Aplikasi Yang Digunakan Saat Ramadhan

Aplikasi Yang Digunakan Saat Ramadhan

Meski bulan puasa, Alhamdulillah pekerjaan yang bisa dilakukan dari rumah di kampung selalu saja ada datang silih berganti. Jadi meksi tahun ini untuk pertama kalinya tidak punya THR, mungkin Tuhan punya cara lain menggantinya dengan fee dari job freelance yang selama ini saya lakukan. Dan jika dijumlahkan hasilnya memang sebanding dengan uang THR yang biasanya saya gadang-gadangkan. Alhamdulillah…

 

Ramadhan ngeblog tetap jalan? Oh iya pasti. Mau Ramadhan mau tidak, buat saya ngeblog mah tetap dilakukan atuh. Da kalau enggak, mau darimana saya dapat penghasilan? Jadi meski bulan Ramadhan, megang hape sebagai alat tempur saya dalam ngeblog tidak pernah saya tinggalkan. Iya soalnya saya ngeblognya kan cuma lewat hp.

Seperti hari biasa, ngeblog menggunakan ponsel jadi ya sekaligus banyak menginstal perintilan buat menunjang artikel dan tulisan yang saya buat. Baik itu edit foto, bikin caption, dan semuanya. Jadi ada banyak juga aplikasi yang biasa saya pakai. Dan karena seringnya saya buka, maka dengan sendirinya aplikasi tersebut berada di urutan paling atas di layar monitor hape ini.

Mau tahu apa saja aplikasi yang sering saya pakai? Yuk, saya sendiri baru tahu nih kalau selama ini paling banyak pakai aplikasi apa saja.

Ternyata berada di posisi pertama adalah aplikasi menulis yaitu Words. Ya, saya menuliskan apapun selalu dalam format words lebih dahulu. Edit, drafts, share dll semua saya lakukan dalam words. Tidak heran kalau aplikasi ini berada di urutan pertama halaman ponsel saya alias aplikasi paling sering saya buka.

Selanjutnya aplikasi sosial media Facebook. Ya si biru buatan Kang Mark ini ternyata berda di urutan ke dua dalam aplikasi yang sering saya buka.

Apa aplikasi ketiga? Ternyata launcher email Yahoo yang berada di posisi ke 3. Secara saya memang menggunakan akun ymail sebagai akun utama dalam komunikasi dengan pekerjaan dan sebagainya. Lalu diikuti launcher Gmail yang berada di urutan ke 4.

Urutan ke lima aplikasi yang sering saya buka adalah Salaam. Aplikasi keluaran Samsung ini sebenarnya sudah lama saya instal. Tapi bulan puasa ini bisa dibilang naik melejit menyaingi browser Chrome, pemirsa.

Dan aplikasi yang sering dibuka selanjutnya ternyata aplikasi yang berkaitan dengan edit foto. Ada Snapseed, Canva, Phonto, dan selanjutnya ada resizer foto yang berada di urutan berikutnya. Aplikasi tersebut bergantian naik turun, karena mungkin kalau edit foto saya menggunakan ketiga aplikasi itu jadi saingannya dekat banget.

Posisi selanjutnya baru disusul oleh palikasi aplikasi lain seperti Instagram, Twitter, LinkedIn dan lainnya. Untuk aplikasi yang saya sebut di akhir memang baru saya buka kalau ada job atau urusan campaign saja. Hehehe. Tidak pernah ngutak ngatik layaknya aplikasi lain. Pantas kalau berada di urutan belakang dibanding aplikasi lainnya, ya.

Begitulah, itu aplikasi yang sering saya pakai selama bulan Ramadhan dan juga bulan-bulan biasa secara mau puasa atau tidak saya tetap ngeblog dan tetap menggunakan aplikasi tersebut melalui ponsel ini.

Coba aplikasi teman-teman yang sering dipakai selama Bulan Suci Ramadhan ini, aplikasi apa sih?

Comments

  1. No.1 tetep socmed lah. Menyusul app untuk foto, kaya canva, snapseed dll karena aku hobi fotografi juga. Dan ini nggak hanya di bln ramadan. Gak ada app khusus yg dibuka hny di bln itu

  2. Duhhhh, jadi rindu bulan Ramadhan ini Teh.
    Semoga ALLAH panjangkan usia hingga kita bisa bersua dgn bulan suci ya

  3. Biasanya sih aplikasi e-commerce mbk buat upload produk samaan juga canva emang pioner banget.

  4. kalau sodaraku aplikasi selama ramadhan buka quran2 gitu lho mba sama pengingat waktu berbuka, soalnya dia gak di indo, jadi jamnya ajaib.
    canva akupun suka pake, walau belum gape bener

  5. sama teh canva aku juga pakainya hehehe jadi rindu bulan Ramadhan ya Alloh semoga tahun depan bisa lebih baik lagi aamiin

  6. Puasanya udah lewat tapi bisa buat Ramadhan tahun depan ya, insya Allah kalau masih diberi umur panjang. Yg wajib buatku aplikasi buat tadarus. Memang masih pro kontra jadi aku hati2 milih yg ada ijin depag.

  7. Facebook, Instagram, Canva dan twitter sih yang sering aku gunakan yang lain disebutkan diatas aku belum pernah coba.. aku jadi tertarik untuk coba juga beberapa aplikasi lainnya.. sepertinya menarik dan memang layak untuk dicoba ya jadi kita tahu mana yang paling cocok

  8. Sering edit-edit foto ya mbak, terlihat dari aplikasi yang sering dibuka saat Ramadhan 🙂
    AKu paling buka IG, WA, Email

  9. Aku ngeblog selalu di notebook, menurutku, lebih greget.
    Haah, bilang saja, belum bisa nge-blog di HP.
    Nah, ini nih yang paling benar, muahahaha.

    Kalau untuk aplikasi di HP ada beberapa kita yang sama, mba seperti FB, IG, Twitter, YouTube, WA dan aplikasi lain seperti i-saku, GoJek, GoPay dan buanyaaak lagi, hihihi.
    Seabgreg-abreg.

    Semoga kita bertemu dengan ramdan berikutnya ya…
    Insya Allah, Insya Allah

  10. aku juga banyak pakai aplikasi yang sama or at least serupa mba. Memang bulan yang istimewa perlu aplikasi yang istimewa juga ya

  11. Sama dong ya, aku juga suka pakai aplikasi canva. Bukanya gak hanya pada masa ramadan aja tetapi setiap hari hihi

  12. Nggak kerasa yah ntr lagi bulan ramadhan, dan aplikasi sangat membantu kegiatan kita selama ramadhan, terutama jadwal imsak dan berbuka puasa

  13. Samaan ya Mbak saya juga ngeblog pake Hp jadi pasti bukanya aplikasinyang menunjang berbagai aktivitas saya dalam ngeblog baik itu di dalam maupun di luar bulan Ramadhan.

  14. untuk sosmed, saya tetap facebook yang utama, baru kemudian instagram 🙂
    kalo ngeblog, saya nyamannya ngetik via word dulu baru kemudian pindahkan ke draft blog dan publish 🙂

  15. Yang saya rasakan selama ini, ngeblog dengan menggunakan hape bagi saya malah lebih cepat jika dibandingkan dengan menggunakan laptop. Tapi kalau untuk urusan memasukkan gambar, tetap menggunakan laptop.

  16. Kalau saya satu yang pasti adalah aplikasi bangunin sahur dan adzan di setiap waktu harus adzan.
    Bahkan aplikasi quran 30 juz pun saya punya

  17. Kurang lebih sama ya aplikasi yang digunakan. Seringnya sih buka sosmed, trus aplikasi pendukung melengkapi kebutuhan sosmed yang digunakan seperti canva sangat membantu. Oh ya, edit foto juga perlu. Selain itu, saya juga masih sering isi waktu selama bulan Ramadhan dengan baca buku.

Speak Your Mind

*