Mengenal Lebih Dekat Kota Industri Proyek Garapan CFLD (China Fortune Land Development)

Mengenal Lebih Dekat Kota Industri Proyek Garapan CFLD (China Fortune Land Development)

Investasi asing ke dalam negeri memang memberikan banyak sekali kontribusi positif terhadap perekonomian yang ada di Indonesia. Apalagi selama ini Indonesia juga masih tergolong sebagai negara berkembang. Meski sedang pandemi tingkat pertumbuhan ekonomi Indonesia beberapa waktu terakhir terbilang cukup pesat dengan banyaknya suntikan modal yang didapatkan dari luar negeri.

Salah satu kontributor besarnya adalah China dengan investasi besar yang berasal dari CFLD atau yang dikenal juga sebagai China Fortune Land Development.

Beberapa tahun terakhir ini dapat dilihat cukup banyak di antara pembangunan kota-kota baru yang bertajuk kota industri. Dimana hal seperti ini tak hanya berlangsung di Indonesia. Melainkan juga negara-negara tetangga lainnya juga sudah mulai mengembangkan sistem pembangunan tersebut.

Perusahaan multi nasional CFLD termasuk salah satu pengembang yang banyak dipercayai dalam menggarap mega proyek semacam ini, apalagi jika dilihat dari segi track record kesuksesannya sendiri juga begitu bagus. Contohnya dua proyek baru yang sudah mulai digarap sejak tahun lalu oleh CFLD ini  yang berada di kawasan Tangerang dan juga Karawang. Proyek dengan prospek yang cukup menjanjikan, sebagai salah satu kota dengan tingkat pertumbuhan ekonomi terbilang begitu cepat.

Lalu sebenarnya apa sih kota industri itu? Ada yang sudah tahu? Atau belum tahu sama sekali? Yang patut untuk kita ketahui, terkait kota industri, adalah:

1. Kota yang secara khusus difungsikan sebagai pusat industri, dimana dalam satu kota ini nantinya akan ada banyak sekali pabrik-pabrik ataupun yang lainnya yang akan jadi mode industri untuk menjaring jauh lebih banyak tenaga kerja ke dalamnya. Sehingga nantinya masyarakat yang memang ingin mendapatkan pekerjaan atau pemasukan bisa langsung terpusat di satu kota tersebut saja

2. Kota industri ini memiliki sifat sharing ekonomi, hal ini memberikan manfaat bagi masyarakat yang tinggal di sekitarnya untuk meningkatkan produk domestik regional. Sehingga pemerataan ekonomi nantinya juga dapat dirasakan oleh setiap masyarakat yang ada disana, tanpa terkecuali. Mengingat pembangunan sebuah kota industri tak hanya dilakukan di kota besar saja, melainkan yang memang potensinya bagus. Sehingga semua bisa merasakan manfaat secara ekonominya.

3. Menciptakan kota berbasis teknologi, namun tetap memperhatikan aspek lingkungan, kota industri baru yang rencananya memang akan dikembangkan ini tak sekedar mengutamakan kecanggihan teknologinya saja, melainkan lebih dari itu. Juga tetap memperhatikan aspek lingkungan. Pembangunan kota berbasis teknologi yang ramah lingkungan dengan adanya pengelolaan limbah secara khusus. Untuk mengurangi dampak kerusakan lingkungan dari limbah perusahaan.

Lima kota industri di negara kita yang sudah terkenal adalah Karawang dan Bekasi di Jawa Barat, Pulogadung di DKI Jakarta, Surabaya dan Pasuruan di Jawa Timur.

Tidak menutup kemungkinan, beberapa saat lagi akan bermunculan kota industri lain yang lebih modern dan maju.

Kelak pembangunan kota industri baru oleh CFLD ini juga dapat membuka lebih banyak lagi lapangan kerja baru kepada masyarakat. Sehingga untuk kontribusinya juga besar di dalam mengurangi tingkat pengangguran yang ada di Indonesia, juga menciptakan pemasukan baru bagi negara dari pajak.

Semoga jadi pembangunan yang terbaik untuk bangsa dan negara, ya. Jadi saat kalau benar ibukota negara akan pindah dari Jawa ke Kalimantan, masyarakat tidak akan merasa ditinggalkan, karena sudah banyak kota yang setaraf baik dalam soal industri maupun pemerintahan.

Comments

  1. Surabaya termasuk kota industri? Sebagai anak Kota Pahlawan terharus saya..

    Tapi bener sih, Surabaya punya SIER, Pergudangan Margomulyo, tapi sebenarnya nggak Surabaya aja, Sidoarjo, Gresik juga banyak daerah industrinya. Makanya ya Surabaya selalu panas. Udah deket pantai, banyak pabrik lagi

  2. Betul sekali. Dengan bermunculannya kota industri yang lebih modern dan maju maka akan membuka lebih banyak lagi lapangan kerja baru untuk masyarakat. Jadi enggak satu kota aja yang maju sampai overload pembangunannya

  3. Iya nih Kerawang masuk kota industri karena papaku kerja di Kerawang dan cuma pulang setiap weekend aja, jadi emang disediakan mess di sana.

    Semoga bisa lebih merata yah investasi untuk kota industri, karena semuanya masih berpusat di Jawa aja.

  4. Setuju, pusat pemerintahan jangan di Jawa. Benern pindah saja. Agar merata dan kita semua merasakan manfaatnya.
    Saya baru tahu tentang CFLD ini.
    Makasih sharingnya

  5. Karawang dan Bekasi itu memang dari dulu ya terkenal sebagai kota industri. Pernah main ke Karawang, di mana-mana ada pabrik, di pelosok saja ada usaha rumahan.
    Dulu waktu tinggal di Bekasi Utara, saking banyak pabrik di sana, udah tabah saja kalau dalam perjalanan ketemu sama truk-truk industri.

  6. Karawang tuh nyata banget kota Industrinya. Ada kawasan-kawasannya, hampir pabrikan semua. Tapi aku baru tahu kalau dibalik pengembangan kota industri tuh ada CFLD yang menggarap proyeknya. Ku harap ke depan, kota industrinya lebih merata di semua pulau di Indonesia.

  7. Tapi biasanya kota industri jd panas ya teh. Makanya aku setuju aja kalo ibu kota pindah biar meratalah jangan complang sampe ada yg dikatai katrok padahalkan sama2 di Indonesia. CFLD jujur baru tahu nih teh

  8. Daerah karawang merupakan daerah industri banyak pabrik pabrik yg pindah ke daerah karawang seperti pabrik masaki, karena aku pernah mengunjungi pabrik masako di karawang.

  9. di Bekasi juga ada kota industri, cikarang. Yang gak enak tuh klo tinggal deket kota industri banyak bgt lalu lalang truk dan sejenisnya. But, so far sih oke aja

  10. mudah2an dengan adanya kota industri bisa memperbaiki perekonomian di Indonesia ya mba..
    yang penting limbah industrinya bisa diolah dengan baik supaya gak mencemari lingkungan.. hehe

  11. Meilia Wuryantati says

    Aku tahunya kita industri di Karawang, Bekasi dan pulogadung. Dulu pengalaman interview di perusahaan yang ada di 3 kota industri itu. Luas banget yah. Dan aku setuju mba semoga memang pembangunan kota industri ini kelak dapat membuka lebih banyak lagi lapangan kerja baru kepada masyarakat. Sehingga pengangguran teratasi dan berdampak pada perekonomian hang meningkat

  12. Semoga dengan dibangunnya kota-kota industri baru bisa menjadi solusi bagi masalah angka pengangguran yang mengalami peningkatan sebagai akibat dari pandemi saat ini.

  13. Mudah2an CLFD banyak menyerap tenaga kerja dari masyarakat sekitar ya Teh… mari berpikiran positif, sama2 mendoakan dan berharap agar nantinya kita rakyat negeri sendiri ini tidak cuma jadi penonton tetapi jg ambil bagian dari proyek China ini, Aamiinn

  14. Kawasan industri kalo di jabodetabek itu ada di bekasi ya. Dan ada juga tangerang kayaknya.. soalnya banyak pabrik sepatu dll di sana.
    Kalo di medan saya taunya di area ke arah Belawan. (KIM)

  15. Aku donk sekarang jadi warga kota industri. Hahhaha *bangga.

    Wah, tanpa disadari aku ternyata selama menjadi perantauan di Indonesia tu selalu ada di kota industri, harusnya dah makmur hidupku. Hahaha

  16. Dulu waktu kerja sebagai kantor konsultan akuntan, beberapa kali aku terjun ke daerah industri mbak. Pernah stay di Pulo Gadung lama banget dan memang banyak hal yang dipelajari dari kawasan industri ini.

  17. Aamiin.

    Saya sih gak masalah yaa ada kota industri, asalkan benar saja pengelolaan limbahnya dan tidak merusak alam sekitar.

  18. Pembangunan yang terbaik adalah yang memanusiakan manusia.
    Semoga tetap memperhatikan apa yang dibutuhkan rakyatnya bukan hanya pembangunan yang mengedepankan kepentingan tertentu.

  19. Bekasi nih termasuk kota Industri juga ya, ada kawasan seperti yang tertulis di postingan ini. Walaupun kota industri bener banget harus mempertahtikan segala aspek demi kepentingan lingkungan

  20. Pantesan Jakarta sama Surabaya rame.. mereka ternyata kota industri, baru tau beneran hahaha..

  21. Lina W. Sasmita says

    Misi pembangunan seperti ini sebenarnya investasi jangka panjang dan tabungan masa depan bagi negara Tirai Bambu. Negeri ini meminjamkan dulu uang yang mereka punya sekarang untuk pembangunan di negara-negera lain seperti halnya Indonesia. Lalu setelah pembangunan selesai dan infrastruktur mulai digunakan, kita akan menyicil membayar bertahun-tahun ke depan menggunakan dollar Amerika plus bunga. Inilah kehebatan China. Bisa menabung dollar dalam jangka waktu yang panjang hingga cadangan dan kas negara terus bertambah dari hasil membangun di negara-negara seperti Indonesia, Srilanka, Papua Nugini, dll. Dollar masuk terus dan hal ini tentu membuat Amerika yang biasanya menjadi negara nomor satu dalam segala hal tersalip oleh China. Maka fahamlah kita kenapa Amerika begitu ngotot perang dagang dengan China.

  22. Investasi asing ini memang memberikan banyak sekali kontribusi positif terhadap perekonomian yang ada di Indonesia. Tapi di satu sisi, kayaknya tenaga kerja asingnya yang bikin jadi kontroversi.

    Indonesia menurut aku sih bukan negara berkembang sebenernya yaaaa hihihi .. orang Konglomerat super kayanya banyak loh!

    Nah, China Fortune Land Development ini semoga ga kontroversi

  23. China Fortune Land Developmen aku baru tahu ini loh dan sepertinya banyak mengetahui tentang kota industri. Semoga ada komunikasi yang baik ya untuk pembangunan ini jadi masyarakat sekitar juga diuntungkan,

  24. Kota industri berbasis teknologi yang tetap peduli pada pelestarian lingkungan. Ini yang paling bener. Manfaatnya ga hanya perputaran uang yang dinamis, tetapi juga lingkungan lestari kini dan nanti.

Speak Your Mind

*

%d bloggers like this: