Referensi Musik Anak Indonesia dan Animasi 3D Hoala & Koala

Baru saja sampai, Fahmi putra saya langsung laporan kalau ia terpilih jadi pemain alat musik marching band di sekolahnya. Tapi ia masih bingung mau mempelajari alat musik yang mana, katanya.

 

Fahmi putra saya tertarik kepada petugas Marching Band anak sekolah saat pawai agustusan yang lewat depan rumah

Fahmi putra saya tertarik kepada petugas Marching Band anak sekolah saat pawai agustusan yang lewat depan rumah

 

Di sekolahnya, penyeleksian untuk peserta pemain marching band sebenarnya sudah dilakukan sejak kelas tiga. Sementara kelas enam nanti sudah dibebastugaskan dari kegiatan ekstrakurikuler apapun.Tapi karena hampir dua tahun ini kita melakukan pembelajaran jarak jauh, jadinya kegiatan itu vakum. Saat pelajaran tatap muka mulai dilaksanakan lagi ini penyeleksian baru dilakukan.

Sejak masuk sekolah dasar, setiap jelang Agustusan Fahmi terlihat senang kalau melihat kakak-kakak kelasnya berlatih drumband. Ia tampak takjub dengan barisan anak yang memainkan beberapa lagu dengan menggunakan sejumlah kombinasi alat musik.

Ada yang ditiup, dipukul, dipetik, dan sejumlah instrumen lainnya secara bersama-sama. Belum aksi gitapati dan mayoret yang sangat memukau dengan tarian tongkatnya. Jelas memperlihatkan jika Fahmi tertarik untuk menjadi bagian dari pasukan itu, kelak kalau sudah waktunya.

Sekarang, tidak terasa anak saya ini sudah kelas empat. Dan pagi tadi ia tampak gembira harapannya jadi salah satu pemain drumband hampir terlaksana.

“Jadi mulai sekarang Ami harus banyak belajar mengenal lagu daerah, lagu nasional dan lagu anak Indonesia dong?”

Fahmi mengangguk senang. Begitupun saya. Secara kita tahu sendiri perkembangan dunia musik anak di Indonesia ini mengalami banyak kemunduran dibandingkan jaman saya seusianya dulu. Jamannya Agnes Monica masih jadi penyanyi cilik. Trio Kwek-kwek, Cikita Meidy, dll. Jadul banget deh.

Saya mendukung kegiatan marching band di sekolah Fahmi, karena mengenalkan musik pada anak banyak memberikan manfaat yang jauh lebih besar dari sekadar menghibur.

Manfaat musik untuk anak itu banyak. Selain mendukung tumbuh kembang anak juga menunjang pertumbuhan fisik dan perkembangan otak. Dapat membantu mengajarkan anak meningkatkan kemampuan membaca, menulis dan berhitung yang disebabkan karena meningkatnya kinerja otak, daya ingat, dan kemampuan berpikir, sampai bisa lebih meningkatkan konsentrasi.

Dengan berlatih musik, mungkin anak bisa terus berkembang karakter dan keterampilan sosial serta rasa percaya dirinya.

Jadi setujukan manfaat musik bagi anak itu sangat banyak? Nah, agar lebih optimal, setiap orang tua juga perlu terlibat aktif didalamnya.

Pembentukan karakter, kemampuan belajar, serta kemampuan bermusik anak akan jauh lebih optimal jika ada peran positif dan dorongan orang tua di setiap proses pembelajaran musiknya.

Kita tak perlu menjadi seorang ahli musik untuk mengajar anak mencintai dan menikmati musik. Yang terpenting, kenalkan anak dengan musik yang sesuai sesering mungkin. Beri anak fasilitas untuk menunjang dalam memperdalam musik. Contohnya mengenalkan karakter musikal yang bernama Hoala & Koala.

 

Yuk kenalan dengan Hoala & Koala

 

Hoala & Koala

 

Hoala & Koala adalah karakter di dunia musik yang divisualisasikan lewat animasi 3D. Karakter Hoala & Koala diciptakan seperti anak-anak zaman sekarang pada umumnya yang tumbuh berkembang di jaman digital.

Jadi ceritanya Hoala & Koala ini adalah sepasang sahabat yang sangat gemar menyanyi. Maka dari itu karakter ini akan terus mengeluarkan banyak lagu dan musik yang sesuai dengan karakter anak-anak.

Selain tokoh utama Hoala & Koala, ada karakter lain, seperti tokoh Ayah, Ibu, Miss Jeruk, dan lainnya yang kesemuanya juga pandai bernyanyi.

 

Tokoh karakter Hoala & Koala

Tokoh karakter Hoala & Koala

Penasaran dengan karakter Hoala & Koala? Langsung saja ajak anak kita melihatnya di Youtube, atau mendengarnya di Spotify dan iTunes.

Fahmi sangat antusias menonton Hoala & Koala. Ia jadi banyak belajar tentang aransemen dari musik Hoala & Koala. Banyak alat musik yang belum diketahui Fahmi sebelumnya seperti saxophone, double bass, trombon, klarinet, cello, harpa, hingga instrumen etnik Indonesia tradisional lainnya.

Saya merasa dengan menonton lagu dan musik Hoala & Koala anak kita jadi dimanjakan dengan musik modern tapi tidak menghilangkan rasa dan jati diri.

Hoala & Koala memiliki keunikan genre. Tak hanya genre children pop tapi ada juga jazz, big band, swing, jpop, hingga etnik.

 

Anak senang melihat animasi 3 D Hoala & Koala

Pas dan cocok pokoknya. Saat Fahmi naik kelas empat dimana ia bisa masuk group marching band, pas juga dengan munculnya kehadiran Hoala & Koala yang bisa diakses di Youtube lagu dan animasi anak

Disela kepenatan pembelajaran dan padatnya aktivitas ekstrakurikuler anak, sesekali boleh kita ajak anak untuk melihat dan mendengarkan lagu-lagu Hoala & Koala di Youtube, Spotify dan social media Hoala & Koala lainnya sebagai referensi dunia musik anak untuk refreshing dan me time bersama.

 

Me time keluarga dengan Hoala & Koala

 

Comments

  1. Jadi makin ada bahan untuk ditonton dan disimak anak anak di rumah
    Apalagi pandemi seperti ini rawan banget anak bosan
    Hoala Koala bisa jadi pilihan

    • Iyaa nih kak, setujuu.
      Anak² sekarang kl bosan pasti larinya minta pinjam hp ke emaknya. Ujung² YouTube. Kan lumayan kalau dh ada Hoala Koala yaa

  2. Keren ya kak. Adanya Hoala dan Koala jadi sangat membantu. Karena saat ini sudah sangat jarang anak-anak mendengarkan music yang se-usianya. Sebagai orang tua harus bisa lebih mengarahkan lagi ya kak.

  3. Hendra Suhendra says

    Ngomongin soal lagu anak, jadi inget waktu kecil dulu, banyak penyanyi cilik yang populer. Tapi kok sekarang nggak ada ya lagu anak. Sudah teracuni sama tiktok ora jelas babarblas pisan.

    Perlu nih pakai Hoala dan Koala, biar mengobati rasa kangen saat kecil dulu.

    Berarti jenis musik di Hoala dan Koala ini banyak pilihannya ya? Biar nggak bosan sih. Udah gitu ada karakter 3D nya segala. Keren deh pokoknya.

  4. Dengan adanya Hoala dan Koala jadi bahan tontonan seru nih buat anak2 ditengah sudah jarangnya acara untuk anak, semoga semakin banyak nih acara untuk anak seperti ini..

  5. Sepakat Teh, tidak harus menjadi ahli musik untuk dapat mengajarkan anak untuk memahami musik ya. Apalagi sekarang ada animasi 3D Hoala dan Koala yang bisa ditonton bersama anak. Anak bertambah pengetahuannya tentang musik, ibu senang.

  6. Wah sangatlah terbantu sekali nih dgn adanya animasi 3d Hoala dan Koalanya.

  7. Chikita meidi, Trio kwek-kwek ini jaman aku kecil nih terkenal banget. Miris juga ya, lagu anak-anak sekarang nggak ada lagi. Semoga hadirnya Hoala Koala jadi referensi musik anak masa kini. Biar mereka merasakan cerianya nyanyi lagu yang seusianya :))

  8. Chikita Meidi dan Teio Kwek-kwek ini jaman saya kecil populer bgt. Sayangnya semakin ke sini malah ga ada penyanyi cilik dan lagu anak-anak. Sedih

    Hoala Koala semoga bisa menjadi referensi lagu untuk anak-anak masa kini ya

  9. Hoala & Koala emang patut diberi apresiasi karena sudah berkonstribusi banyak buat anak² Indonesia. Apalagi lagu² nya emang keren dan menginspirasi, jadi anak² bisa belajar bernyanyi sambil belajar juga

  10. Hoala & Koala emang patut diberi apresiasi karena sudah berkonstribusi banyak buat anak² Indonesia. Apalagi lagu² nya yg menginspirasi, jadi anak² bisa belajar bernyanyi sambil belajar

  11. Hoala Koala bagus untuk anak-anak yaa, teh..
    Bisa sekalian belajar nada juga selain lagunya yang edukatif dan membawa pesan moral untuk anak.

  12. Yes, emang banyak banget manfaat mendengar musik untuk si kecil. Dengan mendengarkan musik, anak2 juga bisa belajar banyak hal tanpa merasa bosan.

  13. Widihhhhh emang sangat membantu banget nihh buat anak. Apalagi ada visualisasi 3d nyaaaa.

  14. Bagus nih hoala & koala buat anak-anak mengenal lagu dan musik anak. Apalagi disajikan dlm bentuk visual 3D, sangat menarik anak-anak untuk nonton sekaligus belajar

  15. Jadi bisa meningkatkan kecerdasan musikal anak ya lewat Hoala Koala. Recommended banget sih ini channelnya.

  16. makasi banget loh mbaa.. aku sebelumnya gatau soal hoala koala ini. coba nanti aku stelkan ke anakku, siapa tau dia suka. pastinya dengan pendampingan dari aku juga yaa

  17. Bagus ya mbak Hoala Koala ini, bikin anak-anak belajar tentang hal-hal baik dengan menyenangkan.

  18. aku senang banget dengan adanya Hoala dan Koala ini teh
    anak anakku jadi punya referensi lagu lagu anak yang sesuai usianya
    sama seperti saat aku kecil dulu, dihibur dengan banyaknya lagu anak anak

  19. Seneng banget menu informasi seperti ini, jujur saya pribadi sudah lama sekali tidak mendengar lagu anak-anak. jadi rindu masa kecil jadinya.

  20. Zaman sekarang makin susah ya cari lagu anak. Zaman saya dulu banyak banget, mulai lagu Desaku, Kasih Ibu, Pelangi, dll *ketauan umurnya berapa wkwkwk
    Syukurlah ada animasi musik seperti Hoala dan Koala untuk Generasi Alfa saat ini. Minimal anak bisa mendengarkan lagu sesuai usia mereka.

  21. wah ponakanku juga pada suka dengerin hoala koala nih, emang bisa jadi alternatif hiburan anak-anak nih

    • Yaampun, Teh, aku happy sekali tau kabar baik ini. Soalnya aku generasi yg emg tumbuh dg mendengarkan lagu2 anak2 dan itu jadi salah satu kenangan indah yg masih terbawa hingga sekarang.
      Apalagi yang namanya lagu-lagu anak2 tuh musiknya fun.

      Semoga dengan hadirnya Hoala dan Koala ini bisa membantu anak-anak generasi skrg dan ke depannya buat bisa menikmati masa kecil penuh warna mereka dengan tayangan dan lagu-lagu menyenangkan yg akan mereka kenang hingga dewasa nanti.

  22. bisa saya rekomendasikan ke saudara saya niy buat anak-anaknya yang masih anak-anak dna suka nyanyi

  23. Btw baru dengar tentang Hoala & Koala ini, langsung meluncur cekkk ke youtube cocok nih buat anak balitaku yang lagi senang-senangnya dengerin lagu anak sambil joged-joged hehehe

  24. Fenni Bungsu says

    Anak-anak yang ingin tahu soal musik bisa mudah nih, akarena memang musik yang disajikan sesuai dengan usianya ya Teh

  25. Hoala Koala ini unik. Ngajakin anak anak untuk mrngasah imajinasi. Adasatu episode yang anakku suka. Tentang susu. Gemes deh susu kotaknya saja bisa ikut bernyanyi.

  26. Bagus yaa ini jadi anak-anak Indonesia bisa kembali nyanyi lagu-lagu anak yang sesuai usianya, bukan nyanyi lagu-lagu dewasa

  27. Aku juga udah subscribe hoala koala nih mbaa. Anakku jg sukaaa. Apalagi kalo liat koalanyaa wkkw lucuuu

  28. Makasih ya teh udah kasih rekomendasi buat keponakan nih paling di rumah belom ada bocil tapi aku kepo juga nih intip ada apaa aja di Hoalah koalaa

  29. Anak saya juga suka nih nonton Hoala Koala. Sejak saya kenalkan dengan lagu anak Indonesia ini. Senang juga karena sekarang sudah ada channel youtube seperti Hoala dan Koala ini yang dukung anak agar bisa lebih akrab dengan lagu anak-anak dalam negeri dan sesuai dengan usia mereka

Speak Your Mind

*

%d bloggers like this: