Panduan Memilih Sepatu Fitness yang Tepat untuk Menunjang Aktivitas Olahraga

Saat musim hujan sudah tiba, jangan sampai mager ya, manteman. Ingat, pola hidup sehat dengan menjalankan olahraga tetap harus dipertahankan supaya kebugaran tubuh tetap terjaga.

Musim hujan seperti sekarang banyak yang memilih nge-gym atau fitness sebagai olahraga pilihan. Manteman juga kah?

Supaya olahraga nge-gym atau fitness menjadi lebih nyaman serta aman, maka sangat penting untuk menggunakan sarana dan prasarana penunjang olahraga yang tepat.

Misalnya saat memilih olahraga fitness, salah satu penunjang yang sangat penting adalah dengan memakai sepatu olahraga khusus untuk fitness.

Jadi memang bukan sembarangan sepatu yang digunakan dalam berolahraga. Karena tidak semua jenis sepatu memiliki fitur yang dapat menurunkan dari risiko cedera.

Ingat bahwa dalam olahraga seperti ngegym atau fitness ini akan ada banyak gerakan aktif yang dilakukan, sehingga secara otomatis nantinya memiliki risiko mengalami cedera jika sembarang menggunakan sepatu.

Memilih sepatu yang tepat untuk fitness

Di pasaran sendiri pada dasarnya memang ada banyak pilihan jenis sepatu yang dihadirkan untuk melengkapi aktivitas olahraga. Hanya saja memang belum tentu semuanya bisa cocok untuk olahraga tertentu.

Berikut ini ada beberapa panduan dalam memilih sepatu olahraga yang tepat, yaitu:

Pastikan ukuran yang sesuai

Pahami baik-baik berapa ukuran sepatu ideal kita, jangan sampai sepatu yang dibeli nantinya kekecilan atau bahkan kebesaran. Jika itu terjadi sudah pasti tidak akan nyaman untuk digunakan dong ya…

Idealnya memang dengan   mencobanya secara langsung saat membeli. Sehingga nantinya kita akan tahu apakah sepatu tersebut sudah pas ataukah belum untuk kaki kita.

Nyaman atau tidaknya di kaki juga bisa secara langsung dengan mudah dirasakan, ya kalau kita mencobanya secara langsung.

Sepatu nyaman untuk fitness di fit hub

Pastikan yang nyaman dipakai

Pertimbangkan bahan atau   material apa yang digunakan untuk   pembuatan sepatu tersebut.

Cara yang satu ini nantinya akan   membantu kita sehingga bisa mendapatkan sepatu yang benar-benar nyaman digunakan.

Cobalah menggunakan sepatu yang kita pilih itu untuk bergerak, karena cara yang satu ini memungkinkan kita bisa merasakan kenyamanannya secara langsung.

Pilih yang anti slip

Pastikan sepatu yang akan kita beli juga tidak licin di bagian luarnya. Sepatu yang licin bagian hak atau sol nya akan membuat risiko cedera semakin tinggi.

Karena bagaimanapun juga dalam sebuah aktivitas olahraga sudah pasti kita dituntut untuk aktif dalam bergerak, sehingga jika sepatu yang digunakan licin, maka secara otomatis kemungkinan untuk mengalami risiko cedera juga lebih tinggi, bukan?

Perhatikan area jari kaki

Pada dasarnya sepatu olahraga yang ideal masih memiliki ruang untuk jari-jari kaki kita sebesar 0,2 hingga 0,6 inchi.

Jadi jika seandainya manteman merasa bagian salah satu sisi kaki menonjol ke atas, tidak nyaman, itu artinya sepatu tersebut sempit   atau kekecilan.

Sepatu yang kekecilan tentu akan terasa kurang nyaman digunakan, bahkan bisa menyebabkan kecelakaan kaki. Maka pastikan sepatu pilihan kita itu pada area jari kaki tersebut tidak kekecilan atau kebesaran.

Pertimbangkan lengkungan kaki

Cara memilih sepatu untuk fitness lainnya supaya aman dan nyaman saat dipakai adalah dengan memperhatikan pada area lengkungan kaki.

Coba dengan cara basahi telapak kaki dengan air. Setelah itu lihat jejaknya di sepatu. Ketika jejaknya sedikit menunjukkan lengkungan maka artinya jejak kaki kita tinggi, namun jika jejaknya tampak besar maka lengkungan kaki rendah.

Jenis-Jenis Sepatu Fitness

Sebelum menjatuhkan pilihan membeli sepatu untuk berolahraga di musim hujan ini, penting juga untuk mengetahui bahwa ada beberapa kategori sepatu fitness yang dijual di pasaran, dan kita wajib tahu sehingga nantinya tidak salah pilih

Running shoes

Jenis sepatu ini adalah sepatu khusus lari atau yang lebih dikenal   sebagai running shoes. Seperti namanya maka jenis sepatu olahraga yang satu ini fokusnya memang digunakan untuk latihan lari saja.

Jika seandainya digunakan untuk olahraga lain, seperti olahraga angkat beban, sudah pasti akan mempengaruhi performanya. Bahkan akan lebih rentan mengalami kerusakan dan tidak mungkin menimbulkan cedera kaki.

Sepatu running ini pas untuk manteman yang suka jogging, baik itu secara langsung di lapangan terbuka atau dengan treadmill di dalam ruangan

Training shoes

Jika manteman menginginkan   sebuah sepatu olahraga yang   paling luas pemanfaatannya, yaitu dirancang untuk beragam kategori olahraga, maka salah satu jenis terbaik yang dapat dipilih adalah   sepatu jenis training shoes ini.

Memiliki sol yang tebal, memungkinkan pengguna sepatu ini bisa berolahraga secara umum. Namun training shoes masih kurang pas jika digunakan untuk olahraga angkat beban.

Cross training shoes

Selanjutnya masih ada cross training   shoes yang merupakan sepatu yang  khusus dirancang untuk latihan angkat beban.

Sol bagian tengah cross training shoes memiliki tingkat kepadatan yang sedang sampai dengan tinggi, sehingga mampu untuk memberikan stabilitas yang lebih baik pada saat dipakai. Sangat nyaman dan pas digunakan untuk berolahraga angkat beban.

Jadi pilih mana?

Nah, manteman itulah jenis-jenis sepatu untuk fitness yang dapat dipilah-pilih sesuai dengan kebutuhan kita ya…

Ingat, yang penting jangan asal ketika memilih tempat fitness, pastikan pilih tempat fitness yang punya jenis latihan lengkap serta fasilitas yang memadai, seperti FIT HUB. Sebagai pusat kebugaran yang memiliki jaringan di seluruh Indonesia, FIT HUB juga sudah dilengkapi fitur Gym Workout Tutorial di aplikasinya.

Layanan FIT HUB memang sudah canggih berbasis digital, sehingga mempermudah kita untuk melakukan reservasi di jaringan FIT HUB mana pun karena sudah berbasis online.

34 thoughts on “Panduan Memilih Sepatu Fitness yang Tepat untuk Menunjang Aktivitas Olahraga”

  1. Karena tidak pernah fitnes, jadi saya baru paham jenis-jenis sepatu fitnes. Ternyata harus disesuaikan juga ya. Biar nyaman saat fitnes. Tapi kunci utamanya memang harus pas dan nyaman di kaki.

    Reply
  2. Kayanya emang semua olahraga juga harus diperhatikan ya jenis sepatunya agar tidak cedera. Apalagi fitness ini olahraga yang lumayan berat, jadi penting banget dalam memilih sepatunya.

    Reply
  3. Kalau ga tau mikirnya semua sepatu bisa dipakai olahraga apapun ya, padahal ada khusus sendiri ya sepatunya temasuk untuk fitnes. Tinggal pilih sesuai kebutuhan y

    Reply
  4. Memilih sepatu baik untuk fitness atau olah raga dan kegiatan lainnya memang harus disesuaikan dengan kebutuhan, dan paling berperan juga adalah menyesuaikan dengan ukuran yang sesuai dengan kaki kita

    Reply
  5. Nggak cukup hanya dengan pas ukurannya. Dipakai juga nyaman. Sama nggak lupa pilih sepatu fitness yang anti slip. Biar aman dan nyaman saat fitness.

    Reply
  6. Buat memilih sepatu olahraga ternyata bukan hanya pertimbangan ukuran aja, tetapi juga faktor lainnya perlu diliat, karena pastinya biar mendukung kegiatan dan bukan jadi masalah baru misalnya kaki lecet atau keseleo

    Reply
  7. Dari dulu selalu suka dgn running shoes. Dan ini enak bgt dipake buat apa aja. Baik buat kerjaan, olahraga lari, bahkan ngegym di tempat fitness. Nggak perlu yang mahal asal bisa nyaman dipake.

    Reply
  8. Saya pernah salah pilih sepatu fitness dan akhirnya mengalami cedera. Setelah membaca artikel ini, saya jadi lebih paham pentingnya memilih sepatu yang sesuai. Penjelasan tentang jenis-jenis sepatu fitness dan fungsinya sangat membantu. Terima kasih sudah berbagi pengetahuan yang berharga

    Reply
  9. Sepatu olahraga itu ternyata beraneka macam ya… Beda jenis olahraga, beda pula sepatunya. Contohnya anak saya sendiri, sepatu olahraganya ada beberapa karena dia suka lari tapi juga suka ngegym 😀

    Reply
    • Oh memang karena sepatu ini sangat penting untuk kenyamanan serta keselamatan dalam berolahraga yaa.. Peruntukannya masing-masing sesuai dengan jenis aktivitas yang sedang dilakukan.

      Reply
  10. ternyata memilih sepatu tidak asal sekedar beli ya ternyata, bukan juga hanya karena bilang ‘lucu’, harus memilih berdasarkan kebutuhan dan harganya hehe

    Reply
  11. Pas banget buat yang lagi bingung milih sepatu buat fitness! Tipsnya lengkap, dari ukuran kaki sampai ke jenis sepatu yang cocok buat olahraga tertentu. Jadi makin ngerti deh pentingnya pilih sepatu yang nggak cuma keren, tapi juga aman dan nyaman biar nggak cedera. Apalagi ada rekomendasi tempat fitness kayak FIT HUB yang fasilitasnya oke dan gampang diakses. Langsung auto pengen coba!

    Reply
  12. Jadi kangen fitness, sudah lama sekali enggak pernah fitness. Dulu sebelum menikah masih rajin fitness, pilihan sepatu yang nyaman memang berpengaruh saat fitness, apalagi saat treadmill dan senam. Jika salah pilih sepatu efeknya lecet bahkan bisa cedera

    Reply
  13. Meski suka belanja online, untuk urusan beli sepatu, apalagi untuk olahraga, aku lebih memilih langsung ke toko karena bisa coba dulu baru beli. Dapetin sepatu yang aman dan nyaman di kaki tuh kadang butuh effort lebih.

    Reply
  14. Info penting nih Kak buat saya, yang rencananya mau mulai rutin berolahraga karena mau diet. Berarti saya harus mencari sepatu cross training shoes, soalnya mau olahraga angkat beban. Tapi angkat beban yang ringan-ringan sih, soalnya pakai beban badan sendiri.

    Reply
  15. Oh selama ini aku hanya taunya running shoes. Tapi ternyata, ada Training shoes dan Cross training shoes yang sangat nyaman digunakan saat nge-gym di FIT HUB.
    Oiya, FIT HUB ini frenchise sepertinya yaa.. Cabangnya dimana-mana bangeett..

    Reply
    • Nah kan, samaaa kita hehehee… bahkan saat beneran ke gym pun aku tetap menggunakan running shoes. Empuk kan yaaa soalnya. Nah setelah paham nih, udah harus aware dalam memilih sepatu yang cocok digunakan untuk

      Reply
  16. Setuju jika sudah pilih sepatu terus jangan asal ketika memilih tempat fitness.
    Pilih yang punya jenis latihan lengkap serta fasilitas yang memadai, seperti FIT HUB.
    Suami saya juga member di sini, praktis bisa di cabang mana saja tinggal reservasi sebelumnya

    Reply
    • Ulasannya lengkap sekali kak. Saya baru tahu kalau ada bermacam jenis sepatu olah raga tergantung kebutuhannya. Untuk fitnes memang sebaiknya memakai sepatu yg nyaman dan pas di kaki. Selain itu juga tidak salah memilih tempat fitnes dengan fasilitas memadai, yaitu di FIT HUB.

      Reply
  17. Kebetulan nih anakku lagi demen ngegym, fitness dan berbagai macam olahraga. Ternyata beda olahraga beda juga jenis sepatunya. Untuk menunjang fitness, sepatu mesti dipakai yang ukurannya pas, fungsi sepatu, bahannya, dll. FitHub ini salah satu tempat fitness yang fasilitasnya cukup lengkap dan nyaman. pernah kami datangi dan tanya2 juga soal menjadi member.

    Reply
  18. Memakai sepatu memang tidak bisa satu untuk semuanya ya. Ada sepatu-sepatu khusus yang memang diperuntukkan bagi kegiatan satu dan lainnya yang berbeda. Untuk lari saya sudah punya sepeda khusus lari tapi untuk sepedaan belum nih. Ada sepatunya khusus yang memang agak mahal dari sepatu biasa.

    Reply
  19. Nah iya, setiap olahraga punya sepatu khusus tujuannya biar proses olahraga jadi lancar, maksimal dan aman.

    Berhubung aku lagi fokus olahraga lari dan juga diimbangi angkat beban. Jadi, idealnya aku punya 2 jenis sepatu. Sepatu khusus running dan sepatu untuk angkat beban / Cross training shoes.

    Fit Hub oke banget sih di daerah ku pun terkenal soalnya.

    Reply
    • memang pilih sepatu itu harus bisa merasakan lenyamanannya. makanya, aku lebih suka beli sepatu langsung ke tokonya. biar bisa merasakan pas dan sesuai ga dengan kaki kita.

      Apalagi sepatu untuk olahraga. harus benar2 pas, nyaman dan tidak berat di bawa aktifitas.

      Reply
  20. Bagian jari kaki dan lekukannya emang agak sensi kalau berolahraga pakai sepatu yang gak tepat yaa. Makanya kalau mau olahraga pakai sepatu sesuai kebutuhannya.
    Btw jadi keinget perdebatan di X kemarin yg ada lempar topik sebaiknya sepatu buat tiap olahraga tu beda. Tapi kan ya gak semua punya uang lebih buat beli sepatu yang beda2 hehe. Jd alternatifnya pilih sepatu lari tapi yg punya antislipnya bagus kali ya? Dan yup sangat penting memastikan ukurannya cocok supaya gak cedera.

    Reply
  21. Wahhhh lengkap banget ini tips memilih sepatunya , biasanya aku kalo beli sepatu gak bisa cuma sekali nyoba, mesti berkali2 kadang butuh berhari-hari bolak balik ke sport station gt biar dapat sepatu yg benar2 nyaman

    Reply
  22. Pas ada teman ngajak latihan ke gym, nggak langsung saya iyakan, soalnya belum tentu sepatu olahraga yang saya punya cocok untuk dipakai ngegym. Ternyata kalau baca-baca info di internet memang kalau mau olahraga itu harus cari sepatu yang cocok. Ada banyak kejadian di mana orang yang nggak pakai sepatu yang sesuai itu malah jadi cedera bahkan bisa cedera parah.

    Reply
  23. Olahraga kudu banget memerhatikan kenyamanan dan menggunakan ootd yang tepat. Bukan hanya sekedar fashion, namun juga agar olahraga mendapatkan hasil yang optimal. Sehat dan sesuai dengan tujuan. Apalagi fitness yaa.. Pastikan ada PT yang membimbing seperti fitness di FIT HUB.

    Reply
  24. Teh Oktii, manteb banget ini kalau pake gambar juga jenis jenis sepatunya. Soalnya aku juga pernah ngegym dan pakenya sepatu running, ahaha. Tapi nyaman-nyaman aja sih.

    Sekarang sih milih olahraga di rumah aja, soalnya mau ngebangun kebiasaannya dulu nih. Alhamdulillah sepatunya masih kepake sih karena satu kali seminggu masih jalan atau jogging 😀

    Reply

Leave a Comment

Verified by ExactMetrics