati. Bukan hanya untuk lalapan seperti kebiasaan keluarga saya, tapi juga sebagai inovasi wirausaha yang (kedepannya mungkin) sangat potensial.

Penasaran kan gimana bau harum kemangi yang bisa menurunkan tingkat stress ini? Yuk segera menanam kemangi atau beli dulu deh di pasar biar cepat mah dan rasakan sensasi aromaterapinya.

Semoga bisa mengurangi stress. Hehe!

Comments

  1. Ak baru tau kalo bunga dan daun kemangi bisa digunakan untuk penangkal stres, biasanya ang aku tau itu hanya untuk lalapan dan campuran disayuran tertentu makasih infonya mba

  2. Ceu aku suka banget daun kemangi dimakan jadi lalapan atau masakan kaya tutug oncom, rasanya enak dan ga bikin bau mulut. Ehhh ternyata daun kemangi juga bisa jadi penangkal stress juga ya heuheuu baru tau, emang enak sih ya wanginya.

  3. Aku suka banget makan ini apalagi kalo ditemani ama sambal pedas. Mantap benar. Lupa deh ama aroma therapi

  4. Kalau aromaterapi saya biasa pakai lavender oil, sebenarnya lebih suka Jasmine oil tapi orang rumah parno sama wanginya hahaha

  5. Teh Okti, bener banget Ibu rumah tangga juga rawan dari stress. Apalagi pasca harga bbm naik, kebutuhan rumah tangga pasti naik semua, mamak langsung puyeng deh. Aku doyan banget lalapan kemangi, besok2 mau juga ahh coba ah cium-cium daun kemangi sebelum dilalap.

  6. Bermanfaat banget infonya
    Setauku kemangi cuma buat campur di smabel lalapan dan itu kesukaanku juga
    Suka wanginya kemangi naambah selera makan

  7. Daun lalapan favorit ini. Rasanya segar dan bikin nafsu makan jadi nambah. Apalagi pake sambel terasi mentah. Duh, ngiler!

  8. Ini daun kesukaan banget buat dijadikan lalapan, yang ternyata khasiatnya bagus banget. Pantesan usai makan daun kemangi bawahnya releks, dan jadi #SemangatCiee buat nambah makan.

  9. Aku suka aroma kemangi. Ah, baru tahu ternyata bisa jadi aromatherapy mengurangi stress. Noted! Thanks for sharing mba 🙂

  10. Kebetulan di sebelah dapur aku, ada sedikit space , ditanami bunga melati.
    Jadi kalau aku cape, tinggal jalan aja, cium-cium bunga melati itu, hehehe.
    Langsung fresh

  11. Daun kemangi selama ini bagi saya hanya jadi lalapan doang, dan saya baru tahu klo daun kemangi mempunyai kandungan senyawa flavonoid anti stres yang bernama zat adaptogen itu. Jadi pengen nanam kemangi deh saya, supaua si stress pergi jauh-jauh hehehe

  12. Wah iya yah..jadi pengen nanem.. Lumayan juga kalau mau bikin pepes atau buat lalaban. Baru tahu kalau ini bisa juga untuk mengatasi stress… 🙂

  13. Jadi keinget ibuku, juga suka nanam kemangi teh. Kalau lagi bikin sambel, petik2 kemangi deh buat lalapan 😀
    Soalnya kalau abis makan kemangi bikin mulut jd gak terlalu bau, ternyata bisa buat ngilangin stres yak 😀
    Jd pengen nanam kemangi jg hehe TFS

  14. Jangankan buat aromaterapi, buat lalapan juga enak ya kak. Hehe

  15. Daun kemangi teh surawung tea sanes teh? Ieu mah raos dijantenkeun lalapan nyak sareng sambel oncom, mantabs

  16. kemangi bisa jadi aromaterapi ya..saya termasuk bukan penyuka kemangi. kalau di tempat makan, malah lebih sering buat cuci tangan, ngilangin amis

  17. Aroma penambah nafsu makan juga ya kak, kalo ke pcel lele selalu disajikan dengan lalapan daun kemangi, emang enak sih harumnya.

  18. Saya suma kemangi..baru tau ii jg bs jd o at stress…pengen nanam..nyari bibitnya dulu berarti nih 🙂

  19. Saya baru tau kalau kemangi bisa jadi aroma terapi yg dapat mengurangi stress. Yang saya tahu cuna lavender. Mau nyobain deh

Speak Your Mind

*