Bicara Mengenai Jasa Transportasi Umum Marita dan Pelayananya

Lega rasanya, saat kita mengadukan permasalahan lalu mendapat respon positif. Apalagi berkaitan dengan pelayanan umum, seperti jasa angkutan PO. Marita, bus dengan trayek Cianjur-Jakarta.

Awalnya saya yang sering bolak-balik Cianjur-Jakarta untuk urusan pekerjaan merasa tidak nyaman dengan ulah oknum para kondektur yang menaikkan sendiri tarif dari Rp.23.000 menjadi Rp.25.000. Padahal, jasa transportasi bus dengan jurusan yang sama Parung Indah, bertarif Rp.22.000 saja.

Saking seringnya cek cok soal ongkos, saat melihat stiker bertuliskan SMS Pengaduan beserta alamat surel PO. Marita, saya langsung mengirimkan SMS pengaduan sekaligus email pengaduannya. Tanggal 18 Februari 2014 jam 10:32 saya mengirimkannya.

‪saya copy seperti ini permasalahannya:

‬:

Yth. Pengelola Marita

Langsung saja. Saya sering cekcok dengan kondektur Marita masalah ongkos yang sepele, namun karena kebiasaan, jadi dibiasakan.

Saya pernah baca pemberitahuan kalau tarif Marita Kp. Rambutan – Cianjur itu Rp. 23.000. Tapi di lapangan, nyatanya kondektur suka menaikan tarif menjadi Rp.25.000.

Tolong ditertibkan, supaya para kondektur Marita yang suka iseng begitu jadi disiplin. Konsumen akan lebih nyaman kalau tarif dan pelayanan sesuai standar dan maksimal.

Saya sudah sms ke sms pengaduan Marita. Saya juga terpaksa membuat email ini, karena kejadian cekcok dengan kondektur Marita sudah berkali-kali saya alami.

Tentu saja ini tidak nyaman, beda dengan menggunakan jasa transportasi lain dengan jurusan yang sama, yang tarif sesuai dengan ketentuan perusahaannya Rp.22.000.

Meski penumpang menyodorkan uang seratus ribu atau lima puluh ribu, tarif tetap Rp.22.000. Jelas beda sekali dengan Marita…

Penumpang lain mungkin menganggap hal tarif ini masalah sepele, hanya beda seribu dua ribu, dan juga mungkin karena mereka naik Marita tidak sesering saya yang hamipr tiap hari pulang pergi Jakarta-Cianjur.

Tapi bagi saya, selain tidak nyaman, sekali lagi demi ketertiban penumpang pada umumnya. Jadi mohon pengertian kepada pengelola Marita, tolong tertibkan tarif umum dan disiplinkan para kondekturnya.

Terimakasih
_________________________________________

Begitu isi pengaduan yang saya sampaikan. Saya tidak berharap akan mendapat respon apalagi balasan. Saya pikir sampai pun belum tentu. Entah dibaca pihak managementnya atau tidak.

Setelah sekian hari lupa dengan masalah pengaduan itu, baru saja saat saya buka ponsel, mata saya tertuju pada sebuah email dengan subjek: Re: Tarif Marita

Wah! Ada balasan rupanya? Gak sabar langsung saya buka. Isinya:

assalamu’alaikum Wr,wb,

trimakasih ibu okti yang terhormat, sebelumnya kami atas nama management dan crew mohon maaf atas kelakuan oknum crew marita yang membuat ibu tidak nyaman, apalagi masalah tarif, mulai tanggal 24 februari 2014, tarif kami menjadi Rp 22.000,- , supaya ibu tau crew yang melanggar sudah kami tindak lanjuti dan diberika  sanksi, terimakasih kepada ibu yang selalu menggunakan jasa kami.
hormat kami

management po marita

___________________________________________

Demikian isi email balasan dari PO. Marita. Tidak mengira juga email pengaduan akan direspon begitu cepat dan dapat apresiasi penuh. Benar tidaknya, besok pagi saat akan ke Jakarta saja kita lihat bagaimana nyatanya di lapangan.

Tak lupa saya balas kembali email tersebut:

Waalaikumsalam. Wr. Wb.

Saya ucapkan terimakasih kepada management Marita yang sudah menindaklanjuti permasalahan tarif.

Terimakasih juga untuk menstandarkan tarif sehingga sama dengan jasa transportasi lainnya dengan trayek yang sama Jakarta-Cianjur menjadi Rp.22.000..

Memang saya sudah baca kertas pemberitahuan di berbagai tempat umum bertuliskan tarif Marita Rp.22.000. Dan hari kemarin itu juga saat saya naik Marita dari Jakarta ke Cianjur menyodorkan uang seratus ribu, kondektur memberikan uang kembali sebesar Rp.75.000.

“Dua ribu lagi nanti ya, Teh. Belum ada receh.” Demikian ucap si Kondektur.

Saya tunggu sampai daerah Panembong si Kondektur belum juga memberikan sisa kembalian. Malahan seolah melupakan dan menganggap uang receh dua ribu itu kecil nilainya. Padahal dia berkali-kali bolak-balik ke pintu depan dimana saya duduk, dan saya juga tahu dia memegang uang termasuk lembaran receh dua ribuan.

Mungkin si kondektur pikir saya tidak akan menagih? Sekali lagi bukan saya keterlaluan jika uang segitu saja masih dipermasalahkan. Tetapi kembali kepada komitmen, kejujuran dan tanggung jawab dia sendiri. Maka saya menagih uang kembaliannya Rp.2.000. (Padahal kalau sesuai peraturan tanggal 24 Februari seharusnya kembalianya Rp.3.000 lagi dong ya? 🙂 )

Saya pikir kami akan cekcok lagi. Tapi ternyata tidak. Si kondektur tanpa bicara apa-apa dia menyodorkan uang dua ribu sebagaimana ucapannya.

Saya pikir sejauh itu sudah ada perubahan yang signifikan dan positif. Semoga bisa dipertahankan dan bahkan ditingkatkan.

Semoga peningkatan pelayanan ini membuat konsumen pengguna jasa angkutan umum Marita pada khususnya merasa lebih nyaman.

Maaf jika dengan adanya email pengaduan saya ini membuat management Marita terganggu dan direpotkan.

Sekali lagi saya sangat salut dan benar-benar mengapresiasinya.

Terimakasih…

___________________________________________

Comments

  1. Mba, aku mau tanya dong. Untuk bis jurusan kampung rambutan-cianjur jam paling malam jam berapa ya? need urgent. Thanks ^^

    • Okti Li says:

      Untuk bus Marita 24 jam nonstop ada Mba… Jurusan terminal Kampung Rambutan – Cianjur (Jebrod/terminal Pasir Hayam). Bus AC lainnya ada Parung Indah, kalau bus non AC, seperti Karunia Bakti, atau Doa Ibu, itu juga lewat Cianjur 24 Jam ada terus, tapi itu hanya lewat Cianjur Kota (Ramayana) tidak ke Pasir Hayam kalau malam hari. Kalau siang hari sama lewat ke Pasir Hayam. Rata-rata ongkos sama. Tinggal kita saja pilih mau nyamannya bagaimana. Saya sendiri memilih naik yang AC PI. Trims sudah singgah di blog ini 🙂 salam kenal ya… Moga bisa jumpa di Cianjur, hihihihi…. 🙂

  2. Saya mau tanya, bener bus marita 24 jam? Berarti jam 5 subuh sudah ada ya? Atau saya minta email maritanya ya. Terimakasih (:

    • Benar Mba Yuni, 🙂
      Jangankan jam 5, sebelum subuh saja, jam 4, jam 2 dan jam 12 tengah malam juga ada.

      Bus Marita biasanya ngetemnya di Jebrod, dekat Toserba Selamat/depan Yomart.

      Silahkan saja ke sana langsung ya 🙂
      Email serta no hp nanti saya lihat dulu, takut salah soalnya…

    • Mba Yuni, ini email Marita:
      maritatrans@gmail.com

      Semoga bisa membantu 🙂

  3. Boleh Tanya biasanya marita keberangkatannya berapa menit sekali ya?

    • Tidak pasti berapa menit sekali, yang pasti selalu ada.
      Jadi sistemnya dari Terminal Pasir Hayam Jebrod itu kalau yang satu berangkat, kemudian disusul oleh Marita lainnya. Tidak berani ngetem lama karena sekarang ada kompetitor Bus lainnya, selain ada Bus jurusan yang sama Parung Indah, juga banyak Bus jurusan kota Jkt- Tasik, Garut yang lewat Cianjur juga….

  4. Dear Mbak OKI

    Boleh minta alamat email atau no hp pengaduannya mbak

    Terima Kasih

  5. Dear Mba Oki..

    Saya inngin bertanya mengenai jadwal pemberangkatanbis marita jurusan merak cianjur.
    Terimakasih.

    • WAH, MOHON MAAF…
      Kalau PO Marita jurusan Cianjur – Merak saya belum tahu banyak. saya hanya bisa memberikan alamat email PO Marita ini: maritatrans@gmail.com
      mungkin bisa bertanya langsung mengenai jadwal serta tarif resminya secara langsung kepada managementnya,

      Terimakasih, semoga bisa membantu 🙂

  6. Dear mba okti saya boleh tau alamat surelnya marita tidak? Soalnya sampe sekarang msh ada aja oknum yg menaikan tarif seenak jidatnya

    • boleh sekali Mba Julian….
      ini alamat emailnya: maritatrans@gmail.com
      semoga membantu dan bisa menyelesaikan masalah

      biasanya, dari managementnya sudah diatur, tapi para kondektur yang suka buat aturan sendiri khususnya soal tarif
      yuk mari kita buat laporan (saya juga sudah kesal lagi dengan tarif baru yang masih belum stabil dan masih suka mencekik penumpang ini)
      Semoga management PO Marita bisa mendisiplinkan para awak pekerjanya supaya aman dan lancar untuk semua penumpang 🙂

      maaf saya telat balas, saya baru bisa buka blog lagi 🙂

  7. Kenapa ga mau ksh alamat email sama nomor hp marita??? Saya juga punya keluhan 31 des 2014 cianjur rambutan 32.000 semua org lagi brengsek marita

    • Mohon maaf sekali atas ketidaknyamanan.
      Saya jarang buka blog, kalopun buka dari ponsel, sulit membuka dashboard.
      berikut alamat email PO Marita: maritatrans@gmail.com
      kalau nomor hp pengaduan, mohon maaf, tidak saya simpan dan di hp sudah terhapus.
      Saat itu saya dapat no hp serta alamat emailnya dari stiker yang ditempel di bus Maritanya
      kalau emailnya ini, saya lihat lagi dari arsip email tahun lalu, saat saya mengadukan soal tarif yang semena-mena.

      Semoga membantu.

  8. Dear mb , saya mau tanya klo bus marita kp rambutan – cianjur melewati taman nusantara tidak? Dan apakah kalau mau ke taman nusantara bisa langsung naek bus marita langsung jurusan cianjur atau harus naik angkot lagi?
    Oya mb, kalau pulang dari taman nusantara ke arah jakarta apakah ada bus marita yang melintas di depan taman nusantara? Apa kah bus marita selalu ada 24 jam ?
    Maaf mb banyak pertanyaannya . Terimakasih

    • Ya Mba. Bus Marita melewati. Tapi tidak di depan tamannya. Hanya jalan masuknya saja. Karena ke Taman Bunga Nusantara masih masuk lagi ke dalam. Bisa menggunakan angkutan kota yang memang tersedia.
      Jadi turun dari bus Marita di simpang taman bunga, lalu naik angkot ke taman bunga nusantaraya.
      Pulangnya juga demikian, dari taman bunga naik angkot sampai jalan raya. nanti nyegat bus Marita yang akan ke Jakarta (Kp. Rambutan) ya, bus Marita ada 24 jam Mba 🙂 sering lewat, paling lambat setiap 15 menis sekali.

      Semoga membantu ya 🙂

  9. Mohon pencerahan utk angkutan/transportasi Jakarta-Cianjur (via Puncak) says:

    Assalamualaikum wr.wb.,
    Saya ingin “napak tilas” dg transportasi darat alias bus (ac tentunya)… utk rute Jakarta-Bandung/Cianjur lewat Puncak Pass.
    Mohon pencerahannya. Dmk Terima Kasih.

    Wassalamualaikum.

    Ridwan

    • Terimakasih sudah mampir di blog ini Mas Ridwan…
      utk Rute Jakarta Bandung via Puncak, yang saya tahu saat ini sudah sulit ditemukan, karena kebanyakan, rute Jakarta Bandung selalu menggunakan jalur Tol. Jadi tidak mampir ke Puncak atau Cianjur.

      Kalau untuk Jakarta Cianjur, bus AC banyak. Bus tiga perempat AC diantaranya Marita dan Parung Indah.
      untuk Bus besar non AC yang lewat Cianjur (Puncak) diantaranya Bus Karunia Bakti (Jakarta Garut, via Puncak/Cianjur), Bus Doa Ibu (Jakarta Tasikmalaya, Via Puncak/Cianuur)

      Jika akan melanjutkan ke Bandung, bisa menggunakan Bus AC Bineka atau MGI Sukabumi Bandung via Cianjur.

      Demikian informasi yang bisa saya sampaikan.
      Maaf jika tidak berkenan.

      Salam.

  10. Rian Purnawan says:

    pagi min, mau tanya kan tnggl 31 desember 2015 jalan mulai jam 6 pagi sudah ditutup daerah puncak, jadi skrng kalo mau ke jakarta dari cianjur gmn naik marita? kalo dari hypert bisa ngga? saya cuman tau dari hyper soalnya.
    makasih

    • Naik Marita masih bisa dari Hypermart (panembong atau bypass) nanti jalur yang dilalui melalui Cikalong terus ke Jonggol dan selanjutnya ke Kp. Rambutan Jakarta seperti biasa.

      Selamat dalam perjalanan sampai tujuan ya 🙂
      Terimakasih…

  11. Mba maaf saya mau nanya. Saya kena tilang dan di sidang di pengadilan cianjur. Yang mau saya tanya apakah bis marita melewati pengadilan tersebut.?? Jika tidak bisakah saya meminta tolong ke mba buat menjelaskan saya turun dari marita dimana dan di lanjutkan naik apa biar bisa ke pengadilan.. Soalnya saya masih 16 tahun dan belom tau jalan di cianjur.. Makasih mba atas respon nya

    • Halo Djoe…
      Tetap semangat ya. Salut buatmu yang berani hadapi resiko 🙂

      Jika naik Marita, kalau dari arah Bogor/Jakarta turun di Panembong atau bunderan Tugu Mamaos Cianjur. Ini dekat dengan Hypermart. Bus Marita biasanya kalau siang ambil arah kiri. lalu muter ke arah Hypermart lagi untuk selanjutnya ke Terminal Pasir Hayam.

      Kalau mau ke Pengadilan Negeri Cianjur, turun di Panembong lalu lanjut naik angkutan kota semua rute ke arah kiri. Ada 01A atau 01B, dan 05. Tinggal bilang saja mau turun di pengadilan Negeri Cianjur, By Pass.

      Atau kalau mau naik ojek juga bisa. Turun di Panembong itu naik ojek bilang saja mau ke Pengadilan Negeri Cianjur By Pass. Ongkos sekitar 5-10 ribu. Kalau naik angkot ongkos sekitar 3-5 ribu.

      Semoga membantu ya.

      Oya, di Panembong Bunderan Tugu Mamaos itu ada kantor polisi. Jika mau bertanya arah, rute dll. bisa langsung tanya ke petugas.

      Semoga lancar segala urusannya ya 😉

      • Makasih ya mbak. Sangat membantu. Saya sudah email bus marita juga di jelasin rute rute ke pengadilan.. Makasih ya mbak.

        • Alhamdulillh.
          Kalau siang ya Marita bisa masuk jalur lewat Pengadilan Negeri Cianjur 😉
          Tetap semangat, kalau ke Cianjur kabar-kabari aja ya 😉 siapa tahu bisa jumpa 😉

  12. Tanggal 22 jumat ini mba saya ke cianjur. Hehehe..Bisa minta wisata di cianjur gak.?? Mau main main ke wisatanya

  13. mba mao tanya klo dari bogor mao ke cianjur pake bis marita itu naeknya di ciawi ya?tarifnya berapa?klo mao ke jalan perintis kemerdekaan harus naek angkot apa?trims

    • Iya Mas, kalau dari Bogor, naik Marita dari pasar Ciawi, bis yang jekuar dari Tol Jagorawi arah mau ke Puncak. Saat ini ongkos Ciawi-Cianjur Rp. 20.000

      Kalau mau ke Jl. Perintis Kemerdekaan turun di Panembong/ByPass/Hypermart. Bisa tanya karena ada beberapa angkot dengan rute yang sama.

      Semoga membantu 🙂

Speak Your Mind

*