Impian Harbolnas! Mewujudkan Wirausaha Mantan TKW Lewat Shopback

Impian Harbolnas! Mewujudkan Wirausaha Mantan TKW Lewat Shopback

Kami team keluarga “gorengan forever”. Pokoknya tiada hari tanpa makan gorengan. Bukan hanya sekadar goreng pisang atau bala-bala dan teman-temannya yang jadi camilan, tapi juga termasuk menu makanan yang digoreng saat menyantap makanan utama. Ada goreng jengkol favorit suami, goreng nuget dan perkedel kesukaan anak, sampai goreng keripik sampeu dan goreng garing usus kegemaran saya sejak kecil. Semua digoreng reng reeeng…

Ya gorengan tidak bisa lepas dari kehidupan keluarga kami. Tanpa gorengan hidup terasa hampa #ealah… lidah dan citarasa makan kami sudah dijejali sebangsa gorengan sejak kecil mungkin karena itu kami jadi kecanduan. Selain itu juga masak makanan yang digoreng menurut saya lebih praktis dan cepat habis. Hihi… terang aja wong doyan semua.

Kami suka makan gorengan sepanjang waktu bukan berarti tidak tahu bahaya dari terlalu banyak makan gorengan. Kami justru mendukung Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) yang dicanangkan Kementerian Kesehatan RI dimana salah satu pointnya berbunyi untuk hidup yang lebih sehat ialah dengan menghindari makanan berlemak atau gorengan.

Banyak informasi baik lisan maupun tulisan yang mengulas tentang bahaya minyak goreng yang telah digunakan berulang kali yang mengandung asam lemak jenuh dan lemak trans jika kita makan.

“Tahukah jika kadar lemak/minyak yang kita makan (sedikit demi sedikit lama-lama jadi bukit) menimbun saluran syaraf dan pembuluh darah? Hal ini dapat memicu peningkatan kolesterol jahat dan jadi sumber penyakit tidak menular yang sangat mematikan seperti diabetes, jantung, darah tinggi, obesitas, kanker, stroke dan sebagainya.” Demikian dijelaskan Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Bapak drg. Oscar Pambudi, pada acara Temu Blogger Kesehatan 2017 di Bandung.

Lah terus gimana? Ngaku mendukung program GERMAS tapi kok jadi Team Keluarga Gorengan Forever?

Kami akui memang susah untuk menghindari makanan yang proses nya digoreng. Dan kamu-kamu juga kaan… ayo ngaku!

Sebagai orang Sunda jujur kami tidak bisa meninggalkan goreng ikan asin dan goreng jengkol. Citarasa dan rasa nikmat saat menyantap nasi liwet (menu nasi kebesaran khas kami dalam segala suasana) justru berasal dari harum ikan asin yang digoreng dan bau minyak panas yang menguapkan bau khas jengkol dengan proses memasaknya melalui digoreng.

Tapi kami punya ide bagaimana supaya makanan yang melalui preses penggorengan itu tidak mengandung kadar minyak yang berlebihan. Ada cara bagaimana supaya kita bisa makan gorengan sepuasnya tanpa harus meminum minyak goreng yang menyertainya.

Cara ini saya ketahui ketika saya mengikuti pelatihan wirausaha kecil untuk mantan TKW (buruh migran wanita) yang diselenggarakan Keluarga Migran Indonesia (KAMI) dibawah jaringannya Migrant Institute. Mendapat kesempatan ini saya sebagai mantan TKW tentu saja senang. Berharap bisa dapat ilmu dan peluang untuk buka usaha di rumah kelak.

Salah satu usaha yang dijalankan oleh mantan TKI Hong Kong selaku pemberi materi dalam pelatihan itu adalah pengolahan keripik usus dan keripik jamur.

Meski pengolahannya murni digoreng tapi keripik usus dan keripik jamur ini tidak “membawa” minyak berlebih sebagaimana kalau saya menggoreng sendiri di rumah. Apa rahasianya? Ternyata setelah digoreng, usus dan jamur itu kemudian ditiriskan menggunakan mesin khusus untuk meniriskan minyak goreng.

“Itulah kenapa keripik usus dan keripik jamur yang dijual ke pasaran dalam kemasannya sangat garing dan bebas lengket minyak goreng, ya…” ucap trainer pelatihan Mbak Wina dari Indramayu yang juga seorang mantan buruh migran.

“Selain citarasa makin enak, pengemasan makin bersih dan higienis sehingga produk yang akan dijual enak dipandang. Dilihat dari sisi kesehatannya pun kadar minyak yang menempel pada makanan bisa diminimalisir. Insya Allah makanan jadi lebih sehat ya.” Tepuk tangan pun menghadiahi Mbak Wina.

Gak jadi minum minyak goreng dong?

Nah sejak ikut pelatihan itu saya jadi kepikiran ingin bisa memiliki mesin peniris minyak goreng dan buka usaha kecil-kecilan. Biar makan gorengan bisa lebih tenang karena kadar minyak yang menempel pada makanan tidak sebanyak ketika saya cukup “mengelapnya” dengan kertas tisu.

Keinginan itu pun sekian lama hanya dipendam dalam angan. Meminimalisir minyak dari gorengan yang kami makan sebisanya dengan meniriskannya secara alami menggunakan saringan, memberi alas dengan kertas atau menjadikan tisu sebagai penyerap minyak gorengnya. Jadul banget ya…

Belum lama tahu jika mesin peniris minyak ini sekarang bisa dibeli secara online. Ada beberapa penjual mesin peniris minyak di berbagai e-commerce terpercaya. Langsung saya masukkan mesin peniris ini ke dalam daftar barang yang harus saya punya tahun 2018 sebagai modal mengembangkan usaha kecil-kecilan di rumah.

Mesin peniris di Bukalapak ini kecil, praktis dan cocok bagi usaha rumahan. Kapasitas 7 Kg dihargai Rp.1.200.000. Eh! Tapi itu masih bisa ditawar lho! Ada kolom negonya kan?

Dengan mesin peniris makanan digoreng lebih sehat tidak lagi membawa minyak.

Penggunaannya cukup beberapa menit saja sebagian minyak dalam gorengan sudah terserap maksimal. Tidak khawatir menggunakan mesin ini meski di rumah ada anak kecil karena mesinnya menggunakan tutup jadi aman.

Selain itu modelnya kekinian, bahannya terbuat dari stainless, saat meniriskan atau mesin bekerja getarannya tidak seperti ada gempa alias tidak sampai bergetar hebat dan tidak menimbulkan suara berisik. Lebih aman lagi karena dilengkapi dengan mengunci dan kaki mesin dapat bertahan kuat pada dudukan mesin. Dengan pengelasan yang profesional alat peniris ini tidak mudah bocor.

Barang lain yang ingin terkabul di tahun 2018 sebagai modal usaha adalah mesin cup sealer. Kemasan minuman juice dan es yang banyak disukai pembeli akan lebih praktis menggunakan sealer yang juga dijual di Bukalapak. Saya lihat banyak pilihan dan saya jatuh cinta pada mesin cup sealer Eton ET D.8 dengan harga Rp.640.000 dan itu juga masih bisa ditawar padahal sudah plus bonus lid sealer-nya.

Mesin cup sealer dapat membantu usaha di rumah menjadi lebih praktis dan menarik konsumen karena packaging yang baik

Mau mulai usaha itu, meski kecil-kecilan (skala rumahan) namun semua alat harus disiapkan semaksimal mungkin. Setelah mesin peniris dan mesin cup sealer alat lain yang ingin saya miliki adalah sealer kemasan plastik dan mesin pengiris/rajang ketela.

Sealer kemasan plastik di Lazada yang saya suka dan cocok adalah Powerpack Impulse Sealer Pcs300-301 dengan harga Rp.445.000.

Sealer kemasan yang dapat mempercantik kemasan usaha keripik dan kuliner lainnya

Sedangkan mesin perajang ketela saya menemukan yang cocok masih di Lazada harganya Rp.329.900. Meski sederhana, mesin manual pengiris singkong dan atau bahan lain ini bisa jadi modal usaha saya membuat aneka keripik seperti yang saya pelajari di pelatihan wirausaha KAMI Migrant Institute.

Dengan pengiris ini hasil kebun di desa seperti singkong, ubi dan atau talas bisa diubah menjadi aneka kuliner kekinian dan diminati pembeli

Nah dari ke empat barang yang ingin saya punyai itu untuk mendapatkannya tidak semudah membalikan telapak tangan. Karena di Cianjur kabupaten tempat saya tinggal tidak ada penjual alat tersebut. Karena itu saya harus pintar memutar otak. Pintar dalam semua hal termasuk memilih kualitas barang dan kenyamanan saya kalau berbelanja, secara di kampung saya belum ada penjualnya. Jadi membeli online ini solusinya.

Saya dapat informasi jika ingin belanja online secara murah dan malah dapat uang kembali alias cashback bisa belanja online melalui Shopback. Penasaran saya pun mencari tahu apa itu Shopback.

 

Cashback dari Shopback

Shopback adalah situs dimana kita bisa mencari dan mendapatkan penawaran atau diskon menarik dari lebih 300 toko yang kesemuanya memberikan Cashback. Jadi kalau belanja online melalui situs Shopback, selain kita bisa belanja di e-commerce terpercaya yang sudah diurutkan mana aja yang sedang ada discount kita juga akan mendapat cashback alias uang kembali.

Cashback akan kita dapat kalau belanja online di Lazada, Bukalapak , JD.Id dan e-commerce lainya yang menjadi partner jika masuk e-commerce nya melalui Shopback ini. Uang kembali ini terus terkumpul di akun Shopback kita dan bisa diambil kalau akumulasinya sudah mencapai Rp.50ribu.

Kabar Baik Harbolnas

Kabar baiknya lagi Desember ini kan ada Harbolnas (Hari Belanja Online Nasional) yang jatuh pada tanggal 12 Desember dan sudah ada sejak tahun 2012. Dengan Harbolnas ini bisa jadi kesempatan buat belanja lebih murah, karena pada moment ini banyak e-commerce menawarkan berbagai promo serta diskon super tinggi. Termasuk e-commerce dan merchant seperti Lazada, Zalora, Bukalapak, Elevenia, Blibli, Bhinneka, JD ID, Hijup, MatahariMall, Tokopedia, Shopee dan masih banyak e-commerce partner lainnya.

Hemat Dobel Belanja Harbolnas Lewat Shopback, Mau?

Saat harbolnas nanti, ada banyak penjual online yang memberikan potongan harga atau free ongkos kirim. Nah dari itu saja kita sudah dapat keuntungan kan? Saya punya cara supaya bisa hemat dobel belanja barang-barang impian untuk modal buka usaha saya tadi. Caranya yaitu dengan belanja saat moment Harbolnas melalui Shopback.

Sudah dapat diskon, free ongkir dan atau potongan dari kupon, ditambah kalau kita belanja online nya melalui ShopBack, akan dapat juga uang kembali alias cashback. Jadi dobel hemat belanja itu saat beli murah dapat diskon harbolnas di e-commerce, sekaligus dapat bonus cashback setiap kali berbelanja online lewat ShopBack.

Cara Mendapat Cashback dari Shopback

  1. Kunjungi situs Shopback.co.id. Masukan email dan password lalu klik daftar.

Sumber Shopback

2. Setelah pendaftaran selesai, otomatis kita akan diarahkan ke tampilan situs Shopback dan lihat saldo kita sudah 25 ribu dan akan mendapat tambahan 20.000 lagi setelah melakukan pembelian pertama kali

Untuk berbelanja di lazada tinggal pilih gambar lazada lalu klik tombol belanja sekarang. Sistem akan mengarahkan ke website lazada dan mulailah berbelanja seperti biasanya.

Sumber shopback

3. Cashback akan masuk kedalam akun dalam waktu 48 jam. Cashback yang didapat, baru bisa dicairkan lewat rekening bank, jika saldo cashback sudah mencapai minimum Rp 50.000

Cara diatas juga bisa diterapkan disitus belanja online selain lazada, seperti tokopedia, bukalapak, atau partner e-commerce lainya yang tersedia di Shopback untuk mendapatkan tambahan cashback.

 

Meski sudah super hemat, tidak berarti saya maruk belanja. Saya tidak aji mumpung saat ada harbolnas. Kehati-hatian dan cermat berbelanja tetap saya utamakan. Kenapa? Ya karena biar tidak kecewa pada akhirya.

Apa yang saya lakukan supaya tidak kecewa ketika berbelanja online?

  1. Pilih e-commerce yang terpercaya dan punya nama.
  2. Lihat seller-nya. Saya sendiri lebih condong kepada seller yang sudah mendapat banyak testimoni sehingga bisa membaca bagaimana interaksi baik atau kurang rekomended antara pembeli dan seller selama ini.
  3. Teliti kurir. Saya akan super detail mendapatkan kepastian terhadap jasa pengiriman karena lokasi saya tinggal berada di pelosok sehingga tidak semua kurir bisa mengantar barang sampai rumah. Beberapa jasa pengiriman malah terang-terangan tidak sanggup mengantarkan paket ke alamat saya karena lokasi jauh dari kota. Daripada barang ga sampai kan lebih baik memastikannya dari awal.
  4. Memastikan syarat dan ketentuan sebelum membeli sehingga jika terjadi kesalahan bisa dengan mudah diambil solusi. Selama ini setiap berbelanja online saya tidak ada masalah, namun jika harus return barang, kalau sudah memahami cara serta ketentuannya pastinya kita tidak akan panik lagi.
  5. Pakai ShopBack. Jujur saja setiap belanja maunya pasti nawar. Tapi berbelanja online tidak semua bisa ditawar. Dengan belanja melalui ShopBack, kita dapat cashback, artinya sama dengan menawar harga, bukan?
  6. oment Harbolnas. Gunakan moment ini untuk belanja online supaya dapat barang dengan harga miring dan berbagai keuntungan yang ditawarkan e-commerce.
  7. Waspada Harbolnas. Jangan sampai tertipu oleh penjual online abal-abal yang ikut mengambil kesempatan dari semaraknya moment tahunan harbolnas.

 

Akhir kata tahun 2018 sudah di depan mata. Impian saya membuka usaha rumahan tidak hanya sekadar menginginkan barang dan alat sebagai modalnya, tapi juga legalitas serta ilmunya. Karena itu saya juga mohon doanya semoga saya terpilih menjadi peserta Wirausaha Baru Jawa Barat 2018 (WUB Jabar 2018). Sehingga usaha yang akan dijalankan bisa membawa manfaat untuk umat dan masyarakat.

Saatnya warga pedesaan dan mantan TKW seperti saya mulai berdikari dan membuka lapangan pekerjaan (minimal buat diri sendiri) sehingga tidak harus kembali menjadi TKI ke luar negeri.

 

Comments

  1. Wuuah aku baru tau ada mesin meniriskan minyak untuk makanan yg digoreng.
    Aku juga suka makanan goreng2an 😀

  2. Semangat berwirausaha dan berwisata ya mba, biar adem dan tetap semangat. Sekarang emang lagi demam enterpreneur

    • tetehokti says:

      Semangat Mbak. Karena sepulang dari negara rantau saya emang tidak punya usaha. Uang bawa dari luar negeri bisa jadi tambah2 modal buka usaha rumahan. Semoga kepilih jadi WUBJabar2018 biar ilmunya dapat 🙂

  3. Aku suka gorengan, karena bikin gurih.baru tahu ada mesin peniris minyak, pengen beli juga di Lazadaaa, makasi infonya dan semoga sukses usaha keripiknya

    • Iya di beberapa e-commerce sekarang ada. Biar lebih miring harganya beli nya saat harbolnas melalui shopback ya 🙂

  4. Wah baru tahu klo ada mesin buat meniriskan makanan. Semoga terkabul ya mb cita-citanya. Amin

  5. mantap.. Semoga tercapai usahanya ya…

  6. MenguRangi gorengan itu baik. Kunjungi juga indonesia tubuh sehat ya…

  7. Aku kalau belanja juga lewat shopback mba, soalnya ada cashback dan voucher nya juga. Btw aku juga pecinta gorengan loh mba, tapi sayang nya kalau makan gorengan suka batuk setelahnya hiiksss

  8. Gorengan… Nyammmm…. Anak2 juga suka banget gorengan, apalagi sekarang deket rumah ada tahu & jamur crispy. Jajan terus jadinya… Haha

    Itu gorengan tahu sama jamur meski terlihat kering masih ada minyaknya sih. Mestinya pake peniris minyak kayak yang di atas ya, biar lebih bebas minyak

    Semoga impiannya terwujud ya Teh

    • Amin Teteh…
      Iya nih mau coba buka usaha jualan gorengan kalau sudah ada mesin paniris kan bisa diminimalisir minyaknya. Hehehe

  9. Saya sering liat mesin peniris gorengan buat usaha rumahan gitu di TV-TV, tapi bentuknya kayak semacam tong gitu diputer. Ternyata ada yang lebih modern dan kece pula penampilannya. Hihi. Harganya juga termasuk hemat dengan fitur dan desain yang sekeren itu.

  10. Cup sealer 600ribuan itu murah lho. Setahuku harga pasarannya 800-900ribu.

  11. Huaa.. Dah banyak listing barang2 yg diimpikan ya Mba.. Saya blm ngelist padahal harbolnas sdh di depan mata..

  12. Wow belanjaannya benar2 pas buat mewujudkan mimpi untuk memulai usaha ya teh. Smoga terwujud ya Teh

  13. Semoga terwujud. Spinner namanya. Ane baru tahu. Kirain cukup di diamin dan pakai tisu khusus

  14. No minyak, no kolesterol, no gendut. Semua demi kesehatan

  15. Jual beli semacam shopback ini memang sangat membantu buat beli beli barang. Semoga usahanya lancar yah

  16. Aku penasaran sama goreng jengkolnya Mbak, piye rasane? Heheh

  17. Aku baru tahu ada mesin peniris minyak nih mbak. Menggunakan mesin ini pasti jadi lebih sehat ya..

  18. Semoga impiannya mendukung wirausaha mantan TKW terwujud ya Mbak. Agar banyak TKW yg jadi mantan dan berdaya di negeri sendiri.

  19. waaah lumayan bikin hemat kantong di harbolnas ini.

  20. Saya dan keluarga juga team gorengan mba! Semua barang impiannya nambah ilmu baru nih buat aku. Baru tahu kalau ada mesin pengering minyak.

  21. Mesin peniris minyak ini pasti bermanfaat banget buat usahavyang akan dirintis ya mvak. Semoga terkabul mendapatkan barang impian. Salam sukses ^^

  22. Naqiyyah Syam says:

    semangat berkarya nya leren lho, patut dicontoh untuk berwirausaha semangat ya Teh Okti!

  23. Teteeeh,,,aku gorengan lover juga, asiik bikin komunitasnya yuk hahaha,
    Bala2 n de genk nya selalu nikmat dan makanan paporit.
    Atulah jadi mau juga peniris gorengan, kita buka usaha jualan gorengan yuuuk!

  24. Wiii…lengkap banget informasinya.
    haturnuhun teteh.

    Harbolnas memang bisa mewujudkan impian selama ini.

  25. Saya masih belum paham teh dengan cara kerja mesin peniris hehe, jadi penasaran. Jd abis digoreng trus taruh di situ supaya minyaknya abis gtu?

  26. Ngeliat wishlist-nya….keliatannya ada tanda-tanda mau bikin usaha makanan, nih 😀

Speak Your Mind

*