Pentingnya Asuransi Jiwa Terbaik untuk Pekerja dan Keluarga

Pentingnya Asuransi Jiwa Terbaik untuk Pekerja dan Keluarga

 

Asep, paralegal dari Naringgul masih binaan kami di Migrant Institute menginformasikan jika salah satu warga desanya ada yang meninggal saat bekerja di luar negeri. Asep meminta info lanjut untuk pemulangan jenazah dikarenakan keluarga yang ditinggalkan di kampung termasuk keluarga yang tidak mampu.

Kejadian seperti ini sering masuk laporan kepada kami. Tidak hanya di wilayah Jawa Barat, tetapi banyak juga laporan serupa dari provinsi lain. Mayoritas keluarga pekerja yang meninggal tidak tahu bagaimana proses anggota keluarga mereka berangkat bekerja ke luar negeri. Sehingga saat terjadi kematian mereka tidak tahu apa dan harus bagaimana.

Sering saya menangis diam-diam ketika mengetahui jenazah meninggalkan keluarga yang masih harus dibiayai. Bukan hanya sekolah atau modal usaha, melainkan biaya makan sehari-hari dan bahkan hutang yang tidak sedikit. Kalau sudah sang tulang punggung keluarga tiada, mau dari mana penghasilan pengganti didapatkan?

Masih beruntung jika sang pekerja berangkat melalui prosedur. Setidaknya ia memiliki asuransi baik itu asuransi yang diwajibkan pemerintah maupun asuransi lainnya. Bagaimana jika si pekerja berangkat secara ilegal? Jangankan asuransi ketika kejadian tidak diinginkan sewaktu-waktu bisa terjadi, hak berupa gaji sendiri pun sangat sulit untuk dipertanyakan.

Beda lagi dengan kasus yang dialami teman dari Brebes, Jawa Tengah. Ia bekerja sebagai nelayan ke Taiwan dengan proses resmi. Ia mendapatkan perlakuan tidak baik dari kapten kapal hingga terjadi bentrokan dan menyebabkan ia sakit sampai meninggal. Semua anak buah dalam kapal tahu kronologis kejadian sehingga memudahkan segala urusan hukum.

Meski semua sedih tapi pengurusan jenazah dan pemenuhan seluruh hak bisa diselesaikan tuntas dalam waktu tiga hari saja. Yang lain bisa berbulan-bulan lho. Pihak perusahaan pengirim jasa tenaga kerja, pihak agency sampai perwakilan pemerintah dalam hal ini Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI) semua turun tangan. Semua dokumen dan kelengkapan almarhum mudah didapat karena tersimpan rapi dan tercatat.

Karena terdaftar secara resmi, pengeluaran semua dicover dengan cepat oleh asuransi sehingga bisa menghemat biaya saat menghadapi kejadian yang tidak diinginkan itu.

Kepulangan jenazah memang diiringi Isak tangis dan ratapan keluarga. Namun tanggungan biaya sekolah anak serta nominal asuransi kematian semua sudah cair bersamaan dengan jenazah yang diterima pihak keluarga. Sedih tapi kelangsungan hidup ahli waris tidak terjeda.

Dari kejadian seperti itu bisa diambil kesimpulan bahwa memiliki asuransi jiwa disamping asuransi ketenagakerjaan yang diwajibkan pemerintah itu sangat penting dan bermanfaat khususnya bagi pekerja dan keluarga.

Memang sangat sulit menghadapi kenyataan jika salah satu anggota keluarga meninggal dunia. Beban emosional tidak bisa disembunyikan. Tapi setidaknya jika sudah memiliki asuransi jiwa itu dapat meringankan beban finansial bagi keluarga.

Saat ada keluarga meninggal, masalah dan kesulitan yang dihadapi tidak hanya emosional, bukan? Tetapi juga finansial. Itulah mengapa sangat penting untuk memiliki asuransi jiwa sebagai pelindung pekerja dan keluarga. Perlindungan ini yang akan memberikan keluarga kita keamanan finansial bila terjadi hal yang tidak diinginkan.

Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi esok atau lusa, apalagi di masa depan dan padahal resiko itu selalu ada. Seperti resiko kematian para tenaga kerja itu misalnya, dapat menyebabkan kerugian besar secara emosional, finansial, dan fisik. Kita tidak bisa mengendalikan atau memprediksinya, tetapi dengan asuransi jiwa kita bisa melindungi diri dan keluarga apabila hal ini terjadi.

Sekarang ini, perusahaan asuransi di Indonesia bak jamur di musim hujan. Banyak menawarkan berbagai paket. Bagi orang awam ini justru bikin bingung.

Jangan bingung, karena sekarang banyak paket asuransi jiwa yang sangat terjangkau. Seperti di Lifepal, menjamin pengembalian penuh premi pada akhir periode jika belum ada pengajuan klaim. Murah, bukan?

Kenapa sih asuransi jiwa sangat murah? Karena asuransi jiwa tidak memiliki resiko finansial. Klaim hanya bisa dilakukan apabila yang diasuransikan meninggal dunia dan jika tidak terjadi pada rentang waktu polis maka penerima akan mendapat uang kembali.

Karena itu ketahuilah cara memilih asuransi yang cocok bagi kita sebelum berangkat kerja ke luar negeri, sehingga kita bisa mengambil keputusan terbaik. Cobalah akses pelayanan asuransi jiwa yang terpercaya, yang berpengalaman dan tentu saja memiliki reputasi baik.

Cara Memilih Asuransi Jiwa yang Tepat:

Cepat
Pilih yang memberikn kenyamanan dan kemudahan. Saat ini sudah ada asuransi yang dilakukan secara online

Sederhana
Pemaparan dan penjelasan mudah dimengerti dan transparan tanpa biaya tersembunyi

Terjangkau
Sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan penghasilan kita selama bekerja di rantau

Melayani
Mudah dihubungi. Sebelum dan sesudah kita menjadi pengguna asuransi mereka tetap menjalin kerjasama yang biak.

Klaim
Saat hal tidak diinginkan terjadi, pengajuan asuransi mudah kita lakukan dan transparan.

Jaminan
Jika orang diasuransikan tidak meninggal dunia pada rentang waktu polis maka akan mendapat uang kembali.

Lebih baik menjaga daripada menyesal. Kita bekerja untuk kebahagiaan keluarga, bukan? Jadi lakukan yang terbaik sebelum hal tidak diinginkan menimpa kita.

Pengalaman nyata selama saya bergabung menjadi paralegal di Migrant Institute dibawah naungan Dompet Dhuafa ini semoga ada manfaat yang bisa diambil ya…

Comments

  1. Bener juga sih mba, kasihan pas ngelihat ada yang meninggal tapi masih ada keluarga yang butuh biaya. Apalagi jika pekerjaan yang dilakoni berisiko kematian. Penting banget memang asuransi jiwa itu 🙁

  2. Itulah penting asuransi, ibaratnya kita sudah sedia payung sebelum hujan sehingga ketika kedepannya terjadi apa-apa terhadap diri kita ataupun keluarga maka akan aman saja terutama dalam masalah ekonomi keluarga

  3. Yang penting itu klaimnya mudah ya sista, banyak yang ikut asuransi berbuntut kekecewaan. Padahal asuransi penting ya

  4. Iya nih, insurance itu penting bangeeettt tapi sayangnya belum banyak yg teredukasi secara komprehensif mengenai urgensi asuransi ya Teh

  5. Sedia payung sebelum hujan ya mba, walaupun sudah jaga pola makan dan gaya hidup tetap perlu asuransi jiwa, biar tidak merepotkan orang lain

  6. Asuransi ini jadi proteksi untuk keluarga yang sekaligus bisa jadi investasi juga. Tinggal cerman memilih produknya aja yg sesuai sama kebutuhan juga anggaran ya mb

  7. Amanda Desty Yunistyani says

    asuransi jiwa ternyata penting ya mbak. makasih banget udah dikasih cara memilih asuransi jiwa yg tepat. bener bgt mbak lebih baik menjaga daripada menyesal

  8. Benar banget ya, sebenarnya asuransi itu penting banget, menjadi proteksi buat keluarga.
    Cuman masih banyak juga yang belum ngeh atau lebih tepatnya belum mengenalnya secara mendalam, btw baru dengar nih saya asuransi lifepal 🙂

    • Butuh banget nih edukasi buat asuransi pada khalayak umum, agar semua pada ngeh manfaatnya dan tahu cara mencintai keluarga dengan memproteksi mereka pakai asuransi jiwa.

      Keren banget mah asurasi lifepal ini

  9. Kita memang tidak pernah tau akan kejadian di hari kemudian ya Teh. Makanya perlu untuk memiliki proteksi seperti asuransi begini. Bisa jadi ada anak istri yang masih menjadi tanggungan saat si pekerja mengalami hal-hal yang tidak diinginkan.

  10. Aku baru tahu asuransi ini, iya dengan banyaknya asuransi, malah bikin bingung, bukan saja orang awam, aku pun begitu, masih pilah pilih dan mnecari tahu lebih banyak lagi mengenai hal2 yang baru. ma aksih sharingnya ya

  11. Nggak cuma perlu asuransi kesehatan dan tenaga kerja saja ya, menjaga jiwa dengan melindunginya juga sangat perlu. Karena kan namanya bekerja pasti meninggalkan keluarga, jadi agar keluarga yang kita tinggalkan tersebut tidak lagi merasa khawatir

  12. Subhanallah, pasti sedih banget ya kalau suami kerja jauh eh tiba2 saja pulang dalam keadaan sudah meninggal. Hiks.

  13. Makasih tipsnya teh, kadang kurang baca di prodesur claimnya… Jadi beberapa orang sperti tertipu sama asuransi.

  14. Uang asuransi terkadang emang bisa membantu dikala kita butuh. Apalagi kan uang asuransi itu uda diprogram buat keluar tiap periode tertentu buat yg ikut asuransi life.

  15. Setuju banget mba memang asuransi sangat penting seperti menyiapkan daya imun sebelum vitus-virus datang ya

    • Asuransi Jiwa sangat penting yah terutama untuk keluarga yang ditinggalkan. Apalagi kalo anaknya masih kecil-kecil. Dengan adanya asuransi Jiwa, kebutuhan tercukupi meski orangtua meninggal.

  16. Iya banget, asuransi jiwa sangat penting buat para tulang punggung keluarga. Sekaligus keluarganya. Biar semua risiko bisa teratasi. Hari gini tea atuh ya, segala hal gak bisa diprediksi. Walopun kita sudah berhati-hati.

  17. Pas baca ini jadi Ingat guru TK yang suaminya di kubur di luar negri karena tidak Ada biaya ke Indonesia. Ia sakit sih di sana bukan Karena kasus hukum.

    Sedih pastinya tidak bisa melihat jasa orang yang Kita sayangi. Pakai asuransi buat jaga jaga aja sebelum berangkat

  18. Aku dan suami juga udah punya asuransi jiwa mba. Penting untuk bersiap – siap saat dibutuhkan yaa

  19. Pengetahuan mengenai asuransi ini Emang penting banget menurutku untuk semua kalangan, karena masa depan kan nggak terprediksi

  20. Benar banget ya teh okti, asuransi ini penting banget. Bukannya minta ada apa-apa, namun bila terdaftar setidaknya kita bisa lebih tenang saat meninggalkan keluarga untuk bekerja keluar negeri. Mana kebutuhan finansial untuk masa depan relatif meningkat ya….

  21. Betul sekali ya mba..kita tidak tahu apa yg terjadi esok lusa..maka menyediakan asuransi sebagai ‘payung utk masa hujan’ adalah upaya yang sangat penting.

  22. Bener banget kak, asuransi ini emang penting banget buat jaga2 dan kalau boleh pilih pentingnya sih asuransi jiwa murni ya.

  23. ternyata banyak kejadian tenaga kerja indonesia yang meninggal saat bekerja di luar negeri ya. #sad
    bener banget ya, harus meng-cover diri dengan asuransi jiwa, terutama yang punya tanggungan.

  24. Sedih mendengar perjuangan para pekerjaan Di luar demi keluarga di rumah. Salut juga Sama mereka. Tapi emang Yang namanya Jaga Jaga itu penting ya mom, bukan buat sendiri Aja to buat keluarga

  25. indah AiJ says

    sebenarnya asuransi itubsangat membantu, layaknya hidup yang selalu sedia payung sebelum hujan tapi miris juga saya terkadanf kalau ada edukasi maalh asuransi orang mrmandang sebelah mata.

  26. Asuransi jiwa ini memang sepenting itu sih ya. Asuransi lain juga penting sebagai tambahannya.

    Senangnya skrg banyak asuransi yg harganya terjangkau

  27. Asuransi memang buat perlindungan masa depan dan buat berjaga jaga jika terjadi apa2 sama kepala keluarga agar anak bisa terjamin hidupnya y mba

  28. Sedih ya kalo ada yang meninggal dan tidak memiliki sesuatu harta berharga yang bisa ditinggalkan untuk keluarganya. Orang bilang harta bukan yang utama, tapi ternyata menjadi hal penting keberlangsungan sebuah keluarga. Saya percaya asuransi bisa menjadi jaminan keamanan harta untuk keluarga yang ditinggalkan

  29. Asuransi memang penting banget mba, soalnya kita gak tau apa yg bakal terjadi kedepannya sama kita atau orang2 tersayang. So far saya masih pakai asuransi dari kantor mba karena sudah disediakan.

  30. Asuransi jiwa memang penting banget yaa apalagi untuk pencari nafkah di keluarga, karena kalo terjadi apa-apa padanya anggota keluarga lain masih mendapatkan perlinndungan 🙂

  31. Asuransi sangat penting, terutama untuk yang ditinggalkan, msalnya anak saat orang tua dipanggil menghadap Yang Maha Kuasa. Namun, harus dilihat juga kesehatan perusahaan asuransi dan kemampuan mengembalikan dana, bila terjadi sesuatu. Oh ya, Lifepal itu asuransi dari mana, ya bu? Khusus pekerja migran?

  32. Asuransi yang minim harus dipunyai tiap orang ya asuransi jiwa ini. Proteksi sudah terjamin meskipun preminya lebih murah dibanding produk asuransi lainnya.

  33. untuk pekerjaan tertentu apalagi yang berisiko tinggi perlu banget punya asuransi jiwa. Seperti kisah nelayan di atas ya Teh. Miris tapi asuransi menjadi penolong di saat yang tepat.

  34. setiap pekerjaan punya resiko masing2 ya kak. saya bergidik ngeri baca cerita di atas. saya selalu berdoa agar suami bisa berangkat dan pulang kerja dg selamat. tapi itu ajah gak cukup, tetep kudu ada asuransi jiwa

  35. Aku pilih asuransi juga yang bisa melindungi keluargaku dengan baik, teteh. Selain itu yang harganya terjangkau tapi perlindungan maksimal 🙂

  36. Pake asuransi emang penting tapi harus tau dan udah paham banget penjelasan asuransi seperti apa takutnya pas beberapa tahun kemudian benefit nya ga ada

  37. Asuransi zaman now emang penting banget yaa. Krn masa depan yg makin gk bisa diprediksi.Kalau aku mungkin pertama liat biayanya hehe sesuaikan kemampuan membayarnya tiap bulan. Trus sama banyaknya mungkin RS yang kerjasama plus kemudahan klaimnya.

    • Duh Sedih baca kisahnya. Untung berakhir baik yaaa
      Bener banget asuransi jiwa khususnya buat kepala keluarga tu penting banget. Selain BPJS.
      Menyisihkan sebagian pendapatan utk asutansi merupakan investasi jg buat kelangsungan hidup anak cucu yaaa

  38. Ga kebayang kalau suami sang pencari finansial tetap secara tunggal. Inilah pentingnya asuransi dan bisa memberikan kemudahan finansial. Dari tulisan ini saya mengenal Lifepal mbak.

  39. Seperti manfaat payung saat hujan ya teh .buat jaga jaga nih… aku sampe detik ini masih belum sih…pengen jg sebenarnya..hehe

  40. Asuransi itu kelihatan manfaatnya di masa depan. Doanya sih semoga kita selalu diberi kesehatan dan gak terjadi apa-apa. Tapi takdir, siapa yang tahu? Makanya butuh persiapan kaya ikut asuransi

  41. Jaman sekarang asuransi sudah jadi kebutuhan wajib, apalagi asuransi jiwa.. memang harus punya, karena kita ngga akan pernah tahu apa yang akan terjadi dimasa depan ya teh.. bismillah punya asuransi jiwa salah satu ikhtiar juga untuk menjaga diri

  42. Asuransi Jiwa, asuransi kesehatan, dan asuransi pendidikan itu concern utamaku untuk join asuransi

  43. Cari penyedia asuransi jiwa yang terpercaya & gampang saat claim ya. Penting banget memang asuransi jiwa apalagi buat kepala keluarga untuk berjaga-jaga demi masa depan keluarga

  44. Kalau yang bekerja memang asuransi jiwa itu penting banget teh, kejadian kecelakaan kerja kan seringkali terjadi karen human error di pabrik juga suka sampe ada yang meninggal makanya kalau ada asuransi jiwa sebagai jaminan ya teh

  45. Oh ini produk dari Dompet Dhuafa?
    Asuransi Jiwa Lifepal?
    Jadi pengin tanya-tanya banyak hal mengenai asuransi Lifepal.

  46. Benar sekali teh, asuransi jiwa itu ibarat kita sedia payung sebelum hujan..

    Buat berjaga-jaga

  47. baru kemarin aku ngomongin soal ini mba. dan emang penting banget ya. aku sendiri masih belajar dan cari tahu soal asuransi nih. makanya banyak sharing sama temen-temen

  48. Ak jg lg mendalami bagaimana seluk beluk asuransi kesehatan karena ya untuk masa depan mba

  49. Akupun masih cari-cari asuransi yang cocok teh, dapet lagi nih referensi dari teteh..semoga dapat segera menentukan pilihan karena asuransi itu penting banget

  50. Waah saya malah baru tau kalau pemulangan jenazah TKI itu ditanģgung asuransi buat yg TKI legal. Kirain biayanya ditanggung pemerintah.

    By the way baru tau ada asuransi lifepal ini. Baru ya sepertinya.

  51. Ah bener ya Teh Okti, suka sedih kalau tulang punggung keluarga meninggal dan keluarganya masih membutuhkan biaya, disitulah pentingnya asuransi

  52. penting juga ternyata punya asuransi jiwa ya mbaa.
    jika terjadi hal2 yg tidak diinginkan setidaknya beban finansial keluarga tidak terlalu berat.

  53. Kisahnya bikin sedih. Memang sebagai tulang punggung keluarga harus punya minimal asuransi jiwa, sebab premi lebih murah dan uang pertanggungannya yang lumayan besar untuk ahli waris.

  54. Setelah mendengar kisah di artikelnya, saya merasa sedih sekali mbak. Tak dipungkiri memang harus punya asuransi jiwa itu penting sekali

  55. Pola hidup sehat rasanya lebih penting

Speak Your Mind

*