Travel Umrah Haji: Tips Memilih Paket Umrah Murah

Tips Memilih Paket Umrah Murah

Sumber https://alhijazindowisatapt.com

 

Dengar-dengar dari tetangga, kalau Bu Dendi lagi kecewa sekaligus sedih. Pemilik perusahaan pakan ternak yang rumahnya terhalang mesjid dan sawah dari rumah saya itu gagal keangkut berangkat haji tahun 2019 ini. Dasar orang serba punya, belum jadi pergi haji, sebagai bentuk pelampiasan positifnya ia bersama suami dan ibu mertuanya langsung memilih Paket Umroh Oktober tahun ini juga.

Alhamdulillah ya tetangga sudah ada niat dan usaha untuk melaksanakan ibadah haji sekaligus umrah. Kata orang menjadi tamu Allah itu ibarat mendapat hidayah. Kalau belum ada ridho Nya, sekuat apapun keinginan manusia selalu saja ada kendalanya. Tapi sebaliknya, jika Allah sudah berkehendak meski secara kasat mata kemampuan finansial tidak mencukupi, ada saja jalan untuk melakukan rihlah muqadassah alias perjalanan suci umat Islam menuju Baitullah. Entah itu dengan cara mendapat hadiah, diberangkatkan orang lain, dan cara-cara lainnya yang mungkin tidak bisa diduga akal manusia.

Di kampung saya memang sudah banyak masyarakat yang memiliki gelar haji. Maklum Cianjur kan terkenal sebagai kantong pengiriman TKI ke Arab Saudi. Nah sambil menyelam minum air, sambil bekerja di tanah suci mereka yang bernasib baik sekaligus sambil melakukan ibadah haji atau umrah. Karena itu ketika pada pulang kampung, banyak yang mengaku sudah berhaji sehingga masyarakat menambahkan embel-embel haji di depan nama yang bersangkutan. Untung saja gak dinamakan kampung haji, hehehe… Kini sih yang wara-wiri ke tanah suci bisa dibilang sepi. Bahkan tidak ada yang berangkat ke sana karena ada moratorium.

Salah satu cara untuk “menyusul” mendapatkan gelar haji hanya dengan melalui jalur resmi ibadah haji atau umrah itu tadi. Seperti yang dilakukan Bu Dendi dan keluarganya.

Minat masyarakat untuk berangkat umrah pernah sepi setahun kemarin gara-gara ada kasus penipuan calon jemah haji yang dilakukan biro travel umroh. Bagai trauma, masyarakat banyak yang enggan melakukan umrah dan keukeuh memilih untuk berangkat melalui ibadah haji saja. Mereka pikir kalau ibadah haji pembayaran dan urusan lainnya itu kan dilakukan dengan bank yang resmi ditunjuk Pemerintah jadi tidak khawatir kena tipu. Padahal tentu saja tidak semua biro travel umroh curang. Masih ada banyak jasa biro travel umroh yang juga amanah.

Tidak salah sih masyarakat memiliki pemikiran yang bisa diartikan sebagai kewaspadaannya itu. Karena memang informasi travel umroh resmi pun jarang sampai ke masyarakat paling bawah.

Terlepas dari itu semua waspada dan teliti memang harus kita kedepankan ya dalam setiap urusan yang sensitif dengan sejumlah pembiayaan alias uang. Toh kalau sudah terjadi yang akan menyesal bukan pihak lain. Contohnya mereka ribuan calon jemaah haji yang gagal berangkat itu, sementara uang mereka pun entah bagaimana nasibnya. Entah kembali entah tidak. Semoga saja dimudahkan dalam setiap urusannya.

Nah agar terhindar dari penipuan seyogyanya kita harus benar-benar memperhatikan beberapa hal sebelum menentukan memilih biro jasa travel umroh.

Teliti dalam beberapa hal berikut supaya terhindar dari penipuan biro jasa travel umroh:

Teliti dan waspada dengan kata murah.

Kita harus kritis karena dibalik murah ini sesungguhnya tersimpan misteri. Apa-apa serba naik masa ini justru banting harga? Modus salah satu biro travel umroh yang sudah ditangani penegak hukum pun adalah memberikan biaya yang sangat murah kan ya?

Teliti dan perhatikan fasilitas yang ditawarkan

Bertanya dan cari informasi mengenai fasilitas yang akan didapat jemaah selama melaksanakan umrah seperti bagaimana kondisi pesawat, dimana letak hotel untuk menginap, dan bagaimana track record biro penyelenggara perjalanannya apakah sudah banyak testimoni positif?

Teliti waktu keberangkatan

Cari informasi mengenai kepastian jadwal keberangkatan pesawat terbangnya. Biasanya untuk keberangkatan secara besar-besaran biro perjalanan sudah menentukan tiket pesawat. Dengan cara sudah booking jauh hari. Jadi kalau sudah ada tiket, kepastian penerbangan persennya kecil untuk dibatalkan.

Teliti dan cek lokasi kantor travel

Jangan tergiur dengan iklan bagus di brosur atau flyernya. Meski ada foto gedung megah, ada alamat lengkap dan sebagainya tetap kita harus mengecek ke lokasi kantor travel perjalanan umroh itu berada. Selain memastikan keberadaannya, kita juga bisa sekaligus bersilaturahmi, ya kan?

Ada tips lain untuk meminimalisir aksi penipuan biro perjalanan umrah? Boleh dong ditambahkan. Semoga bermanfaat dan itu akan jadi amal baik kita lho.

Masa waktu ibadah haji di bulan Zulkhaidah, Zulhijjah dan Muharram memang masa penuhnya seluruh umat Muslim dari berbagai penjuru dunia melaksanakan ibadah ke tanah suci. Selepas jemaah haji kembali ke negara masing-masing baru Baitullah kembali lengang. Nah saat itu biasanya banyak perusahaan biro travel yang memberikan paket diskon sekaligus promosi sebagai daya tarik perusahaan kepada para jemaah.

Saya dengar Bu Dendi dan keluarga yang akan berangkat umrah pada bulan Oktober 2019 yang bertepatan dengan bulan Rabiul Awwal itu juga memilih paket Umroh Promo sebagai jalan keberangkatan mereka. Kita sih sebagai tetangga pastinya mendoakan yang terbaik saja. Semoga lancar segala urusannya. Semoga kita pun segera diberi kesempatan menyusul mendapatkan gelar haji. Amin.

 

 

Comments

  1. perlu nih diperhatikan tips-nya, karena memang semua rencana bisa berantakan sebab ulah penipu(an).

  2. Makasih tipsnya teh, kepengen banget ke tanah suci. Semoga bisa segera terlaksana. Amin…

  3. Inka Amalia says

    Alhamdulillah aku jadi mudah teh cari biro jasa umroh, karena sekalipun yang punya nama kalau pemimpin nya gak amanah akan tetep aja kecolongan. Aku mau coba baca lagi ah terus aku cari tau tentang AlHijaz ini

  4. Setuju mbak! Bu ustadzah juga bilang katanya ke tanah suci itu nggak perlu nunggu panggilan lagi karena Allah udah manggil dari dulu. Tinggal kitanya aja niat atau nggak, kalau niat ya ikhtiarnya daftar! :))

  5. Ketelitian dan gali informasi memang perlu banget sebelum memutuskan dengan biro perjalanan umroh mana yang akan dituju, salah satunya lewat review seperti ini.

  6. Tips yang oke banget teh, satu lagi sih menurut aku kalau bisa ustadznya yang kita kenal baik 🙂

  7. Setelah baca tulisan ini, saya was was lagi untuk umroh pakai biro jasa swasta….semoga saya bisa segera umroh..aamiin

  8. Wah terimakasih tipsnya, skrg memang perlu lebih jeli memilih, karena banyak jasa yang menawarkan, apalagi pernah ada yang terkena kasus penipuan ya mbak.

  9. Iya ya mbk, kadang pas lihat brosur yang wah jadi pingin buru buru langsung pingin berangkat. Apalagi murah heuheu… Padahal segala hal harus di cek n ricek terlebih dahulu, apalagi masalah umroh

  10. Bener ini teh harus teleti bnget krn kejadian kk ku kena tipu travel umroh ,,, jd Pembelajaran bngt untuk mengetahui asal usul , kantor dan kwalitatasnya

  11. Travel umroh memang harus pilih yang benar ,jangan sampai salah. Bisa berabe. Uang bisa hilang di bawa kabur atau terlantar di negri orang

  12. Hihi iya ya mba lucu juga kalo namanya jadi kampung haji. Btw betul banget harus cari travel terpercaya, krn yg jd jaminan bukan hanya yang to waktu. Nyesel banget udh nunggu lama lama eh gagal berangkat krn kesalahan travel 🙁 naudzubillah

  13. Iya jangan tergiur sama yang murah2 ya.
    Harus cek jg latar belakang travel juga surat2 izinnya.
    Mungkin bisa nanya2 ke yang sebelumnya berangkat pakai travel A, B, atau C, jd kudu bener2 yakin travelnya terpercaya.

  14. Milih umroh aja harus hati2 ya, padahal itu ibadah. Hmmm banyak yg suka ambil keuntungan sendiri tanpa mikirin org lain. Hiks

  15. Terima kasih untuk informasinya, mbak.
    Aku coba infokan ini kepada keluarga yang akan Umroh

  16. iya memang aku juga sedih sama kasus-kasus kemaren. Pas ibuku mau umrah aku ya was-was, tapi alhamdulillah semua amanah dari biro travelnya

  17. Kalau sekarang di CIanjur masih banyak juga gak yang dikirim kerja ke Arab? bener juga ya sekalian kerja plus ibadah jadi bisa haji sekalian.
    PIlih-pilih paket umrah murah harus hati2 supaya gak ketipu ya, sayang kan uangnya udah masuk trus gak jadi berangkat

  18. Wah jadi ingat waktu saya dan suami berangkat haji tahun 2014 lalu. Merasakan suasana ibadah di tanah suci, suami sampe kepikiran pengen kerja di tanah suci. Alasannya agar bisa umroh kapan pun dia mau, masya Allah… kayaknya doanya nggak diijabah Allah, karena ibunya masih membutuhkan kehadiran nya tiap waktu tertentu.

    Soal pilihan biro jasa umroh atau haji, harus hati-hati juga. Adik iparku tahun 2017 gagal berangkat, pas rame2 nya dengan biro jasa umroh yang heboh itu. Tapi alhamdulilah tahun kemarin bisa berangkat juga bersama kakak ipar dan suaminya.

  19. Tipsnya boleh banget ini untuk mertuaku. Tapi sayangnya mertuaku udah kena nih kayaknya dengan travel umrah yang kurang profesional. Harusnya mereka berangkat tahun 2016 lalu, tapi entah dengan berbagai macam alasan, sampe hari ini belum kunjung berangkat. Kasihan jadinya lihat mertua yang udah berharap banyak bisa berangkat, tapi tak kunjung juga bisa berangkat.

  20. Mengingat maraknya penipuan dengan paket Umroh maka bener tips ini sangat membantu ya mbak. Tidak percaya sama rayuan murah tapi abal-abal ya mbak.

  21. bener, pokoknya sekarang harus waspada dengan penawaran umroh bujet rendah. yang realistis aja ya lah ya

  22. Mengingat sudah banyak orang yang ditipu oleh travel umroh menjadikan kita lebih berhati-hati lagi memilih travel umroh. Jangan gampang tergiur dengan promo murah, meski lebih jeli lagi. Thanks tips nya teh.

  23. Kalo aku nomor 1 cek legalitasnya mba. Kedua cek testimoni pengguna baru deh cek2 harganya hihi memang yg termurah belum tentu menjamin keamanan ya

  24. Memilih travel umroh ternyata gak semudah itu yaa..
    Sekarang banyak orang yang menawarkan semacam bentuk kerjasama, semacam MLM.
    Siapa yang bisa mangajak 20 orang, maka akan berangkat umroh hanya dengan uang muka sangat ringan.
    Wallahu’alam…benar atau tidaknya.

  25. Ini bisa jadi referensi banyak orang jika mau memilih travel umroh, jangan mudah tergoda dengan kata murah, tapi harus teliti dulu sebelum memutuskan menggunakan travel umroh, cek kantornya, cek jadwal keberangkatannya.. dan yang paling penting menurut aku sih mengenal pemiliknya, apakah dapat dipercaya atau tidak

  26. Memang harus teliti ya jangan sampai kita tertipu hanya krn iming2 harga murah..tipsnya perlu banget n informatif banget tuh…

  27. Aaammiin. Miris ya dengan banyak travel umroh penipu. Sudah bayar tapi ga jadi berangkat. Benar-benar kita harus memilih travel umroh yang terjamin.

  28. Uniek Kaswarganti says

    Salah satu yang bisa kita lakukan untuk mencari travel umroh yang baik adalah melalui rekomendasi teman2 yang sudah pergi berumrah. Memang sih, penipuan berkedok travel umroh bikint trauma. Udah diniatkan menabung untuk pergi ke Baitullah, eh ada yang tega2nya ya nipu gitu.

  29. Intinya adalah teliti, ya, Mbak. Aku pribadi sukanya nanya-nanya dulu ke orang yang dikenal dan lebih merasa aman kalau pakai yang pernah dipakai dan dapat respon positif dari kenalan.

  30. Semoga ya, dengan makin banyaknya informasi seperti ini, banyak calon jemaah yang aware dengan travel umroh yang murah namun terpercaya. Ngeri deh lihat mereka yang kena tipu travel umroh beberapa waktu yang lalu itu 🙁

  31. Travel umroh yang terpercaya aja bikin deg-degan, apalagi yang murah. Wahh bs dopraktekjn tu tipsnya

  32. Aku jadi inget tetanggaku tergiur umroh murah 17 juta doang. Eh, sampe skrg ga berangkat2. Kasian jadinya . Emang kudu bener2 hati2 banget ya kalo ga ngerti milih jasa travel umroh yang kudu bisa dipercaya

  33. Calon jamaah harus cari banyak tahu tentang travel umroh tersebut. Bagi keluarganya yang melek internet dapat dengan mudah mencari informasi tersebut. Tetap kita berpedoman tentang ‘5 PASTI”
    PASTI Travelnya
    PASTI Jadwalnya
    PASTI Terbangnya
    PASTI Hotelnya
    PASTI Visanya

Speak Your Mind

*